Ads 468x60px

Dalai Lama dan Thomas Merton: DIA.LO.GUE


HIK: HIDANGAN ISTIMEWA KRISTIANI
HARAPAN IMAN KASIH
Dalai Lama dan Thomas Merton: DIA.LO.GUE
Dalai Lama dan Thomas Merton bertemu pada bulan November 1968 di Dharamsala, India ketika Dalai Lama tinggal di pengasingan. Mereka sendiri memiliki tiga kali pertemuan panjang selama delapan hari Merton tinggal bersama Dalai Lama.
Setelah pertemuan terakhir mereka, Merton menulis: “Itu adalah diskusi hangat dan ramah dan pada akhirnya saya merasa bahwa kita telah menjadi teman yang sangat baik ... Saya merasa sangat menghormati dan menyenanginya sebagai pribadi dan percaya juga bahwa ada ikatan spiritual yang nyata di antara kami.”
Dalam auto-biografinya, Freedom in Exile , Dalai Lama juga menggambarkan kunjungan Merton sebagai salah satu "kenangan paling bahagia saat ini" dan mengatakan bahwa Thomas Mertonlah yang "mengenalkannya kepada makna sebenarnya dari kata 'Kristen'."
Kemudian, dalam sebuah wawancara, ketika ditanya tiga orang paling berpengaruh dalam hidupnya, Dalai Lama menjawab: Guru Dharma, Ketua Mao Tse-tung dan Thomas Merton. Bahkan, berkali-kali selama bertahun-tahun dalam ajaran publiknya, Dalai Lama telah mengangkat Thomas Merton sebagai model dialog antaragama dan perdamaian dunia.
Di Biara Gethsemani pada tahun 1996 Dalai Lama mengatakan: “Saya selalu menganggap diri saya sebagai salah satu saudara Buddhis [Thomas Merton]. Jadi, saya selalu mengingatnya dan sekaligus mengagumi aktivitas dan gaya hidupnya. Sejak pertemuan saya dengannya, saya benar-benar mengikuti beberapa contoh hidup rohaninya, jadi sepanjang sisa hidup saya, dampak pertemuannya akan tetap ada sampai nafas terakhir saya.”
Dalam sebuah acara di New York Times beberapa waktu lalu, Dalai Lama berbicara kembali tentang pertemuannya pada tahun 1968 dengan Thomas Merton dan perlunya agama-agama untuk menyoroti "apa yang menyatukan kita."
Menariknya, Merton sering dikritik oleh beberapa umat Katolik karena tidak "cukup Katolik" menjelang akhir hayatnya (ketika dia melakukan perjalanan menjelajah Asia dalam sebuah perjalanan ke sebuah konferensi antar agama di Thailand, di mana dia secara tidak sengaja tersengat listrik). Merton juga dikritik karena tidak menginginkan untuk kembali ke kehidupan religius setelah perjalanan menjelajah Asia. Kritik ini sendiri muncul saat Merton dimasukkan dalam daftar tokoh Katolik di "Katekismus Katolik Amerika Serikat untuk Orang Dewasa pada tahun 2005".
Kedua kritik ini dijawab oleh jurnalnya yang tebal, tulisannya yang diterbitkan pada saat itu, surat-surat yang dia kirim ke biara selama perjalanannya, serta komentar kuat dari saudara-saudaranya di Biara Gethsemani dan pastinya sebuah komentar dari Dalai Lama, yang meminta agar Merton untuk tetap "sangat setia" kepada agama Kristen:
“Memang, setiap agama memiliki eksklusivitas sebagai bagian dari identitas intinya. Meski begitu, saya yakin ada potensi asli untuk saling mengerti. Sementara melestarikan iman terhadap tradisi seseorang, seseorang dapat menghormati, mengagumi dan menghargai tradisi lainnya."
"Saya mengingat pertemuan awal saya dengan Thomas Merton di India sesaat sebelum kematiannya yang terlalu cepat di tahun 1968. Merton mengatakan kepada saya bahwa dia benar-benar setia kepada agama Kristen, namun sekaligus dapat juga belajar secara mendalam dari agama-agama lain seperti Buddhisme. Hal yang sama juga berlaku bagi saya untuk terdorong mempelajari agama besar dunia lainnya."
"Poin utama dalam diskusi saya dengan Merton adalah bagaimana cinta kasih itu menjadi pesan kunci agama Kristen dan Budha. Dalam bacaan saya tentang Perjanjian Baru, saya menemukan diri saya terilhami oleh kasih sayang Yesus. Keajaiban 5 roti dan 2 ikannya, pelbagai kesembuhan dan aneka ria pengajarannya semua dimotivasi oleh keinginan untuk meringankan penderitaan manusia. Lebih lanjut, saya sangat percaya pada kekuatan kontak pribadi untuk menjembatani perbedaan, jadi saya sudah lama tertarik pada dialog dengan orang-orang dengan pandangan religius lainnya. Fokus pada belas kasihan yang diamati Merton dan saya dalam dua agama kami mengejutkan saya sebagai sebuah benang pemersatu yang kuat di antara semua agama besar.”
Ambil contoh lain, Yudaisme, misalnya. Saya pertama kali mengunjungi sebuah sinagoga di Cochin, India, pada tahun 1965, dan telah bertemu dengan banyak rabi selama bertahun-tahun. Saya ingat dengan jelas rabi di Belanda yang memberi tahu saya tentang Holocaust dengan intensitas sedemikian sehingga kami sama-sama menangis. Dan saya telah belajar bagaimana Talmud dan Alkitab mengulangi tema belas kasih, seperti dalam bagian dalam Imamat yang menasihati, "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."
"Dalam perjumpaan saya dengan para ilmuwan Hindu di India, saya telah melihat betapa sentralitas kasih sayang tanpa pamrih dalam Hinduisme - seperti yang diungkapkan, misalnya, dalam Bhagavad Gita, yang memuji orang-orang yang "senang dengan kesejahteraan semua makhluk". Saya tergerak oleh cara-cara nilai ini diungkapkan dalam kehidupan makhluk agung seperti Mahatma Gandhi, atau Baba Amte yang kurang dikenal, yang mendirikan sebuah koloni penderita kusta tidak jauh dari pemukiman Tibet di Negara Bagian Maharashtra di India. Di sana ia memberi makan dan melindungi orang kusta yang tidak dijauhi. Ketika saya menerima Hadiah Nobel Perdamaian saya, saya memberikan sumbangan ke koloninya."
"Belas kasih sama pentingnya dalam Islam - dan menyadari bahwa hal itu menjadi sangat penting di tahun-tahun sejak 11 September, terutama dalam menjawab mereka yang melukis Islam sebagai sebuah keyakinan militan. Pada peringatan pertama 9/11, saya berbicara di Katedral Nasional di Washington, memohon agar kita tidak membabi buta mengikuti jejak beberapa orang di media berita dan membiarkan tindakan kekerasan beberapa individu mendefinisikan keseluruhan agama."
"Mari saya ceritakan tentang Islam yang saya tahu. Tibet telah memiliki komunitas Islam selama 400 tahun, meskipun kontak terkaya saya dengan Islam telah berada di India, yang memiliki populasi Muslim terbesar kedua di dunia. Seorang imam di Ladakh pernah mengatakan kepada saya bahwa seorang Muslim sejati harus mencintai dan menghormati semua makhluk Allah. "
Dan menurut pemahaman saya, Islam mengabadikan kasih sayang sebagai prinsip spiritual inti, yang tercermin dalam nama Tuhan, "Yang Maha Pengasih dan Penyayang," yang muncul di awal hampir setiap bab Alquran. Menemukan kesamaan di antara agama dapat membantu kita menjembatani kesenjangan yang tidak perlu pada saat tindakan terpadu lebih penting daripada sebelumnya. Sebagai spesies, kita harus merangkul kesatuan manusia saat kita menghadapi isu global seperti pandemi, krisis ekonomi dan bencana ekologis. Pada skala itu, tanggapan kita harus sama seperti satu. Harmoni di antara agama-agama besar telah menjadi unsur penting koeksistensi damai di dunia kita. Dari perspektif ini, saling pengertian di antara tradisi-tradisi ini bukan semata-mata bisnis orang beragama - itu penting untuk kesejahteraan umat manusia secara keseluruhan."
Akhir-akhir ini kita perlu menyoroti apa yang menyatukan kita. Di era di mana orang-orang di seluruh dunia merasa semakin terbelah oleh hal-hal seperti ras dan agama, kita dapat merasakan penghiburan dalam pengetahuan bahwa, baru-baru ini, Paus Fransiskus menilai Thomas Merton bersama Martin Luther King, Jr., Abraham Lincoln, dan Dorothy Day Sebagai orang Amerika yang paling dikagumi. Secara khusus, Paus Fransiskus merujuk pada Merton sebagai "seorang pria yang berdialog, promotor perdamaian antara masyarakat dan agama.
Hal ini terjadi setelah bertahun-tahun segelintir umat Katolik di Amerika Serikat mencoba mengecilkan pentingnya karya Merton sebagai tokoh pemahaman dialog antar agama.
Minat Merton terhadap agama-agama Timur khususnya membawanya ke Asia pada tahun 1968, di mana Merton dan Dalai Lama bertemu untuk diskusi tiga hari tentang agama dan spiritualitas di tanah pengasingan Dalai Lama di Dharamsala, India.
Jika momen itu bermakna bagi Merton , itu juga mungkin yang dirasakan oleh Dalai Lama sendiri yang waktu itu baru berusia 30-an (Merton sudah berusia 50-an tahun).
Dalai Lama merasakan hubungan spiritual dengan Merton dan kadang menggambarkannya hampir seperti ayah atau kakak laki-laki. Dia menggambarkan Merton sebagai yang memiliki dan mengenalkan saya pada arti sebenarnya dari kata 'Kristen'.
Meskipun Merton sendiri secara tragis tersengat listrik dan meninggal pada usia 53 tahun, dampak mendalam dari pertemuan ini terhadap Dalai Lama telah menumbuhkan harapan akan adanya lebih banyak lagi kasih sayang dan pengertian di seluruh agama selama dekade-dekade berikutnya.
Morgan C. Atkinson, seorang produser dan sutradara film dokumenter “The Many Storeys and Last Days of Thomas Merton”, yang menemui Dalai Lama menyatakan bahwa yang Dalai Lama ingin lakukan hanyalah membicarakan Thomas Merton: “Ini tidak terlalu mengejutkan karena kami mewawancarainya sebagai bagian dari sebuah film dokumenter tentang Merton. Meskipun demikian, pertemuan kami dijadwalkan lima menit tapi lima belas menit kemudian Dalai Lama masih berbicara dengan antusias tentang waktunya bersama Merton. Seolah-olah mereka telah berbicara kemarin daripada 45 tahun sebelumnya. Ini jelas merupakan persahabatan yang langgeng, seperti kata Dalai Lama: “Saya sendiri menganggapnya sebagai teman dekat, teman yang paling istimewa, saudara spiritual.”
Indahnya, Paus Fransiskus sendiri menempatkan Merton bersama Abraham Lincoln, Martin Luther King dan Dorothy Day sertamemuji keempatnya sebagai orang Amerika teladan yang paling dia kagumi. Dalam menggambarkan Merton, Paus Francis mengatakan “Dia adalah ... seorang pria dialog, promotor perdamaian antara masyarakat dan agama.”
Menurut Dalai Lama ketika mengenang waktu berjumpa Merton. Dia teringat kesan pertamanya. Dia mengagumi sabuk kulit lebar dan jubah Trappist yang dipakai Merton. Ia juga mengingat sambal tertawa lebar, “kepalanya cukup signifikan, sangat bersinar! Itu kesan yang sangat kuat.” Dalai Lama memang sering tertawa dalam menggambarkan waktu bersama Merton. Dengan nada yang lebih serius, dia mengamati bahwa Merton tampak menjadi seorang praktisi sejati dari iman Kristennya. Ia “membawa pesan Yesus 24 jam.”
Satu hal yang dicatat dan dihargai adalah bahwa Merton membuat “usaha serius untuk belajar dari berbagai tradisi, terutama Buddhisme ... Jadi, kali ini, momen ini sangat penting. Kontak dekat, dan kemudian, sebagai hasil hubungan yang lebih dekat, secara otomatis ada rasa saling menghormati. Seringkali ini digambarkan sebagai jembatan yang sangat, sangat kuat antara biarawan Katolik, tradisi Katolik dan tradisi Buddhis. “
Adapun percakapan dengan Dalai Lama ini dipimpin oleh Paul Pearson, Direktur Eksekutif Thomas Merton Center di Bellarmine University. Dr. Paul Pearson memberikan hadiah kenang-kenangan kepada Dalai Lama. Pada umumnya, Dalai Lama menerima banyak hadiah dalam perjalanannya dan biasanya menyerahkannya kepada seorang ajudan setelah dengan sopan memeriksanya secara singkat.
Tapi, satu hadiah Pearson ini diperlakukan dengan cara yang berbeda. Hadiah yang berupa foto Merton dan Dalai Lama yang diambil pada pertemuan mereka di tahun 1968, diperiksanya dengan seksama dan dipegangnya sendiri. Ya, Merton berada di puncaknya di usia 53, namun hanya beberapa minggu dari kematiannya dan Dalai Lama di usia 33 masih dalam perjalanannya yang luar biasa untuk menyebarkan pesan belas kasih. “Ini terlihat saya adalah anaknya,” kata Dalai Lama dengan sekali lagi tertawa lebar. Kemudian, dengan lebih serius, “Saya pikir memang secara spiritual dia lebih tua, dan saya lebih muda. Jadi secara spiritual saya berpikir seperti ini, ayah memang lebih berpengalaman, maka yang lebih muda, itu adalah anak laki-lakinya.”
Ketika waktu untuk berpamitan, Dalai Lama tampak enggan karena terbersit pikiran lain tentang hubungannya dengan Merton: “Saya selalu merasakan tanggung jawab dari apa yang dia harapkan dari saya sampai kematian juga menjemput saya. Ya, secara logis ada dua orang dengan konsep yang sangat mirip, sekarang seseorang telah berlalu dan hanya seorang lagi yang tersisa yang memiliki tanggung jawab lebih. Anda melihat satu orang melakukan usaha baik, itu bagus! Tapi kalau ada 10 orang yang melakukannya, tentu lebih baik! Jadi sekarang saatnya untuk maju. Lakukan sesuatu bersama yang lainnya.”
“Lakukan sesuatu”!
Sebuah nasihat yang perlu dipikirkan dan dilakukan, bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar