Ads 468x60px

Senin 18 Mei 2015

Kis 19:1-8; Mzm 68:2-3,4-5ac,6-7ab; Yoh 16:29-33

“Magnificat”
Inilah judul buku terbaru saya yang diterbitkan Kanisius, yang dalam bahasa lengkapnya berbunyi:“Magnificat anima mea Dominum.
Et exsultavit spiritus meus in Deo salvatore meo- Jiwaku memuliakan Tuhan, Hatiku bergembira karena Allah juruselamatku.” Inilah keyakinan iman ketika hidup diyakini sebagai penyelenggaraan ilahi bahkan ketika terasa berat dan gersang, ditinggalkan dan ditanggalkan oleh banyak orang. Yesus sendiri pernah mengalami hidup yg berat dan gersang.
Namun Ia kuat karena Bapa tdk meninggalkanNya: "Lihat, saatnya datang, bahkan sudah datang, bahwa kamu diceraiberaikan dan meninggalkan Aku seorang diri. Namun Aku tidak seorang diri, sebab Bapa menyertai Aku" (Yoh 16:32). Kesadaran ini menguatkanNya bahkan mendorongNya untuk tetap bersyukur dan bergembira.


Dengan kata lain : Kita juga diajak untuk selalu hidup dg penuh syukur dan sukacita krn Allah tak pernah membiarkan kita sendirian. Ya sebagai org beriman tentulah kita lebih percaya kepada Allah drpd kpd dunia, krn sejatinya kita datang dari Allah dan akan kembali kpd Allah.
Jika kita harus menderita penganiayaan selama hidup dunia ini hendaknya tidak berkecil hati: 'Kuatkan hatimu, Aku telah mengalahkan dunia!'

Allah senantiasa menyertai dan mendampingi kita, bahkan berkarya dalam diri kita yang lemah dan rapuh ini, maka bersama dan bersatu dengan Allah kita juga akan mampu 'mengalahkan dunia'. Lebih lanjut, mengacu pada bacaan 1: "Turunlah Roh Kudus dan mulailah mereka berkata-kata dlm bahasa roh" (Kis 19:5). Jelaslah, dg sakramen baptis dan krisma, kita jg telah menerima anugerah Roh Kudus, maka kitapun diharapkan “berkata-kata dan bertindak dalam "bahasa roh”, yakni dijiwai oleh buah-buah Roh Kudus: "kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemah-lembutan, penguasaan diri" (Gal 5: 22-23).

"Main gitar di Pantai Kuta-
Janganlah gentar tetaplah bersukacita."

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh
Pin HIK: 7EDF44CE


Tidak ada komentar:

Posting Komentar