"Stella-Bintang."
Adapun hari ini, kita juga diajak menjadi "bintang bintang
kecil" yang bisa mencerahkan-meneduhkan+menghangatkan sesama+semesta.
Pastinya, kita adalah pengembara di dunia dengan tujuan akhir
kehidupan kekal di surga.
Agar tidak tersesat, tapaki perjalanan hidup ini dengan selalu mengarahkan hati kepada Yesus, Sang Bintang - Terang Dunia.
Agar tidak tersesat, tapaki perjalanan hidup ini dengan selalu mengarahkan hati kepada Yesus, Sang Bintang - Terang Dunia.
Teladani semangat dan ketekunan para majus/sarjana dari Timur
yang meninggalkan segala kenyamanan demi berjumpa denganNya.
Temukan Yesus di balik kesederhanaan hosti kudus, dalam setiap pribadi yang kita jumpai maupun dalam peristiwa yang kita alami. Perjumpaan denganNya akan memberikan sukacita sejati.
Temukan Yesus di balik kesederhanaan hosti kudus, dalam setiap pribadi yang kita jumpai maupun dalam peristiwa yang kita alami. Perjumpaan denganNya akan memberikan sukacita sejati.
Mari persembahkan keseluruhan diri kita, ubah haluan hidup dan jadilah bintang
bagi sesama, menunjukkan arah yang benar menuju kepadaNya.
Jatuh cinta kepada Tuhan adalah kisah cinta terbesar.
Mencari Dia adalah petualangan terbesar.
Menemukan Dia adalah pencapaian terbesar manusia.
(St. Agustinus dari Hippo, 354-430).
Mencari Dia adalah petualangan terbesar.
Menemukan Dia adalah pencapaian terbesar manusia.
(St. Agustinus dari Hippo, 354-430).
Salam Hikers.
Tuhan berkati & Bunda merestui.
Fiat Lux!
Tuhan berkati & Bunda merestui.
Fiat Lux!
NB:
1. "Stella Aeterna - Bintang Abadi."
Inilah salah satu karakter ilahi dari pribadi Yesus yang
kehadirannya selalu mencerahkan-meneduhkan dan menghangatkan. Sinarnya
menyatukan para gembala yang bersahaja dengan para majus yang bijaksana.
Kasihnya mengajak orang yang jauh menjadi dekat, untuk sama-sama datang dan
bersembah sujud kepadaNya.
Pastinya, dengan merayakan Hari Raya Natal dan Epifani (sekarang
Hari Raya Penampakan Tuhan), kita pun patut sadar akan kewajiban kita untuk
datang dan bersembah sujud kepada Kristus melalui doa, sembah bakti, dan
perbuatan-perbuatan baik serta korban.
Dengan kata lain:
Kita diajak memiliki 3 poros untuk belajar menjadi "bintang", antara lain:
A. Berusaha:
Seperti para majus yang pergi dari Timur ke Yerusalem, kitapun juga diajak untuk selalu berusaha, hidup dalam pola "meninggalkan", lepas dari ketakutan masa lampau dan masa depan.
Seperti para majus yang pergi dari Timur ke Yerusalem, kitapun juga diajak untuk selalu berusaha, hidup dalam pola "meninggalkan", lepas dari ketakutan masa lampau dan masa depan.
B. Bersukacita:
Kita yakin bahwa Allah selalu menyertai kita. Itu juga yang dialami para majus yang disertai Bintang Betlehem. Hati mereka penuh dengan syukur ketika menemukan Yesus dengan perantaraan bintang yang tersamar.
Kita yakin bahwa Allah selalu menyertai kita. Itu juga yang dialami para majus yang disertai Bintang Betlehem. Hati mereka penuh dengan syukur ketika menemukan Yesus dengan perantaraan bintang yang tersamar.
C. Berbagi:
"Burung tekukur burung rajawali - tiada syukur tanpa berpeduli!" Jelasnya, buah orang yang bersyukur adalah lebih mudah berpeduli, tidak cuek bebek tapi mau memberikan "harta/talenta"nya kepada orang banyak. Marilah kita terus tinggal dalam sembah sujud; dan kepada Dia, yang guna menyelamatkan kita, merendahkan Diri hingga ke tingkat kemiskinan yang begitu rupa dengan menerima tubuh kita, marilah kita berbagi dan mempersembahkan tidak hanya kemenyan, emas dan mur, melainkan juga berbagi persembahan rohani, yang lebih luhur daripada yang dapat dilihat dengan mata.
"Burung tekukur burung rajawali - tiada syukur tanpa berpeduli!" Jelasnya, buah orang yang bersyukur adalah lebih mudah berpeduli, tidak cuek bebek tapi mau memberikan "harta/talenta"nya kepada orang banyak. Marilah kita terus tinggal dalam sembah sujud; dan kepada Dia, yang guna menyelamatkan kita, merendahkan Diri hingga ke tingkat kemiskinan yang begitu rupa dengan menerima tubuh kita, marilah kita berbagi dan mempersembahkan tidak hanya kemenyan, emas dan mur, melainkan juga berbagi persembahan rohani, yang lebih luhur daripada yang dapat dilihat dengan mata.
"Dari Pasar Baru ke Kramat Jati – Selamat tahun baru, Tuhan Yesus memberkati.”
2."Ad astra per aspera - Sampai ke bintang dengan jerih payah."
Inilah motto negara bagian Kansas di Amerika yang juga menjadi
tema pokok pada Hari Raya Penampakan Tuhan (Efifani) dan kalimat penutup pada
salah satu buku saya, "FX - Sketsa Walikota Surakarta".
Pastinya, setelah natal, para majus (Kaspar Baltasar Melkhior)
datang ke Yerusalem dan bertanya-tanya, “Dimanakah Raja Yahudi yang baru
dilahirkan itu? Kami telah melihat bintangNya di ufuk timur dan kami datang
untuk menyembah Dia” ("ex oriente lux - cahaya itu datang dari timur").
Jelaslah bahwa Yesus datang sebagai "Bintang" dan
kitapun diajak belajar menjadi "bintang bintang kecil" bagi dunia.
Mengacu pada dunia harian kita, ada pelbagai bintang: bintang film sampai
bintang iklan, bir bintang, bintang tujuh, bintang laut dll, yang pasti itu
sebabnya Apollo 13 bermotto "ex astris scientia - dari bintang datanglah
pengetahuan".
Adapun 3 sikap dasar dari bintang, al:
A. "Universal":
Bintang bersinar untuk semua orang tanpa pandang bulu. Ia tidak diskriminatif. Cahayanya terbuka: tidak eksklusif tapi inklusif. Karya keselamatan Allah juga berlaku universal, melebar dan menyebar untuk semua. Dengan kata lain: Kita diajak menjadi orang yang tanggap jaman, yang tidak pilih kasih tapi siap ber-dialog kasih bagi semua.
Bintang bersinar untuk semua orang tanpa pandang bulu. Ia tidak diskriminatif. Cahayanya terbuka: tidak eksklusif tapi inklusif. Karya keselamatan Allah juga berlaku universal, melebar dan menyebar untuk semua. Dengan kata lain: Kita diajak menjadi orang yang tanggap jaman, yang tidak pilih kasih tapi siap ber-dialog kasih bagi semua.
B."Integral":
Bintang bersinar dengan utuh-penuh dan menyeluruh. Setiap malam selalu berkelap kelip. Ia memantulkan dan membagikan sinarnya 100% dengan sepenuh hati, tidak peduli diabaikan/ditinggalkan, dipergunjingkan/dilupakan. Eksistensinya jelas: hadir dan mengalir, berbagi dan peduli. Dengan kata lain: Aku berbagi (cahaya) maka aku ada. Sudahkah?
Bintang bersinar dengan utuh-penuh dan menyeluruh. Setiap malam selalu berkelap kelip. Ia memantulkan dan membagikan sinarnya 100% dengan sepenuh hati, tidak peduli diabaikan/ditinggalkan, dipergunjingkan/dilupakan. Eksistensinya jelas: hadir dan mengalir, berbagi dan peduli. Dengan kata lain: Aku berbagi (cahaya) maka aku ada. Sudahkah?
C."Inspirasional":
Bintang selalu meng-inspirasi banyak orang. Banyak lagu-drama-prosa+puisi bicara soal bintang: dari lagu "bintang kecil" sampai seabrek ramalan bintang dan lain-lain. Kehadirannya selalu membawa "enlightenment", pencerahan bagi dunia. Kita juga diajak menjadi inspirasi (Lat: "in-spirit": dalam ROH) bagi dunia, mencerahkan dan menyegarkan dunia dengan warna warni kasih dan kebaikan.
Bintang selalu meng-inspirasi banyak orang. Banyak lagu-drama-prosa+puisi bicara soal bintang: dari lagu "bintang kecil" sampai seabrek ramalan bintang dan lain-lain. Kehadirannya selalu membawa "enlightenment", pencerahan bagi dunia. Kita juga diajak menjadi inspirasi (Lat: "in-spirit": dalam ROH) bagi dunia, mencerahkan dan menyegarkan dunia dengan warna warni kasih dan kebaikan.
"Cari senar di Taman Sari - Mari bersinar setiap
hari."
Salam HIKers,
Tuhan berkati & Bunda merestui
Fiat Lux!
Tuhan berkati & Bunda merestui
Fiat Lux!
3. “Lumen Gentium - Cahaya Para Bangsa”.
Itulah pesan pada Hari Raya Epifani bahwa para majus datang
untuk menyembah Kristus, “Cahaya Para Bangsa”. Yang pasti, bersama 3 majus, kita
juga diajak menjadi “lumen gentium”, dg 3 pola dasar, al:
A.”CA”ri Tuhan:
Dalam tradisi Eropa, mereka digambarkan sebagai orang Asia, Afrika dan Eropa. Dalam “Excerpta et Collectanea” yang ditulis St.Beda: “Para majus, al: Melkior, orang tua berambut putih berjenggot panjang (dari Asia); Kaspar, orang muda tanpa jenggot dan kulitnya kemerah-merahan (dari Eropa); Baltasar, berkulit hitam dan berjenggot lebat (dari Afrika). Mereka datang dari negeri yg jauh dan menggunakan keahliannya untuk mencari Tuhan. Sudahkah kita gunakan keahlian/talenta sebagai sarana untuk mencari Tuhan?
Dalam tradisi Eropa, mereka digambarkan sebagai orang Asia, Afrika dan Eropa. Dalam “Excerpta et Collectanea” yang ditulis St.Beda: “Para majus, al: Melkior, orang tua berambut putih berjenggot panjang (dari Asia); Kaspar, orang muda tanpa jenggot dan kulitnya kemerah-merahan (dari Eropa); Baltasar, berkulit hitam dan berjenggot lebat (dari Afrika). Mereka datang dari negeri yg jauh dan menggunakan keahliannya untuk mencari Tuhan. Sudahkah kita gunakan keahlian/talenta sebagai sarana untuk mencari Tuhan?
B.”HA”dapi cobaan:
Suatu kutipan dari penanggalan orang kudus abad pertengahan: “Setelah mengalami banyak cobaan dan kelelahan, ke-3 Majus bertemu di Sewa pada tahun 54 untuk merayakan Natal. Lalu, setelah Misa Natal, mereka wafat: Melkior pada 1 Januari (usia 116 thn); Baltasar pada 6 Jan (112 thn); Kaspar pada 11 Jan (109 thn). Walau kadang kita "lelah": dilukai, dijatuhkan, dikorbankan da dikambinghitamkan, maukah kitaselalu tegar dan tetap berbagi sinar kasih bagi banyak orang?
Suatu kutipan dari penanggalan orang kudus abad pertengahan: “Setelah mengalami banyak cobaan dan kelelahan, ke-3 Majus bertemu di Sewa pada tahun 54 untuk merayakan Natal. Lalu, setelah Misa Natal, mereka wafat: Melkior pada 1 Januari (usia 116 thn); Baltasar pada 6 Jan (112 thn); Kaspar pada 11 Jan (109 thn). Walau kadang kita "lelah": dilukai, dijatuhkan, dikorbankan da dikambinghitamkan, maukah kitaselalu tegar dan tetap berbagi sinar kasih bagi banyak orang?
C.”YA”kini iman:
Kunjungan para majus telah menggenapi nubuat KSPL (Bil 24:17, Maz 72: 10-11, Yes 60:6). Dan, meski masih banyak misteri tentang orang majus, Gereja selalu menghormati sembah sujud mereka sebagai penghayatan dalam ekaristi dan adorasi: Mereka ber-“adoro te devote” dengan membawa 3 gift, al: emas/Ia adalah raja “yg memimpin”; kemenyan/imam “yg menguduskan”; mur-balsam makam/nabi “yang mewartakan”. Bukankah sejak dibaptis, kita juga diajak menjadi raja, imam dan nabi?
Kunjungan para majus telah menggenapi nubuat KSPL (Bil 24:17, Maz 72: 10-11, Yes 60:6). Dan, meski masih banyak misteri tentang orang majus, Gereja selalu menghormati sembah sujud mereka sebagai penghayatan dalam ekaristi dan adorasi: Mereka ber-“adoro te devote” dengan membawa 3 gift, al: emas/Ia adalah raja “yg memimpin”; kemenyan/imam “yg menguduskan”; mur-balsam makam/nabi “yang mewartakan”. Bukankah sejak dibaptis, kita juga diajak menjadi raja, imam dan nabi?
Pastinya, seperti 3 majus yang pulang lewat "jalan
baru" setelah berjumpa dengan Yesus, kita juga diajak untuk selalu mau
lahir dan menapaki jalan hidup yang baru.
Ya, seperti kata St. Gregorius Nazianze, “Marilah kita persembahkan
tidak cuma kemenyan, emas dan mur tapi juga persembahan rohani, yang lebih
luhur daripada yang dapat dilihat dengan mata!
“Ada Dullah ada Alya - Jadikanlah hidup kita selalu
bercahaya."
Salam HIKers,
Tuhan berkati & Bunda merestui
Fiat Lux!
Tuhan berkati & Bunda merestui
Fiat Lux!
4. Pesta Penampakan Tuhan:
"Mereka berlutut dan memuji Yesus"
"Mereka berlutut dan memuji Yesus"
Chromatius:
Mengungkap Keilahian Kristus yang mulia.
Mengungkap Keilahian Kristus yang mulia.
"Marilah memperingati betapa jayanya kemuliaan yang hadir
dalam diri sang Raja setelah dilahirkan, setelah para majus yang dalam
perjalanannya patuh mengikuti bintang yang berinar. Para majus segera berlutut
dan memuji Dia yang dilahirkan sebagai Tuhan. Dalam palungan-Nya mereka
memuliakan-Nya dengan persembahan, meski Yesus adalah bayi yang masih menangis
dalam gendongan ibu-Nya.
Dengan mata fisik, mereka melihat satu hal, namun mereka juga
melihat hal lain dengan mata hati mereka. Mereka memandang kerendahan hati yang
diambil-Nya dalam rupa seorang bayi, tetapi kejayaan keilahian-Nya telah
dimanifestasikan juga mereka lihat. Mereka melihat seorang anak laki-laki,
tetapi Dialah Tuhan yang dipuja. Sangat tidak terperikan misteri kemuliaan
ilahi-Nya! Allah yang tak kasat mata dan abadi tidak segan mengambil rupa
seorang manusia untuk kita. Putera Allah, yakni Allah alam semesta, lahir dalam
rupa manusia. Dia memperkenankan dirinya lahir di palungan, sehingga surga
berada dalam palungan tersebut. Dia berada dalam buaian; buaian yang tidak
dapat digenggam dunia. Dia didengar dalam bentuk tangisan bayi. Dialah persona
yang sama yang mengatakan bahwa seluruh dunia akan berguncang pada saat
sengsara-Nya.
Maka Dialah, Allah yang mulia dan Tuhan yang agung, yang dilihat
sebagai bayi yang mungil oleh para orang majus. Dialah yang selama masih kecil
adalah benar-benar Allah dan Raja abadi. Bagi-Nya, Yesaya menubuatkan,
"Sebab seorang anak telah lahir untuk kita; seorang putera telah diberikan
untuk kita, lambang pemerintahan ada di atas bahunya (Yes 9:6)"."
(Trattato sul vangelo di Matteo 5:1).
(Trattato sul vangelo di Matteo 5:1).
5.Para Majus
Para majus sampai ke Yerusalem karena dituntun oleh bintang.
Mereka ingin menyembah seorang raja yang baru lahir, yang kehadiran-Nya
ditandai dengan munculnya sebuah bintang di Timur. Mereka datang ke Yerusalem
karena mengira bahwa raja yang baru lahir itu adalah anak Herodes. Tetapi
ternyata mereka salah duga.
Dalam Kitab Bilangan, Bileam menubuatkan akan adanya bintang
yang terbit dari Yakub (Bil 24:7). Dalam Midrash Rabbah (tulisan yang ditemukan
di Qumran) bintang yang terbit dari Yakub diartikan sebagai Sang Mesias. Kitab
Wahyu menyebut Kristus sebagai “bintang timur yang gilang gemilang” (Why
22:16). Dengan demikian bintang menjadi simbol adanya campur tangan Ilahi yang
menunjukkan jalan bagi orang-orang bukan Yahudi untuk bertemu dengan Sang
Mesias.
Yang menarik adalah bahwa para majus itu diceritakan masuk ke
dalam sebuah "rumah" dan melihat anak itu bersama Maria, ibunya.
Tidak disebut tentang gua atau kandang. Sebenarnya tradisi tentang kelahiran
Yesus di sebuah gua atau kandang dipakai untuk menggambarkan kesederhanaan dan
kemiskinan-Nya.
Tradisi itu muncul karena dalam kisah kelahiran-Nya disebut
tentang palungan (tempat makanan ternak) dan kemiskinan Keluarga Kudus itu
digambarkan dengan digunakannya kain lampin untuk membungkus Yesus.
Kesederhanaan dan kerendahan hati yang membuat seluruh Yerusalem menolak-Nya
(karena tidak sesuai dengan gambaran mereka tentang Mesias) ternyata tidak
membuat para majus itu ragu-ragu untuk meyakini dan mengimani bahwa Yesuslah
Sang Mesias yang kelahiran-Nya ditandai dengan munculnya bintang di Timur.
Mereka kemudian sujud dan menyembah-Nya. Dalam Injil Mateus,
“menyembah” berarti mengakui dan mengimani Yesus sebagai Mesias, Tuhan (lih.
Mat 8:2; 9:18 dst). Para ekseget memaknai “rumah” dimana Yesus hadir bersama
ibu-Nya adalah simbolisasi Gereja. Kegembiraan para majus adalah kebahagiaan
bahwa semua bangsa boleh masuk ke dalam Gereja.
Orang-orang majus mempersembahkan emas, kemenyan dan mur kepada
Sang Bayi yang baru lahir itu. Para pujangga Gereja mengartikan persembahan itu
sebagai pengakuan akan identitas Sang Bayi.
Emas melambangkan martabat dan kemuliaan raja karena hanya
rajalah yang memiliki emas secara berkelimpahan.
Kemenyan menyimbolkan keilahian karena kemenyan dipergunakan
dalam ibadat kebaktian kepada Allah.
Mur melambangkan kemanusiaan karena mur dipakai antara lain
untuk meminyaki jenasah. Sesudah wafat di salib, jenasah Yesus diminyaki dengan
mur oleh Maria Magdalena.
Dengan demikian persembahan para majus itu merupakan ungkapan
iman mereka bahwa Sang Bayi yang lemah dan sederhana ini sesungguhnya adalah
seorang raja agung, Dia sungguh Allah dan sungguh manusia.
Rupanya orang-orang majus itu lebih percaya pada “sasmita”
bintang daripada penampilan fisik bayi Yesus. Para majus tidak mengenal konsep
Mesias. Mereka tidak mengambil sikap pro atau kontra.
Yang ada pada mereka adalah keyakinan bahwa petunjuk bintang
mengisyaratkan kelahiran seorang Raja besar. Oleh karena itu mereka tidak
mempersoalkan ketika bintang itu muncul lagi dan menuntun mereka ke tempat di
mana Yesus dibaringkan.
Dengan kedatangan para majus itu terpenuhilah nubuat tentang
Mesias yang mengatakan bahwa semua bangsa akan datang menyembah Allah Israel
(lih. misalnya Bil 24:17; Yes 49:23; 60:5; Mzm 72:10-15).
Akhirnya, kisah perjalanan orang-orang majus mencari Sang Mesias
adalah simbol sebuah peziarahan manusia mencaridan menemukan Tuhan : keberanian
meninggalkan “zona nyaman” menuju “zona resiko”, ada keragu-raguan, kebingungan
dan bahkan kehilangan arah. Tetapi juga ada tekad, ketekunan, tidak mudah
menyerah dan patah semangat. Ada kerendahan hati dan kesediaan untuk bertanya.
Berjumpa dengan kepura-puraan, kepalsuan dan kemunafikan. Dan ketekunan itu
membuahkan hasil : kebahagiaan dan kelimpahan bertemu Tuhan. Perjumpaan itu
mengubah dan menjadikan kita kreatif, berani mencoba jalan lain, jalan
alternatif. Di hadapan Tuhan semua yang kita miliki yakni harta dan segala
jerih lelah kita merupakan anugerah yang layak dihaturkan kembali sebagai
persembahan syukur, bukan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar