Ads 468x60px

APOPHTHEGMATA PATRUM (1)SABDA PARA BAPA PADANG GURUN) JAN - FEB

HIK. HIDANGAN ISTIMEWA KRISTIANI.
HARAPAN IMAN KASIH.
APOPHTHEGMATA PATRUM (1)
(SABDA PARA BAPA PADANG GURUN)
JAN - FEB
01 JANUARI
Ketika Abas Antonius yang suci hidup di padang guru ia dihinggapi rasa bosan dan diserang oleh banyak pikiran jahat. Ia berkata kepada Allah: “Tuhan, aku ingin selamat tetapi pikiran-pikiran ini tidak mau hilang. Apa yang harus kuperbuat dalam kemalanganku ini? Bagaimana aku dapat diselamatkan?” tidal lama kemudian ketika ia bangun dan keluar, Antonius melihat seseorang seperti dirinya sedang duduk bekerja, lalu bangun dari kerjanya untuk berdoa, kemudian duduk lagi menjalin tali, lalu bangun lagi untuk berdoa. Itulah malaikat Tuhan yang diutus untuk menegur dan meyakinkan dia. Ia mendengar malaikat itu berkata kepadanya: “Lakukanlah ini dan engkau akan selamat”. Akibat perkataan itu, Antonius dipenuhi kegembiraan dan semangat. Ia melakukannya dan selamat.
02 JANUARI
Ketika Abas Antonius memikir-mikirkan rahasia pengadilan Allah, ia bertanya: “Tuhan, bagaimana bisa terjadi, ada beberapa orang yang mati muda, sementara yang lain hidup sampai usia sangat tua? Mengapa ada orang-orang miskin dan orang-orang kaya? Mengapa orang jahat hidupnya makmur dan orang baik hidupnya berkekurangan?” Lalu ia mendengar suatu suara menjawab: “Antonius, perhatikan saja dirimu sendiri. Serahkan hal-hal lainnya pada keputusan Allah. Tak ada gunanya bagimu untuk mengerti semuanya itu.”
03 JANUARI
Seorang bertanya kepada Abas Antonius: “Apa yang harus dilakukan untuk menyenangkan Allah?” Sang penatua menjawab: “Perhatikanlah apa yang ingin kukatakan kepadamu: Siapa pun engkau, hendaknya selalu menempatkan Allah di muka matamu; apa pun saja yang kaulakukan, lakukanlah itu sesuai dengan ajaran Kitab Suci; di mana pun engkau tinggal, jangan meninggalkannya dengan mudah. Peganglah ketiga pedoman ini dan engkau akan selamat.”
04 JANUARI
Abas Antonius berkata kepada Abas Poemen: “Inilah karya agung seseorang: selalu menempat-kan kesalahan atas dosa-dosanya dihadapan Allah dan menantikan pencobaan sampai nafasnya yang terakhir.” Ia juga mengatakan: “Barang siapa tidak mengalami pencobaan tidak dapat masuk kedalam kerajaan Surga.” Ia bahkan menambahkan: “Tanpa pencobaan tidak ada seorang pun dapat selamat.”
05 JANUARI
Abas Pambo bertanya kepada Abas Antonius: “Apa yang harus kulakukan?” Sang penatua menjawab: “jangan percaya pada kesalehanmu sendiri, jangan cemas akan masa lampau, kuasailah lidah dan perutmu!”
06 JANUARI
Abas Antonius berkata: “Aku melihat jerat-jerat musuh sudah disebarkan ke atas dunia dan aku mengeluh: Apa yang dapat melepaskan manusia dari jerat-jerat itu? Kemudian aku mendengar suatu suara berkata: ‘kerendahan hati’.” Ia juga berkata: “Beberapa orang menyesah tubuh mereka dengan mati raga, tetapi mereka tidak mempunyai penegasan roh, karena itu mereka jauh dari Allah.”
07 JANUARI
Abas Antonius berkata: “Hidup dan mati kita ada bersama sesame kita. Kalau kita memenangkan saudara kita, kita sudah memenangkan Allah. Akan tetapi kalau kita membuat batu sandungan bagi saudara kita, kita sudah berdosa melawan Kristus.”
08 JANUARI
Abas Antonius berkata: “Seperti ikan akan mati kalau terlalu lama tinggal di luar air, demikian juga rahib akan kehilangan kedamaian batinnya yang mendalam kalau berkeliaran di luar selnya atau melewatkan waktu mereka dengan orang-orang di dunia. Oleh karena itu seperti ikan harus segerah kembali ke laut, demikian pun kita harus bergegas kembali ke sel kita, karena khawatir kalau kita menunda-nunda tinggal di luar, kita akan kehilangan kewaspadaan batin kita.”
09 JANUARI
Abas Antonius berkata: “Orang yang ingin hidup dalam kesunyian di padang gurun, dibebaskan dari tiga pergulatan batin yaitu yang berkaitan dengan pendengaran, pembicaraan, penglihatan. Hanya ada satu pergulatan yang harus ia hadapi: yang berkaitan dengan dosa percabulan.
10 JANUARI
Seorang pemburu di padang gurun melihat Abas Antonius sedang bersantai dengan para saudara sehingga ia menjadi terkejut. Untuk menunjukkan kepada si pemburu itu bahwa kadang-kadang perlu memenuhi kebutuhan para saudara, sang penetua berkata kepadanya: “Pasanglah sebuah anak panah pada busurmu dan panahlah.” Si pemburu melakukannya. Sang penatua berkata lagi: “Panahlah lagi.” Dan ia melakukannya. Kemudian sang penatua berkata: “Panahlah sekali lagi.” Si pemburu menjawab: “Kalau aku melengkungkan busurku begitu kerap, aku akan membuatnya patah.” Maka sang penatua berkata: “Begitu juga halnya dengan karya Allah. Kalau kita merentangkan saudara-saudara melampaui ukuran; mereka pun akan segera patah. Maka kadang-kadang perlu beristirahat untuk memenuhi kebutuhan mereka.” Ketika mendengar perkataan itu, si pemburu tertusuk oleh perasaan keremukredaman hati dan pergi sesudah memperoleh manfaat rohani yang demikian besar. Sedangkan para saudara pulang ke tempat mereka sambil merasa diteguhkan.
11 JANUARI
Para saudara memuji seorang rahib di hadapan Abas Antonius. Ketika rahib itu datang menemuinya, Antonius ingin mengetahui seberapa jauh ia dapat menanggung penghinaan-penghinaan. Ketika ia melihat bahwa si rahib ternyata tidak dapat menanggungnya sama sekali, Antonius berkata kepadanya: “Engkau seperti sebuah desa yang bagian luarnya dihiasi sangat indah, tetapi bagian dalamnya bobrok oleh perampok-perampok.”
12 JANUARI
Seorang saudara berkata kepada Abas Antonius: “Doakanlah aku.” Sang penatua menjawab: “Aku tidak akan berbelaskasihan kepadamu, juga Allah tidak, jikalau engkau sendiri tidak berusaha dan tidak berdoa kepada Allah.”
13 JANUARI
Pada suatu hari beberapa penatua datang mengunjungi Abas Antonius. Di antara mereka ada Abas Yosep. Karena ingin menguji mereka, Antonius mengutip sebuah teks Kitab Suci dan dengan mulai dari yang termuda ia bertanya apa artinya teks itu. Setiap orang memberikan pandangannya semampu mereka. Tetapi kepada setiap orang, sang penatua berkata: “Engkau tidak memahaminya.” Akhirnya ia bertanya kepada Abas Yosep: “Bagaimana Anda menjelaskan sabda ini?” Ia menjawab: “Saya tidak tahu.” Kemudian Abas Antonius berkata: “Sungguh, Abas Yosep telah menemukan jawabannya, ketika ia mengatakan, ‘Saya tidak tahu’.”
14 JANUARI
Beberapa saudara datang dari Scetis untuk menemui Abas Antonius. Ketika mereka menaiki perahu untuk pergi ke sana, mereka melihat sudah ada seorang rahib yang juga ingin ke sana, tetapi para saudara tidak mengetahuinya. Mereka duduk dalam perahu lalu mulai sibuk membicarakan sabda para Bapa, Kitab Suci dan kerja tangan mereka. Sedangkan rahib itu tetap diam. Ketika mereka tiba di pantai, mereka melihat bahwa rahib itu ternyata ingin pergi ke tempat Abas Antonius juga. Sesuda mereka tiba ditempat, Antonius bertanya kepada mereka: “Apakah kalian mendapatkan rahib ini sebagai teman perjalanan yang baik?” kemudian rahib itu berkata kepada Antonius: “Bapa telah menarik banyak saudara yang baik untuk datang ke tempat Bapa.” Antonius menjawab: “memang tak dapat diragukan bahwa mereka itu baik. Tetapi mereka tidak mempunai pintu untuk rumah mereka, sehingga setiap orang yang mau, dapat masuk begitu saja ke kandang dan melepaskan keledainya.” Yang ia maksudkan ialah bahwa para saudara mengatakan apa saja yang muncul dalam mulut mereka.
15 JANUARI
Para saudara datang kepada Abas Antonius dan berkata: “Katakanlah sepatah kata; bagaimana kami dapat selamat?” Sang penatua menjawab: “Kalian sudah mendengar dari Kitab Suci dan itulah yang seharusnya mengajar kalian bagaimana supaya selamat.” Akan tetapi mereka berkata: “Kami ingin mendengar juga dari Bapa.” Lalu sang penatua berkata: “Injil berkata, kalau seseorang menampar pipimu, berikan juga kepadanya pipi yang lain (Mat 5,39).” Mereka berkata: “kami tidak dapat melakukannya.” Sang penatua berkata lagi: “kalau kalian tidak dapat memberi pipi yang lain, sekurang-kurangnya kalian membiarkan satu pipi ditampar.” “kami tidak dapat melakukan itu juga.” Kata mereka. Maka ia berkata: “kalau kalian tidak dapat melakukan itu juga, jangan membalas kejahatan dengan kejahatan.” Dan mereka berkata: “Itu pun tidak kami lakukan.” Lalu sang penatua berkata kepada muridnya: “Sediakan sedikit masakan jagung untuk orang-orang cacat ini.” “Kalau kalian tidak dapat melakukan ini atau itu, lalu apa yang dapat kulakukan untuk kalian? Yang kalian perlukan ialah doa-doa.”
16 JANUARI
Seorang saudara meninggalkan dunia dan memberikan miliknya kepada orang miskin, akan tetapi ia masih menyimpan sedikit untuk keperluan pribadinya. Ia datang menemui Abas Antonius. Ketika ia menceritakan hal itu kepadanya, sang penatua berkata: “Kalau engkau ingin menjadi rahib, pergilah kedesa, belikan daging, tutupi tubuhmu yang telanjang dengan daging itu dan datanglah kemari seperti itu.” Saudara itu melakukannya dan anjing-anjing serta burung-burung mencabik-cabik tubuhnya. Ketika ia kembali, sang penatua bertanya apakah ia telah melaksanakan anjurannya. Ia memperlihatkan tubuhnya yang luka-luka kepada sang penatua. Lalu santo Antonius berkata: “Mereka yang meninggalkan dunia tetapi masih ingin menyimpan sesuatu untuk dirinya sendiri akan dicabik-cabik dengan cara itu oleh iblis yang berperang melawan mereka.”
17 JANUARI
Pada suatu hari seorang saudara dari biara Abas Elias jatuh dalam godaan. Sesudah diusir dari biara, ia mendaki gunung ke tempat Abas Antonius. Ia tinggal di dekat Antonius untuk sementara waktu. Kemudian Antonius mengirim dia kembali ke biara yang telah mengusirnya. Ketika para sudara melihatnya, mereka mengusir dia lagi dan ia kembali ke Abas Antonius sambil berkata: “Bapaku, mereka tidak bersedia meneriama aku.” Kemusian sang penatua mengirim pesan kepada mereka demikian: “Sebuah perahu mengalami karam di laut dan kehilangan muatannya. Dengan susah paya perahu itu dapat mencapai pantai, tetapi kalian ingin melemparkannya lagi kelaut, padahal perahu itu telah menemukan pelabuhan yang aman di pantai.” Ketika para saudara mengerti bahwa Abas Antoniuslah yang mengirim rahib itu kepada mereka, segera mereka menerimanya.
18 JANUARI
Abas Antonius berkata: “Aku yakin bahwa tubuh memiliki gerakan kodratinya sendiri dan tubuh menyesuaikan diri dengan gerak itu tetapi tidak dapat mengikutinya tanpa persetujuan jiwa. Ini untuk memperlihatkan bahwa dalam tubuh ada gerakan tanpa nafsu. Ada gerakan lain, yang berasal dari makanan, yang membuat tubuh menjadi hangat berkat makan dan minum, yang menyebabkan darah menjadi panas dan merangsang tubuh untuk bergiat. Oleh karena itu sang rasul berkata, ‘Jangan kamu mabuk oleh anggur karena anggur menimbulkan hawa nafsu’ (Ef 5,18). Dan dalam Injil Tuhan juga menasehati hal yang sama kepada para murid-Nya, ‘Jagalah dirimu supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan’ (Luk 21,34). Akan tetapi masih ada lagi gerakan lain yang menimpa mereka yang sedang berjuang dan yang berasal dari tipu muslihat serta iri hati iblis. Jadi engkau harus memahami ketiga gerakan tubuh ini: yang kodrati, yang berasal dari terlalu banyak makan dan yang disebabkan oleh iblis.”
19 JANUARI
Abas Antonius berkata: “Allah tidak memberikan pergulatan dan pencobaan-pencobaan yang sama kepada angkatan ini seperti yang Ia lakukan kepada angkatan yang dulu, karena rahib sekarang menjadi lebih lemah dan tidak dapat menanggung demikian banyak.” Ia berkata lagi: “Akan tiba saatnya ketika manusia menjadi gila, mereka akan menyerangnya sambil berkata, ‘Engkau gila, sebab engkau tidak sama seperti kami’.”
20 JANUARI
Tiga orang Bapa biasa mengunjungi Antonius yang suci setiap tahun. Dua orang dari antara mereka biasa mendiskusikan pikiran-pikiran dan keselamatan jiwa mereka dengan Antonius. Akan tetapi yang ketiga selalu diam dan tidak bertanya apa-apa kepadanya. Sesudah waktu yang cukup lama, Abas Antonius berkata kepadanya: “Engkau kerap datang ke sini untuk mengunjungi aku. Akan tetapi engkau tidak pernah menanyakan apa-apa kepadaku. Ia menjawab: “Bagiku, melihat Bapa sudah cukup.”
21 JANUARI
Mereka mengatakan bahwa seorang penatua memohon kepada Allah supaya ia diperkenankan melihat para Bapa. Dan ia melihat mereka semua kecuali Abas Antonius. Maka ia bertanya kepada pemandunya: “Di mana Abas Antonius? “ Pemandu menjawab: “Di tempat dimana Allah berada, di situlah Antonius berada.”
22 JANUARI
Seorang saudara dalam sebuah biara mendapat tuduhan palsu berzinah. Lalu ia bangkit dan pergi ke Abas Antonius. Para saudara dari biara itu juga datang untuk menuduh dan membawa dia kembali. Mereka mulai membuktikan bahwa ia telah melakukan hal itu. Akan tetapi ia mempertahankan diri dan menyangkal bahwa ia tidak melakukan hal seperti yang di tuduhkan. Abas Paphnutius, yang disebut Cephalus, kebetulan ada disana, dan ia menceritakan kepada mereka perumpamaan ini: “Aku melihat seorang pria di tepi sungai terbenam dalam lumpur sampai kelututnya dan beberapa orang datang, bermaksud untuk membantu dia keluar dari lumpur. Akan tetapi mereka malah mendorong dia masuk lebih dalam lagi ke dalam lumpur sampai kelehernya. “Kemudian Abas Antonius berkata tentang Abas Paphnutius begini: “Inilah pria sejati yang dapat memelihara jiwa-jiwa dan menyelamatkan mereka.” Semua yang hadir tersentuh hatinya oleh kata-kata sang penatua dan mereka meminta maaf kepada saudara tertuduh itu. Demikianlah berkat nasihat para Bapa, mereka membawa saudara itu ke biara.
23 JANUARI
Beberapa orang berkata tentang santo Antonius bahwa ia adalah “pembawa Roh”, artinya, orang yang dikuasai oleh Roh Kudus. Akan tetapi Antonius sendiri tidak pernah mengatakan tentang hal itu kepada orang-orang. Orang-orang demikian, mampu melihat apa yang sedang terjadi di dunia dan juga mengetahui apa yang akan terjadi.
24 JANUARI
Pada suatu hari Abas Antonius menerima sepucuk surat dari Kaisar Konstansius yang meminta ia datang ke konstantinopel. Ia ragu apakah ia harus pergi, maka ia bertanya pada Abas Paulus, muridnya: “Apakah aku harus pergi?” Ia menjawab: “Seandainya Bapa pergi, Bapa akan disebut Antonius. Sedangkan kalau Bapa tinggal di sini, Bapa akan disebut Abas Antonius.”
25 JANUARI
Abas Antonius berkata: “Barang siapa menempa sepotong besi, pertama-tama ia harus memutuskan terlebih dahulu mau membuat apa, sebuah sabit, sebilah pedang atau sebuah kapak. Begitu pun kita harus mengambil keputusan jenis keutamaan mana yang kita ingin tempa. Kalau tidak, kita akan bekerja sia-sia.” Ia juga berkata: “Ketaatan dan bertarak memberi manusia keutamaan untuk melawan binatang-binatang buas.”
26 JANUARI
Abas Antonius berkata: “Sembilan rahib meninggalkan panggilannya sesudah banyak berjerih paya, karena dihantui oleh kesombangan rohani mereka yang menaruh kepercayaannya pada usaha mereka sendiri sehingga mereka jadi terperdaya. Mereka tidak mengindahkan perintah yang mengatakan, ‘Tanyakanlah kepada bapamu dan ia akan memberitahukannya kepadamu’ (Ul 32,7).”
27 JANUARI
Abas Antonius berkata: “Kalau dapat, seorang rahib sebaiknya memberitahukan kepada para penatuanya secara pribadi, berapa bayak langkah yang ia jalani dan berapa bayak tetes air yang ia minum, dalam selnya. Janga sampai ia menjadi sesat dalam hal itu.” Ia juga berkata: “Aku tidak takut lagi akan Allah, akan tetapi aku mengasihi-Nya. Karena kasih meleyapkan ketakutan (1 Yoh 4,18).”
28 JANUARI
Abas Antonius berkata: “Hendaknya engkau selalu menempatkan takut akan Allah di depan matamu. Ingatlah akan Dia yang member kematian dan kehidupan. Bencilah dunia dan semua yang ada di dalamnya. Bencilah semua kedamaian yang berasal dari daging. Sangkallah hidup ini supaya engkau dapat hidup bagi Allah, karena hal itu akan dimintai pertanggungan jawab darimu pada hari pengadilan. Hendaknya engkau rela menderita kelaparan, kehausan, ketelanjangan. Berjaga-jagalah dan berduka-citalah; menangis dan merataplah dalam hatimu; ujilah dirimu untuk melihat apakah engkau pantas bagi Allah; hinalah daging sehingga engkau dapat menyelamatkan jiwamu.”
29 JANUARI
Ketika masih tinggal di istana, Abas Arsenius berdoa kepada Allah dengan kata-kata ini: “Tuhan, bimbinglah aku di jalan keselamatan.” Lalu ada suara berkata: “Arsenius, larilah, tinggalkan orang-orang maka engkau akan selamat.” Sesudah ia mengundurkan diri ke dalam hidup menyendiri, ia membuat doa yang sama lagi dan ia mendengar suara yang mengatakan kepadanya: “Arsenius, larilah, diamlah dan berdoalah selalu. Hal-hal itulah sumber kehidupan tanpa dosa.”
30 JANUARI
Pernah terjadi ketika Abas Arsenius sedang duduk dalam selnya ia diganggu iblis. Pelayan-pelayannya, ketika kembali, berdiri diluar selnya dan mendengar ia berdoa kepada Allah demikian: “Ya Allah, janganlah tinggalkan daku. Aku belum melakukan apapun yang baik dihadapan-Mu, akan tetapi karena kebaikan-Mu, semoga aku sekarang mulai melakukan yang baik.”
31 JANUARI
Seorang berkata kepada Arsenius yang suci: “Bagaimana ini, kita dengan semua pendidikan dan pengetahuan kita yang luas tidak memperoleh apa pun juga, sedangkan rahib-rahib Mesir yang sederhana ini memperoleh begitu banyak keutamaan?” Abas Arsenius menjawab: “Kita memang tidak memperoleh apa pun dari pendidikan duniawi kita, akan tetapi rahib-rahib Mesir yang sederhana ini memperoleh keutamaan-keutamaan berkat kerja keras.”
01 FEBRUARI
Pada suatu hari Abas Arsenius meminta nasihat kepada seorang rahib tua Mesir mengenai pikiran-pikirannya. Seseorang mengetahui hal itu dan berkata kepadanya: “Abas Arsenius, bagaimana bisa terjadi, Bapa yang tahu bahasa Latin dengan baik dan berpendidikan Yunani menanyakan pikiran-pikiran Bapa kepada rahib sederhana itu?” Ia menjawab: “Aku memang belajar Latin dan Yunani, akan tetapi aku tidak tahu apa-apa tentang abjad rahib sederhana itu.”
02 FEBRUARI
Uskup Agung Teofilus yang suci, didampingi seorang hakim, suatu hai menemui Abas Arsenius. Ia bertanya kepada sang penatua untuk mendengarkan sepatah kata dari dia. Sesudah diam sebentar, sang penatua menjawab: “Apakah Anda mau melaksanakan yang akan saya katakana pada Anda?” Mereka berjanji untuk melaksanakannya. “Jikalau Anda mendengar Arsenius ada di suatu tempat, jangan pergi kesana.” Kali lain, sang Uskup Agung, yang bermaksud mengunjunginya, mengutus seseorang untuk mencari tahu apakah sang penatua bersedia menerimanya. Arsenius berkata: “Jikalau Anda datang, aku akan menerima Anda. Akan tetapi kalau aku menerima Anda, berarti aku menerima setiap orang dan itu berarti aku tidak akan tinggal di sini lagi.” Ketika mendengar jawaban itu, sang Uskup Agung berkata: “Kalau aku yang menyebabkan dia pergi karena mengunjunginya, aku tidak akan pernah mengunjunginya lagi.”
03 FEBRUARI
Seorang saudara bertanya kepada Abas Arsenius untuk mendengarkan sepatah kata dari dia. Sang penatua berkata: “Berusahalah dengan sekuat tenagamu untuk menyelaraskan kegiatan batinmu dengan Allah, maka engkau akan dapat mengalahkan nafsu-nafsu lahir.” Ia juga berkata: “Kalau kita mencari Allah, Ia akan memperlihatkan Diri-Nya kepada kita. Dan kalau kita tetap berpegang pada-Nya, Ia akan tetap tinggal dekat pada kita.”
04 FEBRUARI
Seseorang berkata kepada Abas Arsenius: “Pikiran-pikiranku menggelisahkan daku, karena mereka berkata, ‘Engakau tidak dapat berpuasa ataupun bekerja, sekurang-kurangnya pergilah mengunjungi orang sakit, karena hal itu juaga merupakan perbuatan kasih! “ Sang penetua yang mengetahui bahwa itu merupakan saran iblis, berkata kepadanya: “Pulanglah, makanlah, minumlah, tidurlah, tak usah bekerja, hanya saja jangan meninggalkan selmu.” Karena ia tahu bahwa kesetiaan dalam sel menjaga rahib di jalan yang benar. Ia juga mengatakan: “Seorang rahib yang berpergian keluar tidak akan memperoleh apapun. Karena itu ia harus tetap tinggal dalam selnya dengan dalami.”
05 FEBRUARI
Abas Markus berkata kepada Abas Arsenius: “Mengapa Bapa menghindari kami?” Sang penatua menjawab: “Allah tahu bahwa aku mencintaimu. Akan tetapi aku tak dapat hidup bersama Allah sekaligus bersama orang-arang. Beribu-ribu dan sepuluh ribu balatentara surgawi hanya memiliki satu keinginan, sedangkan manusia memiliki banyak keinginan. Karena itu aku tak dapat meninggalkan Allah untuk tinggal bersama orang-orang.”
06 FEBRUARI
Abas Daniel berkata tentang Abas Arsenius bahwa ia biasa melewati seluruh malam tanpa tidur dan pagi-pagi buta ketika tubuhnya memaksa dia untuk tidur, ia akan berkata kepada sang tidur, ‘Datanglah kemari, hai hamba jahat’. Kemudia, sambil tetap duduk, ia akan tidur sebentar sekali dan segera bangun lagi. Ia biasa berkata bahwa tidur satu jam sudah cukup untuk seorang rahib, kalau ia betul-betul seorang pejuang yang baik.
07 FEBRUARI
Seorang penatua biasa menceritakan bagaimana pada suatu hari seseorang membagi-bagikan beberapa buah ara kering di Scetis. Karena buah-buah itu tidak berharga apa-apa, tidak ada seorang pun yang memberikannya kepada Abas Arsenius untuk menjaga jangan sampai menyinggung perasaannya. Ketika mengetahui hal itu, sang penatua tidak datang ke “synaxis” dengan berkata: “Kalian telah mengucilkan daku Karen kalian tidak member aku bagian dari berkat yang telah Allah berikan kepada para saudara dan yang tidak pantas kuterima.” Setiap orang yang mendengar hal itu mendapat manfaat rohani dari kerendahan hati sang penatua. Kemidian seorang imam membawakan sedikit buah ara kering kepadanya dan mengajak dia ke “synaxis” dengan gembira.
08 FEBRUARI
Abas Daniel berkata bahwa beberapa saudara yang bermaksud pergi ke Thebaid untuk membeli beberapa tali rami, berkata ‘Mari kita juga mengambil kesempatan untuk mengunjungi Abas Arsenius’. Maka Abas Alexander memberitauhan sang penatua: “Beberapa saudara yang datang dari Alexandria ingin menemui Bapa”. Sang penatua menjawab: “Tanyakan pada mereka untuk apa mereka datang”. Ketika ia mengetahui bahwa mereka bermaksud pergi ke thebaid untuk membeli rami, ia melaporkan itu kepada sang penatua yang berkata: “Mereka pasti tidak bermaksud menemui Arsenius, karena mereka tidak datang untukku melainkan untuk tugas mereka. Biarkan mereka beristirahat kemudian suruhlah mereka pergi dalam damai dan katakana kepada mereka bahwa sang penatua tidak dapat menerima mereka.”
09 FEBRUARI
Ketika Abas Arsenius tinggal di Canopus, ada seorang gadis yang sangat kaya dan takut akan Allah dari kalangan senat datang dari Roma untuk menemuinya. Ketika Uskup Agung Teofilus bertemu dengannya, gadis itu mohon kepadanya untuk membujuk sang penatua supaya menerima dia. Maka ia pergi dan memohon kepada Arsenius untuk melakukan hal itu dengan kata-kata ini : “Seseorang dari kalangan senat datang dari Roma dan ingin menemui Bapa”. Sang penatua menolak untuk bertemu dengannya. Akan tetapi ketika Uskup Agung itu memberitahukan penolakan itu kepada gadis muda tersebut, segera ia memerintahkan memasang pelana pada seekor binatang beban sambil berkata : “Aku percaya pada Allah bahwa aku dapat menemuinya, karena aku datang bukan untuk menemui seorang peria (ada banyak peria dikota kami), melainkan seorang nabi.” Ketika ia tiba di sel sang penatua, atas izin Allah, ia berada di luar selnya. Ketika melihat dia, si gadis meniarap di muka kakinya. Dengan kasar Arsenius membangunkannya dan berkata sambil menatap dia dengan tajam: “Jikalau engkau harus melihat wajahku ini, lihatlah: “ si gadis menjadi malu dan tidak berani memandang wajahnya. Kemudian sang penatua berkata: “Tidakkah engaku mendengar berita tentang cara hidupku? Itu harus kauhornati. Berani-beraninya engkau mengadakan perjalanan sejauh itu? Apakah engkau tidak sadar bahwa engkau seorang perempuan dan tidak dapat pergi begitu saja kesana-kemari? Ataukah engkau, begitu kembali ke Roma lalu dapat berkata kepada perempuan-perempuan lain: Aku telah melihat Arsenius? Lalu mereka akan mengubah lautan menjadi jalan penuh perempuan untuk datang melihat aku?” Si gadis berkata: “Demi Tuhan, saya tidak akan membiarkan seorang pun datang ke sini. Tetapi doakanlah saya dan ingatlah saya selalu.” Akan tetapi ia menjawab: “Aku mohon kepada Allah untuk menghapus ingatan akan dikau dari dalam hatiku.” Dengan rasa terpukul akibat mendengar kata-kata itu, ia mengundurkan diri. Ketika ia kembali ke kota, dalam kesedihannya ia jatuh sakit demam. Lalu Uskup Agung Teofilus yang suci diberitahu bahwa ia sakit. Sang Uskup datang menjenguknya dan menyuruh dia menceriterakan apa yang telah terjadi. Ia berkata: “Seandainnya saya tidak pergi kesana: ketika saya mohon sang penatua untuk mengingat saya, ia malah berkata: ‘Aku mihon kepada Allah untuk menghapus ingatan akan dikau dari dalam hatiku’. Jadi sekarang saya sangat sedih sekali. Uskup itu berkata: “Apakah engkau tidak sadar bahwa engkau seorang wanita dan bahwa melalui wanitalah si musuh berperang melawan para kudus? Itulah penjelasan dari kata-kata sang penatua. Tetapi demi jiwamu, ia akan mendoakannya terus menerus. “mendengar itu, batin si gadis disembuhkan dan ia pulang ke rumahnya dengan gembira.
10 FEBUARI
Abas Daud menceriterakan hal ini tentang Abas Arsenius. Pada suatu hari seorang notaries datang, sambil membawa surat wasiat dari seorang senator, masih sanak keluarganya yang meninggalkan untuknya sejumlah besar warisan. Arsenius mengambil surat itu dan hampir memusnahkannya. Akan tetapi notaries itu meniarap di muka kakinya sambil berkata: “Saya mohon, jangan memusnahkan itu karena mereka akan memenggal kepala saya.” Abas Arsenius berkata kepadanya: “Tetapi aku telah mati lama sebelum senator itu baru saja mati”, dan ia mengembalikan surat wasiat itu kepadanya tanpa menerima apa-apa.
11 FEBUARI
Abas Daud berkata: “Abas Arsenius menceritakan kepada kami kisah berikut, seakan-akan itu mengenai seorang lain padahal sebetulnya mengenai dirinya sendiri. Seorang penatua sedang duduk di selnya dan ada suara yang mengatakan: ‘mari, aku akan memperlihatkan kepadamu pekerjaan-pekerjaan orang-orang’. Ia bangun dan mengikuti. Suara itu membimbing dia ke suatu tempat dan memperlihatkan kepadanya seorang Etiopia sedang memotong kayu dan menumpuknya sampai tinggi. Ia berusaha untuk membawanya tetapi sia-sia. Anehnya, daripada membawa beberapa potong, ia malah memotong lebih banyak lagi yang ia tambahkan pada tumpukan itu. Ia melakukan hal itu lama sekali. Ketika pergi sedikit lebih jauh, sang penatua melihat seorang peria sedang berdiri ditepi danau sambil mengambil air yang ia tuang ke dalam sebuah wadah yang bocor, sehingga air itu kembali lagi ke danau. Kemudian suara itu berkata lagi kepada sang penatua: “Mari, aku akan menunjukkan kepadamu sesuatu yang lain.” Ia melihat sebuah kuil dan dua orang peria menunggang kuda saling berhadapan sambil membawa sepotong kayu secara melintang. Mereka ingin melewati pintu kuil itu tetapi tidak dapat karena mereka memegang kayu tersebut secara melintang. Tidak ada seorang pun dari mereka yang mau mundur ke be-lakang yang lain supaya dapat membawa kayu itu secara lurus, sehingga mereka tetap tinggal diluar pintu. Suara itu berkata kepada sang penatua: “Orang-orang itu membawa kuk kebenaran dengan sombong dan tidak merendahkan dirinya untuk memperbaiki diri mereka dan berjalan dalam jalan kerendahan hati Kristus. Maka mereka tetap tinggal diluar kerajaan Allah. Pria yang memotong kayu itu adalah orang yang hidup dalam banyak dosa dan daripada bertobat ia malah menambah lebih banyak kesalahan pada dosa-dosanya. Pria yang mengambil air ialah orang yang memang melakukan perbuatan-perbuatan baik, akan tetapi mencampurnya dengan perbuatan-perbuatan buruk, sehingga ia malah mencemarkan perbuatan-perbuatan baiknya. Oleh karenanya, setiap orang harus waspada terhadap perbuatan-perbuatannya, jangan sampai ia bekerja dengan sia-sia.
12 Februari
Pada suatu ketika Abas Arsenius jatuh sakit di Scetis. Seorang imam membawa dia ke gereja dan membaringkannya diatas sebuah tempat tidur dengan sebuah bantal kecil di bawah kepalanya. Lalu datang seorang rahib untuk mengunjunginya dan ketika ia melihat Arsenius berbaring diatas tempat tidur dengan sebuah bantal kecil di bawah kepalanya ia menjadi syok dan berkata: “Apakah ini benar-benar Abas Arsenius, pria yang sedang terbaring seperti ini?” “Aku telah menjalani hidup yang sangat keras”. Lalu imam itu berkata: “Dan bagaimana hidupmu dalam selmu sekarang?” Rahib itu menjawab: “Sekarang aku lebih senang”. Kemudian imam itu berkata kepadanya: “Engkau lihat Abas Arsenius ini? Ketika ia masih di dunia, ia adalah bapa dari kaisar, dikelilingi oleh beribu-ribu budak dengan korset-korset emas, semua memakai borgol leher dari emas dan pakaian-pakaian dari sutra. Di bawah kakinya terhampar permadani-permadani mewah. Ketika engkau di dunia sebagai seorang gembala, engkau tidak menikmati kesenangan-kesenangan yang sekarang kau peroleh, akan tetapi dia tidak lagi menikmati kesenangan hidup yang ia alami sewaktu ia di dunia. Karena itu engkau sekarang malah hidup sengan sedangkan dia hidup menderita”. Berkat kata-kata itu rahib tersebut dipenuhi dengan keremukredaman hati dan meniarap sambil berkata: “Bapa, ampunilah aku, karena aku telah berdosa. Benar jalan yang diikuti oleh pria ini adalah jalan kebenaran, karena jalan itu membimbing kepada kerendahan hati, sedang jalanku mengarah kepada kesenangan.” Demikianlah rahib itu pulang dengan memperoleh manfaat rohani.
13 Februari
Seorang Bapa mengunjungi Abas Arsenius. Ketika ia mengetuk pintu, sang penatua yang membukanya, karena ia mengira itu adalah pelayannya. Akan tetapi ketika ia melihat bahwa itu adalah seorang lain ia berbaring dengan menelungkupkan mukanya ke tanah. Orang itu berkata kepada Arsenius: “Bangunlah Bapa, supaya aku dapat menyalami Bapa.” Akan tetapi sang penatua itu menjawab: “Aku tidak akan bangun sampai engkau pergi”. Dan meskipun ia memohon dengan sangat, Arsenius tidak bangkit sampai orang itu pergi.
14 Februari
Ada seorang saudara yang datang mengunjungi Abas Arsenius di Scetis. Ketika ia tiba di gereja, ia bertanya kepada imam di situ apakah ia dapat mengunjungi Abas Arsenius. Mereka berkata kepadanya: “Saudara, makanlah sedikit kemudian pergilah dan temuilah dia”. “Aku tidak akan makan apa-apa”, katanya, “sampai aku betremu dengannya”. Karena sel Arsenius jauh letaknya, mereka menyuruh seorang saudara menyertai dia. Sesudah mengetuk pintu, mereka masuk, member salam kepada sang penatua dan duduk tanpa mengatakan apa-apa. Kemudian saudara yang dari gereja itu berkata: “Aku akan meninggalkan engkau. Berdoalah bagiku.” Saudara pengunjung itu karena merasa tak senang dengan sang penatua, berkata: “Aku ikut bersamamu”. Lalu mereka pergi bersama-sama. Kemudian saudara pengunjung itu memohon: “Bawa aku ke tempat Abas Musa, yang bekas perampok itu.” Ketika mereka tiba Abas Musa menyambut mereka dengan gembira dan kemudian melepas mereka pulang dengan senang. Saudara yang telah membawa yang lain itu berkata: “Lihat, aku telah membawa engkau ke orang asing itu dan ke orang mesir itu. Mana diantara keduanya yang lebih kau sukai? “Bagiku”, jawabnya, “aku lebih menyukai si orang Mesir itu”. Ada seorang Bapa yang mendengar hal itu lalu berdoa kepada Allah: “Tuhan, jelaskanlah hal ini kepadaku: demi nama-Mu yang satu lari dari orang-orang, dan yang lainnya, demi nama-Mu, menerima mereka dengan tangan terbuka. “Kemudian diperlihatkan kepadanya ada dua sampan besar di sebuah sungai. Dan ia melihat Abas Arsenius dengan Roh Allah sedang berlayar disampan yang satu, dalam kedamaian sempurna. Sedangkan di sampan lainnya ia melihat Abas Musa dengan para malaikat Allah sedang makan kue madu.
15 Februari
Ketika Abas Arsenius hampir meninggal, murid-muridnya menjadi susah. Ia berkata kepada mereka: “Waktunya belum tiba. Kalau waktunya tiba aku akan mengatakannya kepada kalian. Tetapi seandainya kalian memberikan jenasahku kepada siapa pun saja kita akan diadili dihadapan tahta pengadilan yang menggentarkan. “Mereka berkata kepadanya: “Apa yang harus kami perbuat? Kami tidak tahu bagaimana menguburkan seseorang.” Sang penatua berkata kepada mereka: “Apakah kalian tida tahu bagaimana mengikat sebuah tali pada kakiku dan menyeret aku ke atas gunung?” Sang penatua biasa berkata kepada dirinya: “Arsenius, mengapa engkau telah meninggalkan dunia? Aku kerap menyesal karena sudah banyak bicara, tetapi tidak pernah diam”. Ketika saat kematian semakin mendekat, para saudara melihat dia menangis dan mereka berkata kepadanya: “Sesungguhnya, Bapa, apakah Bapa juga takut?” “Memang”, jawabnya, “ketakutanku pada saat ini telah ada padaku sejak aku menjadi rahib”. Sesudah itu ia jatuh tertidur.
16 Februari
Dikatakan tentang Arsenius bahwa ia mempunyai sebuah lekuk di dadanya karena dikikis oleh air mata yang jatuh dari matanya sepanjang hidupnya sementara ia duduk melakukan kerja tangannya. Ketika Abas Poemen mengetahui bahwa ia meninggal, ia berkata sambil menangis: “Sungguh engkau berbahagia, Abas Arsenius, karena engkau menangisi dirimu sendiri di dunia ini; Orang yang tidak menangisi dirinya di dunia sini akan menangis abadi di dunia sana; karena itu tidak mungkin tidak menangis entah dengan sengaja entah karena dipaksa oleh penderitaan.”
17 Februari
Abas Daniel biasa berkata tentang Abas Arsenius demikian: “Ia tidak mau menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan Kitab Suci, meskipun ia sebetulnya dapat melakukannya dengan baik kalau ia mau. Demikian juga ia tidak pernah menulis surat. Kalau kadang-kadang ia datang ke gereja, ia akan duduk di belakang sebuah tiang, sehingga tidak seorang pun yang dapat melihat wajahnya dan ia sendiri tidak akan memperhatikan orang-orang lain. Penampilannya seperti malaikat, seperti kisah Yakub. Tubuhnya halus dan ramping; janggutnya panjang sampai menyentuh pinggangnya. Karena banyak menangis bulu matanya menjadi rontok. Badanya tinggi tetapi menjadi bungkuk karena usia tua. Ia berusia 95 tahun ketika meninggal. Selama 40 tahun ia bekerja di istana Teodosius Agung, ayah dari Arcadius dan Honorius; kemudian ia tinggal di Scetis selama 40 tahun, di Troe di atas Babilon, bersebrangan dengan Memphis, selama 10 tahun dan di Canopus Alexandria selama 3 tahun. Dua tahun terahir ia kembali ke Troe di mana ia meninggal, sesudah menyelesaikan jalan hidupnya dalam damai dan takut akan Allah. Ia seorang yang baik “penuh dengan Roh Kudus dan iman” (Kis 11,24). Ia mewariskan kepada saya jubah kulitnya, kemeja putih dari bulu kasar dan sandal daun palmanya. Meskipun tidak pantas, saya memakainya, supaya mendapat berkatnya.”
18 Februari
Pada suatu hari beberapa rahib mengunjungi Abas Arsenius dan memaksa untuk bertemu dengannya. Ia menerima mereka. Kemudian mereka meminta pendapatnya mengenai rahib-rahib yang tinggal dalam kesunyian tanpa bertemu seorang pun. Sang penatua berkata kepada mereka: “Selama seorang gadis muda tinggal dalam rumah ayahnya, banyak pemuda ingin menikahinya. Tetapi kalau ia telah bersuami, ia tidak dapat lagi menyenangkan setiap orang; beberapa orang menghinanya, yang lain memujinya; ia tidak lagi menikmati kebaikan dan kemanisan masa lalu, ketika ia masih menjalani hidup yang tersembunyi. Demikian halnya dengan jiwa; sejak hari ketika ia tampil di hadapan orang, ia tidak dapat lagi memuaskan setiap orang.”
19 Februari
Abas Petrus, murid Abas Lot, berkata: “Suatu hari ketika aku berada di sel Abas Agaton, seorang saudara masuk dan berkata kepadanya: “Aku ingin hidup bersama para saudara; beritahukanlah kepadaku bagaimana supaya aku dapat tinggal bersama mereka. “Sang penatua menjawab: “Sepanjang hari hidupmu tetaplah menganggap dirimu sebagai seorang asing yang datang pada hari pertama engkau bergabung bersama mereka, supaya engkau tidak menjadi terlalu akrab dengan mereka.” Abas Makarius bertanya: “Apa akibatnya kalau menjadi terlalu akrab?” Sang penatua menjawab: “Itu sama seperti angin yang kuat dan panas, setiap kali ia bertiup segala sesuatu terbang berhamburan dan ia memusnahkan buah-buah dari pohonnya. “Abas Makarius berkata lagi: “Apakah berbicara terlalu bebas sungguh-sungguh seburuk seperti itu semua?” Abas Agaton berkata: “Tidak ada nafsu yang lebih buruk daripada lidah yang tidak terkendali, karena itu adalah ibu dari segala nafsu. Karena itu karyawan yang baik tidak akan menggunakannya, bahkan kalau ia tinggal seorang diri dalam selnya. Aku kenal seorang saudara yang tinggal dalam waktu lama di dalam selnya dengan mengunakan sebuah ranjang kecil. Ia berkata: ‘Aku seharusnya telah meninggalkan selku ini tanpa menggunakan ranjang kecil itu kalau sebelumnya ada orang yang memberitahukan aku bahwa ranjang itu ada disitu.’ Rahib yang bekerja keraslah yang menjadi seorang pejuang sejati.
20 Februari
Abas Agaton berkata: “Dalam segala situasi rahib seharusnya membiarkan suara hatinya menegur dia tentang segala sesuatu”. Ia juga berkata: “Kecuali dengan mentaati perintah-perintah Allah, seorang rahib tidak dapat membuat kemajuan, bahkan dalam sebuah keutamaan pun” . Ia berkata juga: “Aku tidak pernah pergi tidur dengan perasaan susah karena telah melawan seseorang, dan sedapat-dapatnya aku tidak pernah membiarkan seorang pun pergi tidur dengan perasaan susah karena telah melawan daku.”
21 Februari
Dikatakan tentang Abas Agaton bahwa beberapa rahib datang menemuinya karena telah mendengar tentang kemampuannya yang besar dalam hal penegasan roh. Karena ingin melihat apakah ia akan kehilangan kesabarannya, mereka berkata kepadanya: “Bukankah engkau Agaton yang dikatakan sebagai seorang pezinah dan sombong?” “Ya, itu sangat benar,” jawabnya. Mereka melanjutkan: “Bukankah engkau Agaton yang selalu berbicara omong kosong?” “Ya”. Mereka berkata lagi: “Bukankah engkau Agaton si bidaah?” Kali ini ia menjawab: “Aku bukan seorang bidaah.” Mereka lalu bertanya kepadanya: “Beritahukanlah kepada kami mengapa engkau menerima setiap hal yang kami lontarkan kepadamu, tetapi menolak penghinaan yang terakhir.” Ia menjawab: “Tuduhan-tuduhan pertama aku terima karena itu baik bagi jiwaku. Tetapi bidaah berarti terpisah dari Allah. Dan aku tidak ingin dipisahkan dari Allah.” Dengan kata-kata itu mereka menjadi kagum akan kemampuannya mengadakan penegasan roh dan mereka pulang dengan memproleh manfaat rohani.
22 Februari
Dikatakan bahwa Abas Agaton telah menghabiskan banyak waktu untuk membangun sebuah sel dengan para muridnya. Pada akhirnya ketika selesai, mereka tinggal di sana. Ketika dalam minggu pertama ia melihat sesuatu yang nampaknya berbahaya, ia berkata kepada para muridnya: “Bangunlah, mari kita tinggalkan tempat ini”. Tetapi mereka menjadi terkejut dan menjawab: “Kalau Bapa telah memutuskan untuk pindah, mengapa kita telah demikan bersusah payah membangun sel ini? Kita bakan menyebabkan batu sandungan bagi orang-orang, yang akan berkata: “Lihat mereka, pindah lagi; orang-orang yang tidak stabil”. Ia melihat bahwa mereka dikuasai oleh perasaan takut, maka ia berkata kepada mereka: “kalau beberapa orang mendapat batu sangdungan, sebaliknya beberapa orang lainnya justru memperoleh banyak manfaat rohani dan akan berkata: ‘Betapa berbahagianya mereka yang berangkat demi Allah, yang tidak mencemaskan apapun’. Bagaimanapun juga, biarlah yang ingin tetap tinggal, tinggallah, sedangkan aku sendiri, aku mau pergi.” Lalu mereka meniarap di tanah dan mohon kepadanya untuk mengizinkan mereka pergi bersamanya.
23 Februari
Dikatakan bahwa Abas Agaton kerap pergi tanpa membawa apa-apa kecuali pisaunya untuk membuat keranjang anyaman. Ia adalah orang yang bijaksana dalam roh dan giat dalam tubuh. Ia menyediakan sendiri segala sesuatu yang ia perlukan untuk kerja tangan, makanan dan pakaian. Ia berkata: “Aku tidak pernah memberi persembahan ‘agape’; tetapi tindakan memberi dan menerima bagiku sudah merupakan tindakan ‘agape’, karena aku melihat kebaikan saudaraku sebagai persembahan kurban.”

24 Februari
Seorang bertanya kepada Abas Agaton: “Mana yang lebih baik, askesis badan atau berjaga-jaga batin?” Sang penatua menjawab: “Manusia itu seperti sebatang pohon, askesis badan adalah daunnya, berjaga-jaga batin buahnya. Menurut apa yang tertulis, ‘Setiap pohon yang tidak menghasilkan buah baik akan ditebang dan dibuang kedalam api’ {Mat 3,10}
Maka jelas bahwa semua perhatian kita harus diarahkan kepada buahnya, artinya, kepada berjaga batin; akan tetapi hal itu membutuhkan perlindungan dan perhiasan daun-daun, yang adalah askesis badan.”
25 Februari
Para saudara bertanya kepada Abas Agaton: “Di antara semua pekerjaan baik, mana keutamaan yang menuntut paling banyak usaha?” Ia menjawab: “Maafkan daku, tetapi kukira tidak ada jerih payah yang lebih besar daripada berdoa kepada Allah. Karena setiap kali seorang ingin berdoa, para musuhnya, iblis, ingin mencegah dia, sebab mereka tahu bahwa hanya dengan memalingkan dia dari doalah mereka dapat memalingkan perjalanannya. Apapun pekerjaan baik yang di lakukan seseorang, kalau ia bertekun didalamnya, ia akan memperoleh istirahat. Tetapi berdoa merupakan pertempuran sampai nafas yang terakhir.”
26 Februari
Abas Agaton sedang berjalan-jalan bersama para muridnya. Salah seorang dari antara mereka menemukan sebuah kacang hijau di jalan, lalu berkata kepada sang penatua: “Bapa, bolehkah saya mengambilnya?” Sang penatua memandang dia dengan heran dan berkata: “Apakah engkau yang meletakannya disitu?” “Bukan”, jawab saudara itu. “Lalu”, lanjut sang penatua, “bagaimana engkau dapat mengambil sesuatu yang tidak kautaruh sendiri?” Pada waktu lain, ada seorang saudara datang menemui sang penatua dan berkata kepadanya: “Izinkanlah aku tinggal bersama dengan Bapa”. Dalam perjalanan ia telah menemukan sepotong garam di jalan dan membawanya. “Dari mana kau temukan garam itu?” tanya Abas Agaton. Saudara itu menjawab: “Aku menemukannya di jalan ketika aku datang kesini dan aku mengambilnya”. Sang penatua berkata kepadanya: “Kalau engkau ingin tinggal bersamaku, bagaimana engkau dapat mengambil sesuatu yang tidak kau taruh sendiri?” Kemudia ia menyuruhnya meletakkan kembali garam itu ke tempat ia menemukannya.
27 Februari
Di katakan tentang Abas Agaton bahwa selama 3 tahun ia hidup dengan sebuah batu di dalam mulutnya, sampai ia berhasil belajar silensium. Apabila pikirannya mendorong dia untuk mengadili sesuatu yang ia lihat, ia akan mengatakan kepada diri sendiri: “Agaton, bukan urusanmu untuk melakukan itu”. Dengan demikian rohnya selalu sadar, utuh dan hening. Ia berkata juga: “Orang yang marah, bahkan kalau ia dapat membangkitkan orang mati, tidak berkenan kepada Allah”.
28 Februari
Sekali waktu Abas Agaton mempunyai dua orang murid yang masing-masing menjalani hidup sebagai anakorit sesuai dengan kemampuan masing-masing. Pada suatu hari ia bertanya kepada yang satu: “Bagaimana cara hidupmu dalam sel ?” Ia menjawab: “Saya berpuasa sampai sore, kemudian saya makan dua potong biskuit keras.” Ia berkata kepadanya: “Cara hidupmu sudah bagus, tidak dibebani oleh terlalu banyak askesis”. Kemudian ia bertanya kepada yang kedua: “Dan engkau, bagaimana cara hidupmu ?” Ia menjawab: “Saya berpuasa selama dua hari, kemudian saya makan dua potong biskuit keras”. Sang penatua berkata: “Engkau bekerja sangat keras dengan bertahan dalam menghadapi dua pertentangan batin; yang satu, ada orang yang bekerja keras untuk makan setiap hari tanpa rakus; yang lain, ada orang-orang yang ingin berpuasa selama dua hari, lalu sesudahnya menjadi rakus, sedangkan engkau sesudah berpuasa dua hari tidak menjadi rakus”.
29 Februari (untuk tahun kabisat)
Seorang saudara bertanya kepada Abas Agaton mengenai nafsu percabulan. Ia menjawab: “Pergi dan campakkanlah kelemahanmu di hadapan Allah maka engkau akan mendapatkan ketenangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar