Ads 468x60px

Kamis, 22 November 2018

HIK. HIDANGAN ISTIMEWA KRISTIANI.
HARAPAN IMAN KASIH.
Kamis, 22 November 2018
Peringatan Wajib St. Sesilia, Perawan dan Martir
Hari Biasa Pekan XXXIII
Wahyu (5:1-10)
(Mzm 149:1-6a.9b)
Lukas (19:41-44)
"Domus Pacis - Rumah Damai."
Inilah yang selalu hadir ketika kita menyebut nama Yerusalem.
Adapun, mengacu pada bacaan hari ini, Yesus menjadi rumah damai dengan 3 sikap dasar penuh harapan iman kasih yang dibuatNya, antara lain:
1. MENANGISINYA (Luk 19:41).
Karena tahu bahwa para pemimpin dan umat Israel mengharapkan Mesias yang bergerak dalam bidang politik dan bahwa mereka akan menolak Dia sebagai Mesias, maka "Dominus flevit- Yesus menangis" sebab Ia mengasihani umat itu yang akan segera mengalami hukuman yang dahsyat.
Kata "menangis" dalam bahasa Yunani tidak hanya berarti meneteskan air mata tapi menunjukkan terjadinya ratapan, raung tangisan, rasa sesak di dada, isak dan tangisan jiwa yang menderita.
Sebagai Allah, Yesus menampakkan bukan hanya perasaanNya sendiri tapi juga hancurnya hati Allah atas keterhilangan dan penolakan manusia pada keselamatan (Mark 11:9).
Inilah sikap Allah yang maha rahim.
2. MEMPERINGATINYA.
“Musuhmu akan mengelilingi engkau (Luk 19:43)!" Nubuat Yesus ini digenapi 40 tahun kemudian (70 M) ketika Yerusalem diruntuhkan oleh tentara Romawi dan ratusan ribu orang Yahudi dibunuh.
Peristiwa itu menggenapi nubuat Yesus yang menyatakan bahwa hukuman IIahi akan "ditanggung angkatan ini" (Mat 23:36; Luk 23:27-30) sebab mereka menolak Mesias dan tidak mau berpaling dari dosa mereka.
Inilah gambaran Allah yg maha kuasa.
3. MEMPERBAHARUINYA.
Ia memperbaharui perjanjianNya dan mempercayakan "kebun anggurNya" kepada org lain (Luk 20:16, Mat 21:43).
Dkl: KerajaanNya diambil dari Israel dan dibuka untuk semua bangsa lain dan itu tidak akan berakhir sebelum zaman itu digenapi, yang mungkin dimaksudkan ketika Kristus ber-"parousia", datang dalam kemuliaan dan kuasa untuk menegakkan pemerintahanNya atas segala bangsa (Luk 1:32-33; Yer 23:5-6; Za 6:13; 9:10; Rom 11:25-26; Wahy 20:4).
Disinilah, Ia hadir sebagai Allah yang terbuka, yang siap turun tangan di tengah ruwet renteng kehidupan harian kita.
"Makan siomay sambil berderma - Hiduplah berdamai dengan sesama."
Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)
NB:
A.
KUTIPAN TEKS MISA.
“Hai tentara Kristus, buanglah pekerjaan kegelapan dan kenakanlah senjata cahaya." (St. Sesilia)
Antifon Pembuka
Inilah martir sejati yang bersedia menumpahkan darah untuk membela nama Kristus. Ia tidak takut menghadapi ancaman di pengadilan. Kerajaan surga kini menjadi miliknya.
Doa Pembuka
Allah Bapa sumber kehidupan kekal, menjadi pengikut Kristus Putra-Mu akan selalu berhadapan dengan kenyataan ditolak, dimusuhi bahkan dianiaya. Berilah aku keteguhan hati untuk tetap setia dengan mengingat janji keselamatan-Mu seperti diteladankan oleh St. Sesilia. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu dan Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Bacaan dari Kitab Wahyu (5:1-10)
"Anak Domba telah disembelih dan dengan darah-Nya telah menebus kita dari segala bangsa."
Aku, Yohanes, melihat Seorang yang duduk di atas takhta di surga; dengan tangan kanan Dia memegang sebuah gulungan kitab. Kitab itu ditulis sebelah dalam dan sebelah luarnya dan dimeterai dengan tujuh meterai. Dan aku melihat seorang malaikat yang gagah, yang berseru dengan suara nyaring, katanya, "Siapakah yang layak membuka gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya?" Tetapi tak seorang pun di surga atau di bumi atau di bawah bumi yang dapat membuka gulungan kitab itu atau melihat sebelah dalamnya. Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak seorang pun dianggap layak untuk membuka gulungan kitab itu atau pun melihat sebelah dalamnya. Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku, "Jangan menangis! Sesungguhnya singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang. Dialah yang dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya. "Maka aku melihat seekor Anak Domba berdiri di tengah-tengah takhta dan ditengah-tengah keempat makhluk serta orang tua-tua itu. Anak Domba itu kelihatan seperti telah disembelih, Ia bertanduk tujuh dan bermata tujuh. Itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi. Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu. Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat orang tua-tua di hadapan Anak Domba. Mereka masing-masing memegang sebuah kecapi, dan sebuah cawan emas penuh dengan kemenyan. Itulah doa orang-orang kudus. Dan mereka menyanyikan sebuah lagu baru katanya, 'Layaklah Engkau menerima gulungan kitab dan membuka ketujuh meterainya. Sebab Engkau telah disembelih, dan dengan darah-Mu telah membeli mereka bagi Allah dari setiap suku, bahasa, kaum dan bangsa. Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imam-imam bagi Allah kita, dan mereka sebagai raja akan memerintah di bumi."
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan
Ref. Tuhan, Engkau telah membuat kami menjadi raja dan imam.
Ayat. (Mzm 149:1-6a.9b)
1. Nyanyikanlah bagi Tuhan lagu yang baru! Pujilah Dia dalam jemaah orang-orang saleh! Biarlah Israel bersukacita atas Penciptanya, biarlah Sion bersorak-sorai atas raja mereka.
2. Biarlah mereka memuji-muji nama-Nya dengan tarian, biarlah mereka bermazmur kepada-Nya dengan rebana dan kecapi! Sebab Tuhan berkenan kepada umat-Nya, Ia memahkotai orang yang rendah hati dengan keselamatan.
3. Biarlah orang saleh beria-ria dalam kemuliaan, biarlah mereka bersorak-sorai di atas tempat tidur! Biarlah pujian pengagungan Allah ada dalam kerongkongan mereka. Itulah semarak bagi orang yang dikasihi Allah.
Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya, alleluya
Ayat. (Mzm 95:8ab)
Hari ini janganlah bertegar hati, tetapi dengarkanlah suara Tuhan.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (19:41-44)
"Andaikan engkau tahu apa yang perlu untuk damai sejahteramu!"
Pada waktu itu, ketika Yesus mendekati Yerusalem dan melihat kota itu, Ia menangisinya, katanya, “Wahai Yerusalem, alangkah baiknya andaikan pada hari ini juga engkau mengerti apa yang perlu untuk damai sejahteramu! Tetapi sekarang hal itu tersembunyi bagi matamu. Sebab akan datang harinya, musuhmu mengelilingi engkau dengan kubu, lalu mengepung dan menghimpit engkau dari segala jurusan. Dan mereka akan membinasakan dikau beserta semua pendudukmu. Tembokmu akan dirobohkan dan tiada satu batu pun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain. Sebab engkau tidak mengetahui saat Allah melawati engkau.”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.
Renungan
Orang dapat menangis karena sedih, tetapi juga karena saking gembiranya. Ketika ada saudara kita yang amat dekat di hati meninggal dunia, tentulah hati kita amat sedih dan lihatlah: kita akan mudah menangis. Sebaliknya ketika ada kegembiraan teramat sangat dan mengagetkan, orang dapat menangis pula. Bila seseorang memiliki utang sekian puluh juta pada seorang teman, lalu teman itu tiba-tiba mendatanginya dan mengatakan: saya telah membuat keputusan, utangmu kuanggap lunas, tanpa syarat apa-apa! Pasti orang itu dapat terkaget-kaget dan menangis terharu.
Pada kedua bacaan hari ini, kita mendengarkan kata "menangis". Pada bacaan pertama, Yohanes yang mengalami penglihatan menangis amat sedih karena waktu itu tidak ada yang sanggup membuka gulungan kitab. Gulungan kitab itu adalah simbol sejarah keselamatan Allah yang merupakan karya penebusan Tuhan atas kita umat-Nya. Untunglah tua-tua itu menjawab bahwa akan ada yang sanggup membuka gulungan kitab. Dialah Sang Anak Domba yang disembelih, itulah Tuhan kita Yesus Kristus yang wafat bagi kita. Dari Injil, Tuhan Yesus juga menangis, yakni menangisi kota Yerusalem. Yerusalem yang tampak megah dan indah itu akan hancur pada waktunya, sehingga tidak ada batu satu pun yang tinggal terletak di atas batu lainnya. "Betapa baiknya jika Yerusalem mengerti apa yang perlu untuk damai sejahtera." Pertobatan! Yerusalem, yakni orang-orang Yahidi mesti bertobat. Sebab di Yerusalemlah banyak nabi dibunuh, dan malah Yesus Kristus akan dibunuh dan harus menumpakan darah-Nya.
Demikianlah kedua bacaan bertemu pada satu titik. Tuhan Yesus Kristus yang memenuhi janji keselamatan umat manusia, tetapi itu harus dilalui-Nya melalui jalan penderitaan dan salib. Keselamatan kita yakni kehidupan kita bersama Allah timbul dan muncul dari buah kematian Tuhan Yesus Kristus. Oleh sebab itu, tidak ada jalan lain selain melalui salib dan penderitaan, bila kita mau berjumpa dan dekat serta bersatu dengan Tuhan Yesus Kristus. Marilah kita memandang setiap derita, kesulitan, kesusahan dalam rangka iman kristiani kita sebagai jalan untuk semakin dekat dengan Tuhan dan satu-satunya jalan untuk menjumpai Tuhan.
Antifon Komuni (Mzm 96:13)
Bersukarialah di hadapan Tuhan, sebab Ia datang. Ia datang menghakimi dunia. Ia akan menghakimi dunia dengan adil, dan para bangsa dengan tepat.
Doa Malam
Ya Tuhan, bimbinglah aku untuk semakin peka dalam menyadari kehadiran-Mu dalam hidupku. Dengan menyadari dan mengalami kehadiran-Mu maka aku beroleh kekuatan di tengah kerapuhan dan kelemahanku. Di dalam Engkau aku kuat, ya Tuhanku dan Allahku. Amin.
B.
INSPIRASI PAGI LBI
Dominus Flevit
Kamis, 22 November 2018 – Peringatan Wajib Santa Sesilia
Kisah tentang Yesus yang menangisi Yerusalem ketika Ia mendekati dan melihat kota itu dari kejauhan adalah kisah tentang Allah yang penuh belas kasih. Dalam kisah itu, kita bisa melihat Allah yang mampu menyelami penderitaan yang akan dialami oleh umat-Nya kelak karena dosa-dosa dan penolakan mereka. Tempat Yesus menangisi Yerusalem itu berada di sekitar Bukit Zaitun. Di situ sekarang berdiri sebuah gereja dengan desain seperti tetesan air mata dan diberi nama Dominus Flevit (Tuhan Menangis). Dari jendela gereja itu, kita memang bisa melihat keindahan Yerusalem.
Kota Yerusalem adalah kota yang direbut oleh Raja Daud dari orang-orang Yebus. Kota ini sangat strategis bagi Daud karena berada di tengah-tengah Kerajaan Utara (Israel) dan Kerajaan Selatan (Yehuda). Di kemudian hari, oleh Daud, kota berbukit ini dijadikan pusat pemerintahan, sekaligus usahanya yang disebut sentralisasi ibadat. Sentralisasi ini dirasa perlu agar tidak ada lagi praktik penyembahan berhala yang tumbuh subur di beberapa tempat di Israel maupun Yehuda akibat kurangnya pengawasan yang ketat. Daud berencana membangun tembok kota dan Bait Allah di dalamnya, rencana yang baru terealisasi pada zaman Raja Salomo, anaknya.
Kerajaan Daud sangatlah mashyur dan maju, sebab Allah hadir di tengah-tengah umat-Nya. Allah yang hadir inilah yang melindungi Israel sedemikian rupa dari segala gempuran musuh, bencana alam, dan malapetaka. Allah menjamin kesejahteraan umat pilihan-Nya sesuai dengan sumpah yang telah dibuat-Nya kepada Abraham, Ishak, dan Yakub, nenek moyang mereka. Nama Yerusalem sendiri terdiri dari dua kata, yaitu ir artinya kota dan shalem artinya damai. Karena itu, Yerusalem berarti Kota Damai. Sayang, yang terjadi di situ bukannya kedamaian, melainkan perang, pertentangan, kejahatan, dan kebusukan.
Yesus menangisi penolakan orang-orang sebangsa terhadap diri-Nya. Penolakan mereka berarti penolakan terhadap keselamatan Allah sendiri. Karena itu, Yesus menubuatkan bahwa tembok-tembok kokoh Yerusalem yang menjadi benteng perlindungan umat Allah akan hancur. Nanti, dalam Luk. 21:6, Yesus menubuatkan sebuah akhir yang tragis bagi Bait Allah yang berdiri kokoh di dalam Kota Yerusalem, “Akan datang harinya di mana tidak ada satu batu pun terletak di atas batu yang lain, semuanya akan diruntuhkan.” Yang menjadikan Yerusalem kokoh dan kuat sebenarnya bukan tembok-tembok ataupun pasukan perang, melainkan Allah sendiri yang hadir di tengah-tengah umat-Nya.
Sebetulnya bukan kali ini saja Bait Allah dan Yerusalem mengalami kehancuran. Jauh sebelum zaman Yesus, kira-kira tahun 587 SM, pasukan Babel pernah menghancurkan Yerusalem dan menjarah seluruh isi Bait Allah. Peristiwa itu sudah dinubuatkan jauh-jauh hari oleh para nabi sebelum pembuangan. Namun sayang, umat Allah tidak mau mendengar. Mereka tetap hidup dalam cara hidup mereka yang penuh dengan kekerasan, ketidakadilan, dan ketidaksetiaan kepada Allah. Inilah yang membuat Yesus menangisi Yerusalem, sebab untuk kesekian kalinya umat pilihan menolak Allah mereka. Mereka memberontak; cara hidup mereka tidak sesuai dengan martabat mereka sebagai bangsa pilihan. (JS).
C.
MADAH IBADAT HARIAN
Bangunlah hai para prajurit Allah, buanglah karya kegelapan dan kenakanlah perisai terang.
+ St. Sesilia
---------
P: Ya Allah, bersegeralah menolong aku
U: Ya Tuhan, perhatikanlah hambaMu
Kemuliaan...
Alleluya
MADAH IBADAT BACAAN
Allah mahkota mulia
Bagi pahlawan yang jaya
Kami memuji martirMu
Sambil mohon doa restu.
Ia menumpahkan darah
Rela mati dengan tabah
Tetap teguh dalam iman
Tanpa dapat digoncangkan.
Berkat doa pahlawanMu
Ya Allah yang mahatahu
Ampunilah dosa kami
Meski yang besar sekali.
Dipuji dimulyakanlah
Allah Bapa mahamurah
Bersama Putra dan RohNya
Sepanjang segala masa. Amin.
MADAH IBADAT PAGI
Kristus sumber kemurnian
Dan tumpuan kemartiran
yang mengganjar keduanya
Dengarkanlah doa hamba.
Perawan tabah dan murni
Yang kami kenangkan ini
Merebut dua mahkota
Sebagai martir dan dara.
Semoga berkat doanya
Kaulebur semua dosa
yang pernah kami lakukan
Tergoda bujukan lawan.
Mulyalah Engkau ya Tuhan
Yang lahir dari perawan
Bersama Bapa dan RohNya
Sepanjang segala masa. Amin.
MADAH IBADAT SIANG
Marilah kita bernyanyi
Bagi penebus ilahi
Dengan iman dan harapan
Penuh cinta yang bertahan.
Sambil mohon dibebaskan
Dari tipu daya lawan
Agar selalu setia
Dalam mengabdi sesama.
Terpujilah Allah Bapa
Bersama Putra tercinta
Yang memperoleh Roh suci
Pembaharu muka bumi. Amin.
DOA
Tuhan yang maharahim, indahkanlah kiranya doa kami dan dengarkanlah permohonan kami berkat jasa santa Sesilia.
Demi Yesus Kristus, pengantara kami, yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam persekutuan Roh Kudus, sepanjang segala masa. Amin
PENUTUP
P: (+) Semoga Tuhan memberkati kita, melindungi kita terhadap dosa dan menghantar kita ke hidup yang kekal.
U: Amin.
Caecilia hidup pada abad ketiga di Roma dari keluarga kristen. Sedari kecil, Sesilia sudah mempersembahkan kemurnian hidupnya hanya kepada Tuhan.
Orangtuanya menjodohkannya dengan seorang pemuda bangsawan yang masih menganut Paganisme, Valerianus.
Pada malam pernikahan mereka, Sesilia mengatakan kepada Valerianus bahwa ia jatuh cinta kepada malaikat pelindungnya, dan malaikat itu akan sangat cemburu jika Valerianus merusak kemurniannya.
Valerianus ingin bertemu dengan malaikat itu, tetapi Sesilia mengatakan bahwa ia hanya dapat melihat malaikat pelindungnya, jika ia mau beriman Kristen dan dibaptis.
Valerianus setuju, dan kemudian dibaptis oleh Paus Urbanus.
Setelah dibaptis, ketika ia kembali ke rumahnya, ia melihat Sesilia sedang berdoa dengan malaikat pelindungnya disampingnya dengan membawa mahkota mawar.
Tidak lama kemudian, ketika saudara Valerianus, Tiburtius berkunjung dan tinggal bersama mereka, mereka berhasil membawanya juga kepada iman Kristen. Ketiganya kemudian berkarya mempertobatkan banyak orang, melakukan amal, dan juga menguburkan para martir.
Tindakan mereka tidak disukai oleh Prefek Turcius Almachius, yang lalu menangkap dan menghukum mati mereka.
Sesilia disiksa di kamar mandi rumahnya, tetapi Sesilia tidak tersiksa, sehingga ia dihukum penggal. Setelah tiga kali dipenggal, Sesilia hanya terluka, dan karena hukum tidak memperbolehkan dilakukan pemenggalan lebih dari itu, maka Sesilia dibiarkan dengan lukanya. Ia meninggal dunia tiga hari kemudian.
Pada tahun 1599, makamnya dibuka dan diketahui bahwa tubuhnya tidak mengalami kerusakan.
D.
"WWF - WALK WITH FRANCIS"
Virgo Maria nos adiuvet, ut laeti Iesum sequamur ministeria exercentes, quae semita sunt ad Caelum tendens.
May the Virgin Mary help us joyfully follow Jesus on the way of service, the royal road that leads to Heaven.
Semoga Perawan Maria membantu kita dengan penuh sukacita mengikuti Yesus dalam perjalanan pelayanan, jalan rajawi yang mengarah ke Surga.
E.
"SPIRIT OF ST.CLARA"
Apa yang kau miliki,
semoga engkau selalu memilikinya.
Apa yang kau lakukan,
semoga engkau selalu melakukannya dan tidak pernah menelantarkan.
Dan lakukanlah itu dengan kecekatan,
langkah ringan, kaki teguh,
sehingga langkah-langkahmu tidak teraduk debu, dan engkau maju dengan aman, riang, dan cepat
di jalan kebahagiaan, bijaksana,
tidak percaya pada apapun,
tidak setuju dengan apapun yang akan menghalangimu dari tujuanmu,
atau yang akan menjadi batu sandungan bagimu,
sehingga engkau akan dapat memberikan janjimu kepada Dia Yang Maha Tinggi
di dalam mengejar kesempurnaan yang telah memanggilmu oleh Roh Tuhan.
======
What you hold, may you always hold.
What you do, may you do and never abandon.
But with swift pace, light step, unswerving feet,
so that even your steps stir no dust, go forward securely, joyfully, and swiftly,
on the path of prudent happiness,
believing nothing,
agreeing with nothing,
which would dissuade you from this resolution or which would place a stumbling block for you on the way,
so that you may offer your vows to the Most High in the pursuit of that perfection to which the Spirit of the Lord has called you.
=====
MUKJIZAT SANTA KLARA DARI ASSISI.
(Disadur oleh Sr. Maria Agnes OSC Cap dari terjemahan buku Clara Van Assisi).
Klara meninggal dunia pada 11 Agustus 1253 di San Damiano. Berita kematiannya menggemparkan seluruh kota Assisi. Sri Paus, para Kardinal dan para pengikutnya yang kebetulan pada hari itu berada di Assisi, datang ke biara untuk melayat.
Ketika ofisi arwah akan dimulai, Paus meminta agar ofisi arwah diganti menjadi ofisi para perawan. Sejak saat itu rupanya Paus berencana agar Klara digelar menjadi orang kudus.
Dua bulan sesudah Klara meninggal, Sri Paus menugaskan Uskup Bartolomeus dari Spoleto untuk mengetuai pemeriksaan tentang kekudusan Klara. Pemeriksaan berlangsung sampai akhir Juni 1254.
Dari hasil pemeriksaan baik dalam biara maupun di luar biara, ternyata diketahui bahwa Klara banyak melakukan mukjizat, baik pada waktu dia masih hidup maupun sesudah kematiannya.
Ini semua terjadi karena kedekatan Klara dengan Allah. Klara mempunyai kekuatan doa yang sangat mendalam di tempat tersembunyi di San Damiano.
1.
Mukjizat Tanda Salib
• Salah satu mukjizat yang dibuat Klara dari Assisi semasa ia hidup adalah mukjizat Tanda salib (Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus Amin). Yesus yang tersalib membalas cinta Klara. Klara dimuliakan lewat kekuatan Salib dengan tanda dan mukjizat. Setiap kali Klara menandai orang sakit dengan tanda salib yang menghidupkan, maka penyakit orang-orang sakit sembuh secara mengagumkan.
Ada banyak mukjizat yang dilakukan lewat Tanda Salib antara lain:
A.
Fransiskus tahu akan kesempurnaan Klara yang mempunyai kemampuan untuk membuat mukjizat melalui Tanda Salib, maka Fransiskus menyuruh brudernya Stefano yang menderita penyakit jiwa untuk pergi kepada Klara. Klara membiarkan Bruder itu tidur di tempat doanya dan menandainya dengan Tanda Salib. Pada waktu bruder itu bangun, ia telah menjadi sehat, bebas dari sakit jiwanya dan kembali kepada Fransiskus.
B.
Seorang anak laki-laki berumur 3 tahun, namanya Mattiolo telah memasukkan batu-batu kecil ke lobang hidungnya dan tidak seorang pun dapat mengeluarkannya sehingga ia menjadi sesak napas. Maka ia dibawa pada Klara dan Klara menandai dahinya dengan Tanda Salib, tiba-tiba batu itu keluar dari hidungnya dan ia menjadi lega bernapas kembali.
C.
Seorang anak yang berasal dari Perugia menderita karena matanya ditutupi oleh bintik-bintik. Ia dihantar pada Klara, lalu Klara menyentuh mata anak itu dan membuat Tanda Salib. Klara meminta agar ibunya Ortulana menandai anak itu dengan Tanda Salib. Setelah menerima Tanda Salib mata anak itu nampak bersih dari binti-bintik itu dan dapat melihat kembali.
D.
Seorang susternya bernama Benvenuta, telah menderita selama 12 tahun. Ketiaknya mengeluarkan nanah lewat 5 lobang. Maka Klara karena belaskasihan meletakkan Plester di atasnya bertanda Salib, lalu menandai luka-luka itu dengan Tanda Salib, maka luka itu tertutup dan sembuh.
E.
Sr. Amata menderita busung air, demam, batuk-batuk dan sakit pinggang berbaring selama 13 bulan. Klara menandainya demi nama Kristus dengan Tanda Salib dan ia pulih dari sakitnya, sehat kembali.
F.
Seorang hamba Kristus lain yang berasal dari Perugia kehilangan suaranya selama 2 tahun. Pada malam Pesta Maria diangkat ke Surga, dalam mimpi ia diberitahu oleh Klara bahwa ia dapat memulihkan suaranya. Maka ketika fajar menyingsing ia lari mendatangi Klara dan minta diberkati dengan Tanda Salib, sesudah mendapat berkat ia menjadi sembuh.
G.
Seorang suster namanya Christiana tuli pada satu teliganya. Semua obat telah dicoba tetapi tidak sembuh. Karena kebaikan hatinya Klara membuat Tanda Salib pada kepalanya sambil menyentuh sebentar lalu suster itu dapat mendengar dengan baik.
H.
Kepada para susternya yang sakit, Klara membuat 5 kali Tanda Salib dan mereka menjadi sembuh.
Ini adalah bukti bahwa pohon Salib tertanam dalam hati Klara dan buahnya menyegarkan jiwa dan daun-daunnya menyembuhkan.
Kebiasaan Klara dalam membuat Tanda Salib pada orang-orang sakit yang membutuhkan penyembuhan dibawa oleh para pengikutnya dalam kehidupan bersama.
Misalnya saja bila seorang suster pergi, maka abdis atau suster sesepuh memberinya berkat dengan menandai susternya dengan Tanda Salib. Tanda ini juga diberikan adakalanya diberikan para suster bagi orang sakit, bagi anak-anak dan bagi orang yang membutuhkannya.
2.
Mukjizat perbanyakan Roti
Ketika waktu makan sudah hampir tiba, Suster-suster sudah merasa lapar tetapi waktu itu hanya ada satu roti di biara.
Klara memanggil suster yang bertugas membagikan roti. Ia meminta suster itu agar membagi roti tersebut menjadi 2 potongan. Satu potong untuk diberikan pada para bruder dan satu potong lagi untuk para susternya.
Potongan itu disuruhnya dibagi menjadi 50 keping dan dihidangkan bagi para suster. Lalu suster itu membagi sambil mengatakan perlulah mukjizat Kristus untuk membagi-bagi roti kecil ini menjadi 50 keping roti yang besar.
Maka Klara memintanya untuk membagi roti itu dengan tenang. Sementara suster itu membagi roti itu, Klara mengarahkan hatinya pada Kristus dan memohon kemurahan Allah untuk memperbanyak roti dalam tangan suster yang membagi-bagi roti itu. Maka setiap suster mendapat sekeping roti yang besar.
3.
Mukjizat Minyak yang diberi Allah.
Suatu hari mereka kehabisan minyak untuk menyiapkan makanan bagi suster yang sakit. Klara mengambil buli-buli dan mencucinya lalu menaruhnya di tempat tertentu supaya Bruder dapat mengambilnya dan mengisi buli-buli itu dengan minyak. Ketika Bruder mengambil buli-buli itu ternyata buli-buli itu telah berisi minyak.
Dari peristiwa itu ternyata doa Klara mendahului perbuatan Bruder itu sehingga Bruder itu merasa dipermainkan oleh para suster dengan buli-buli yang penuh minyak dan akhirnya Bruder itu menyadari bahwa itu terjadi karena doa Klara.
4.
Pasca Klara Wafat.
Mukjizat yang terjadi sesudah kematian Klara antara lain pelepasan seorang laki-laki Yacobino dan Alexandrina dari Perugia yang kerasukan setan; penyembuhan Valentino dari Spello dari epilepsi yang sulit berjalan karena kakinya bengkok; penyembuhan Yakobina dari kebutaan; tangan dari seorang laki-laki dari Perugia bernama Bongiovani Martino pulih karena remuk; beberapa orang Bettona telah sembuh dari bungkuk; laki-laki berumur 10 tahun sembuh dari lumpuh; seorang gadis dari Perugia sembuh dari tumor dan masih banyak lagi.
Mereka semua mengunjungi makam Klara dan berdoa di sana tetapi ada juga yang diundang oleh oleh Klara untuk mengalami penyembuhan melalui mimpi.
======
DEUS MEUS ET OMNIA
(Buku HERSTORY, RJK, Kanisius).
PROLOG
Seorang gadis muda Eropa, puteri bangsawan yang cerdas, bernas pun kaya raya di abad Pertengahan itu meninggalkan dan menanggalkan segalanya demi sebuah hidup yang sederhana. Mungkinkah? Yah… Ini bukan sepenggal film fiktif atau roman picisan belaka. Ini non fiksi! Ini sebuah kisah nyata seorang perempuan beriman bernama Clara (Bhs Itali: Chiara). Dialah sahabat dekat Fransiskus Asisi. Dialah pendiri Ordo Suster-suster Klaris (Inggris: Poor Clares).
Clara sendiri diketahui memiliki karunia “vision” (penglihatan) misalnya saat St. Fransiskus wafat - Clara bisa menyaksikan sahabat yang dikasihinya itu wafat padahal terpisah dengan jarak kira-kira 400 km. Dan karena itulah, ia dinobatkan sebagai santa pelindung bagi mereka yang memiliki penyakit/gangguan pada mata. Setiap tanggal 24 Juni di Asisi juga dirayakan suatu perayaan untuk mengenang penuh-syukur peranan Clara untuk menyelamatkan kota Asisi terhadap serbuan tentara Kaisar Frederick II yang membawa-serta pasukan muslim yang berjumlah 20.000 orang.
SKETSA PROFIL
“Hendaklah mereka tampak bersukacita dalam Tuhan,
riang-gembira serta cerah-ceria
dan penuh rasa terimakasih sebagaimana mestinya".
(Fransiskus Asisi)
Dalam keluarga besar Fransiskan, Clara dari Asisi dikenal sebagai pengikut terbaik Santo Fransiskus. Namun sebelum berjumpa dengan Fransiskus, dia sudah dipandang sebagai seorang gadis muda yang suci karena ketaatan, kemurahan-hati, cintakasih kepada orang-orang miskin dan kehidupan doanya yang mendalam. Clara sendiri terlahir di Asisi, Italia pada tahun 1193 dari keluarga bangsawan kaya bernama Favarone Offreduccio. Menjelang kelahirannya, ibunya, Hortulana pergi untuk berdoa di gereja. Di situ dia mendengar suara: “Jangan takut, karena engkau akan dengan sukacita membawa suatu sinar cahaya terang-benderang yang akan menerangi dunia.”. Oleh karena itulah, bayi yang dilahirkannya itu akhirnya dinamakan Clara (Bhs Italia: Chiara), artinya “yang bercahaya”.
Sebagai puteri bangsawan, Clara jelas mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan itu mencakup pendidikan agama, aneka ketrampilan praktis, seperti: mengurus dapur rumah tangga besar, menjahit, memintal dan menyulam. Ia juga belajar membaca dan menulis dalam bahasa Latin, sebagai bahasa resmi yang digunakan pada masa itu. Seluruh pendidikannya sendiri diadakan di rumah, dengan mendatangkan guru-guru privat yang terbaik dalam bidangnya.
Pada masa Prapaska tahun 1211, ketika Fransiskus berkhotbah di Gereja Katedral San Rufino-Asisi, Clara yang hadir ketika itu merasa takjub: tergetar sekaligus terpesona oleh semangat iman dan pribadi Fransiskus: Tremens et fascinans! Sejak saat itu, terjalinlah hubungan rohani Clara dengan Fransiskus.
Dalam perjalanan waktu, Clara semakin diyakinkan untuk mengikuti jejak Fransiskus, tetapi ia tahu bahwa keluarganya pasti tidak setuju apabila ia bergabung dengan Fransiskus dan hidup sederhana. Karena itu, pada hari Minggu Palma 18 Maret 1212, ditemani Pacifica de Guelfuccio, ia melarikan diri dari rumah orang tuanya secara diam-diam melalui pintu rahasia menuju kapel Maria Ratu para Malaikat di Portiuncula. Suatu pelarian yang telah direncanakan secara matang bersama Fransiskus dan yang direstui oleh uskup kota Assisi yaitu Uskup Guido.
Malam itu juga, di kapel Maria Ratu para Malaikat di Portiuncula, Clara menerima jubah seperti yang dikenakan Fransiskus beserta kawan-kawannya: “Clara menghinakan semua keduniawian; dia membiarkan rambut kepalanyanya dicukur dan mempersembahkan diri sebagai Pengantin Ilahi di depan altar Santa Perawan Maria. (Novena St Clara, hari pertama). Ia juga mendapat “tonsura“ para rubiah. Fransiskus sendirilah yang memotong rambut Clara dan memberinya kerudung. Untuk sementara, Clara bersama Pacifica tinggal di biara Benediktin di Bastia, guna melindungi diri dari tindakan kekerasan ayah Clara yang ingin mengambil paksa dirinya.
“Quam pulchri sunt gressus tui, betapa indahnya langkah-langkahmu itu!” Pada awal bulan Mei 1212, Clara mendapat hadiah dari Uskup Guido yakni sebuah kompleks kecil dengan gereja San Damiano yang terletak kurang lebih satu kilometer jauhnya dari kota Asisi. San Damiano sendiri adalah sebuah gereja di pinggir kota Asisi yang dulu diperbaiki oleh Fransiskus.
Ketika dia mulai menghuni San Damiano sebagai biaranya yang pertama, dia pun memperdalam fondasinya pada suatu kemiskinan yang radikal: kehidupan dirinya dan semua putri-putrinya hanyalah ditopang pada derma dari para orang beriman. Clara juga menerima pedoman dasar tentang pola hidup injili dari Fransiskus. Itulah permulaan Ordo II Fransiskus yaitu Ordo Saudari-saudari Miskin, yang kemudian lazim disebut Ordo Suster-suster Klaris, yang terdiri dari para perempuan yang siap hidup dalam keperawanan seumur hidup. Sebagaimana dikatakan oleh St. Bernardus, “mereka itu perawan secara alami; mereka tidak mempunyai tubuh yang menghalang-halanginya. Tetapi mereka yang memiliki tubuh dan telah mempersembahkan keperawanannya, harus terus menerus berjuang melawan kodrat dirinya.”
Clara meyakini juga bahwa kemiskinan merupakan mata uang yang paling jitu untuk memperoleh Kerajaan Surga. Baginya, bila orang mengosongkan diri demi memperoleh kehidupan kekal, maka dia pun akan memperoleh harta dalam surga. Berangkat dari keyakinan inilah, pada tahun 1215-1216, Clara mengajukan kepada Paus Innocentius III suatu “Privilegium Paupertatis”, semacam hak istimewa untuk tidak memiliki harta milik tetap. Permohonan Clara tersebut dikabulkan oleh Paus Innocentius III. Berdasarkan “Privilegium Paupertatis” ini, Clara dan beberapa pengikutnya yang belum memiliki Anggaran Dasar telah diakui sebagai suatu lembaga dalam tata hukum Gereja.
Dengan cara demikian, Clara dapat melaksanakan cara hidup yang dicita-citakan dengan berpedoman pada “Pola Dasar Hidup” karangan Fransiskus dan “Privilegium Paupertatis” yang diterimanya: “Serigala mempunyai liang, burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai apa-apa untuk meletakkan kepalanya.” (Mat 8:20).
Pada tahun 1219, ciri gaya hidup kelompok Clara yang lain dipertegas. Sejak semula Clara memilih gaya hidup kontemplatif dan dalam kerangka hidup kontemplatif itu, ia mau mewujudkan cita-citanya. Ia mau menjadi Hati dan Jantung Gereja, penggerak dari dalam dan sumber hidup Gereja.
Pada tahun 1227, ketika Kardinal Hugolinus, sahabat nya terpilih menjadi Paus dengan nama Gregorius IX, maka Clara mengajukan permohonan, agar “Privilegium Paupertatis” diteguhkan kembali secara tertulis. Tahun 1228, Paus Gregorius IX mengabulkan permohonan Clara. “Kami tidak ingin sama sekali dibebaskan dari hal mengikuti jejak Kristus. Berikanlah keringanan untuk dosa-dosa saya, tetapi jangan ringankan keinginan saya mengikuti Yesus Kristus yang miskin,” tukas Clara ketika Paus Gregorius IX menawarkan adanya harta milik tetap (tanah, kebun anggur, dll.) serta bersedia memberikan dispensasi, kalau Clara dan para pengikutnya merasa diri terikat pada janji mereka dahulu.
Salah satu konteks waktu itu, para pengikut Fransiskus saling bertikai satu-sama lain mengenai gaya hidup: Ada sejumlah saudara yang ingin meneruskan gaya hidup semula, yang mengandalkan kemiskinan mutlak, tetapi ada juga sekelompk saudara yang mendukung perkembangan ordo ke arah memperlunak praktek kemiskinan yang dihayati dan dijalani Fransiskus. Dalam situasi semacam itulah, Clara merasa perlu menyusun Anggaran Dasarnya sendiri dan mengusahakan pengesahan oleh tahta apostolik secara tertulis.
Sekitar tahun 1251, Clara selesai menyusun Anggaran Dasarnya sendiri. Anggaran Dasar Clara itu merupakan gabungan dari saduran Anggaran Dasar Fransiskus, beberapa dokumen dasariah (Pola Dasar Hidup, Wasiat Fransiskus, Privilegium Paupartatis) dan aturan-aturan yang disadur seperlunya dari konstitusi-konstitusi Paus Hugolinus dan Paus lnnocentius IV; ditambah beberapa hal dari pengalaman hidup Clara sendiri. Keseluruhan Anggaran Dasar itu disusun Clara dengan memakai latar belakang kebiasaan-kebiasaan yang ada di biara kecil San Damiano.
Selain menyusun Anggaran Dasar, Clara juga menuangkan dengan utuh dan penuh, clara et disctinta: jelas dan terpilah-pilah, mengenai panggilan dan cita-citanya ke dalam sebuah dokumen yang disebut sebagai wasiatnya. Dalam wasiat inilah, terungkap kepribadian Clara yang matang dan merupakan warisan iman bagi Gereja, dan secara khusus bagi para pengikutnya.
Pada tahun 1252, Clara jatuh sakit. Sewaktu ia mendapat kunjungan dari Kardinal Raynaldus, Clara meminta bantuannya agar Paus segera men-sahkan Anggaran Dasarnya. Seakan suatu kebetulan juga bahwa Paus Innocentius IV dengan para pengiringnya tinggal di Perugia dan Assisi; dan ketika Paus mendengar tentang sakit Clara, Paus mengunjunginya sampai dua kali. Kunjungan Paus ini dimanfaatkan Clara untuk kembali memohon pengesahan Anggaran Dasarnya. Pada tanggal 9 Agustus 1253.
Pada hari berikutnya, yakni pada hari peringatan Santo Laurentius Martir (10 Agustus), dokumen itu dihantar ke biara San Damiano. Dengan rasa gembira dan puas, Clara mencium dokumen itu yang merupakan hasil perjuangannya selama empat puluh tahun. Dan esoknya, pada tanggal 11 Agustus 1253, Clara meninggal dunia: “Clara telah menyalibkan dirinya pada salib Yesus. Karena itu dia boleh meninggal dunia sambil mendekap salib supaya dapat mengambil bagian dalam iring-iringan para perawan dari Anak Domba dalam kemuliaan-Nya.” (Novena St Clara, hari kesembilan).
Paus Innocetius IV menghantar jenazah Clara ke gereja St. Giorgio di Asisi, untuk dimakamkan di situ. Pada tahun 1255, Clara diresmikan sebagai orang kudus oleh kardinal Raynaldus — sahabat dan pendukung penuh Clara — yang telah menjadi Paus Alexander IV. Tubuh Clara tetap utuh walaupun sudah wafat dan sekarang tersimpan di dalam Basilika St.Chiara di Asisi. Pada tahun 1958, Paus Pius XII mengangkat Santa Clara sebagai orang kudus pelindung televisi: “Hai neraka, betapa mengerikan engkau! Hai Surga, betapa engkau mempesona! Ibuku yang suci, hindarkanlah aku dari neraka dan demi belaskasihan Tuhan, perolehkanlah surga bagiku” (Novena St Clara, hari kelima).
Ketika Clara wafat, tercatat adanya lebih dari 100 biara yang terdiri dari 68 biara di Italia, 21 di Spanyol, 14 di Perancis dan 8 di Jerman. Meskipun semua biara tersebut merasa sangat erat hubungannya dengan San Damiano, namun masing-masing biara itu telah otonom. Clara maupun Biara San Damiano tidak pernah menjadi pimpinan dan pusat atas berbagai biara lain. Hubungan hanya terletak pada persamaan cita-cita dan semangat. Namun semua biara mengakui bahwa Clara adalah sumber inspirasi mereka. Clara dan Biara San Damiano menjadi semacam pusat rohani: “Orang yang dihidupkan oleh roh Kitab Suci, ialah mereka yang tidak menganggap setiap huruf yang mereka ketahui atau ingin mereka ketahui sebagai milik diri sendiri, tetapi mengembalikannya kepada Tuhan Allah Yang Mahatinggi, pemilik segalanya yang baik, entah dengan kata-kata maupun dengan teladan hidup mereka” (St.Fransiskus Asisi).
REFLEKSI TEOOGIS
Verba movent, exempla trahunt
“Akan tetapi semua saudara,
hendaknya berkhotbah dengan perbuatan.”
(St.Fransiskus Asisi)
Sebelum saya menerima tahbisan diakon, saya pernah menjalani Retret Agung Ignasian selama 30 hari bersama Rm. Koelman SJ, di Biara Claris, Pacet Sindanglaya. Disinilah, saya pernah mengamati kerap ada lilin yang bernyala, air dan warna ungu yang terpajang indah di sebuah kapel biara Claris tersebut.
Secara sederhana, lilin bernyala bisa jadi melambangkan hidup dan pribadi Clara (Clara/Chiara artinya cahaya). Dia mau menjadi terang yang memberi pencerahan dan peneguhan bagi semua orang lain, bahkan walau harus menanggung resiko terbakar habis demi sesama. Kasih itu memiliki daya gerak! Kasih Clara, yang seperti lilin ini menular dan menjalar juga kepada orang lain. Sebuah buktinya: Tak berapa lama setelah Clara menjadi pengikut Fransiskus, Agnes (adik kandungnya) juga akhirnya bergabung (dan kelak, juga ibunya setelah menjanda). Bukankah ini juga sepenggal bukti bahwa keteladanan hidup dan kasih Clara yang terus bersinar, sungguh menyentuh hati orang lain, termasuk keluarga terdekatnya sendiri? Yah, seperti sebuah pepatah latin, verba movent, exempla trahunt: kata-kata itu terbang, tapi teladan hidup itu menggerakkan.”
Air sendiri bisa melambangkan semangat kedamaian dan suasana keteduhan. Bukankah Clara menghendaki supaya hidupnya dan juga para pengikutnya memperHATIkan silentium, keheningan dalam keseharian? Bukankah dengan keheningan hati, suara dan kehendak Tuhan semakin jernih dilihat dan dirasakan? Sedangkan dominasi warna ungu bisa jadi melambangkan sebuah semangat pertobatan yang terus-menerus, in permanent genesis. Dengan kata lain, dekorasi sederhana dalam sebuah kapel Santa Claris di kawasan Pacet-Sindanglaya ini juga menunjukkan cara hidup nyata para suster Klaris yakni: para putri cahaya yang mengadakan pertobatan yang terus menerus dalam suasana keheningan dan kedamaian batin.
Sikap pertobatan sendiri merupakan tindakan penolakan akan dosa dan tindakan matiraga demi hukuman atau denda yang sudah selayaknya ditanggungnya, sebagaimana dikatakan oleh Paulus: “castigo corpus meum et in servitutem redigo - tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya” (1 Kor 9:27). Dalam ketakutannya akan dosa yang sekecil apa pun, Clara tidak berhenti mendera dan menyiksa tubuhnya yang lemah. Dia menyalibkan kodratnya yang penuh dosa, demi menyerupai Dia, yang telah menebus dosa-dosa manusia dengan menyalibkan tubuh-Nya yang tak bercela itu. Selama masih hidup di dunia, di bawah pakaiannya yang mewah itu, Clara mengenakan pakaian kasar. Dan untuk mematikan cita rasa akan hal-hal yang enak-enak, dia berpantang diri akan bumbu rempah-rempah yang lezat.
Selama hidup membiaranya, dia mengenakan jubah yang dibuat dari bahan yang kasar, dan berikat pinggang dengan seutas tali dengan tiga belas simpul. Dia berjalan dengan kaki telanjang dan tidur berkasurkan setumpuk carang-carang batang anggur. Setengah tubuhnya ditutupi dengan pakaian tapa terbuat dari bulu onta dan ikat pinggang pertobatan. Pakaian pertobatan semacam itu dia kenakan selama empat puluh tahun. Dia menjalani masa Adven dan masa Puasa dengan hanya makan roti dan air, serta berpantang dari rempah dan bumbu pada hari Senin, Rabu dan Jumat. Di samping itu, selama dua puluh delapan tahun dia menanggung segala macam ketidak-nyamanan dengan wajah yang selalu penuh kegembiraan, karena baginya tidak ada hari yang lebih indah, dari pada hari-hari saatTuhan mengunjungi manusia.
Menurut kesaksian, dalam proses peresmian Clara sebagai orang kudus, suster Pacifica de Guelfuccio – sebagai saksi I – yang merupakan teman dekat Clara dan bertempat tinggal dekat rumah Clara – mengatakan bahwa Clara adalah seorang puteri yang saleh, banyak melakukan ulah tapa dan berdoa. la juga biasa mengunjungi orang-orang miskin, memberi derma dan membawakan makanan untuk mereka.
Dari kesaksian lain dalam proses kanonisasi, terungkap bahwa Clara biasa membuat corporal, kain penutup Altar yang kemudian dikirim ke gereja-gereja di sekitar kota Asisi. la juga membuat alba, dalmatika, bahkan pernah membuat sepatu sandal dari kulit halus khusus untuk kaki Fransiskus dari Asisi yang terluka karena stigmata.
Bahkan, selama tiga tahun, dengan teguh hati dia menolak menerima kedudukan sebagai Abdis (pimpinan biara). Dia hanya menjadi Abdis, karena desakan ketaatan. Kewibawaan yang ditimbulkannya selalu dia pakai untuk merendahkan dirinya sendiri. Bila sesama suster-susternya duduk, dia pun tetap berdiri, layaknya seorang hamba yang tetap siap melayani tuan-tuan puterinya. Dia menawarkan diri untuk membersihkan kaki-kaki para putrinya dan dengan kerendahan hati yang dalam, dia mencuci dan mencium kaki-kaki itu. Semerbak kesuciannya merembes masuk ke dalam istana Kepausan, namun setiap pujian dari kewibawaan yang tinggi itu tidaklah mengakibatkan sesuatu di dalam dirinya, selain kesadaran yang lebih mendalam bahwa hanya Tuhan sajalah yang sedang berkarya di dalam dirinya: “Yang merendahkan diri, akan ditinggikan” (Mat 23:12).
Selain pelbagai hal di atas, terdapatlah sebuah kenyataan lain yang menunjukkan bahwa teladan hidupnya sungguh menggerakkan hati banyak orang: Pada waktu Clara meninggal pada 11 Agustus 1253 telah tercatat ada sekitar 120 biara wanita yang berorientasi kepada San Damiano (tapi, tidak semua biara yang berorientasi pada San Damiano itu menerima Anggaran Dasar Santa Clara).
Beberapa diantaranya, yakni:
- Biara di Monticelli: Biara ini semula merupakan biara Benediktines, yang kemudian menyatakan diri untuk bergabung dangan biara San Damiano. Oleh karena itu, Agnes (adik kandung Clara) dikirim ke biara itu untuk memimpin pelaksanaan perubahan itu. Agnespun menjadi abdis (pemimpin biara) di Monticelli.
- Biara di Brigge, Belgia: Biara ini didirikan oleh Ermentrudis, yang mengenal Clara serta para saudarinya di San Damiano lewat para biarawan Fransiskan yang datang di Belgia sekitar tahun 1233. Kemudian Ermentrudis mulai mengadakan hubungan surat menyurat dengan Clara. Ia pun lalu pergi ke Roma untuk mohon kepada Paus agar diperkenankan menerima dan menjalankan Anggaran Dasar Clara. Paus mengabulkan permohonannya. Sayang sekali ketika Ermentrudis sampai di Roma dan ingin berjumpa dengan Clara, ia mendapat berita, bahwa Clara telah meninggal dunia. Oh ya, selain di Brigge, Ermentrudis juga mendirikan biara di Gent dan di Leper.
- Biara di Praha: Biara ini didirikan oleh Agnes, puteri raja Ottokar I di Bohema. Agnes mendengar tentang Clara dari keluarganya yang berkunjung ke Italia dan dari para biarawan Fransiskan yang sudah datang di Praha tahun 1224-1225. Biara ini didirikan beserta rumah sakit Santo Fransiskus pada tahun 1230. Untuk memulai biara tersebut, Agnes pada mulanya memohon 5 suster dari Trente-Italia yang bersama dengan 7 perempuan lainnya (keturunan bangsawan) untuk mulai masuk biara baru itu pada tanggal 11 November 1232. Agnes sendiri akhirnya ikut bergabung juga dan masuk biara itu pada hari Pentakosta, tanggal 11 Juni 1234.
Pada awalnya, Agnes tidak mengetahui tentang cita-cita kemiskinan radikal ala Clara, maka biara yang dibukanya adalah biara indah-megah bagaikan istana kerajaan. Bahkan, mengacu pada peneguhan dari Paus Gregorius IX pada tanggal 18 Mei 1235 bahwa pendapatan dari rumah sakit yang terletak di samping biara iitu diperuntukkan demi biaya kehidupan harian para susternya, maka hal ini memberi pelbagai tunjangan hidup.
Dua tahun kemudian (1237), Agnes mendengar cita-cita hidup kemiskinan Clara, maka ia mau hidup dengan cara yang sama. Agnes menolak jaminan dari kakaknya yaitu raja Wenzel I. Pada 15 April 1238, Agnes juga menerima “Privilegium Paupertatis – Privilege Kemiskinan” dari Paus Gregorius IX. Demi kemiskinan radikal yang ingin dijalankannya, secara resmi rumah sakit dilepaskan dari biara dalam bulla ‘Pia Credulitate Tenentes’. Adanya biara baru yang didirikan oleh Agnes di Praha, menjadi awal dari munculnya biara-biara lain, semacam pintu gerbang penghubung di belahan Eropa Timur.
Adapun, keputusan Agnes untuk masuk biara Claris ternyata membangkitkan semangat iman bagi banyak puteri bangsawan lainnya, antara lain:
1. Puteri Cunigundis yang membuka biaranya di Moravia tahun 1242.
2. Puteri Salomea dari Krakau yang mengundang suster Claris ke Polandia.
3. Bangsawati Nyonya Ingerd dari Roskilde - Denmark yang berperan sangat besar dalam gerakan Fransiskan. Setelah kematian suaminya yang pertama, ia mendirikan empat biara Fransiskan. Bersama suaminya yang kedua, mereka tinggal di Jerman di mana beliau mulai berkenalan dengan Agnes dari Praha. Tidak lama sesudah kematian suaminya yang kedua ini beliau kembali ke Denmark dan merencanakan untuk membuka biara Wanita Miskin. Dengan perantaraan Agnes — yang kemungkinan didukung oleh Clara — nyonya Ingerd mohon ijin kepada Paus untuk rencananya tersebut. Paus menyetujui, maka dibukalah biara Wanita Miskin di Denmark tahun 1257.
Generat virgo filias, Perawan telah melahirkan banyak anak perempuan. Sekarang ini, puteri-puteri rohani Clara menjadi sedemikian banyak dan tersebar-pencar di pelbagai belahan dunia, bukan?
EPILOG
“Perhatikanlah bagian pertama dari cermin yang terpasang itu, ialah kemiskinan. Dia yang terletak di palungan terbendung dengan kain lampin. Raja segala malaikat, Tuhan langit dan bumi, dibaringkan di palungan. Di bagian tengah dari cermin itu, amatilah kerendahan hati, kemiskinan yang bahagia, susah payah yang tak terbilang banyaknya, serta sengsara yang Ia tanggung untuk menebus umat manusia. Di bagian akhir dari cermin itu, pandanglah kasih yang tak terperikan, yang oleh karenanya Ia rela menderita di kayu salib, dan wafat dengan cara yang paling menjijikkan. Semoga oleh kehangatan kasih itu anda selalu semakin menyala, o permaisuri surgawi.” Demikianlah penggalan isi surat yang ditulis oleh Clara (1193-1253), dan dikirim kepada Agnes, adiknya, yang kemudian menjadi pengikutnya yang setia dan tinggal di Praha.
Ternyata surat yang ditulis oleh Clara di atas dan awalnya ditujukan kepada Agnes adiknya itu tidak berhenti sampai di sana. Surat itu menjadi surat berantai yang berkepanjangan. Sejak lebih dari 750 tahun yang lalu hingga sekarang, isi surat itu disebarluaskan, dibaca, direnungkan terus-menerus oleh para pengikutnya, yang hidup di biara-biara Ordo Santa Clara di seluruh dunia. Semangat dasar yang diwariskan oleh Clara dalam salah satu suratnya di atas menekankan tiga pilar pokok, yakni: “3 K”, kemiskinan (kesederhanaan), kerendahan hati, dan kasih yang tak terperikan dalam keseharian hidup.
Jelas-tegaslah, bahwa Clara mengajak kita untuk senantiasa mengikuti jalan perendahan diri Allah (Flp 2:6-11) dengan metode “3 K”. Bersama dengan teladan iman Clara dari Asisi, bolehlah kita juga belajar bertanya: Bagaimana dengan kita sendiri? Sudahkah kita memiliki tiga modal Clara ini? Sederhanakah kita? Rendah hatikah kita? Adakah kasih yang tak terperikan hidup dalam tingkah laku kita? Satu hal yang pasti: Deus Meus et Omnia. Tuhan ku dan semuanya.
Selamat merenung-menung!
ASPIRASI
Tuhan, jangan sampai jiwa-jiwa orang beriman yang menyerahkan diri pada-Mu, terlempar pada kemarahan setan-setan. Berilah perlindungan bagi para perawan hamba-Mu, yang telah engkau tebus dengan darah-Mu yang maha kasih.
(DOA CLARA PADA SAKRAMEN YANG MAHAKUDUS)
Salve Sponsa Dei, Virgo Sacra, planta Minorum:
Tu vas munditiae, tu praevia forma Sororum:Clara, tuis precibus duc nos ad regna polorum.
V. Ora pro nobis beata Mater Clara
R. Ut digni afficiamur promissionibus Christi
Oremus:
Famulos tuos qauesumus Domine, beatae Virginis tuae Clarae, votivam commemorationem recensentes coe-lestium gaudiorum sua facias interventione participes et tui Unigeniti cohaeredes. Qui tecum vivit et regnat in saecula saeculorum. Amen.
Salam Pengantin Tuhan, Perawan Suci, tanaman Saudara-saudara Dina: Engkau, tempayan kesucian, engkau contoh hidup bagi Saudari-saudarimu:
Klara, dengan doa-doamu hantarkan kami pada kerajaan orang-orang kudus.
V. Doakanlah kami ya Bunda Clara nan suci
R. Supaya kami layak menikmati janji-janji Kristus.
Marilah berdoa:
Kami mohon kepada-Mu ya Tuhan, buatlah hamba-hamba-Mu ini, yang merayakan peringatan Clara, Perawan Suci-Mu, dapat ambil bagian dalam menikmati kebahagiaan surgawi dan tetap bersatu pada Yang Terlahir dari-Mu, Yesus Kristus, yang hidup dan bertakhta bersama-Mu sepanjang segala masa. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar