Sir. 2:1-11; Mzm. 37:3-4,18-19,27-28,39-40; Mrk. 9:30-37
Inilah ajakan
Yesus supaya kita bisa menjadi pribadi beriman yang terbesar dan terdahulu:
"Jika seseorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang
terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya" (Mrk 9:35).
Inilah jalan
iman yang ditawarkan Yesus kepada kita hari ini, yakni belajar melayani dengan
menjadi seperti anak-anak (children) dan bukan bersikap kekanak-kanakan
(childish): Yesus mengambil seorang anak kecil dan menempatkannya di
tengah-tengah mereka, kemudian Ia memeluk anak itu dan berkata kepada mereka:
"Barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia
menyambut Aku" (Mrk 9,36-37)
Adapun tiga indikasi dasar dari sikap anak-anak supaya kita bisa menjadi orang beriman yang terbesar dan terdahulu, yakni ‘TTS”, antara lain:
1. Tulus -
dalam mengasihi:
Di tengah dunia yang penuh akal bulus, ketika banyak orang berpola “citius altius fortius – lebih cepat lebih tinggi lebih kuat”, Tuhan malahan mengajak kita mempunyai cinta kasih yang tulus seperti anak-anak kecil, yang mengedepankan kemurnian hati tanpa banyak intrik, taktik dan aneka konflik. Ia mengharapkan cinta kasih kita adalah cinta kasih yang polos, murni dan tanpa banyak kepentingan terselubung.
Di tengah dunia yang penuh akal bulus, ketika banyak orang berpola “citius altius fortius – lebih cepat lebih tinggi lebih kuat”, Tuhan malahan mengajak kita mempunyai cinta kasih yang tulus seperti anak-anak kecil, yang mengedepankan kemurnian hati tanpa banyak intrik, taktik dan aneka konflik. Ia mengharapkan cinta kasih kita adalah cinta kasih yang polos, murni dan tanpa banyak kepentingan terselubung.
2. Terbuka -
dalam melayani:
"Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka". Yesus meminta para murid untuk menyambut-Nya seperti Ia menyambut seorang anak kecil, yakni dengan menempatkannya di tengah-tengah mereka. Kalau Yesus menempatkan seorang anak kecil di tengah, itu artinya Ia menjadikan anak itu sebagai pusat perhatian.
Ya, Yesus juga tkerap ergambarkan sedang memeluk anak kecil. Tindakan memeluk ini diawali dengan membuka dan merentangkan tangan untuk menyambut orang yang ingin dipeluk. Tangan yang terbuka dan terentang ini sesungguhnya mengungkapkan hati yang terbuka dalam melayani.
"Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka". Yesus meminta para murid untuk menyambut-Nya seperti Ia menyambut seorang anak kecil, yakni dengan menempatkannya di tengah-tengah mereka. Kalau Yesus menempatkan seorang anak kecil di tengah, itu artinya Ia menjadikan anak itu sebagai pusat perhatian.
Ya, Yesus juga tkerap ergambarkan sedang memeluk anak kecil. Tindakan memeluk ini diawali dengan membuka dan merentangkan tangan untuk menyambut orang yang ingin dipeluk. Tangan yang terbuka dan terentang ini sesungguhnya mengungkapkan hati yang terbuka dalam melayani.
Hal ini berarti
bahwa kita juga diharapkan membuka hati dengan penuh kasih dan sukacita untuk
melayani semua sesama kita, terutama mereka yang kecil, lemah, miskin,
tersingkir dan difabel.
Dalam diri
merekalah, Kristus hadir secara nyata untuk kita peluk, kita kasihi, dan
pastinya untuk kita layani.
3. Sederhana -
dalam mengimani:
"Simple is beautiful - Sederhana itu indah!” Inilah sikap seorang anak kecil pada umumnya. Mereka tidak mempunyai banyak pertanyaan, mudah menerima dan percaya. Bukankah Yesus sendiri datang dan terbaring sebagai anak kecil yang lemah di tempat yang sederhana? Kita bisa melihat dan mengingat Yesus kecil dengan tangan lemah terulur dan terbuka lebar. Ia memohon bantuan orang lain: Aku membutuhkan engkau. Tatapan mata bening dan uluran tangan lembutnya seolah menyapa siapa saja yang memandangnya. Begitu sederhana, bukan?
"Simple is beautiful - Sederhana itu indah!” Inilah sikap seorang anak kecil pada umumnya. Mereka tidak mempunyai banyak pertanyaan, mudah menerima dan percaya. Bukankah Yesus sendiri datang dan terbaring sebagai anak kecil yang lemah di tempat yang sederhana? Kita bisa melihat dan mengingat Yesus kecil dengan tangan lemah terulur dan terbuka lebar. Ia memohon bantuan orang lain: Aku membutuhkan engkau. Tatapan mata bening dan uluran tangan lembutnya seolah menyapa siapa saja yang memandangnya. Begitu sederhana, bukan?
Pepatah Jawa
yang berkata, “Aja Adigang, Adigung, Adiguna - Jangan sok kuasa, sok besar, sok
sakti" kiranya tepat untuk membuat kita semakin mau sederhana dan rendah
hati di hadapan Tuhan.
“Ada Wayan di
kampung Bali - Jadilah pelayan bagi Sang Ilahi.”
Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)
NB:
1."Servus servorum - Hamba segala hamba."
Inilah semangat
Yesus yang juga menjadi semangat dasar kepausan dan seharusnya juga menjadi
semangat hidup, "capa/cara pandang, capi/cara pikir- cahi/cara hidup"
kita setiap harinya.
Adapun sebagai
hambaNya yang siap melayani, ber-"servus servorum", kita diajak
memiliki "KRS" yang harus diisi setiap harinya, antara lain:
A."K:
Keterbukaan hati":
Seperti sebuah lirik mazmur tanggapan, kita diajak untuk memiliki hati yang terbuka pada segala rencana dan sapaan sederhana Allah, berani mengalami perjumpaan dengan Allah lewat sesama, selalu siap untuk ber-kontak, dibentuk dan dirombak oleh Allah sendiri.
Seperti sebuah lirik mazmur tanggapan, kita diajak untuk memiliki hati yang terbuka pada segala rencana dan sapaan sederhana Allah, berani mengalami perjumpaan dengan Allah lewat sesama, selalu siap untuk ber-kontak, dibentuk dan dirombak oleh Allah sendiri.
B."R:
Rendah hati":
Mengacu pada bacaan pertama, Ia mengajak kita untuk menanggalkan iri dan tinggi hati tapi kenakan semangat rendah hati, bersahaja-miskin di hadapan Tuhan, menjadi "humus" yang menyuburkan, yang siap untuk "menggerakkan" dan tidak malahan "menggerahkan" hidup orang lain.
Mengacu pada bacaan pertama, Ia mengajak kita untuk menanggalkan iri dan tinggi hati tapi kenakan semangat rendah hati, bersahaja-miskin di hadapan Tuhan, menjadi "humus" yang menyuburkan, yang siap untuk "menggerakkan" dan tidak malahan "menggerahkan" hidup orang lain.
C."S:
Sepenuh hati":
Yesus berkata, “Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia mereka akan membunuhNya tapi tiga hari setelah dibunuh, Ia akan bangkit.” Para murid tidak mengerti dan segan bertanya kepadaNya tentang kata-kata-Nya, tapi para murid tidak pernah segan untuk tetap mengikutiNya. Mereka ingin sepenuh hati menjadi muridNya. Kita diajak untuk tidak setengah hati tp 100% mjd muridNya.
Yesus berkata, “Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia mereka akan membunuhNya tapi tiga hari setelah dibunuh, Ia akan bangkit.” Para murid tidak mengerti dan segan bertanya kepadaNya tentang kata-kata-Nya, tapi para murid tidak pernah segan untuk tetap mengikutiNya. Mereka ingin sepenuh hati menjadi muridNya. Kita diajak untuk tidak setengah hati tp 100% mjd muridNya.
"Cari baju
di Taman Sepatan - Mari maju dalam iman dan perbuatan."
2.Menjadi Besar Karena Melayani
01. Dalam Injil Markus, tiga kali Yesus memberitahukan kepada para murid mengenai
sengsara, wafat dan kebangkitan yang akan dialami-Nya (Mrk 8:31-9:1; 9:30-32;
10:32-34) agar orang-orang terdekat-Nya itu memahami jalan salib yang akan
ditempuh-Nya dan dapat mempersiapkan diri menghadapinya. Namun ternyata para
murid tidak mampu memahami realitas salib itu. Mereka terjebak oleh mind-setnya
sendiri. Sebagai utusan Allah, Mesias seharusnya adalah sosok pribadi yang
agung, unggul, mulia, tak terkalahkan dan penuh kuasa. Karena itu ketika Yesus
menubuatkan tentang sengsara, wafat dan kebangkitan-Nya, para murid
menanggapinya dengan cara yang tidak tepat. Petrus bahkan berani menegur Yesus
agar tidak mengatakan hal itu (Mrk 8:32); mereka malah sibuk bertengkar
memperebutkan siapa yang terbesar diantara mereka (Mrk 9:34); dan agar tidak
didahului oleh murid yang lain, Yohanes dan Yakobus secara khusus meminta
posisi penting yaitu sebagai orang kedua dan ketiga pada saat Yesus mulia kelak
(Mrk 10:37).
02. Bagi Yesus jalan salib merupakan sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar lagi
karena hal itu merupakan kehendak Allah yang harus dilaksanakan dan
diselesaikan-Nya (accomplished). Dalam ay. 31 dipakai kata “diserahkan”
(delivered, atau paradidotai) untuk menegaskan bahwa peristiwa salib merupakan
prakarsa Allah. Anak Manusia diserahkan oleh Allah ke dalam tangan (kekuasaan)
manusia. Di hadapan Pilatus yang merasa diri berkuasa terhadap hidup-Nya, Yesus
menegaskan, “Engkau tidak mempunyai kuasa apa pun terhadap Aku jikalau kuasa
itu tidak diberikan kepadamu dari atas” (Yoh 19:11). Dialah orang benar, hamba
Yahwe, yang diserahkan oleh Allah ke dalam kekuasaan orang jahat. Gagasan ini
berbeda dengan ide dalam bacaan pertama (Keb 2:12.17-20) yang mengungkapkan
prakarsa orang-orang jahat yang ingin menyiksa orang benar untuk menguji
kualitas hidupnya dan membuktikan apakah benar Allah melindungi dan menolongnya,
membebaskannya dari tangan para lawannya. Bagi Yesus penderitaan dan salib
merupakan tugas dari Bapa yang harus dilaksanakan-Nya sebagai jalan untuk
menyelamatkan banyak orang.
03. Namun dalam tradisi eksegese para Bapa Gereja melihat perikop dalam Kitab
Kebijaksanaan itu sebagai nubuat tentang sengsara Kristus karena ada
unsur-unsur yang mirip khususnya dalam Mat 27:43 “Ia menaruh harapan-Nya pada
Allah, baiklah Allah menyelamatkan Dia, jikalau Allah berkenan kepada-Nya!
Karena Ia telah berkata: Aku adalah Anak Allah”. Perikop ini mau mengingatkan
bahwa harga yang harus dibayar untuk sebuah kesetiaan dan ketaatan kepada
kehendak Allah, untuk melakukan yang baik, benar dan jujur itu memang cukup
tinggi. Untuk mewujudkannya kita akan mengalami banyak kesulitan dan tantangan.
Meskipun demikian berbuat jujur, melakukan hal yang baik dan benar itu lebih
menguntungkan, memberikan ketenangan dan kebahagiaan batin daripada bertindak
tidak jujur, mengingkari yang baik, benar dan suci. Ungkapan “wong jujur bakal
ajur”tidak berlaku bagi orang beriman. Justru iri hati, egoisme, hawa nafsu
yang tidak teratur, segala macam perbuatan jahat yang akan menimbulkan
kekacauan (lih. Bacaan II).
04. Nampaknya ambisi untuk dihormati, dihargai, berkuasa, memiliki jabatan atau
posisi penting dalam kehidupan bermasyarakat dan dalam kehidupan religious
merupakan kecenderungan yang dimiliki oleh banyak orang Farisi dan ahli Taurat.
Mereka mencitrakan diri sebagai orang saleh yang “suka berjalan-jalan memakai
jubah panjang dan suka menerima penghormatan di pasar, suka duduk di tempat
terdepan di rumah ibadat dan di tempat terhormat dalam perjamuan” (Mrk
12:38-39), mengumumkan sedekahnya di rumah-rumah ibadat atau di lorong-lorong
jalan (lih. Mat 6:2), berdoa ”dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada
tikungan-tikungan jalan raya” (Mat 6:5). Ambisi seperti itu ternyata juga
dimiliki oleh para murid. 05. Yesus memeluk seorang anak kecil sebagai
ilustrasi untuk ajakan-Nya agar menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan
dari semuanya (ay. 35-36).
Yesus mengambil
anak sebagai ilustrasi bukan karena kelucuannya, senyumannya atau innocence-nya
tetapi karena kerapuhannya, kelemahannya, ketidakberdayaannya serta
ketergantungan total kepada orangtuanya. Kita sering marah dan mengusirnya
karena terlalu ribut sehingga mengganggu ketenangan dan kekhidmatan dalam
Perayaan Ekaristi. Anak kecil kurang dihargai dan diperhitungkan karena
dianggap belum mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang memadai tentang hal
ikhwal kehidupan ini. Dengan demikian anak kecil dipakai sebagai gambaran
orang-orang yang dalam kehidupan sosial diremehkan, tidak dianggap penting.
Tetapi Yesus menempatkannya di tengah-tengah para murid, di tengah-tengah
Gereja (lih. ay. 36). Hal ini mengingatkan kita bahwa yang seharusnya berada di
tengah-tengah Gereja, yang menjadi pusat perhatian dan pelayanan, yang menerima
pelukan penuh kasih adalah yang lemah, miskin, terlantar, tertindas dan tidak
berdaya.
05. Kita menghargai dan menghormati orang karena prestasinya, kekayaannya,
jabatannya dan bukan karena pribadi atau keberadaannya. Yesus mengubah
paradigma itu. Orang menjadi besar karena kehadirannya dibutuhkan, diharapkan.
Kehadirannya diharapkan karena hidupnya mampu memberikan keuntungan, manfaat
dan memberikan sumbangan positif bagi kehidupan sesama. Melayani menjadi sebuah
cara hidup agar kehadiran kita dibutuhkan, bernilai dan bermanfaat bagi orang
lain. Untuk melayani tidak perlu gelar, tidak perlu menguasai banyak ilmu
pengetahuan, tidak dibutuhkan prasyarat usia tertentu. Yang dibutuhkan hanyalah
hati yang ikhlas, penuh kegembiraan, dan jiwa yang dipenuhi kasih, melihat
pribadi dan dunia hanya dari sisinya yang baik. Menjadi pelayan itu sendiri
adalah sebuah kebesaran.
06. Wayne Dyer,
seorang penulis terkenal, mengisahkan pengalamannya yang mengesan dalam bukunya
“You Will See It When You Believe It”: Dalam perjalanan pulang dari sebuah
urusan bisnis, Wayne Dyer menunggu antrian taksi di bandara. Tidak lama
kemudian, sebuah taksi hitam mengkilap muncul dan mendekatinya. Sangsopir pun
keluar dengan berpakaian rapi, tersenyum dan menyapa ramah lalu membukakan
pintu mobil baginya.Sopir itu kemudian memberi sebuah kartu identitas dan
berkata, "Nama saya Wally. Sementara saya memasukkan barang bawaan ke
bagasi, silakan membaca pernyataan misi saya yang tertulis di balik kartu
identitas ini“. Dyer kemudian membaca kartu identitas tersebut dan di
sebaliknya tertulis “Misi Wally: Mengantar pelanggan ke tempat tujuan dengan
cepat, aman, murah dan nyaman.” Wayne Dyer sangat heran, terutama setelah ia
melihat bagian dalam taksi yang sangat bersih dan harum.
Setelah duduk
di belakang kemudi, Wally berkata, “Apakah Anda ingin kopi? Saya punya yang
biasa, tanpa kafein”. Dyer menjawab “Tidak, saya ingin minuman ringan saja.”
Wally berkata, “No problem. Saya punya pendingin dengan Coke biasa dan Diet
Coke, air mineral, serta jus jeruk.” Dengan terkagum-kagum, Wayne Dyer berkata
“Saya mau Diet Coke saja.” Setelah memberikan sebotol Diet Coke, Wally pun
kembali menawarkan, “Jika Anda ingin membaca koran, saya punya The Wall Street
Journal, Time, Sports Illustrated danUSA Today." Ketika taksi mulai
berjalan, Wally kembali menawarkan radio mana yang ingin didengar. Danternyata masih
ada lagi: Wally menanyakan apakah AC nya sudah pas atau belum. Selama
perjalanan, Wayne Dyer pun penasaran. “Apakah kau selalu melayani pelanggan
seperti ini, Wally?” tanya Dyer. “Baru di dua tahun terakhir ini”, jawab Wally
“Sebelumnya, saya banyak mengeluh seperti kebanyakan sopir taksi. Suatu ketika
secara tidak sengaja saya mendengar seorang motivator di sebuah stasiun radio
yang mengatakan bahwaketika Anda bangun dan mengharap hal buruk terjadi, maka
itu hampir pasti terjadi pada hari itu. Maka jangan memulai hari dengan rasa
pesimis, mengeluh atau berpikiran negatif. Berhentilah mengeluh! Jangan menjadi
bebek melainkan jadilah elang. Bebek hanya mengeluh dan tidak punya inisiatif,
hanya mengikuti saja kemana yang lain pergi. Elang dengan gagah perkasa
membubung tinggi di angkasa. Pernyataan itu memukul saya.Rasanya ia sedang
membicarakan saya. Saya kemudian mengubah sikap dan bertekad memilih untuk
menjadi elang. Saya mengamati taksi-taksi lain: mobilnya kotor, sopirnya tidak
ramah, akibatnya pelanggan merasa tidak nyaman. Lalu saya memutuskan untuk
membuat perubahan sedikit demi sedikit. Ketika pelanggan suka, saya
meningkatkannya.”
“Apakah kau
sudah merasakan manfaatnya” tanya Dyer. Dengan tersenyum Wally menjawab,
"Di tahun pertama saya sebagai elang, penghasilan saya naik dua kali
lipat. Tahun ini mungkin menjadi empat kali lipat. Anda beruntung bisa
mendapatkan saya hari ini. Saya tak menunggu di pangkalan lagi. Pelanggan saya
menelpon.Jika saya tak bisa menjemput mereka sendiri, saya meminta bantuan
teman saya.”
Kisah Wally ini
sangat inspiratif. Ia dicari dan dibutuhkan karena melayani dengan ikhlas dan
penuh kegembiraan serta selalu memberi yang terbaik.
Berkah Dalem.
3.Teks Injili
9:30 Yesus dan murid-murid-Nya berangkat dari situ dan melewati Galilea, dan Yesus tidak mau hal itu diketahui orang; 9:31 sebab Ia sedang mengajar murid-murid-Nya. Ia berkata kepada mereka: "Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia, dan mereka akan membunuh Dia, dan tiga hari sesudah Ia dibunuh Ia akan bangkit." 9:32 Mereka tidak mengerti perkataan itu, namun segan menanyakannya kepada-Nya. 9:33 Kemudian tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Kapernaum. Ketika Yesus sudah di rumah, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Apa yang kamu perbincangkan tadi di tengah jalan?" 9:34 Tetapi mereka diam, sebab di tengah jalan tadi mereka mempertengkarkan siapa yang terbesar di antara mereka. 9:35 Lalu Yesus duduk dan memanggil kedua belas murid itu. Kata-Nya kepada mereka: "Jika seseorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya." 9:36 Maka Yesus mengambil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka, kemudian Ia memeluk anak itu dan berkata kepada mereka: 9:37"Barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku. Dan barangsiapa menyambut Aku, bukan Aku yang disambutnya, tetapi Dia yang mengutus Aku."
9:30 Yesus dan murid-murid-Nya berangkat dari situ dan melewati Galilea, dan Yesus tidak mau hal itu diketahui orang; 9:31 sebab Ia sedang mengajar murid-murid-Nya. Ia berkata kepada mereka: "Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia, dan mereka akan membunuh Dia, dan tiga hari sesudah Ia dibunuh Ia akan bangkit." 9:32 Mereka tidak mengerti perkataan itu, namun segan menanyakannya kepada-Nya. 9:33 Kemudian tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Kapernaum. Ketika Yesus sudah di rumah, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Apa yang kamu perbincangkan tadi di tengah jalan?" 9:34 Tetapi mereka diam, sebab di tengah jalan tadi mereka mempertengkarkan siapa yang terbesar di antara mereka. 9:35 Lalu Yesus duduk dan memanggil kedua belas murid itu. Kata-Nya kepada mereka: "Jika seseorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya." 9:36 Maka Yesus mengambil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka, kemudian Ia memeluk anak itu dan berkata kepada mereka: 9:37"Barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku. Dan barangsiapa menyambut Aku, bukan Aku yang disambutnya, tetapi Dia yang mengutus Aku."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar