Ads 468x60px

Selasa, 22 Januari 2019

HIK. HIDANGAN ISTIMEWA KRISTIANI.
HARAPAN IMAN KASIH.
Selasa, 22 Januari 2019
Hari Biasa Pekan II
Ibrani (6:10-20)
(Mzm 111:1-2.4-5.9.10c)
Markus (2:23-28)
"Audiatur et altera pars - Dengar semua sisi."
Ini adalah sebuah ungkapan yuridis atau hukum dan sejatinya hidup kita tak lepas dari hukum: Ada hukum pidana-perdata, adat, agama dan kanonik.
Secara real, hukum kerap disalahgunakan/dipermainkan, padahal secara ideal, hukum artinya "Hadir Untuk Keselamatan Umat Manusia".
Itu sebabnya Yesus tidak mengajak kita untuk jatuh pada sikap mental "legalistis", apa-apa serba hukum, tapi hukum itu harus didasari dengan nada dasar "C" alias cinta kasih.
Bicara soal hukum dan kasih, terkenang beberapa waktu lalu saya mempersembahkan misa arwah untuk Ibu Suharsi. Dari namanya, kita diajak punya 3 tujuan dasar hukum seperti yang saya tulis dalam buku "Family Way" (RJK, Kanisius), antara lain:
1."SU"kacita dalam iman:
Kita bersyukur karena hukum Allah ada untuk menciptakan kosmos/keteraturan, dan bukan khaos/kekacauan. Dialah "grand designer"-sang perancang besar untuk hidup kita.
2."HAR"gai kehidupan:
Dalam setiap bab "KHK/Kitab Hukum Kanonik" dalam Gereja kita tertulis "salus animarum suprema lex - hukum yang terutama adalah keselamatan jiwa."
Jelas bahwa Tuhan benar-benar menghargai hidup kita: Hukum adalah alat, manusianya adalah tujuannya: "Hari sabat ada untuk manusia, bukan manusia untuk hari sabat". Tuhan jauh mementingkan aspek manusianya daripada hukumnya.
3."SI"apkan jalan Tuhan:
Salah satu tujuan pokok hukum adalah "bonum commune -kesejahteraan bersama". Hal inilah yang perlu kita siapkan sebagai jalan Tuhan yang "menjadikan segalanya baik".
Hari inilah, kita diajak mempunyai 3 peran dasar untuk menciptakan "keteraturan, keselamatan dan kesejahteraan bersama lewat kata dan warta kita di tengah masyarakat.
"Kaisar Agustus dan Raja Arthur - Bersama Kristus, hidup kita terarah dan teratur".
Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)
NB:
A.
Kutipan Teks Misa:
Ekaristi harus disediakan bagi umat beriman, antara lain "sebagai penangkal, melaluinya kita dibebaskan dari kesalahan-kesalahan sehari-hari, dan dihindarkan dari dosa berat", sebagai mana terungkap dalam beberapa bagian Misa.
Adapun Pernyataan Tobat pada awal Misa dimaksudkan untuk menyiapkan para hadirin untuk merayakan misteri suci ini; akan tetapi "acara tidak membuahkan hasil sama seperti Sakramen Pertobatan", dan tidak dapat dipandang sebagai pengganti Sakramen Pertobatan untuk memberi ampun atas dosa-dosa berat.
Para gembala jiwa hendaknya memperhatikan bahwa tentang hal ini diadakan katekese yang tepat, sehingga diteruskan kepada umat beriman ajaran Kristiani yang benar. (Redemptionis Sacramentum, Instruksi VI tentang sejumlah hal yang perlu dilaksanakan atau dihindari berkaitan dengan Ekaristi Mahakudus, 80)
Injil memberitakan kejadian-kejadian, di mana Yesus dipersalahkan karena Ia melanggar perintah Sabat. Tetapi Yesus tidak pernah melanggar kekudusan hari ini Bdk. Mrk 1:21; Yoh 9:16.. Dengan wewenang penuh Ia menyatakan artinya yang benar: "Hari Sabat diadakan untuk manusia, bukan manusia untuk hari Sabat" (Mrk 2:2). Dengan penuh belas kasihan Kristus menuntut hak, supaya melakukan yang baik daripada yang jahat dan menyelamatkan kehidupan daripada merusakkannya pada hari Sabat Bdk. Mrk 3:4.. Hari Sabat adalah hari Tuhan yang penuh kasih dan penghormatan Allah Bdk. Mat 12:5; Yoh 7:23.. "Jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat" (Mrk 2:28). (Katekismus Gereja Katolik, 2173)
Antifon Pembuka (Mzm 111:1)
Aku bersyukur kepada Tuhan dengan segenap hati, dalam lingkungan orang-orang benar dan di tengah jemaat.
Doa Pembuka
Allah Bapa pencipta dan penyelamat, selamanya kami takkan melupakan cinta kasih-Mu yang memanggil manusia untuk hidup. Semoga kami selalu mengandalkan Dikau, Allah dan Bapa kami, pengasih dan penyayang. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Bacaan dari Surat kepada Orang Ibrani (6:10-20)
"Pengharapan adalah sauh yang kuat dan aman."
Saudara-saudara, Allah bukan tidak adil. Maka tidak mungkin Ia lupa akan pekerjaan dan kasih yang kamu tunjukkan terhadap nama-Nya lewat pelayananmu terhadap orang-orang kudus, yang masih kamu lakukan sampai sekarang. Tetapi kami ingin, supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang lestari, sampai apa yang kamu harapkan akhirnya benar-benar kamu miliki. Kami ingin kalian jangan menjadi lamban, tetapi tetap bersemangat mengikuti jejak mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah. Ketika Allah memberikan janji-Nya kepada Abraham, Ia bersumpah demi diri-Nya sendiri, karena tidak ada orang yang lebih tinggi daripada-Nya. Dalam sumpah itu Ia berjanji, “Sesungguhnya Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan akan membuat engkau sangat banyak.” Abraham menanti dengan sabar, dan dengan demikian ia memperoleh apa yang dijanjikan kepadanya. Kalau orang bersumpah, ia bersumpah demi orang yang lebih tinggi, dan baginya sumpah itu menjadi suatu pengukuhan yang mengakhiri segala kesangsian. Karena itu, untuk lebih meyakinkan mereka yang behak menerima janji, dan supaya mereka benar-benar percaya akan putusan-Nya Allah telah mengikat diri-Nya dengan sumpah. Kedua kenyataan ini, janji dan sumpah, tidak berubah-ubah, dan tentang ini Allah tidak mungkin berdusta! Jadi maksud Allah mengikat janji dengan sumpah ialah: Supaya kita yang mencari perlindungan, beroleh dorongan yang kuat bahwa kita akan menjangkau pengharapan yang terletak di depan kita. Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, sauh yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir, di mana Yesus telah masuk sebagai Perintis bagi kita, yakni ketika Ia, menurut tata imamat Melkisedek, menjadi Imam Agung untuk selama-lamanya.
Demikianlah sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan
Ref. Tuhan selamanya ingat akan perjanjian-Nya.
Ayat. (Mzm 111:1-2.4-5.9.10c)
1. Aku bersyukur kepada Tuhan dengan segenap hati, dalam lingkungan orang-orang benar dan di tengah jemaat. Besarlah perbuatan-perbuatan Tuhan, layak diselidiki oleh semua orang yang menyukainya.
2. Perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib dijadikan peringatan; Tuhan itu pengasih dan penyayang. Kepada orang takwa diberikan-Nya rezeki. Selama-lamanya Ia ingat akan perjanjian-Nya.
3. Ia memberikan kebebasan kepada umat-Nya, Ia menetapkan perjanjian untuk selama-lamanya; kudus dan dahsyatlah nama-Nya! Dia akan disanjung sepanjang masa.
Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. Bapa Tuhan kita Yesus Kristus akan menerangi mata budi kita, agar kita mengenal harapan panggilan kita.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (2:23-28)
"Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat."
Pada suatu hari Sabat, Yesus berjalan di ladang gandum, dan sementara berjalan murid-murid-Nya memetik bulir gandum. Maka kata orang-orang Farisi kepada Yesus, “Lihat! Mengapa mereka berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?” Jawab Yesus kepada mereka, “Belum pernahkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan para pengiringnya kekurangan dan kelaparan? Tidakkah ia masuk ke dalam Rumah Allah waktu Abyatar menjabat sebagai Imam Agung lalu makan roti sajian – yang tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam – dan memberikannya juga kepada pengikut-pengikutnya?” Lalu kata Yesus kepada mereka, “Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat. Jadi Anak Manusia adalah Tuhan, juga atas hari Sabat.”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.
Renungan
Entah sudah ada berapa UU, PP, Juklak, Peraturan dst..yang diundangkan atau diberlakukan, kiranya hanya segelintir orang yang mengetahui atau menguasainya. Aneka tatanan atau aturan dibuat dan diundangkan untuk manusia dan pada umumnya dijiwai oleh cinta kasih atau paling tidak kompromi. Hemat saya semakin banyak aturan dan tatanan dibuat dan diberlakukan rasanya menunjukkan bahwa manusia-manusia atau pribadi-peribadi yang tersangkut atau terkait dengan aturan dan tatanan tersebut belum dewasa kepribadiannya atau jauh dari penghayatan cinkasih satu sama lain. Cinta kasih mendasari, menjiwai dan mengatasi aneka macam tatanan dan aturan, itulah kebenaran, maka ketika kita bertindak berdasarkan cintakasih dan untuk itu terpaksa melanggar aturan atau tatanan hemat saya baik dan benar adanya. Aturan dan tatanan sedikit banyak mempersempit ruang gerak dari yang kena aturan atau tatanan tersebut, sebagaimana menjadi nyata dan jelas terjadi dalam diri mereka yang berada di penjara atau bui karena terbukti berbuat salah alias melanggar cinta kasih. Mengasihi memang tidak kenal batas alias bebas/dibatasi kebebasan, sedangkan kebebasan dibatasi cinta kasih. Menghayati cintakasih antara lain menjunjung tinggi, menghormati harkat martabat manusia, tidak menginjak-injak harkat martabat manusia. Sebagai contoh bahwa cintakasih itu bebas hemat saya dapat terjadi dalam diri suami-isteri yang saling mengasihi: mereka bertelanjang bulat berdua tidak salah dan tidak berdosa, saling memperlakukan yang lain seenaknya asal tidak melecehkan harkat martabat manusia tidak apa-apa, dst.. Sebaliknya seseorang telanjang bulat di jalanan jelas melanggar aturan dan tatanan serta melecehkan harkat martabat orang lain, yaitu orang lain akan tergerak untuk berpikiran rendah, tidak luhur. Selama kita hidup dalam dan oleh cinta kasih kita bebas merdeka, dan tidak ada ketakutan atau kekhawatiran apapun, meskiipun karena itu menjadi bahan gunjingan atau omongan sementara orang.
Doa Malam
Yesus yang murah hati, hari ini aku Kaudidik dengan sabda-Mu. Tolonglah aku untuk berani bertindak yang benar dan semakin menjauhi dosa. Sebab Engkaulah Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

Senin, 21 Januari 2019

HIK: HIDANGAN ISTIMEWA KRISTIANI
HARAPAN IMAN KASIH
Senin, 21 Januari 2019
Peringatan Wajib St. Agnes, Perawan dan Martir
Ibrani (5:1-10)
(Mzm 110:1.2.3.4)
Markus (2:18-22)
"Ecclesia semper reformanda - Gereja harus selalu diperbarui."
Di tengah konteks gereja yang kadang kadar garamnya mulai "tawar" dan terangnya mulai "redup", Yesus selalu hadir membawa perubahan dan pembaruan mendasar sebagai garam yang benar-benar garam dan terang yang benar-benar terang, dalam bahasa Karl Rahner, "in permanent genesis":
Yesus mengatakan bahwa: "anggur yang baru harus disimpan dalam kantong baru." Dengan kata lain: Kita diajak untuk menjadi "kantong baru" supaya semua nilai keutamaan yang dibawa Yesus secara baru bisa tersimpan dan terbatinkan dalam hati dan hidup harian kita.
Adapun beberapa inspirasi dasarnya, antara lain:
1."Mintalah rahmat":
Dalam kultur masyarakat Yahudi, kantong anggur didesain secara khusus, yakni diberi lapisan minyak yang menjadikan kantong lembut, lentur dan fleksibel sehingga ketika dituangi anggur, akan mengembang dan menyesuaikan diri. Seiring berjalannya waktu, lapisan minyak dalam kantong tersebut semakin berkurang sehingga menjadi tidak lentur lagi, tua-keras dan kaku.
Dengan kata lain: Kita perlu "minyak" dalam gulat geliat hidup ini dan bukankah "minyak" itu ada dalam aneka sakramen (baptisan-krisma-minyaksuci-imamat dll) yang kita terima? Bukankah urapan minyak tersebut juga menjadi tanda bahwa kita mendapat rahmat dan menerima anugerah Roh Kudus? Bukankah "minyak" itu juga bisa kita minta terus kepadaNya lewat hidup doa dan olah rohani kita?
2."Berbelaskasihanlah setiap saat":
Ia mengajak kita menjadi orang yang tulus dan bijaksana, yang selalu siap berbuat baik bukan karena mau dipuji/dianggap baik seperti karakter orang farisi tapi karena memang sadar bahwa inilah yang diperlukan supaya kita lahir baru terus sebagai saksi yang sejati, lewat pelbagai karya dan amal kasih kita yang nyata, ucapan yang penuh cinta dan doa untuk sesama serta semesta.
3."Percayalah sampai akhir hayat":
Ia mengajak kita untuk beriman penuh-utuh dan menyeluruh kepadaNya setiap hari. Kualitas iman inilah yang membuat kita semakin mantap untuk selalu menyimpan dan merawat semua sabda dan karya kasihNya dalam "kantong" hidup harian kita secara real-aktual dan kontekstual.
"Dari Pasar Baru ke Gunung Sahari - Lahirlah baru setiap hari."
Salam HIKers,
Tuhan berkati & Bunda merestui
Fiat Lux!
NB:
1.
“In vino veritas - Di dalam anggur adalah kebenaran.”
Inilah salah satu pepatah Latin yang menyiratkan betapa dekatnya anggur dengan kehidupan harian mereka. Yesus sendiri datang sebagai “pokok anggur yang baru”.
Bicara soal anggur, ia termasuk buah dalam keluarga Vitaceae, yang bisa diolah untuk membuat juice, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau juga bisa dimakan langsung. Kita perlu ingat bahwa anggur sebetulnya adalah tanaman tertua yang dibudidayakan manusia.
Adalah sebuah penelitian historis: Pada mummi di Mesir (yang telah berusia lebih dari 3000 tahun), ditemukan biji-biji anggur yang diduga merupakan bekal kematian. Adapun, anggur adalah buah meja di lingkungan Kekaisaran Yunani dan Mesir Kuno, jelasnya buah anggur ini telah dikonsumsi sejak zaman pra sejarah dengan beberapa warnanya, yaitu: merah, ungu, hijau dan kuning.
Ibarat anggur yang mempunyai aneka keutamaan, adapun dua keutamaan Yesus yang tampak pada bacaan hari ini yang juga pernah saya tulis dalam buku "XXX - Family Way" (RJK, Kanisius), al:
A.Menyegarkan:
Buah anggur kaya antioksidan dan mengandung pelbagai vitamin serta memiliki serat dan kadar air yang tinggi. Ia juga memiliki kandungan mineral besi, fosfor, kalsium, serta kalium. Jelasnya, buah anggur itu menyegarkan. Ia melancarkan aliran darah dan obat bagi para penderita liver, ginjal dan sistem pencernaan.
Yesus juga hadir untuk menyegarkan iman kita. Ketika semua yang lain sedang berpuasa sesuai tradisi keagamaan yang berlaku, para murid Yesus justru makan. Kenyataan itu dikisahkan dalam perikop Injil hari ini. Para murid Yohanes datang kepada Yesus dan mempersoalkan kenyataan tersebut. Mereka berkata kepada Yesus: “Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak? Yesus menjawab mereka, kata-Nya: “Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu ada bersama mereka? (Mat. 9:14-15). Ia menginkan ketulusan hati dalam menjalankan ritual iman. Bukankah setiap pemikiran dan tindakan yang baik harus diawali dengan hati yang baik pula? Ia mengajak kita beriman secara segar, sesuai dengan konteks aktual karena didasari hati yang merdeka sebagai anak anak Allah: "..Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya" (Mat 9:17)
B.Menyembuhkan:
Biji anggur dapat menghentikan penyebaran dari sel-sel kanker karena memiliki kandungan seng dan mangan. Seng dan mangan inilah yang berguna juga untuk mengatasi peradangan prostat, mengerem laju penuaan, mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) termasuk mencegah stroke dan serangan jantung. Selain itu, biji anggur dapat merangsang pembentukan jaringan kolagen yang menggantikan kulit tua atau rusak. Biji anggur menjanjikan kemampuan lebih baik dalam meredam penuaan dan menggiatkan peremajaan sel-sel tubuh manusia. Jelasnya, ia hadir dan menyembuhkan.
Itulah juga yang dibuat oleh Yesus. Ia menyembuhkan kedegilan dan kepicikan iman kita. Ia hadir bagaikan ‘anggur baru’ dengan ‘kantong anggur yang baru’ (Mat. 9:17). Ia mengajak kita juga untuk “sembuh”: sungguh-sungguh mau hidup secara baru bersama Dia dan dalam Dia.
“Daun waru di Taman Asri - Mari lahir baru setiap hari.”
2.
KUTIPAN TEKS MISA:
“Di surga aku disatukan dengan Tuhan, sebab di dunia aku cinta pada-Nya dengan sepenuh hati.” (St. Agnes)
Antifon Pembuka
Inilah perawan yang budiman, yang keluar menyongsong Kristus dengan piala bernyala.
Doa Pembuka
Allah Bapa Mahakuasa dan kekal, yang lemah dalam pandangan orang Kaupilih untuk mempermalukan yang kuasa. Hari ini kami kenangkan kesaksian Santa Agnes, yang menyerahkan nyawa demi imannya. Buatlah kami teguh dalam iman dan tetap setia sampai akhir. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Bacaan dari Surat kepada Orang Ibrani (5:1-10)
"Yesus belajar menjadi taat, sekalipun ia Anak Allah."
Saudara-saudara, setiap imam agung, yang dipilih dari antara manusia, ditetapkan bagi manusia dalam hubungan mereka dengan Allah, supaya ia mempersembahkan persembahan dan korban karena dosa. Seorang imam agung harus dapat memahami orang-orang yang jahil dan orang-orang yang sesat, karena ia sendiri penuh dengan kelemahan. Karena itu ia harus mempersembahkan korban pelunas dosa, bukan saja bagi umat, tetapi juga bagi dirinya sendiri. Tidak ada seorang pun yang mengambil kehormatan itu bagi dirinya sendiri! Sebab setiap imam agung dipanggil untuk itu oleh Allah, seperti yang telah terjadi dengan Harun. Demikian pula Kristus! Ia tidak mengangkat diri-Nya sendiri dengan menjadi Imam Agung, tetapi diangkat oleh Dia yang bersabda kepada-Nya, "Anak-Kulah Engkau. Pada hari ini Engkau telah Kuperanakkan." Atau di bagian lain dalam Kitab Suci Ia bersabda, "Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya, menurut tata imamat Melkisedek." Dalam hidup-Nya sebagai manusia, Kristus telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia, yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut; dan karena kesalehan-Nya, Ia telah didengarkan. Akan tetapi sekalipun Anak, Kristus telah belajar menjadi taat; ini ternyata dari apa yang telah diderita-Nya! Dan sesudah mencapai kesempurnaan, Ia menjadi pokok keselamatan abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya, dan Ia dipanggil menjadi Imam Agung oleh Allah, menurut tata imamat Melkisedek.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan
Ref. Engkaulah imam untuk selama-lamanya menurut Melkisedek.
Ayat. (Mzm 110:1.2.3.4)
1. Beginilah firman Tuhan kepada tuanku, "Duduklah di sebelah kanan-Ku,sampai musuh-musuhmu Kubuat menjadi tumpuan kakimu!"
2. Tongkat kuasamu akan diulurkan Tuhan dari Sion; berkuasalah Engkau di antara musuhmu!
3. Engkau meraja di atas gunung yang suci sejak hari kelahiranmu, sejak fajar masa mudamu.
4. Tuhan telah bersumpah dan tidak akan menyesal: "Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek".
Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. Sabda Allah itu hidup dan kuat. Sabda itu menguji segala pikiran dan maksud hati.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (2:18-22)
"Pengantin itu sedang bersama mereka."
Waktu itu, murid-murid Yohanes dan orang-orang Farisi sedang berpuasa. Pada suatu hari datanglah orang-orang kepada Yesus dan berkata, "Murid-murid Yohanes dan murid-murid orang Farisi berpuasa, mengapa murid-murid-Mu tidak?" Jawab Yesus kepada mereka, "Dapatkah sahabat-sahabat pengantin pria berpuasa selagi pengantin itu bersama mereka? Selama pengantin itu ada bersama mereka, mereka tidak dapat berpuasa. Tetapi waktunya akan datang pengantin itu diambil dari mereka, dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa. Tidak seorang pun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang sudah tua, karena jika demikian, kain penambal itu akan mencabiknya; yang baru mencabik yang tua, sehingga makin besarlah koyaknya. Demikian juga tak seorang pun mengisikan anggur baru ke dalam kantong kulit yang sudah tua, karena jika demikian anggur tersebut akan mengoyakkan kantong itu, sehingga baik anggur maupun kantongnya akan terbuang. Jadi anggur yang baru hendaknya disimpan dalam kantong yang baru pula."
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.
Renungan
Yesus tidak menentang puasa. Namun, Ia hendak menunjukkan bahwa kedatangan Sang Anak adalah "saat kegembiraan". Jika nanti para murid-Nya berpuasa, hal itu bukan didorong pertama-tama oleh aturan, melainkan oleh kehendak sukarela untuk menundukkan yang jasmani pada apa yang rohani. Pada hari ini Gereja memperingati Santa Agnes yang hidup di Roma, seorang wanita muda yang menyerahkan diri seutuhnya kepada Kristus dan menjadikan Kristus sebagai mempelai hidup satu-satunya, dan bertekad hidup sebagai Perawan demi Kristus. Ia sadar bahwa dirinya adalah sungguh terpuruk, namun ia membangun keintiman dengan Tuhan. Ia diuji dengan tantangan yang tidak mudah. Gubernur Roma meminta para Algojonya untuk membunuh St Agnes, dan perempuan muda ini mengatakan : “Kalian dapat menodai pedang kalian dengan darahku, tetapi kalian tidak akan pernah dapat menodai kesucian tubuhku yang telah kupersembahkan kepada Kristus.”. keintiman yang St Agnes membangun benar-benar diuji oleh Allah hingga ia dibunuh oleh para Algojo karena imannya akan Kristus. Semoga sambil memohonkan rahmat Allah kita pun setia kepada Kristus sampai akhir dalam Gereja Katolik.
DEUS PROVIDEBIT.

Minggu, 20 Januari 2019

HIK - HIDANGAN ISTIMEWA KRISTIANI.
Minggu, 20 Januari 2019
Hari Minggu Biasa II
Yesaya (62:1-5)
(Mzm 96:1-2a.2b-3.7-10ac)
1 Korintus (12:4-11)
Yohanes (2:1-11)
“Per Mariam ad Jesum”
Visi Gereja Indonesia, khususnya Keuskupan Agung Jakarta di era 1990 adalah menjadi Gereja yang Mandiri, Misioner, Berdaya Pikat dan Berdaya Tahan. Setiap keluarga dipandang juga sebagai gereja mini (basic eccelesia), maka juga dipanggil menjadi gereja yang Mandiri, Misioner, Berdaya Pikat dan Berdaya Tahan.
Mengambil inspirasi dari kisah perkawinan di Kana, di mana lewat Maria, Yesus membuat mukjijat untuk pertama kalinya (Per Mariam ad Jesum), saya angkat satu perangkat nilai yang bisa dibangun oleh sebuah komunitas beriman, dalam filosofi “CaBe LoTiSS”:
Cabe itu pedas.
Maka musti pedas (dalam artian positif), musti terasa kehadiran dan peranannya, jelas kontribusinya. Yesus bersabda ”Untuk apa garam yang kehilangan asinnya, selain dibuang dan diinjak-injak orang?” Setiap anggota kita musti punya rasa, bahasa populer-nya Nescafe…tunjukin rasa lo!
Lotis itu aneka buah.
Keragaman yang menyegarkan. Unitas in Diversitas! Setiap pribadi menyumbang rasanya dalam sebuah komunitas. Seperti panggilan Samuel, Yeremia, Yesaya, kita dipanggil secara pribadi masuk ke dalam sebuah kelompok, tapi kita dipanggil juga dalam kesatuan, seperti jemaat perdana, kelompok dua belas atau gereja awal. Dalam kebersamaan, setiap keluarga diajak untuk mengembangkan persekutuan, pelayanan, ibadat, pengajaran iman, kesaksian dalam kesehariannya. Inilah kita. Satu tubuh banyak anggota. Masing-masing berkontribusi untuk satu tubuh yang sama.
Mengartikan teks:
Filosofi “Cabe Lotis” sendiri merupakan kependekan dari penggalan 5 kata bijak, yakni: caring, bearing, loving, transforming, dan sharing. Sekarang apa nilai yang dikandung Cabe Lotis?
1. Caring
Pesta perkawinan di Kana kalo sampai kehabisan anggur, kemungkinan besar karena yang hadir mbludak seperti pentas Inul Daratista misalnya. Artinya apa? Artinya banyak orang yang peduli pada kebahagiaan kedua mempelai dan keluarganya. Yesus datang juga bersama Maria dan para murid.
Mereka datang karena peduli. Di tengah-tengah pesta ternyata anggur habis, panitia bingung, malu, cemas, takut. Maria tahu! Dia peduli! Dan dia coba ikut memberi kemungkinan solusi dengan bicara pada Yesus yang nampaknya cuek karena waktunya belum tiba untuk membuat sesuatu yang luar biasa. Tapi lihat, karena kepedulian Maria, kehendak Allah berkaitan dengan waktu bisa diubah. Hati Allah yang maha kasih itu tersentuh. Lalu panitia pesta tidak jadi malu karena habis anggur, tapi malu karena dipuji anggurnya kok enak banget.
Bisa jadi, kalo ada anggota yang lagi cuek, kita diundang untuk peduli. Kalo ada yang lagi sakit, baik juga kalau dibuatin masakan fave-nya. Kalo ada yang lagi sedih karena putus cinta misalnya, ya boleh jadi bahagia kalau disapa oleh yang lainnya. Kepedulian soal hati, itulah caring: menangkap gerak kepri-HATI-nan dan kegembiraan yang lain.
2. Bearing
Ada kisah abad 15 di Jerman, desa kecil.
Sebuah keluarga dengan 18 anak, 2 anak bercita-cita sekolah seni, tapi tahu keuangan keluarga sulit diharapkan. Lalu dibuat konsensus: Undian dengan koin. Yang kalah akan bekerja di tambang terdekat dan hasilnya dipakai studi yang menang. Saat yang menang selesai studi, ganti dia membiayai studi yang kalah terserah dengan cara apa.
Begitulah satu orang, yakni Albert pergi bekerja di tambang, yang satu lagi, yakni Albrecht pergi studi. Empat tahun kemudian studi selesai, Albrecht pulang disambut perjamuan makan meriah. Albrecht memberi sambutan, toast, dan berkata: “Albert, trima kasih.. sekarang giliranmu untuk kuliah mengejar cita-citamu, aku akan membiayaimu.” Albert duduk sambil meneteskan air mata, menggeleng-gelengkan kepala sambil tersedu2 dan berulang berkata” tidak.. tidak…”. Akhirnya dia bangkit, menghapus air matanya dan mengulurkan tangan ke Albrecht: ”Tidak saudaraku, terlambat bagiku untuk pergi belajar. Lihat… apa yang terjadi dengan tanganku selama empat tahun dalam tambang. Tulang-tulang pada setiap jari sudah remuk, aku menderita radang sendi berat hingga bahkan untuk memegang gelas anggur untuk menyambut ucapan selamatmu tak mampu, apalagi untuk membuat garis2 di kanvas… tidak saudaraku….”
Untuk menghormati Albert atas segala pengobanannya, Albrecht Durer dengan seksama menggambar tangan-tangan saudaranya yang menderita dengan telapak tangan menyatu dan jari2 bengkok menunjuk ke angkasa. Lukisannya diberi judul ‘hands”, tapi dunia hingga sekarang menamainya “tangan2 yang berdoa”. Saling menanggung, itulah bearing. Kalo pagi tadi ada yang telat bangun dan lupa menyiapkan sarapan pagi karena kesiangan, tapi ada wajah baru, yakni si ayah atau suami atau bahkan anak-anaknya yang menggantikan, itu bisa karena kesediaan saling menanggung.
3. Loving
Kata Paulus, ada trilogi penting bagi orang Kristiani yakni "HIK" - Harapan Iman Kasih dan yang terbesar adalah Kasih. Kasih Bunda Maria dan kasih Yesus, membuat mukjijat Kana menjadi ada. Kasih mengalirkan kebaikan. Itulah loving!
Khalil Gibran dalam Sang Nabi pun berkata: Saat cinta menuntunmu, ikutlah dengannya walau jalan yang harus kau tempuh berliku. Dan saat sayap-sayapnya merangkulmu, serahkanlah seluruh dirimu padanya walaupun pedang2 yang ada dibalik sayap2 akan melukaimu. Sebagaimana cinta memahkotaimu, ia menyalibmu. Menumbuhkan juga memangkasmu. Saat engkau mencintai jangan katakan Tuhan ada dalam hatiku, tapi ucapkan, aku ada di hati Tuhan.
4. Transforming
Inilah inti kisah Kana: perubahan air menjadi anggur. Inilah juga yang diharapkan. Anggur adalah tanda suka cita dan antusiasme pesta perjamuan perkawinan Yahudi. Maka bagaimana membuat setiap anggota keluarga menjadi lebih bermutu, lebih memberi suka cita.
Suatu perubahan dari dalam. Itulah transformasi. Kita bisa belajar dari Tiram: Sebutir pasir terbawa arus masuk ke dalam cangkangnya, melukai dagingnya yang halus dan lembut. Ia tak berdaya melepaskannya. Apa yang dilakukannya? Ia mengeluarkan lendir, membungkus pasir itu, dan setelah berbulan bertahun lewat, sebutir pasir itu telah berubah menjadi mutiara. Mulanya dari sesuatu yang remeh, kecil, menyakitkan, sederhana, tapi Tuhan mengubah menjadi mutiara indah yang mahal harganya.
5. Sharing
Perubahan air menjadi anggur tidaklah untuk dinikmati panitia pesta sendiri. Yo.. yo..yo… disimpan, nanti diminum sendiri ..nggak… anggur yang nikmat itu ada untuk dibagikan. Ini soal berbagi sukacita, berbagi rahmat.
Ibarat cermin, tugas setiap anggota keluarga, yakni memantulkan cahaya ilahi yang kita terima ke sudut-sudut yang paling gelap sekalipun. Ajak kita semua menikmati kegembiraan itu. Kita mau saling berbagi sinar yang kita terima untuk menerangi juga saat-saat sedih pedih dari pengalaman hidup kita. Aku berbagi, maka aku ada, itulah sharing.
Sebuah panggilan:
Bisa jadi, setiap anggota keluarga dipanggil untuk menjadi seperti pelayan-pelayan yang diminta Yesus menuangkan air ke dalam tempayan besar. Tuhan membutuhkan kita untuk mengubah dunia menjadi lebih baik.
To make a Better World. Itulah serving. Seperti idaman Michel Jackson: "Heal the world, make a better place, for you and for me and the entire human race".
Baiklah sebagai kado bagi Yesus dan Maria, kita mau mulai belajar menjadi keluarga beriman, yang lebih punya caring, bearing, loving, transforming dan sharing. Semoga!!!
Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)

NB:
A.
“Unitas et Caritas – Persatuan dan Kasih.”
Itulah tema pokok yang terjadi pada pesta pernikahan di Kana.
Dalam buku saya, "FAMILY WAY" (RJK. Kanisius), pernikahan sendiri (Bhs Inggris: wedding, Bhs Arab: nikkah) adalah pengikatan janji untuk meresmikan ikatan kawin secara hukum agama-negara dan adat. Dalam sebuah pernikahan, format perkawinan/perpaduan fisik-biologis menjadi salah satu bagian identik di dalamnya.
Lebih lanjut dalam buku saya, “XXX-Family Way” (RJK, Kanisius), ada 4 teladan dasar pernikahan mengacu pada kisah Kana yg mjd bacaan injil di Sabtu Pertama tahun 2017 ini, al:
1."PER"satuan:
Walau Erich Fromm berkata, “Hal yang tak masuk akal adalah dua insan menjadi 1 tapi tetap 2, pernikahan tetap kita sebut sebagai “consortium totius vitae”: kebersamaan seluruh hidup.
Bukankah kedatangan Maria dan Yesus yang jauh-jauh datang dari Nazareth juga menunjukkan persatuan hati dan hidup mereka bersama dengan sukacita orang di Kana?
2."NI"at:
Diakui/tidak, niat untuk menikah kadang adalah kombinasi dari beberapa motif insani al: kekuasaan-gengsi-uang-keamanan dan seks. Yang pasti, kita butuh niat baik.
Bukankah sebuah niat baik jika Maria mendekat dan meminta langsung kepada Yesus? Bukankah Yesus selalu memberkati segala niat baik: Bartimeus yang buta, Zakheus yang pendek, Nikodemus yang pintar, Magdalena yang pagi-pagi benar “nyekar” ke makam Yesus dll.
3."KA"sih:
Walau banyak siksaan terletak di lingkaran kecil cincin pernikahan, bukankah kasih adalah tanda yang khas dan jelas dalam setiap pernikahan.
Bukankah perubahan air menjadi anggur ada ketika Maria kasih kepedulian dan Yesus kasih mukjizatNya dan para pelayan kasih ketaatannya
4.dalam Tu"HAN":
Banyak godaan yang kerap menimpa kita, tapi jika semua dikerjakan bersama Allah, maka akan terasa lebih indah dan mudah.
Bukankah ketika Maria berkata "...whatever Jesus say just do it", kita diajak untuk berpasrah, untuk membawa semua dalam Tuhan yang selalu membuahkan rahmat: menguduskan-menyempurnakan dan meneguhkan hidup?
"Burung tekukur di Taman Ria - Kita bersyukur punya Bunda Maria".
B.
Doa untuk Imam
Introibo ad Altare Dei, ad Deum qui aetificiat juventutem meam - Aku hendak naik ke altar Tuhan, ke hadapan Alah, yang menggirangkan masa mudaku.”
"Ya Yesus-ku, walau aku seorang yang malang dalam begitu banyak hal dan begitu bodoh, aku telah Engkau pilih sebagai gembala dari kawanan domba-Mu.
Anugerahkanlah kepadaku kasih yang bertambah-tambah bagi jiwa-jiwa yang telah Engkau tebus dengan Darah-Mu yang Mahasuci, sehingga aku dapat berkarya demi keselamatan mereka dengan kebijaksanaan, kesabaran dan kekudusan. Janganlah kiranya satu pun dari mereka yang telah Engkau percayakan kepadaku hilang akibat kesalahanku.
Ya Yesus-ku, bantulah aku menguduskan mereka yang Engkau serahkan ke dalam pemeliharaanku.
Ya Bunda Allah yang tersuci, sudi doakanlah aku dan mereka semua yang ada dalam kebun anggurku.
Para malaikat pelindung yang kudus dari jiwa-jiwa terkasih, ajarilah aku bagaimana bersikap terhadap mereka sehingga aku dapat menanamkan ke dalam hati mereka pokok-pokok iman dan kasih sejati Allah.
Tuhan, ajarilah aku bagaimana hidup dan jika perlu mati, sehingga semuanya dapat diselamatkan, sehingga semuanya dapat mengasihi dan memuliakan Engkau sepanjang kekekalan masa, agar semuanya dapat pula mengasihi dan menghormati BundaMu terkasih.
Amin"
===
"Tuhan terkasih, Bapa Pengasih, aku berdoa kepadaMu,lindungilah para imam GerejaMu, sebab mereka itu milikMu. Biarlah hidup mereka terbakar luluh di atas altarMu yang suci,sebab mereka telah disucikan dan menyucikan diri bagiMu. Lindungilah mereka sebab mereka ada di tengah dunia meski mereka bukan dari dunia ini. Masukkanlah mereka dalam lubuk hatiMu, bila nikmat dunia menggoda dan memikat. Lindungilah dan hiburlah mereka dalam saat sepi, susah derita dan bila pengorbanan hidupnya nampak sia-sia. Ingatlah ya Tuhan tak seorangpun kecuali Engkauyang menjadi pemiliknya. Dan walaupun mereka Kau beri panggilan Ilahi tapi tetaplah mereka memiliki hati insani, dengan segala kerapuhannya. Maka Bapa terkasih, lindungilah mereka bagaikan biji mataMu dan peliharalah mereka bagaikan hosti tanpa noda.
Semoga setiap hari pikiran dan perbuatannya aman terjaga dan menjadi teladan indah bagi seluruh umatMu. Tuhan terkasih, sudilah memberkati mrk senantiasa. Terpujilah Engkau yang telah memanggil dan mengutus mereka; terpujilah Engkau yang tetap mendampingi dan memampukan mereka. Ya Hati Kudus Yesus, Imam Agung Yesus, kasihanilah mereka.Ya Hati Tersuci Maria Ratu para imam, doakanlah mereka.Ya Santo Yohanes Maria Vianney, doakanlah mereka. Amin."
C.
Kutipan Teks Misa
"Mukjizat perbanyakan roti menunjukkan lebih dahulu kelimpahan roti istimewa dari Ekaristi-Nya Bdk. Mat 14:13-21; 15:32-39.: Tuhan mengucapkan syukur, memecahkan roti dan membiarkan murid-murid-Nya membagi-bagikannya, untuk memberi makan kepada orang banyak. Tanda perubahan air menjadi anggur di Kana Bdk. Yoh 2:11 telah memaklumkan saat kemuliaan Yesus. Ia menyampaikan penyempurnaan perjamuan pernikahan dalam Kerajaan Bapa, di mana umat beriman akan minum Bdk. Mrk 14:25. anggur baru, yang telah menjadi darah Kristus. --- Katekismus Gereja Katolik, 1335
Antifon Pembuka (Mzm 66:4)
Seluruh bumi hendaknya menyembah Dikau, ya Allah, dan bermazmur bagi-Mu, meluhurkan nama-Mu, ya Allah Mahatinggi.
All the earth shall bow down before you, O God, and shall sing to you, shall sing to your name, O Most High!
Omnis terra adoret te, Deus, et psallat tibi: psalmum dicat nomini tuo, Altissime.
Doa Pembuka
Allah yang Mahakuasa dan kekal, Engkau mengatur segala yang di langit dan di bumi. Dengarkanlah dengan rela permohonan-permohonan umat-Mu dan berilah damai-Mu bagi kami pada zaman ini. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Bacaan dari Kitab Yesaya (62:1-5)
"Seorang mempelai girang hati melihat pengantin perempuan."
Oleh karena Sion, aku tidak dapat berdiam diri. Dan oleh karena Yerusalem, aku tidak akan tinggal tenang, sampai kebenarannya bersinar seperti cahaya dan keselamatan menyala seperti suluh. Maka bangsa-bangsa akan melihat kebenaranmu, dan semua raja akan melihat kemuliaanmu. Orang akan menyebut engkau dengan nama baru yang akan ditentukan oleh Tuhan sendiri. Engkau akan menjadi mahkota keagungan di tangan Tuhan, dan serban kerajaan di tangan Allahmu. Engkau tidak akan disebut lagi “Yang-Ditinggalkan- Suami”, dan negerimu tidak akan disebut lagi “Yang-Sunyi”. Tetapi engkau akan dinamai “Yang-Berkenan-Kepada-Tuhan” dan negerimu akan disebut “Yang Bersuami”, sebab Tuhan telah berkenan kepadamu, dan negerimu akan bersuami. Sebab seperti seorang jejaka menjadi suami seorang anak dara, demikianlah Dia yang membangun engkau akan menjadi suamimu. Dan seperti seorang mempelai girang hati melihat pengantin perempuan, demikianlah Allahmu akan girang hati atas engkau.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan, do = a, 2/4, PS 830
Ref. Aku wartakan karya agung-Mu, Tuhan, karya agung-Mu karya keselamatan.
Ayat. (Mzm 96:1-2a.2b-3.7-10ac)
1. Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, menyanyilah bagi Tuhan, ya seluruh bumi! Menyanyilah bagi Tuhan, pujilah nama-Nya.
2. Kabarkanlah dari hari kehari keselamatan yang datang dari pada-Nya. Ceritakanlah kemuliaan-Nya di antara bangsa-bangsa di antara segala suku.
3. Kepada Tuhan, hai suku-suku bangsa, kepada Tuhan sajalah kemuliaan dan kekuatan! Berikanlah kepada Tuhan kemuliaan nama-Nya, bawalah persembahan dan masuklah ke pelataran-Nya.
4. Sujudlah menyembah kepada Tuhan dengan berhiaskan kekudusan, gemetarlah di hadapan-Nya, hai seluruh bumi! Katakanlah di antara bangsa-bangsa, “Tuhan itu Raja! Ia akan mengadili bangsa-bangsa dalam kebenaran.”
Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di 1 Korintus (12:4-11)
"Roh yang satu dan sama memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus seperti yang dikehendaki-Nya."
Saudara-saudara, ada rupa-rupa karunia, tetapi hanya ada satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi hanya ada satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu, yang mengerjakan semuanya dalam semua orang. Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama. Kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan. Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mukjizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-maram roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu. Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan sama. Ia memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.
Demikianlah sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.
Bait Pengantar Injil, do = g, 2/4, PS 952
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Sesudah ayat, Alleluya dilagukan dua kali
Ayat. (2 Tes 2:14)
Allah memanggil kita untuk memperoleh kemuliaan Tuhan kita Yesus Kristus.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes (2:1-11)
"Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya."
Pada waktu itu ada pesta perkawinan di Kana yang di Galilea, dan ibu Yesus ada di situ. Yesus dan murid-murid-Nya diundang juga ke perkawinan itu. Ketika mereka kekurangan anggur, Maria berkata kepada Yesus, “Mereka kehabisan anggur!” Kata Yesus kepada ibu-Nya, “Mau apakah engkau dari pada-Ku, Ibu? Saat-Ku belumtiba.” Tetapi ibu Yesus berkata kepada pelayan-pelayan, “Apa yang Ia katakan kepadamu, buatlah!” Di situ ada enam tempayan yang disediakan untuk pembasuhan menurut adat orang Yahudi, masing-masing isinya dua tiga buyung. Yesus berkata kepada pelayan-pelayan itu, “Isilah penuh tempayan-tempayan itu dengan air!” Dan mereka pun mengisinya sampai penuh. Lalu kata Yesus kepada mereka, “Sekarang cedoklah, dan bawalah kepada pemimpin pesta!” Lalu mereka pun membawanya. Setelah pemimpin pesta itu mengecap air yang telah menjadi anggur itu, - dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan yang mencedok air itu mengetahuinya, - ia memanggil mempelai laki-laki, dan berkata kepadanya, “Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dulu, dan sesudah orang puas minum, barulah yang kurang baik. Akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang.” Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, dan merupakan yang pertama dari tanda-tanda-Nya. Dengan itu Yesus telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.
Demikianlah Injil Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.
Renungan
"Mereka kehabisan anggur!” demikian kata Bunda Maria kepada Yesus setelah melihat bahwa anggur, salah satu bahan untuk berpesta dan bersukacita ternyata habis. Bunda Maria sangat tanggap akan situasi itu. Ia tidak rela bila sukacita keluarga yang menyelenggarakan pesta berubah menjadi nestapa yang akan dikenang banyak orang.
Dalam keadaan seperti itulah, ia datang kepada Yesus. Entahlah, apakah kala itu Bunda Maria memiliki kesadaran atau tidak akan mukjizat yang bisa terjadi oleh Yesus sehingga ia menyampaikan situasi genting itu kepada-Nya. Paling tidak, dengan memberitahukan keadaan tersebut kepada-Nya, barangkali Putranya bisa mencari cara untuk membantu tuan pesta; Dengan demikian, keluarga yang sedang berpesta terselamatkan dari rasa malu atau sedih pada saat ingin mengajak semua hadirin bersukacita. Meskipun Yesus berkata, ”Mau apakah engkau dari pada-Ku, Ibu? Saat-Ku belum tiba!", Bunda Maria dengan mantap memberitahu para pelayan, ”Apa yang Ia katakan kepadamu, buatlah!” Mukjizat pun terjadi. Mereka yang semua kehabisan anggur kini menikmatinya dalam berkelimpahan.
Keadaan terselimuti dan terpuruk dalam rasa malu dan sedih adalah keadaan seperti hidup yang kehilangan terang, keadaan kalah dan kehilangan semangat. ltulah keadaan tanpa kehadiran Allah atau ditinggalkan Allah. Orang-orang atau persisnya keluarga yang sedan berpesta itu sedang tidak menyadari bahwa Allah sedang hadir. Sikap Bunda Maria seolah-olah mengaktifkan kehadiran yang tidak tersadar; itu. Allah ada, sungguh ada dan sedang ada di sini, saat ini. Batinnya Seolah-olah menangkap suara Allah yang hendak menyalurkan belas kasih karena keprihatinannya. Ia sungguh tidak bisa berdiam diri dan tidak akan tinggal tenang jika kegelapan terus bergelayut menyirnakan keceriaan pesta perkawinan yang menjadi lambang sukacita orang-orang yang mendapatkan penyertaan Allah. Itulah batin seorang yang miskin di hadapan Allah. Ketika ia datang kepada Yesus, ia percaya bahwa kebenaran kata-kata Yesus akan bersinar seperti cahaya dan keselamatan menyala seperti suluh, dan terang kembali bersinar, keselamatan pun terjadi. Anggur dari Allah dengan kualitas terbaik tersedia berlimpah, menggantikan anggur dari manusia.
Sukacita orang beriman adalah sukacita yang berasal dari Allah. Ketika sang Sabda Kebijaksanaan Allah tersadari, hadir, tinggal dalam diri kita, maka sabda itu menjadi sumber air dengan kualitas baik yang terus-menerus memancar dari dalam diri kita. Air sabda kebijaksanaan itu menyegarkan setiap batin yang mengalami dahaga, kejernihannya menjadi terang bagi setiap jiwa yang suntuk meringkuk dalam bayang-bayang kegelapan akibat kepedihan-kepedihan hidup. Yesus, sabda Allah, menjadi pencerah dan pembebas batin-batin gundah. la bersabda, ”Datanglah kepada-Ku kalian semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberikan kelegaan kepadamu. Belajarlah pada-Ku sebab Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapatkan ketenangan.”
Ketika sabda-sabda-Nya tinggal menetap dalam diri kita, memengaruhi kehidupan kita dan menuntun pikiran, perkataan dan perbuatan kita, kita pun seperti Bunda Maria, menjadi kehadiran yang memancarkan sinar keselamatan Allah. Itulah yang menyukakan hati Aiiah, yakni jika kehadiran kita menjadi penerus kehadiran belas kasih Allah, suatu saat terang kita memancar dan orang lain akan kembali melihat Allah. Setiap insan beriman, murid-murid Tuhan diundang untuk membantu orang kembali melihat Allah.
Antifon Komuni (Mzm 34:6)
Tujukanlah pandangan-Mu kepada Tuhan maka wajahmu akan berseri-seri dan tidak akan malu tersipu-sipu.

Sabtu, 19 Januari 2019

HIK. HIDANGAN ISTIMEWA KRISTIANI.
HARAPAN IMAN KASIH.
Sabtu, 19 Januari 2019
Hari Biasa Pekan I
Ibrani (4:12-16)
(Mzm 19:8-9.10.15; R: Yoh 6:63c)
Markus (2:13-17)
"Deus vult - Tuhan menghendakinya!”
Inilah semboyan pokok dari para ksatria Perang Salib yang kerap saya tulis dalam bagian epilog di beberapa buku saya yang diterbitkan Kanisius.
Adapun 3 hal yg dikehendaki oleh Tuhan, antara lain:
1. "Mediator" (in medio: di tengah tengah):
Ia mengajar dan berjumpa dengan banyak orang dalam hidup keseharian yang biasa-biasa.
Lewat Yesus yang membumi inilah, Allah semakin mudah menjumpai kita dan lewat Yesus yang merakyat, kita juga semakin mudah menjumpai Allah.
Yesus menjadi gambaran Allah yang otentik sekaligus pintu bagi surga menjaga dunia dan juga sebaliknya. Ia adalah link – ex officio – jembatan ulung antara Allah dan kita, terlebih kita yang kecil dan tersingkir/disingkirkan. Ia mengantar kita untuk mengalami kasih Allah yang peduli dan berbelaskasihan pada kita, yang adalah pendosa yang dikasihi Tuhan.
2. "Model" (modus: contoh/cara).
Ia adalah contoh tanah yang terbuka. Hatinya utuh-penuh-murni bagi kemuliaan Allah dan keselamatan semua orang. Ia tulus dan tidak suka ber-akal bulus. Ia tidak mempunyai banyak taktik-intrik/politik yang mudah menjadi "stigmator": men-cap buruk org lain.
Ia adalah model Allah yang mau ber-interupsi, turun tangan dan tidak mudah menghakimi orang lain. Ia selalu mau bergaul dengan smua orang, bahkan makan bersama dengan para “orang sakit”: pemungut cukai dan para pendosa.
3. "Messenger" (message: pesan).
Dalam setiap karya dan warta, Ia selalu membawa pesan ilahi “PKK-perdamaian, pertobatan dan kasih”.
Ia jelas mengasihi semua orang: Ia menyapa Lewi anak Alfeus yang sedang duduk di rumah cukai untuk bertobat dan mengikutiNya. Ia juga sengaja makan bersama para pendosa dan pemungut cukai untuk membawa perdamaian dan kehangatan kasih bagi mereka yang dianggap sampah masyarakat. Ia juga menegur para ahli taurat dan orang Farisi yang memiliki “kesombongan rohani”, yang merasa lebih suci dan lebih baik daripada orang lain, yg begitu mudah mencap buruk dan mencibir orang lain.
Sst, bagaimana dengan hidup kita sendiri? Sudahkah kita belajar menjadi “mediator, model dan messenger”?
"Burung Nuri Burungnya Pak Johan - Mari kita ikuti jalannya Tuhan."
Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)
NB:
Kutipan Teks Misa:
“Hanya percaya bahwa Allah itu ada, tidak akan saya sebut sebagai komitmen. Bahkan iblis pun percaya bahwa Allah itu ada! Percaya [kepada Allah] berarti [kita] harus mengubah cara hidup kita.” – Mother Angelica
Pekerjaan yang baik tidak hanya menghiasi kehidupan orang baik, tetapi juga merupakan hiasan bagi semua orang. (Paus Klemens I)
Antifon Pembuka (Ibr 4:16)
Marilah kita menghampir takhta kerahiman Allah dengan penuh keberanian, agar kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan pada waktunya.
Doa Pembuka
Allah Bapa, Pencipta dan Penyelamat, Yesus Putra-Mu telah Kauurapi untuk menyampaikan sabda penuh cinta kasih kepada umat manusia. Semoga kami dapat memenuhi sabda-Nya, agar dapat menemukan keselamatan. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami yang bersama Dikau dan dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa. Amin.
Bacaan dari Surat kepada orang Ibrani (4:12-16)
"Marilah kita menghampiri takhta kerahiman Allah dengan penuh keberanian."
Saudara-saudara, sabda Allah itu hidup dan kuat, lebih tajam daripada pedang bermata dua mana pun! Sabda itu menusuk amat dalam, sampai ke batas jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum! Sabda itu sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. Tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungjawaban. Kita sekarang mempunyai Imam Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah. Maka baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita. Sebab Imam Agung yang kita punya, bukanlah imam agung yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita! Sebaliknya Ia sama dengan kita! Ia telah dicobai, hanya saja tidak berbuat dosa. Sebab itu marilah kita menghampiri takhta kerahiman Allah dengan penuh keberanian, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan pada waktunya.
Demikianlah sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan, do = f, 2/4, PS 853
Ref. Sabda-Mu, ya Tuhan, adalah roh dan kehidupan.
Ayat. (Mzm 19:8-9.10.15; R: Yoh 6:63c)
1. Taurat Tuhan itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan Tuhan itu teguh memberikan hikmat kepada orang yang bersahaja.
2. Titah Tuhan itu tepat, menyukakan hati; perintah Tuhan itu murni, membuat mata ceria.
3. Takut akan Tuhan itu suci, tetap untuk selama-lamanya; hukum-hukum Tuhan itu benar, adil selamanya.
4. Lebih indah daripada emas, bahkan daripada emas tua; dan lebih manis daripada madu, bahkan daripada madu tetesan dari sarang lebah.
Bait Pengantar Injil, do = g, 4/4, PS 963
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Ayat. (Luk 4:18-19)
Tuhan mengutus Aku mewartakan Injil kepada orang yang hina-dina dan memberitakan pembebasan kepada orang tawanan. Alleluya.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (2:13-17)
"Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."
Sekali peristiwa Yesus pergi ke pantai Danau Galilea, dan semua orang datang kepada-Nya. Yesus lalu mengajar mereka. Kemudian ketika meninggalkan tempat itu, Ia melihat Lewi anak Alfeus duduk di rumah cukai. Yesus berkata kepadanya, “Ikutlah aku!” Maka berdirilah Lewi, lalu mengikuti Yesus. Kemudian ketika Yesus makan di rumah Lewi, banyak pemungut cukai dan orang berdosa makan bersama dengan Dia dan murid-murid-Nya, sebab banyak orang yang mengikuti Dia. Waktu ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi melihat, bahwa Yesus makan bersama dengan pemungut cukai dan orang berdosa, berkatalah mereka kepada murid-murid-Nya, “Mengapa Gurumu makan bersama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?” Yesus mendengar pertanyaan itu dan berkata kepada mereka, “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit! Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa!”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.
Renungan
Dalam Injil hari ini kita menyadari bagaimana Yesus memanggil Lewi, anak Alfeus, Pemungut cukai dan makan bersama para pemungut cukai. Melihat peristiwa itu, para ahli taurat dan orang Farisi tidak suka. Tetapi Yesus berkata, “Bukan orang sehat memerlukan tabib, tetapi orang sakit. Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi untuk orang berdosa.” Itulah perutusan Tuhan Yesus, yaitu menyelamatkan orang berdosa agar bertobat dan kembali kepada Allah. Itulah yang menjadi prioritas Tuhan, yaitu memanggil orang berdosa, orang lemah, orang yang dianggap jelek dalam masyarakat, untuk disatukan kembali dengan Allah.
Itulah sikap Tuhan kepada kita manusia yang juga berdosa dan lemah. Kita dicintai dan dipanggil Tuhan untuk kembali ke jalan yang benar. Maka, kita tidak perlu takut untuk kembali kepada Tuhan karena Tuhan mencintai kita. Pesan Yesus itu juga mengajak kita agar kita juga punya sikap pengampun kepada orang lain yang kita anggap berdosa. Kita diajak untuk mengembangkan sikap mau bergaul, mau hidup di tengah orang yang berdosa, agar mereka dapat mengalami kasih Allah lewat hidup kita dan kembali kepada Allah. Kita diajak untuk tidak diskriminatif terhadap sesama kita, apa pun keadaannya.
Bagaimana dengan aku sendiri? Apakah aku senang datang kepada Tuhan yang selalu menanti dan memanggil aku? Apakah di saat aku merasa tidak pantas, berdosa, atau jatuh, mau datang kepada Tuhan yang mencintai dan menantikan aku? Apakah aku juga mau menjadi tanda pengampunan dan kasih Tuhan bagi orang lain? Apa yang akan aku lakukan dalam hidupku untuk mengembangkan sikap tersebut?
Antifon Komuni (Bdk. Mat 19:21)
Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku, demikianlah firman Tuhan.
If you would be perfect, go, sell what you have, give to the poor, and follow me, says the Lord.
Doa Malam
Ya Allah, Engkau telah membantu Santo Antonius mengalahkan kuasa kegelapan dengan gemilang. Bantulah kami juga agar setelah dipuaskan dengan sakramen-sakramen-Mu, kami dapat mengatasi segala tipu muslihat musuh. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa sepanjang segala masa. Amin.