Ads 468x60px

DOA SANTO THOMAS MORE


DOA SANTO THOMAS MORE (1478-1535)
Tuhan Yang Maha Baik,
berilah aku rahmat, agar di dalam segala ketakutan dan rasa pedihku,
aku dapat menemukan sumber penghiburan dari ketakutan dan kepedihanMu yang Kau tanggung,
ya Penebusku yang manis; di taman Getsemani,
ketika Engkau harus menghadapi penderitaanMu sendiri yang terkira.
Berilah aku rahmat, agar dalam merenungkan penderitaanMu itu, aku memperoleh hiburan dan ketenangan batin yang berguna untuk jiwaku.
Allah Yang Mahakuasa,
singkirkanlah dariku segala pikiran besar yang sia-sia,
segala hasrat untuk memperoleh pujian diri,
segala rasa iri hati, kecemburuan, kerakusan, kemalasan,
segala nafsu yang menghancurkan,
segala kegusaran di hati,
segala hasrat untuk membalas dendam,
segala keinginan dan kesenangan melihat kesengsaraan dan kerugian orang lain,
segala kebiasaan untuk menyulut amarah dan kegusaran orang lain,
segala kegirangan untuk melukai dan menghinakan orang lain dalam penderitaan dan petaka mereka.
Maka Allah Yang Maha Baik,
berilah aku pikiran dan hati yang rendah hati,
tenang, damai, sabar,
penuh cinta, ramah, lemah lembut,
dan penuh kasih sayang.
Berilah aku rahmatMu agar dalam segala pekerjaanku, kata-kataku, dan pikiranku, aku dapat merasakan RohMu, yang suci dan terberkati.
Berilah aku iman yang penuh,
harapan yang kokoh,
kasih yang menyala-nyala,
cinta kepadaMu yang melebihi cinta akan diriku sendiri,
dan tidak menyukai apapun yang tidak Kausukai dan selalu berusaha untuk menyenangkanMu.
Jauhkanlah dari diriku segala sikap yang setengah-setengah,
segala sikap doa yang hanya suam-suam kuku,
segala kekeringan yang membuat semangatku lesu.
Berilah aku kehangatan, kegembiraan dan kesegaran, bila aku sedang merenungkan tentang diriMu.
Dan berilah aku rahmat untuk rindu akan Sakramen-SakramenMu,
terutama kebergembiraan merasakan kehadiran TubuhMu yang suci,
o Kristus penyelamatku,
dalam Sakramen Suci di altar,
dengan kasih dan syukur untuk mengenangkan akan penderitaanMu yang teramat pahit itu.
Amin.
NB:
St. Thomas More, 1475-1535, adalah martir,
Santo pelindung para pengacara, politikus, negarawan.
Ia menjadi martir, dipenggal, ketika; sebagai perdana menteri, ia menolak bersumpah setia mendukung Raja Inggris saat itu, Henry VIII yang mengangkat diri sendiri sebagai pemimpin gereja di Inggris dan melepaskan segala hubungan Gereja Inggris dengan Tahta Suci di Roma.
Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar