Minggu, 18 November 2018
Hari Minggu Biasa XXXIII
Daniel (12:1-3)
(Mzm 16:5.8.9-10.11; Ul: 1)
Ibrani (10:11-14.18)
Markus (13:24-32)
Hari Minggu Biasa XXXIII
Daniel (12:1-3)
(Mzm 16:5.8.9-10.11; Ul: 1)
Ibrani (10:11-14.18)
Markus (13:24-32)
NB:
A.
Renungan.
A.
Renungan.
01. Berbeda dengan Injil Mateus dan Lukas yang mengkaitkan nubuat tentang akhir zaman dengan kehancuran Bait Allah di Yerusalem, Injil Markus menghubungkan kehancuran itu dengan saat penyelamatan bangsa terpilih yang ditandai dengan kedatangan Anak Manusia.
Secara konkret nubuat itu terpenuhi dengan kebangkitan Kristus dan kehadiran-Nya yang penuh kemuliaan dan kuasa di dalam Gereja maupun dalam sejarah kehidupan manusia. Fenomena kosmis yang dahsyat dan menakutkan dalam ay. 24-27 merupakan bahasa kiasan yang dipakai oleh para nabi Perjanjian Lama (misalnya Yes 13:10; 34:4; Yoel 3:1-5; Yeh 32:7-8; Yer 32:37) untuk menggambarkan campur tangan Allah dalam sejarah manusia, yakni Allah akan merombak dunia lama yang berdosa menjadi langit dan bumi yang baru. Allah membangun tata dunia yang baru. Peristiwa Pentakosta pun (Kis 2:14-40) dengan mengutip Yoel 3:1-5 dimaknai sebagai akhir zaman dan mulailah zaman yang baru. Akhir zaman itu ditandai dengan kedatangan Anak Manusia dalam kemuliaan dan juga kemenangan serta kemuliaan para kudus yakni umat terpilih. Tidak ada indikasi bahwa gambaran kekacauan atau kehancuran semesta yang menandai akhir zaman itu mesti dimaknai atau ditafsirkan secara harafiah. Dalam kotbah tentang akhir zaman, Markus tidak menyebut tentang kekalahan setan, pengadilan terakhir dan kebangkitan semua orang mati.
Secara konkret nubuat itu terpenuhi dengan kebangkitan Kristus dan kehadiran-Nya yang penuh kemuliaan dan kuasa di dalam Gereja maupun dalam sejarah kehidupan manusia. Fenomena kosmis yang dahsyat dan menakutkan dalam ay. 24-27 merupakan bahasa kiasan yang dipakai oleh para nabi Perjanjian Lama (misalnya Yes 13:10; 34:4; Yoel 3:1-5; Yeh 32:7-8; Yer 32:37) untuk menggambarkan campur tangan Allah dalam sejarah manusia, yakni Allah akan merombak dunia lama yang berdosa menjadi langit dan bumi yang baru. Allah membangun tata dunia yang baru. Peristiwa Pentakosta pun (Kis 2:14-40) dengan mengutip Yoel 3:1-5 dimaknai sebagai akhir zaman dan mulailah zaman yang baru. Akhir zaman itu ditandai dengan kedatangan Anak Manusia dalam kemuliaan dan juga kemenangan serta kemuliaan para kudus yakni umat terpilih. Tidak ada indikasi bahwa gambaran kekacauan atau kehancuran semesta yang menandai akhir zaman itu mesti dimaknai atau ditafsirkan secara harafiah. Dalam kotbah tentang akhir zaman, Markus tidak menyebut tentang kekalahan setan, pengadilan terakhir dan kebangkitan semua orang mati.
02. Dalam ay. 26 Markus mengutip Kitab Daniel 7:13-14, “Aku, Daniel, melihat dalam penglihatan waktu malam: Nampak seorang seperti anak manusia datang dari langit bersama awan-gemawan. Ia menghadap Dia Yang Lanjut Usianya, dan diantar ke hadapan-Nya. Kepada yang serupa anak manusia itu diserahkan kekuasaan, kehormatan dan kuasa sebagai raja. Dan segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepada-Nya. Kekuasaan-Nya kekal adanya, dan kerajaan-Nya takkan binasa”.
Teks ini pun tidak boleh dimengerti secara harafiah. Teks ini secara simbolis menggambarkan zaman Allah dalam sejarah manusia yang ditandai dengan kedaulatan Anak Manusia di surga. Dia tidak turun dari surga ke dunia, tetapi “menghadap” Allah untuk menerima mahkota dan kekuasaan, ditahtakan sebagai raja di surga. Bila manusia dengan tekun dan setia menjadi pelaksana kehendak Allah, mengabdi Sang Anak Manusia, manusia juga akan diilahikan, dipulihkan kembali martabatnya sebagai gambar dan rupa Allah, mengalami kemuliaan kekal bersama-Nya di surga.
03. Setelah menggambarkan malapetaka yang akan terjadi menjelang hancurnya bait Allah di Yerusalam serta kedatangan Anak Manusia dalam kemuliaan-Nya, kotbah mengenai eskatologi diakhiri dengan dua pengajaran yakni pertama penegasan bahwa semua yang telah diramalkan itu akan segera terjadi, dalam waktu yang sangat dekat dan digambarkan dengan perumpamaan tentang pohon ara yang bertunas; dan kedua penegasan bahwa tidak seorang pun mengetahui kapan peristiwa itu akan terjadi dan digambarkan dengan perumpamaan tentang penjaga pintu (ay. 33-37).
Dengan perumpamaan tentang pohon ara yang bertunas Yesus mengajarkan bahwa seperti tumbuhnya tunas pada pohon ara itu menandakan datangnya musim panas demikian pula kehancuran Bait Allah menjadi tanda bahwa kedatangan Anak Manusia dalam kemuliaan-Nya akan segera terjadi. Kalau dalam ay. 5-27 dibicarakan mengenai tanda-tanda yang mendahului hancurnya Bait Allah, dalam ay. 30 dibahas tentang saat kehancuran itu terjadi, yakni di zaman generasi Gereja Perdana, “Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya itu terjadi” (ay.30). Namun dalam ayat berikutnya (ay. 32) unsur “dekat” atau “segera” itu direlativir dengan pernyataan bahwa kapan persisnya peristiwa itu terjadi tidak ada yang tahu. Yang khas dalam Injil Markus adalah pernyataan bahwa Putra pun tidak tahu kapan peristiwa itu akan terjadi. Para ekseget sepakat bahwa Sabda itu merupakan ipsisima verba, Sabda yang secara historis diucapkan oleh Yesus tanpa campur tangan redaksional Markus.
Dengan perumpamaan tentang pohon ara yang bertunas Yesus mengajarkan bahwa seperti tumbuhnya tunas pada pohon ara itu menandakan datangnya musim panas demikian pula kehancuran Bait Allah menjadi tanda bahwa kedatangan Anak Manusia dalam kemuliaan-Nya akan segera terjadi. Kalau dalam ay. 5-27 dibicarakan mengenai tanda-tanda yang mendahului hancurnya Bait Allah, dalam ay. 30 dibahas tentang saat kehancuran itu terjadi, yakni di zaman generasi Gereja Perdana, “Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya itu terjadi” (ay.30). Namun dalam ayat berikutnya (ay. 32) unsur “dekat” atau “segera” itu direlativir dengan pernyataan bahwa kapan persisnya peristiwa itu terjadi tidak ada yang tahu. Yang khas dalam Injil Markus adalah pernyataan bahwa Putra pun tidak tahu kapan peristiwa itu akan terjadi. Para ekseget sepakat bahwa Sabda itu merupakan ipsisima verba, Sabda yang secara historis diucapkan oleh Yesus tanpa campur tangan redaksional Markus.
04. Kehancuran Bait Allah di Yerusalem yang terjadi sekitar th. 70 bagi orang Yahudi saleh merupakan sebuah malapetaka yang dahsyat dan dalam arti tertentu merupakan akhir dari “dunia” mereka karena Bait Allah merupakan identitas sekaligus pusat dan jantung kehidupan Yudaisme.
Kehancuran Bait Allah berarti runtuhnya Yudaisme. Namun dengan kehancuran Yerusalem itu justru menyebabkan munculnya Yerusalem yang baru (lih. Why 3:12; 21:2). Kehancuran Bait Allah di Yerusalem itu pun bagian dari kehendak Tuhan, “Aku akan merubuhkan Bait Suci buatan tangan manusia ini dan dalam tiga hari akan Kudirikan yang lain, yang bukan buatan tangan manusia” (Mrk 14:58). Bait Allah Yerusalem memang hancur sama seperti tubuh Kristus yang mati pada hari Jum’at Agung. Namun sebagaimana Yesus bangkit pada hari ketiga, demikian pula pada akhir dunia, kita akan melihat tempat kudus baru, Yerusalem baru yang turun dari surga. Di Yerusalem baru itulah Kristus meraja dengan mulia. Dan berpusat pada Tubuh dan Darah-Nya itu dikumpulkan-Nya umat yang baru, terbentuklah persaudaraan baru, masyarakat baru, dunia baru.
Kehancuran Bait Allah berarti runtuhnya Yudaisme. Namun dengan kehancuran Yerusalem itu justru menyebabkan munculnya Yerusalem yang baru (lih. Why 3:12; 21:2). Kehancuran Bait Allah di Yerusalem itu pun bagian dari kehendak Tuhan, “Aku akan merubuhkan Bait Suci buatan tangan manusia ini dan dalam tiga hari akan Kudirikan yang lain, yang bukan buatan tangan manusia” (Mrk 14:58). Bait Allah Yerusalem memang hancur sama seperti tubuh Kristus yang mati pada hari Jum’at Agung. Namun sebagaimana Yesus bangkit pada hari ketiga, demikian pula pada akhir dunia, kita akan melihat tempat kudus baru, Yerusalem baru yang turun dari surga. Di Yerusalem baru itulah Kristus meraja dengan mulia. Dan berpusat pada Tubuh dan Darah-Nya itu dikumpulkan-Nya umat yang baru, terbentuklah persaudaraan baru, masyarakat baru, dunia baru.
05. Sepanjang sejarah begitu banyak orang meramalkan hari dan tanggal terjadinya kiamat. Ramalan terakhir menyatakan bahwa pada tanggal 21 Desember 2012 yang lalu dunia akan kiamat. Ramalan itu berdasarkan perhitungan kalender suku Maya, sekelompok suku kuno yang telah punah dan pernah tinggal di Amerika Tengah (hidup sekitar tahun 250 – 800). Suku ini dianggap mempunyai kecerdasan dan peradaban yang sangat maju pada zamannya.
Meskipun semua ramalan yang dibuat oleh manusia tidak ada satupun yang terbukti kebenarannya dan Yesus sendiri juga memilih untuk tidak mengatakan kapan akhir zaman akan terjadi tetapi manusia masih selalu berusaha menebak dan berspekulasi tentang hal itu. Dan anehnya selalu saja ada yang percaya terhadap ramalan itu. Mengapa? Sebenarnya hati kita itu begitu resah, gelisah, galau dan takut menghadapi pelbagai macam keadaan yang rasa-rasanya tidak bertambah baik tetapi malah semakin memburuk. Hidup semakin sulit, semakin jauh dari harapan akan masa depan yang cerah. Keadaan semakin kacau balau. Ketidakpastian akan masa depan membuat gamang menjalani hidup. Nampaknya kejahatan lebih dominan, sulit dikendalikan dan sepertinya bahkan dapat mengalahkan kebaikan. Ketidakberdayaan itu menimbulkan keputusasaan.
Dalam keputusasaan itu rasa perasaan dan nalar tidak dapat berjalan seimbang. Karena tidak tahu pasti kapan beban kehidupan ini akan berakhir dan tidak ada penjelasan yang memadai untuk berbagai macam masalah yang harus dihadapi maka muncullah imaginasi tentang kehancuran. Imaginasi itu dianggap sesuai dengan tanda-tanda akhir zaman yang ada dalam Kitab Suci yang juga bercerita mengenai kehancuran kosmis (yang dipahami secara harafiah!). Akibatnya muncullah berbagai macam spekulasi tentang adanya tanda-tanda akan datangnya akhir zaman dan kapan terjadinya kiamat. Untuk mereka yang merasakan kesesakan karena terhimpit beban kehidupan yang berat dan tidak tahu kapan akan berakhir, harapan bahwa akhir zaman itu akan segera terjadi cukup kuat. Karena itu setiap kali ada spekulasi akan datangnya hari kiamat banyak yang mempercayainya.
06. Dalam tradisi Jawa dikenal ramalan tentang akhir zaman yang disebut ramalan Jayabaya. Jayabaya adalah Raja Kediri (1135-1159) yang diyakini sebagai titisan dewa Wishnu. Dikisahkan dalam Serat Jayabaya Musarar, bahwa Jayabaya berguru pada seorang ulama bernama Maolana Ngali Samsujen. Dari ulama tersebut, Jayabaya mendapat gambaran tentang keadaan Pulau Jawa sejak zaman Aji Saka sampai datangnya hari Kiamat. Dari nama guru Jayabaya itu nampaknya serat itu ditulis pada zaman berkembangnya Islam di Pulau Jawa. Tidak diketahui siapa penulisnya tetapi diyakini secara umum bahwa ramalan itu berasal dari ucapan Prabu Jayabaya.
Ramalan itu ditulis dalam bentuk tembang yang terdiri atas 21 pupuh Asmaradana, 29 pupuh Sinom, dan 8 pupuh Dhandanggulo. Dalam ramalan itu, zaman ini dibagi dalam 3 periode, masing-masing berlangsung selama 700 tahun, yaitu Zaman Permulaan (Kali-swara, 0-700), Zaman Pertengahan (Kali-yoga, 701-1400) dan Zaman Akhir (Kali-sangara 1401-2100). Sebelum kiamat pada tahun 2100 itu akan muncul seorang Satria Piningit, yang digambarkan sebagai Tunjung Putih Semune Pudhak Sinumpet (seorang berhati suci, masih disembunyikan identitasnya oleh kegaiban Tuhan). Tokoh inilah yang akan membawa tanah Jawa mengalami zaman keemasan, kejayaan dan kesejahteraan. Zaman yang gemah ripah loh jinawi, tata titi tentrem kerta raharja.
07. Sebenarnya Yesus sendiri menegaskan, bahwa yang penting bukan tahu kapan terjadinya hari kiamat, tetapi bagaimana kita mencakrawalai hidup dengan harapan akan akhir yang membahagiakan, karena itu "Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat”. (Luk 21:34).
Mencakrawalai hidup dengan harapan akan akhir yang membahagiakan secara konkret berarti menjalaninya dengan kesadaran dan kewaspadaan, dengan berjaga-jaga dan berdoa, eling lan waspada, dengan selalu melakukan dan memberi yang terbaik, dengan ikhlas dan syukur. Apapun yang terjadi dalam sejarah kehidupan ini kita tidak perlu takut menghadapinya. Semua peristiwa kehidupan dapat terjadi karena kehendak Allah. Semua ada dalam kuasa-Nya karena Dialah Penguasa sejarah. Dialah yang akan menyelesaikan sejarah kehidupan manusia. Seluruh semesta berasal dari Allah dan bergerak menuju kepada Allah. Selama kita selalu berjalan dengan-Nya tidak ada hal yang perlu ditakutkan.
Bersama St. Paulus kita yakin sepenuhnya bahwa “Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus” (Fil 1:6). Marilah kita pergunakan waktu yang diberikan oleh Tuhan dengan sebaik-baiknya, selalu berusaha menjadi pelaksana kehendak Allah, sehingga pada saat Yesus datang kembali, kita didapati-Nya melaksanakan tugas dengan setia dan Ia akan berkata “Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.” (Mat 25:23).
08. Seorang penulis terkenal, Joseph Addison, menuliskan refleksinya tentang kematian. Di hadapan fakta kematian semua peristiwa kehidupan dengan segala suka dan dukanya menjadi relatif :
“Ketika aku melihat makam orang-orang besar, semua ambisi dan rasa iri akan keberuntungan mereka tiba-tiba hilang lenyap. Ketika membaca tulisan-tulisan di atas batu nisan para selebritis cantik dan terkenal, semua gejolak nafsu dan keinginan yang berlebihan, tak teratur dan tak terkendali menjadi sirna. Ketika menyaksikan orang-orang yang menangis sedih di atas kuburan orang-orang yang dicintai, hatiku luluh oleh rasa iba. Tetapi apakah kesedihan itu bukan sebuah kesia-siaan karena tidak akan mengubah “garising pepesthen”?
“Ketika aku melihat makam orang-orang besar, semua ambisi dan rasa iri akan keberuntungan mereka tiba-tiba hilang lenyap. Ketika membaca tulisan-tulisan di atas batu nisan para selebritis cantik dan terkenal, semua gejolak nafsu dan keinginan yang berlebihan, tak teratur dan tak terkendali menjadi sirna. Ketika menyaksikan orang-orang yang menangis sedih di atas kuburan orang-orang yang dicintai, hatiku luluh oleh rasa iba. Tetapi apakah kesedihan itu bukan sebuah kesia-siaan karena tidak akan mengubah “garising pepesthen”?
Memang kita tidak bisa memilih kehilangan. Kita bisa kehilangan siapa saja, apa saja dan kapan saja. Namun rasa kehilangan hanya akan dirasakan oleh orang yang “memiliki” dan “melekat”. Di saat memandangi makam para raja dan pemimpin politik yang terbaring di dekat para lawan politik yang menjatuhkan mereka, aku mengagumi kematian. Ternyata hanya kematianlah yang mampu mengakhiri semua perbedaan, mengakhiri persaingan, konflik dan permusuhan, membongkar sekat-sekat, pengelompokan dan penggolongan. Ketika membaca tanggal-tanggal yang tertulis di batu nisan, aku tahu ada yang meninggal kemarin, ada yang setahun lalu tetapi ada juga yang sudah dipanggil Tuhan seratus tahun yang lalu. Aku yakin kita hanya mempunyai satu Hari Agung ketika kita semua menjadi orang sezaman dan tampil bersama-sama di hadapan-Nya”.
09. Kita baru saja berduka dengan wafatnya Mgr. Yohanes Pujasumarto, Uskup Keuskupan Agung Semarang. Beliau menjadi contoh seorang yang mencakrawalai kehidupan dengan harapan akan akhir yang membahagiakan. Dalam tugas penggembalaan sebagai Uskup, beliau menghidupi semangat pengorbanan burung Pelican yang menjadi simbol yang terpateri dalam tongkat kegembalaan Keuskupan Agung Semarang.
Dalam tongkat kegembalaan itu dilukiskan gambar burung Pelican yang memberikan dirinya menjadi makanan bagi anak-anaknya. Seluruh hidup beliau terserap habis untuk tugas penggembalaan. Bahkan ketika diketahui mempunyai penyakit yang sangat berbahaya dan serius, beliau tetap melaksanakan tugas kegembalaannya dengan penuh semangat. Beliau ingin menjalani proses pengobatan sebagaimana dijalani oleh orang biasa yakni di dalam negeri.
Bersama St. Paulus beliau bisa berseru, "Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan," (2 Tim 4:7-8). Sekarang Sang Pelican itu sudah terbang tinggi menghadap Sang Pencipta Kehidupan. Kepada kita diwariskan ketekunan dalam pelayanan, semangat dalam pengorbanan dan pemberian diri yang utuh dan penuh, persaudaraan yang hangat.
B.
Kutipan Teks Misa.
Kutipan Teks Misa.
“Kamu keliru jika kamu menyangka bahwa tidak akan ada waktu bagi orang-orang Kristen untuk menderita akibat penganiayaan Iblis… Harinya akan datang…terberkatilah pelayan yang didapati Tuannya siap sedia. Lalu pada suara sangkakala dan bangsa-bangsa ketakutan, namun kamu malah bersuka cita… sebab kamu akan bergembira, tertawa dan berkata, Lihatlah, Tuhanku yang tersalib, lihat, Hakim-ku.” (St. Hieronimus, Surat XIV)
Antifon Pembuka (Bdk. Yer 39:11.12.14)
Aku memikirkan rancangan damai, bukan bencana; kamu akan berseru kepada-Ku dan Aku akan mendengarkan kamu; Aku akan membawa kamu kembali dari semua tempat pembuanganmu.
Aku memikirkan rancangan damai, bukan bencana; kamu akan berseru kepada-Ku dan Aku akan mendengarkan kamu; Aku akan membawa kamu kembali dari semua tempat pembuanganmu.
The Lord said: I think thoughts of peace and not of affliction. You will call upon me, and I will answer you, and I will lead back your captives from every place.
Dicit Dominus: Ego cogito cogitationes pacis, et non afflictionis: invocabitis me, et ego exaudiam vos: et reducam captivitatem vestram de cunctis locis.
Doa Pembuka
Ya Tuhan, Allah kami, bantulah agar kami selalu bersukacita dalam mengabdi Engkau. Sebab kebahagiaan kami hanya akan sempurna dan kekal jika kami selalu mengabdi kepada-Mu, sumber segala yang baik. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Ya Tuhan, Allah kami, bantulah agar kami selalu bersukacita dalam mengabdi Engkau. Sebab kebahagiaan kami hanya akan sempurna dan kekal jika kami selalu mengabdi kepada-Mu, sumber segala yang baik. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Bacaan dari Nubuat Daniel (12:1-3)
"Pada waktu itu bangsamu akan terluput."
"Pada waktu itu bangsamu akan terluput."
Aku, Daniel, mendengar malaikat Tuhan berkata, “Pada waktu itu akan muncul Mikhael, pemimpin besar yang akan mendampingi anak-anak bangsamu. Akan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak adanya bangsa-bangsa sampai pada waktu itu. Tetapi pada waktu itu bangsamu akan terluput, yakni siapa saja yang didapati namanya tertulis dalam kitab. Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian yang abadi. Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran akan bercahaya seperti bintang-bintang untuk selama-lamanya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan, mi = fis, 3/4, PS 851
Ref. Ya Tuhan, lindungi kami di dalam kesesakan.
Ayat. (Mzm 16:5.8.9-10.11; Ul: 1)
1. Ya Tuhan, Engkaulah bagian warisan dan pialaku, Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan kepadaku. Aku senantiasa memandang kepada Tuhan; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku takkan goyah.
2. Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorai, dan tubuhku akan diam dengan tentram. Sebab Engkau tidak menyerahkan daku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan orang kudus-Mu melihat kebinasaan.
3. Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan, di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat yang abadi.
Ref. Ya Tuhan, lindungi kami di dalam kesesakan.
Ayat. (Mzm 16:5.8.9-10.11; Ul: 1)
1. Ya Tuhan, Engkaulah bagian warisan dan pialaku, Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan kepadaku. Aku senantiasa memandang kepada Tuhan; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku takkan goyah.
2. Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorai, dan tubuhku akan diam dengan tentram. Sebab Engkau tidak menyerahkan daku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan orang kudus-Mu melihat kebinasaan.
3. Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan, di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat yang abadi.
Bacaan dari Surat kepada Orang Ibrani (10:11-14.18)
"Oleh satu kurban saja Kristus telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan."
"Oleh satu kurban saja Kristus telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan."
Saudara-saudara, setiap imam melakukan pelayanannya tiap-tiap hari dan berulang-ulang mempersembahkan kurban yang sama, yang sama sekali tidak dapat menghapuskan dosa. Tetapi Kristus hanya mempersembahkan satu kurban karena dosa, dan sesudah itu Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah, dan sekarang Ia hanya menantikan saat di mana musuh-musuh-Nya akan dijadikan tumpuan kaki-Nya. Sebab oleh satu kurban itu saja Kristus telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan. Jadi apabila untuk semuanya itu sudah ada pengampunan, tidak perlu lagi dipersembahkan kurban karena dosa.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
U. Syukur kepada Allah.
Bait Pengantar Injil, do = a, 4/4, Pelog Bem, PS 962
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya, alleluya.
Ayat. (Luk 21:36)
Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya, alleluya.
Ayat. (Luk 21:36)
Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (13:24-32)
"Ia akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru dunia."
"Ia akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru dunia."
Sekali peristiwa, dalam khotbah-Nya tentang akhir zaman, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Pada akhir zaman, sesudah siksaan-siksaan yang berat, matahari akan menjadi gelap, dan bulan tidak bercahaya; bintang-bintang akan berjatuhan dari langit, dan kuasa-kuasa langit akan goncang. Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan-awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Dan pada waktu itu pula Ia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya keluar dan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung bumi sampai ke ujung langit. Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara. Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas kamu tahu bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu lihat hal-hal terjadi, ketahuilah bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya itu terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu. Tetapi tentang hari atau saat itu tidak ada seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, dan Anak pun tidak! Hanya Bapa yang tahu!”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.
U. Terpujilah Kristus.
Renungan
Dalam bacaan Injil yang kita dengar hari ini Yesus berkotbah tentang akhir zaman. Yesus mengungkapkan apa yang akan terjadi pada akhir zaman bukan kapan waktunya. Tentu Yesus mempunyai tujuan mengapa Dia menyebutkan tanda-tanda itu tak lain dan tak bukan hanyalah supaya kita tetap senantiasa berjaga-jaga. Karena kita tidak tahu kapan akhir zaman yang menghinggapi kita. Sebagai manusia yang rapuh kita akan merasa tidak siap menghadapi peristiwa yang tiba-tiba akan terjadi menimpa kita, apalagi peristiwa itu menyangkut nyawa. Ketika alam menunjukkan kedahsyatannya misalnya banjir bandang, tsunami, badai dan sebagainya, kita merasa takut dan cemas akan nasib kita. Kedahsyatan gejala alam yang terjadi dengan tiba-tiba itu memang akan menakutkan bagi siapa saja yang mengalami dan menyaksikan. Mengapa kita masih takut? Karena kita belum siap mendapat giliran untuk menghadap Dia.
Dalam bacaan Injil yang kita dengar hari ini Yesus berkotbah tentang akhir zaman. Yesus mengungkapkan apa yang akan terjadi pada akhir zaman bukan kapan waktunya. Tentu Yesus mempunyai tujuan mengapa Dia menyebutkan tanda-tanda itu tak lain dan tak bukan hanyalah supaya kita tetap senantiasa berjaga-jaga. Karena kita tidak tahu kapan akhir zaman yang menghinggapi kita. Sebagai manusia yang rapuh kita akan merasa tidak siap menghadapi peristiwa yang tiba-tiba akan terjadi menimpa kita, apalagi peristiwa itu menyangkut nyawa. Ketika alam menunjukkan kedahsyatannya misalnya banjir bandang, tsunami, badai dan sebagainya, kita merasa takut dan cemas akan nasib kita. Kedahsyatan gejala alam yang terjadi dengan tiba-tiba itu memang akan menakutkan bagi siapa saja yang mengalami dan menyaksikan. Mengapa kita masih takut? Karena kita belum siap mendapat giliran untuk menghadap Dia.
Hari ini kita diingatkan dan disiapkan oleh Yesus untuk selalu berjaga-jaga karena kita tidak tahu kapan waktunya akan tiba. Kita menyiapkan diri kita dengan berbuat baik kepada siapa saja. Kita melayani dengan tulus dan jujur mengandalkan Yesus dalam hidup kita, sehingga apa pun yang terjadi dan kapan pun terjadi akhir zaman itu tidak menakutkan lagi bagi kita.
Antifon Komuni (Mzm 73:28)
Berpaut pada Tuhan Allah itu baik bagiku, demikian juga menaruh harapan kepada-Nya.
Berpaut pada Tuhan Allah itu baik bagiku, demikian juga menaruh harapan kepada-Nya.
To be near God is my happiness, to place my hope in God the Lord.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar