HIK. HIDANGAN ISTIMEWA KRISTIANI.
HARAPAN IMAN KASIH.
"POP - "POPE ON PRE EASTER".
Paus Fransiskus meminta umat Katolik – selama Masa Prapaskah – untuk berhati-hati terhadap “penjinak ular,” “tukang obat,” “penipu” yang menawarkan “solusi mudah dan cepat untuk mengatasi penderitaan.”
Pesan Prapaskah tersebut dirilis di Vatikan pada Selasa (6/2). Meskipun demikian, pesan ini bertanggal 1 November 2017 atau Hari Raya Semua Orang Kudus.
Bagi umat Katolik ritus Latin, Masa Prapaskah akan dimulai Rabu (14/2).
Dengan judul “Karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin” (Matius 24:12), pesan Prapaskah Paus Fransiskus menyinggung kotbah Yesus kepada para rasul di Bukit Zaitun dan mengingatkan tentang nabi-nabi palsu serta tipuan, keegoisan, keserakahan dan tidak adanya kasih.
Nabi palsu “bisa muncul sebagai ‘penjinak ular’ yang memanipulasi emosi orang untuk memperbudak orang lain dan membawa mereka ke mana pun mereka pergi,” kata Paus.
“Nabi palsu juga bisa menjadi ‘tukang obat’ yang menawarkan solusi mudah dan cepat untuk mengatasi penderitaan yang tidak lama kemudian hilang manfaatnya,” lanjutnya.
“Para penipu ini – dalam menjajakan segala sesuatu yang sesungguhnya tidak bermilai – merampok semua harta manusia: martabat, kebebasan dan kemampuan untuk mengasihi,” katanya.
Paus Fransiskus juga meminta umat Katolik untuk melihat “apakah kita menjadi mangsa dari kebohongan para nabi palsu ini.”
Ia mengimbau agar umat Katolik melakukan refleksi batin “secara mendalam” dan “bertanya pada diri kita sendiri bagaimana kasih berubah menjadi dingin di dalam diri kita. Apa tanda-tanda yang mengindikasikan kasih kita mulai menjadi dingin?”
Menurut Paus Fransiskus, tanda yang paling nampak dari tidak adanya kasih adalah “keegoisan dan kemalasan spiritual, pesimisme, godaan atas kenikmatan diri sendiri, permusuhan konstan di antara kita, dan mentalitas duniawi yang membuat kita hanya peduli pada apa yang nampak dan akhirnya mengurangi semangat misionaris kita.”
Dari segala sesuatu, katanya, hal yang menghancurkan kasih adalah keserakahan atas uang, “akar dari semua kejahatan” dan sebuah penolakan akan Allah dan akhirnya akan kedamaian.
Hal ini, lanjutnya, “menuntun pada kekerasan terhadap orang lain yang kita anggap sebagai ancaman terhadap ‘pengakuan’ kita atas janin, orang lanjut usia dan orang lemah, pekerja migran, orang asing di antara kita, atau tetangga kita yang tidak memenuhi ekspektasi kita.”
Dalam pesan Prapaskah, Paus Fransiskus juga mengajak “orang-orang di luar Gereja Katolik” dan semua orang yang memiliki itikad baik yang terbuka untuk mendengar suara Allah.
“Mungkin, seperti kita sendiri, kalian terganggu dengan meluasnya kedurhakaan di dunia, kalian prihatin atas hawa dingin yang melumpuhkan hati dan aksi, dan kalian melihat suatu pelemahan dalam diri kita untuk menjadi anggota satu keluarga manusia. Untuk itu, marilah kita bersatu dalam permohonan kita kepada Allah, dalam puasa, dan dalam persembahan apa saja yang kalian bisa persembahkan untuk Saudara-Saudari kita yang membutuhkan!” kata Paus Fransiskus.
Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)
NB:
I.
VERSI BAHASA INGGRIS.
MESSAGE OF HIS HOLINESS POPE FRANCIS
FOR LENT 2018
“Because of the increase of inquity, the love of many will grow cold” (Mt 24:12)
Dear Brothers and Sisters,
Once again, the Pasch of the Lord draws near! In our preparation for Easter, God in his providence offers us each year the season of Lent as a “sacramental sign of our conversion”.[1] Lent summons us, and enables us, to come back to the Lord wholeheartedly and in every aspect of our life.
With this message, I would like again this year to help the entire Church experience this time of grace anew, with joy and in truth. I will take my cue from the words of Jesus in the Gospel of Matthew: “Because of the increase of iniquity, the love of many will grow cold” (24:12).
These words appear in Christ’s preaching about the end of time. They were spoken in Jerusalem, on the Mount of Olives, where the Lord’s passion would begin. In reply to a question of the disciples, Jesus foretells a great tribulation and describes a situation in which the community of believers might well find itself: amid great trials, false prophets would lead people astray and the love that is the core of the Gospel would grow cold in the hearts of many.
A.
False prophets.
Let us listen to the Gospel passage and try to understand the guise such false prophets can assume.
They can appear as “snake charmers”, who manipulate human emotions in order to enslave others and lead them where they would have them go. How many of God’s children are mesmerized by momentary pleasures, mistaking them for true happiness! How many men and women live entranced by the dream of wealth, which only makes them slaves to profit and petty interests! How many go through life believing that they are sufficient unto themselves, and end up entrapped by loneliness!
False prophets can also be “charlatans”, who offer easy and immediate solutions to suffering that soon prove utterly useless. How many young people are taken in by the panacea of drugs, of disposable relationships, of easy but dishonest gains! How many more are ensnared in a thoroughly “virtual” existence, in which relationships appear quick and straightforward, only to prove meaningless! These swindlers, in peddling things that have no real value, rob people of all that is most precious: dignity, freedom and the ability to love. They appeal to our vanity, our trust in appearances, but in the end they only make fools of us. Nor should we be surprised. In order to confound the human heart, the devil, who is “a liar and the father of lies” (Jn 8:44), has always presented evil as good, falsehood as truth. That is why each of us is called to peer into our heart to see if we are falling prey to the lies of these false prophets. We must learn to look closely, beneath the surface, and to recognize what leaves a good and lasting mark on our hearts, because it comes from God and is truly for our benefit.
B.
A cold heart.
In his description of hell, Dante Alighieri pictures the devil seated on a throne of ice,[2] in frozen and loveless isolation. We might well ask ourselves how it happens that charity can turn cold within us. What are the signs that indicate that our love is beginning to cool?
More than anything else, what destroys charity is greed for money, “the root of all evil” (1 Tim 6:10). The rejection of God and his peace soon follows; we prefer our own desolation rather than the comfort found in his word and the sacraments.[3] All this leads to violence against anyone we think is a threat to our own “certainties”: the unborn child, the elderly and infirm, the migrant, the alien among us, or our neighbour who does not live up to our expectations.
Creation itself becomes a silent witness to this cooling of charity. The earth is poisoned by refuse, discarded out of carelessness or for self-interest. The seas, themselves polluted, engulf the remains of countless shipwrecked victims of forced migration. The heavens, which in God’s plan, were created to sing his praises, are rent by engines raining down implements of death.
Love can also grow cold in our own communities. In the Apostolic Exhortation Evangelii Gaudium, I sought to describe the most evident signs of this lack of love: selfishness and spiritual sloth, sterile pessimism, the temptation to self-absorption, constant warring among ourselves, and the worldly mentality that makes us concerned only for appearances, and thus lessens our missionary zeal.[4]
C.
What are we to do?
Perhaps we see, deep within ourselves and all about us, the signs I have just described. But the Church, our Mother and Teacher, along with the often bitter medicine of the truth, offers us in the Lenten season the soothing remedy of prayer, almsgiving and fasting.
By devoting more time to prayer, we enable our hearts to root out our secret lies and forms of self-deception,[5] and then to find the consolation God offers. He is our Father and he wants us to live life well.
Almsgiving sets us free from greed and helps us to regard our neighbour as a brother or sister. What I possess is never mine alone. How I would like almsgiving to become a genuine style of life for each of us! How I would like us, as Christians, to follow the example of the Apostles and see in the sharing of our possessions a tangible witness of the communion that is ours in the Church! For this reason, I echo Saint Paul’s exhortation to the Corinthians to take up a collection for the community of Jerusalem as something from which they themselves would benefit (cf. 2 Cor 8:10). This is all the more fitting during the Lenten season, when many groups take up collections to assist Churches and peoples in need. Yet I would also hope that, even in our daily encounters with those who beg for our assistance, we would see such requests as coming from God himself. When we give alms, we share in God’s providential care for each of his children. If through me God helps someone today, will he not tomorrow provide for my own needs? For no one is more generous than God.[6]
Fasting weakens our tendency to violence; it disarms us and becomes an important opportunity for growth. On the one hand, it allows us to experience what the destitute and the starving have to endure. On the other hand, it expresses our own spiritual hunger and thirst for life in God. Fasting wakes us up. It makes us more attentive to God and our neighbour. It revives our desire to obey God, who alone is capable of satisfying our hunger.
I would also like my invitation to extend beyond the bounds of the Catholic Church, and to reach all of you, men and women of good will, who are open to hearing God’s voice. Perhaps, like ourselves, you are disturbed by the spread of iniquity in the world, you are concerned about the chill that paralyzes hearts and actions, and you see a weakening in our sense of being members of the one human family. Join us, then, in raising our plea to God, in fasting, and in offering whatever you can to our brothers and sisters in need!
D.
The fire of Easter.
Above all, I urge the members of the Church to take up the Lenten journey with enthusiasm, sustained by almsgiving, fasting and prayer. If, at times, the flame of charity seems to die in our own hearts, know that this is never the case in the heart of God! He constantly gives us a chance to begin loving anew.
One such moment of grace will be, again this year, the “24 Hours for the Lord” initiative, which invites the entire Church community to celebrate the sacrament of Reconciliation in the context of Eucharistic adoration. In 2018, inspired by the words of Psalm 130:4, “With you is forgiveness”, this will take place from Friday, 9 March to Saturday, 10 March. In each diocese, at least one church will remain open for twenty-four consecutive hours, offering an opportunity for both Eucharistic adoration and sacramental confession.
During the Easter Vigil, we will celebrate once more the moving rite of the lighting of the Easter candle. Drawn from the “new fire”, this light will slowly overcome the darkness and illuminate the liturgical assembly. “May the light of Christ rising in glory dispel the darkness of our hearts and minds”,[7] and enable all of us to relive the experience of the disciples on the way to Emmaus. By listening to God’s word and drawing nourishment from the table of the Eucharist, may our hearts be ever more ardent in faith, hope and love.
With affection and the promise of my prayers for all of you, I send you my blessing. Please do not forget to pray for me.
From the Vatican, 1 November 2017
Solemnity of All Saints
Francis
-------
[1] Roman Missal, Collect for the First Sunday of Lent (Italian).
[2] Inferno XXXIV, 28-29.
[3]“It is curious, but many times we are afraid of consolation, of being comforted. Or rather, we feel more secure in sorrow and desolation. Do you know why? Because in sorrow we feel almost as protagonists. However, in consolation the Holy Spirit is the protagonist!” (Angelus, 7 December 2014).
[4] Evangelii Gaudium, 76-109.
[5]Cf. BENEDICT XVI, Encyclical Letter Spe Salvi, 33.
[6]Cf. PIUS XII, Encyclical Letter Fidei Donum, III.
[7] Roman Missal (Third Edition), Easter Vigil, Lucernarium.
II.
VERSI BAHASA INDONESIA.
HIK. HIDANGAN ISTIMEWA KRISTIANI.
HARAPAN IMAN KASIH.
PESAN PAUS FRANSISKUS UNTUK MASA PRAPASKAH 2018.
"Karena makin bertambahnya
kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin" (Mat 24:12)
Saudara dan saudari terkasih,
Sekali lagi, Paskah Tuhan mendekat! Dalam persiapan kita untuk Paskah, setiap tahun Allah dengan penyelenggaraan ilahi-Nya
menawarkan kepada kita Masa Prapaskah sebagai "tanda sakramen pertobatan
kita".[1]
Masa Prapaskah memanggil kita, dan memungkinkan kita, untuk kembali kepada
Tuhan dengan sepenuh hati dan dalam setiap segi kehidupan kita.
Dengan pesan ini, tahun ini saya ingin kembali
membantu seluruh Gereja mengalami saat rahmat baru ini, dengan sukacita dan
dalam kebenaran.
Saya akan mengambil isyarat saya dari perkataan Yesus dalam Injil Matius : "Karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih
kebanyakan orang akan menjadi dingin" (24:12).
Perkataan ini muncul dalam khotbah Kristus tentang akhir zaman. Perkataan tersebut diucapkan di Yerusalem, di Bukit Zaitun, tempat
Tuhan akan memulai sengsara-Nya.
Sebagai jawaban atas pertanyaan para murid, Yesus meramalkan sebuah kesusahan besar dan menggambarkan situasi yang di dalamnya komunitas umat beriman dapat dengan baik menemukan dirinya : di tengah-tengah pencobaan-pencobaan besar, nabi-nabi palsu akan menyesatkan umat dan kasih yang merupakan pokok Injil akan menjadi dingin dalam hati kebanyakan orang.
A.
Nabi-nabi Palsu.
Marilah kita mendengarkan perikop Injil dan mencoba memahami penyamaran semacam itu yang bisa diterima oleh nabi-nabi palsu.
Mereka bisa tampil sebagai "para pawang
ular", yang memanipulasi perasaan manusia guna memperbudak orang lain dan membawa mereka ke tempat mereka akan memiliki perasaan tersebut. Berapa banyak anak-anak Allah terpesona oleh kesenangan-kesenangan sesaat, salah mengira mereka benar-benar bahagia! Berapa banyak pria dan wanita hidup terpesona oleh mimpi kekayaan, yang hanya membuat mereka menjadi budak demi keuntungan dan kepentingan-kepentingan murahan! Berapa banyak yang mengarungi kehidupan percaya bahwa mereka mencukupi diri mereka sendiri, dan akhirnya terjebak oleh
kesepian!
Nabi-nabi palsu juga bisa menjadi "para tukang
obat", yang menawarkan jalan keluar mudah dan serta-merta untuk penderitaan yang segera terbukti sama sekali tidak berguna. Berapa banyak orang muda terjerumus dalam penawar segala persoalan dengan memakai narkoba, hubungan sekali pakai, perolehan yang mudah tetapi tidak jujur! Berapa banyak lagi yang
terjerat dalam keberadaan "virtual" yang bukan kepalang, yang di dalamnya hubungan muncul dengan cepat dan mudah, hanya untuk membuktikannya tanpa makna! Para penipu ini, dengan menjajakan barang-barang yang sesungguhnya tidak berharga, merampok orang-orang dari semua hal yang paling berharga : martabat, kebebasan dan kemampuan untuk mengasihi. Mereka menyukai kesombongan kita, keyakinan kita pada penampilan, tetapi pada akhirnya mereka hanya membuat bodoh kita. Kita juga seharusnya tidak perlu heran.
Untuk mengacaukan hati
manusia, iblis, yang adalah "pendusta dan bapa segala dusta" (Yoh 8:44), selalu menunjukkan kejahatan sebagai kebaikan, kepalsuan sebagai kebenaran. Itulah sebabnya kita masing-masing dipanggil untuk menelaah ke dalam hati kita
guna melihat apakah kita sedang menjadi mangsa kebohongan para nabi palsu ini.
Kita harus belajar melihat dari dekat, di bawah permukaan, dan mengenali apa yang meninggalkan jejak yang baik dan kekal dalam hati kita, karena jejak tersebut berasal dari Allah dan benar-benar bermanfaat bagi kita.
B.
Hati yang Dingin.
Dalam uraiannya berkenaan dengan neraka, Dante Alighieri menggambarkan iblis duduk di atas takhta es,[2] dalam keterasingan beku dan tanpa kasih. Kita mungkin bertanya kepada diri kita sendiri bagaimana bisa terjadi cinta kasih berubah menjadi dingin di dalam diri
kita. Apakah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kasih kita sedang mulai
mendingin?
Melebihi apapun juga, apa yang menghancurkan cinta kasih adalah keserakahan akan uang, "akar segala kejahatan" (1 Tim 6:10). Penolakan akan Allah dan damai-Nya segera menyusul; kita lebih memilih kehancuran kita sendiri daripada kenyamanan yang ditemukan dalam sabda dan sakramen-sakramen-Nya. [3].
Semua ini mengarah pada kekerasan terhadap siapapun yang kita anggap sebagai
ancaman bagi "keyakinan-keyakinan" kita sendiri : bayi dalam kandungan, orang yang tua renta, migran, orang asing di antara kita, atau
sesama kita yang tidak memenuhi pengharapan-pengharapan kita.
Ciptaan itu sendiri menjadi saksi bisu dinginnya
cinta kasih ini. Bumi diracuni oleh pengingkaran, tercampakkan akibat kelalaian
atau untuk kepentingan pribadi. Lautan-lautan yang tercemar, menelan korban yang terdampar akibat migrasi paksa yang tak terhitung jumlahnya. Langit, yang dalam rencana Allah diciptakan untuk memuji-Nya, terkoyak oleh mesin-mesin yang menghujani pelaksanaan kematian.
Kasih juga bisa menjadi dingin dalam
komunitas-komunitas kita sendiri. Dalam Seruan Apostolik Evangelii Gaudium, saya berusaha untuk menggambarkan tanda-tanda
paling jelas dari ketiadaan kasih ini : egoisme dan kemalasan rohani, pesimisme yang mandul, godaan untuk menyembunyikan dan memisahkan diri, terus berperang di antara kita, dan mentalitas duniawi yang membuat kita hanya peduli terhadap penampilan, dan dengan demikian mengurangi semangat misioner kita.[4]
C.
Apa yang harus kita lakukan?
Mungkin kita melihat, jauh di dalam diri kita dan semua hal yang berkenaan dengan diri kita, tanda-tanda yang baru saja saya jelaskan.
Tetapi Gereja, Bunda dan Guru kita, bersama dengan obat kebenaran yang seringkali getir,
menawarkan kita dalam Masa Prapaskah penyembuh yang berupa doa, derma dan puasa
yang menyejukkan.
Dengan mencurahkan lebih banyak waktu untuk berdoa, kita memungkinkan hati kita untuk membasmi rahasia kebohongan dan bentuk-bentuk penipuan diri kita,[5] dan kemudian menemukan penghiburan yang ditawarkan Allah. Dialah Bapa kita dan Ia menginginkan kita menjalani kehidupan dengan baik.
Berderma membebaskan kita dari keserakahan dan membantu kita untuk menganggap sesama kita sebagai saudara atau saudari. Apa
yang saya miliki tidak pernah saya miliki sendiri. Betapa saya menginginkan berderma menjadi sebuah gaya hidup sejati bagi kita masing-masing! Betapa saya menginginkan kita, sebagai umat kristiani, mengikuti teladan para Rasul dan dengan berbagi milik kita melihat kesaksian kasat mata dari persekutuan yang kita miliki dalam Gereja!
Karena alasan ini, saya menggemakan seruan Santo Paulus kepada jemaat di Korintus untuk mengumpulkan kolekte bagi jemaat di Yerusalem sebagai sesuatu yang dengannya mereka memperoleh manfaat (bdk. 2 Kor
8:10). Ini semua semakin wajar selama Masa Prapaskah, ketika banyak kelompok
mengumpulkan kolekte untuk membantu Gereja-gereja dan masyarakat-masyarakat
yang membutuhkan.
Tetapi saya juga berharap agar, bahkan dalam perjumpaan-perjumpaan kita sehari-hari dengan orang-orang yang meminta bantuan kita, kita bisa melihat permintaan-permintaan tersebut datang dari Allah sendiri. Ketika kita berderma, kita berbagi dalam kepedulian ilahi Allah untuk setiap anak-anak-Nya. Jika melalui diri saya Allah membantu seseorang hari ini, bukankah Ia besok akan memenuhi kebutuhan-kebutuhan saya sendiri? Karena tak seorang pun yang lebih bermurah hati daripada Allah.[6]
Berpuasa melemahkan kecenderungan kita untuk melakukan kekerasan; berpuasa melucuti diri kita dan menjadi sebuah kesempatan
penting bagi pertumbuhan. Di satu sisi, berpuasa memungkinkan kita untuk mengalami apa yang harus dialami orang miskin dan kelaparan. Di sisi lain, berpuasa mengungkapkan kelaparan dan kehausan rohani kita terhadap kehidupan dalam Allah. Berpuasa membangunkan kita. Berpuasa membuat kita semakin memperhatikan Allah dan sesama kita. Berpuasa membangkitkan kembali keinginan kita untuk taat kepada Allah, satu-satunya yang mampu memuaskan rasa lapar kita.
Saya juga menginginkan pandangan saya melampaui batas-batas Gereja Katolik, dan menjangkau kalian semua, pria dan wanita yang
berkehendak baik, yang terbuka untuk mendengarkan suara Allah.
Mungkin, seperti diri kami, kalian terganggu oleh penyebaran kedurhakaan di dunia ini, kalian khawatir dengan kedinginan yang melumpuhkan hati dan tindakan, serta kalian
melihat melemahnya perasaan kita sebagai anggota keluarga umat manusia yang
satu. Bergabunglah bersama kami, kemudian, dengan memanjatkan permohonan kita
kepada Allah, dengan berpuasa, dan dengan menawarkan apapun yang kalian bisa
kepada saudara dan saudari kita yang membutuhkan!
D.
Api Paskah
Terutama, saya mendesak anggota-anggota Gereja untuk melakukan perjalanan Prapaskah dengan antusias, didukung oleh "pda", puasa doa dan amal. Jika, terkadang, nyala api cinta kasih tampak padam dalam hati kita, ketahuilah bahwa hal ini tidak pernah terjadi dalam hati Allah! Ia terus-menerus memberi kita sebuah kesempatan untuk mulai kembali mengasihi.
Suatu saat rahmat seperti itu adalah, lagi-lagi tahun ini, prakarsa "24 Jam untuk Tuhan", yang mengundang seluruh komunitas Gereja untuk merayakan Sakramen Tobat dalam konteks adorasi Ekaristi.
Pada tahun 2018, diilhami oleh
kata-kata dalam Mazmur 130:4, "Pada-Mu ada pengampunan", ini akan berlangsung dari hari Jumat, 9 Maret sampai Sabtu, 10 Maret 2018. Di setiap keuskupan, setidaknya satu gereja akan tetap terbuka selama 24 jam berturut-turut, menawarkan kesempatan baik untuk adorasi Ekaristi maupun untuk Sakramen Tobat.
Selama Malam Paskah, kita akan merayakan sekali lagi ritus bergerak dari lilin Paskah. Diambil dari "api baru", cahaya ini perlahan-lahan akan mengalahkan kegelapan dan menerangi pertemuan liturgis. "Semoga cahaya
Kristus yang bangkit dalam kemuliaan menghalau kegelapan hati dan pikiran
kita", [7] dan memungkinkan kita semua untuk menghidupkan kembali pengalaman para murid
dalam perjalanan ke Emaus. Dengan mendengarkan sabda Allah dan mendapatkan
santapan dari meja Ekaristi, semoga hati kita sungguh semakin bersemangat dalam harapan iman dan kasih.
Dengan kasih sayang dan janji doa-doa saya untuk kalian semua, saya menyampaikan berkat saya. Tolong jangan lupa untuk mendoakan saya.
Vatikan, 1 November 2017
Hari Raya Semua Orang Kudus
FRANSISKUS
[1]Misa Romawi, Doa Pembuka untuk Hari Minggu I Prapaskah (bahasa Italia).
[2]Inferno XXXIV, 28-29.
[3]"Sukar dipahami, tetapi berkali-kali kita
takut akan penghiburan, takut akan terhibur. Atau malahan, kita merasa lebih terjamin dalam dukacita dan kehancuran. Apakah kalian tahu kenapa? Karena dalam dukacita kita merasa hampir-hampir sebagai pelaku utama. Tetapi, dalam penghiburan Roh Kuduslah pelaku utamanya!" (Doa Malaikat Tuhan, 7 Desember 2014).
[4]Evangelii Gaudium, 76-109.
[5]bdk. Benediktus XVI, Ensiklik Spe
Salvi, 33.
[6]bdk. Pius XII, Ensiklik Fidei Donum, III.
[7]Misa Romawi (Edisi Ketiga), Malam Paskah, Lucernarium.
HARAPAN IMAN KASIH.
"POP - "POPE ON PRE EASTER".
Paus Fransiskus meminta umat Katolik – selama Masa Prapaskah – untuk berhati-hati terhadap “penjinak ular,” “tukang obat,” “penipu” yang menawarkan “solusi mudah dan cepat untuk mengatasi penderitaan.”
Pesan Prapaskah tersebut dirilis di Vatikan pada Selasa (6/2). Meskipun demikian, pesan ini bertanggal 1 November 2017 atau Hari Raya Semua Orang Kudus.
Bagi umat Katolik ritus Latin, Masa Prapaskah akan dimulai Rabu (14/2).
Dengan judul “Karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin” (Matius 24:12), pesan Prapaskah Paus Fransiskus menyinggung kotbah Yesus kepada para rasul di Bukit Zaitun dan mengingatkan tentang nabi-nabi palsu serta tipuan, keegoisan, keserakahan dan tidak adanya kasih.
Nabi palsu “bisa muncul sebagai ‘penjinak ular’ yang memanipulasi emosi orang untuk memperbudak orang lain dan membawa mereka ke mana pun mereka pergi,” kata Paus.
“Nabi palsu juga bisa menjadi ‘tukang obat’ yang menawarkan solusi mudah dan cepat untuk mengatasi penderitaan yang tidak lama kemudian hilang manfaatnya,” lanjutnya.
“Para penipu ini – dalam menjajakan segala sesuatu yang sesungguhnya tidak bermilai – merampok semua harta manusia: martabat, kebebasan dan kemampuan untuk mengasihi,” katanya.
Paus Fransiskus juga meminta umat Katolik untuk melihat “apakah kita menjadi mangsa dari kebohongan para nabi palsu ini.”
Ia mengimbau agar umat Katolik melakukan refleksi batin “secara mendalam” dan “bertanya pada diri kita sendiri bagaimana kasih berubah menjadi dingin di dalam diri kita. Apa tanda-tanda yang mengindikasikan kasih kita mulai menjadi dingin?”
Menurut Paus Fransiskus, tanda yang paling nampak dari tidak adanya kasih adalah “keegoisan dan kemalasan spiritual, pesimisme, godaan atas kenikmatan diri sendiri, permusuhan konstan di antara kita, dan mentalitas duniawi yang membuat kita hanya peduli pada apa yang nampak dan akhirnya mengurangi semangat misionaris kita.”
Dari segala sesuatu, katanya, hal yang menghancurkan kasih adalah keserakahan atas uang, “akar dari semua kejahatan” dan sebuah penolakan akan Allah dan akhirnya akan kedamaian.
Hal ini, lanjutnya, “menuntun pada kekerasan terhadap orang lain yang kita anggap sebagai ancaman terhadap ‘pengakuan’ kita atas janin, orang lanjut usia dan orang lemah, pekerja migran, orang asing di antara kita, atau tetangga kita yang tidak memenuhi ekspektasi kita.”
Dalam pesan Prapaskah, Paus Fransiskus juga mengajak “orang-orang di luar Gereja Katolik” dan semua orang yang memiliki itikad baik yang terbuka untuk mendengar suara Allah.
“Mungkin, seperti kita sendiri, kalian terganggu dengan meluasnya kedurhakaan di dunia, kalian prihatin atas hawa dingin yang melumpuhkan hati dan aksi, dan kalian melihat suatu pelemahan dalam diri kita untuk menjadi anggota satu keluarga manusia. Untuk itu, marilah kita bersatu dalam permohonan kita kepada Allah, dalam puasa, dan dalam persembahan apa saja yang kalian bisa persembahkan untuk Saudara-Saudari kita yang membutuhkan!” kata Paus Fransiskus.
Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)
NB:
I.
VERSI BAHASA INGGRIS.
MESSAGE OF HIS HOLINESS POPE FRANCIS
FOR LENT 2018
“Because of the increase of inquity, the love of many will grow cold” (Mt 24:12)
Dear Brothers and Sisters,
Once again, the Pasch of the Lord draws near! In our preparation for Easter, God in his providence offers us each year the season of Lent as a “sacramental sign of our conversion”.[1] Lent summons us, and enables us, to come back to the Lord wholeheartedly and in every aspect of our life.
With this message, I would like again this year to help the entire Church experience this time of grace anew, with joy and in truth. I will take my cue from the words of Jesus in the Gospel of Matthew: “Because of the increase of iniquity, the love of many will grow cold” (24:12).
These words appear in Christ’s preaching about the end of time. They were spoken in Jerusalem, on the Mount of Olives, where the Lord’s passion would begin. In reply to a question of the disciples, Jesus foretells a great tribulation and describes a situation in which the community of believers might well find itself: amid great trials, false prophets would lead people astray and the love that is the core of the Gospel would grow cold in the hearts of many.
A.
False prophets.
Let us listen to the Gospel passage and try to understand the guise such false prophets can assume.
They can appear as “snake charmers”, who manipulate human emotions in order to enslave others and lead them where they would have them go. How many of God’s children are mesmerized by momentary pleasures, mistaking them for true happiness! How many men and women live entranced by the dream of wealth, which only makes them slaves to profit and petty interests! How many go through life believing that they are sufficient unto themselves, and end up entrapped by loneliness!
False prophets can also be “charlatans”, who offer easy and immediate solutions to suffering that soon prove utterly useless. How many young people are taken in by the panacea of drugs, of disposable relationships, of easy but dishonest gains! How many more are ensnared in a thoroughly “virtual” existence, in which relationships appear quick and straightforward, only to prove meaningless! These swindlers, in peddling things that have no real value, rob people of all that is most precious: dignity, freedom and the ability to love. They appeal to our vanity, our trust in appearances, but in the end they only make fools of us. Nor should we be surprised. In order to confound the human heart, the devil, who is “a liar and the father of lies” (Jn 8:44), has always presented evil as good, falsehood as truth. That is why each of us is called to peer into our heart to see if we are falling prey to the lies of these false prophets. We must learn to look closely, beneath the surface, and to recognize what leaves a good and lasting mark on our hearts, because it comes from God and is truly for our benefit.
B.
A cold heart.
In his description of hell, Dante Alighieri pictures the devil seated on a throne of ice,[2] in frozen and loveless isolation. We might well ask ourselves how it happens that charity can turn cold within us. What are the signs that indicate that our love is beginning to cool?
More than anything else, what destroys charity is greed for money, “the root of all evil” (1 Tim 6:10). The rejection of God and his peace soon follows; we prefer our own desolation rather than the comfort found in his word and the sacraments.[3] All this leads to violence against anyone we think is a threat to our own “certainties”: the unborn child, the elderly and infirm, the migrant, the alien among us, or our neighbour who does not live up to our expectations.
Creation itself becomes a silent witness to this cooling of charity. The earth is poisoned by refuse, discarded out of carelessness or for self-interest. The seas, themselves polluted, engulf the remains of countless shipwrecked victims of forced migration. The heavens, which in God’s plan, were created to sing his praises, are rent by engines raining down implements of death.
Love can also grow cold in our own communities. In the Apostolic Exhortation Evangelii Gaudium, I sought to describe the most evident signs of this lack of love: selfishness and spiritual sloth, sterile pessimism, the temptation to self-absorption, constant warring among ourselves, and the worldly mentality that makes us concerned only for appearances, and thus lessens our missionary zeal.[4]
C.
What are we to do?
Perhaps we see, deep within ourselves and all about us, the signs I have just described. But the Church, our Mother and Teacher, along with the often bitter medicine of the truth, offers us in the Lenten season the soothing remedy of prayer, almsgiving and fasting.
By devoting more time to prayer, we enable our hearts to root out our secret lies and forms of self-deception,[5] and then to find the consolation God offers. He is our Father and he wants us to live life well.
Almsgiving sets us free from greed and helps us to regard our neighbour as a brother or sister. What I possess is never mine alone. How I would like almsgiving to become a genuine style of life for each of us! How I would like us, as Christians, to follow the example of the Apostles and see in the sharing of our possessions a tangible witness of the communion that is ours in the Church! For this reason, I echo Saint Paul’s exhortation to the Corinthians to take up a collection for the community of Jerusalem as something from which they themselves would benefit (cf. 2 Cor 8:10). This is all the more fitting during the Lenten season, when many groups take up collections to assist Churches and peoples in need. Yet I would also hope that, even in our daily encounters with those who beg for our assistance, we would see such requests as coming from God himself. When we give alms, we share in God’s providential care for each of his children. If through me God helps someone today, will he not tomorrow provide for my own needs? For no one is more generous than God.[6]
Fasting weakens our tendency to violence; it disarms us and becomes an important opportunity for growth. On the one hand, it allows us to experience what the destitute and the starving have to endure. On the other hand, it expresses our own spiritual hunger and thirst for life in God. Fasting wakes us up. It makes us more attentive to God and our neighbour. It revives our desire to obey God, who alone is capable of satisfying our hunger.
I would also like my invitation to extend beyond the bounds of the Catholic Church, and to reach all of you, men and women of good will, who are open to hearing God’s voice. Perhaps, like ourselves, you are disturbed by the spread of iniquity in the world, you are concerned about the chill that paralyzes hearts and actions, and you see a weakening in our sense of being members of the one human family. Join us, then, in raising our plea to God, in fasting, and in offering whatever you can to our brothers and sisters in need!
D.
The fire of Easter.
Above all, I urge the members of the Church to take up the Lenten journey with enthusiasm, sustained by almsgiving, fasting and prayer. If, at times, the flame of charity seems to die in our own hearts, know that this is never the case in the heart of God! He constantly gives us a chance to begin loving anew.
One such moment of grace will be, again this year, the “24 Hours for the Lord” initiative, which invites the entire Church community to celebrate the sacrament of Reconciliation in the context of Eucharistic adoration. In 2018, inspired by the words of Psalm 130:4, “With you is forgiveness”, this will take place from Friday, 9 March to Saturday, 10 March. In each diocese, at least one church will remain open for twenty-four consecutive hours, offering an opportunity for both Eucharistic adoration and sacramental confession.
During the Easter Vigil, we will celebrate once more the moving rite of the lighting of the Easter candle. Drawn from the “new fire”, this light will slowly overcome the darkness and illuminate the liturgical assembly. “May the light of Christ rising in glory dispel the darkness of our hearts and minds”,[7] and enable all of us to relive the experience of the disciples on the way to Emmaus. By listening to God’s word and drawing nourishment from the table of the Eucharist, may our hearts be ever more ardent in faith, hope and love.
With affection and the promise of my prayers for all of you, I send you my blessing. Please do not forget to pray for me.
From the Vatican, 1 November 2017
Solemnity of All Saints
Francis
-------
[1] Roman Missal, Collect for the First Sunday of Lent (Italian).
[2] Inferno XXXIV, 28-29.
[3]“It is curious, but many times we are afraid of consolation, of being comforted. Or rather, we feel more secure in sorrow and desolation. Do you know why? Because in sorrow we feel almost as protagonists. However, in consolation the Holy Spirit is the protagonist!” (Angelus, 7 December 2014).
[4] Evangelii Gaudium, 76-109.
[5]Cf. BENEDICT XVI, Encyclical Letter Spe Salvi, 33.
[6]Cf. PIUS XII, Encyclical Letter Fidei Donum, III.
[7] Roman Missal (Third Edition), Easter Vigil, Lucernarium.
II.
VERSI BAHASA INDONESIA.
HIK. HIDANGAN ISTIMEWA KRISTIANI.
HARAPAN IMAN KASIH.
PESAN PAUS FRANSISKUS UNTUK MASA PRAPASKAH 2018.
"Karena makin bertambahnya
kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin" (Mat 24:12)
Saudara dan saudari terkasih,
Sekali lagi, Paskah Tuhan mendekat! Dalam persiapan kita untuk Paskah, setiap tahun Allah dengan penyelenggaraan ilahi-Nya
menawarkan kepada kita Masa Prapaskah sebagai "tanda sakramen pertobatan
kita".[1]
Masa Prapaskah memanggil kita, dan memungkinkan kita, untuk kembali kepada
Tuhan dengan sepenuh hati dan dalam setiap segi kehidupan kita.
Dengan pesan ini, tahun ini saya ingin kembali
membantu seluruh Gereja mengalami saat rahmat baru ini, dengan sukacita dan
dalam kebenaran.
Saya akan mengambil isyarat saya dari perkataan Yesus dalam Injil Matius : "Karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih
kebanyakan orang akan menjadi dingin" (24:12).
Perkataan ini muncul dalam khotbah Kristus tentang akhir zaman. Perkataan tersebut diucapkan di Yerusalem, di Bukit Zaitun, tempat
Tuhan akan memulai sengsara-Nya.
Sebagai jawaban atas pertanyaan para murid, Yesus meramalkan sebuah kesusahan besar dan menggambarkan situasi yang di dalamnya komunitas umat beriman dapat dengan baik menemukan dirinya : di tengah-tengah pencobaan-pencobaan besar, nabi-nabi palsu akan menyesatkan umat dan kasih yang merupakan pokok Injil akan menjadi dingin dalam hati kebanyakan orang.
A.
Nabi-nabi Palsu.
Marilah kita mendengarkan perikop Injil dan mencoba memahami penyamaran semacam itu yang bisa diterima oleh nabi-nabi palsu.
Mereka bisa tampil sebagai "para pawang
ular", yang memanipulasi perasaan manusia guna memperbudak orang lain dan membawa mereka ke tempat mereka akan memiliki perasaan tersebut. Berapa banyak anak-anak Allah terpesona oleh kesenangan-kesenangan sesaat, salah mengira mereka benar-benar bahagia! Berapa banyak pria dan wanita hidup terpesona oleh mimpi kekayaan, yang hanya membuat mereka menjadi budak demi keuntungan dan kepentingan-kepentingan murahan! Berapa banyak yang mengarungi kehidupan percaya bahwa mereka mencukupi diri mereka sendiri, dan akhirnya terjebak oleh
kesepian!
Nabi-nabi palsu juga bisa menjadi "para tukang
obat", yang menawarkan jalan keluar mudah dan serta-merta untuk penderitaan yang segera terbukti sama sekali tidak berguna. Berapa banyak orang muda terjerumus dalam penawar segala persoalan dengan memakai narkoba, hubungan sekali pakai, perolehan yang mudah tetapi tidak jujur! Berapa banyak lagi yang
terjerat dalam keberadaan "virtual" yang bukan kepalang, yang di dalamnya hubungan muncul dengan cepat dan mudah, hanya untuk membuktikannya tanpa makna! Para penipu ini, dengan menjajakan barang-barang yang sesungguhnya tidak berharga, merampok orang-orang dari semua hal yang paling berharga : martabat, kebebasan dan kemampuan untuk mengasihi. Mereka menyukai kesombongan kita, keyakinan kita pada penampilan, tetapi pada akhirnya mereka hanya membuat bodoh kita. Kita juga seharusnya tidak perlu heran.
Untuk mengacaukan hati
manusia, iblis, yang adalah "pendusta dan bapa segala dusta" (Yoh 8:44), selalu menunjukkan kejahatan sebagai kebaikan, kepalsuan sebagai kebenaran. Itulah sebabnya kita masing-masing dipanggil untuk menelaah ke dalam hati kita
guna melihat apakah kita sedang menjadi mangsa kebohongan para nabi palsu ini.
Kita harus belajar melihat dari dekat, di bawah permukaan, dan mengenali apa yang meninggalkan jejak yang baik dan kekal dalam hati kita, karena jejak tersebut berasal dari Allah dan benar-benar bermanfaat bagi kita.
B.
Hati yang Dingin.
Dalam uraiannya berkenaan dengan neraka, Dante Alighieri menggambarkan iblis duduk di atas takhta es,[2] dalam keterasingan beku dan tanpa kasih. Kita mungkin bertanya kepada diri kita sendiri bagaimana bisa terjadi cinta kasih berubah menjadi dingin di dalam diri
kita. Apakah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kasih kita sedang mulai
mendingin?
Melebihi apapun juga, apa yang menghancurkan cinta kasih adalah keserakahan akan uang, "akar segala kejahatan" (1 Tim 6:10). Penolakan akan Allah dan damai-Nya segera menyusul; kita lebih memilih kehancuran kita sendiri daripada kenyamanan yang ditemukan dalam sabda dan sakramen-sakramen-Nya. [3].
Semua ini mengarah pada kekerasan terhadap siapapun yang kita anggap sebagai
ancaman bagi "keyakinan-keyakinan" kita sendiri : bayi dalam kandungan, orang yang tua renta, migran, orang asing di antara kita, atau
sesama kita yang tidak memenuhi pengharapan-pengharapan kita.
Ciptaan itu sendiri menjadi saksi bisu dinginnya
cinta kasih ini. Bumi diracuni oleh pengingkaran, tercampakkan akibat kelalaian
atau untuk kepentingan pribadi. Lautan-lautan yang tercemar, menelan korban yang terdampar akibat migrasi paksa yang tak terhitung jumlahnya. Langit, yang dalam rencana Allah diciptakan untuk memuji-Nya, terkoyak oleh mesin-mesin yang menghujani pelaksanaan kematian.
Kasih juga bisa menjadi dingin dalam
komunitas-komunitas kita sendiri. Dalam Seruan Apostolik Evangelii Gaudium, saya berusaha untuk menggambarkan tanda-tanda
paling jelas dari ketiadaan kasih ini : egoisme dan kemalasan rohani, pesimisme yang mandul, godaan untuk menyembunyikan dan memisahkan diri, terus berperang di antara kita, dan mentalitas duniawi yang membuat kita hanya peduli terhadap penampilan, dan dengan demikian mengurangi semangat misioner kita.[4]
C.
Apa yang harus kita lakukan?
Mungkin kita melihat, jauh di dalam diri kita dan semua hal yang berkenaan dengan diri kita, tanda-tanda yang baru saja saya jelaskan.
Tetapi Gereja, Bunda dan Guru kita, bersama dengan obat kebenaran yang seringkali getir,
menawarkan kita dalam Masa Prapaskah penyembuh yang berupa doa, derma dan puasa
yang menyejukkan.
Dengan mencurahkan lebih banyak waktu untuk berdoa, kita memungkinkan hati kita untuk membasmi rahasia kebohongan dan bentuk-bentuk penipuan diri kita,[5] dan kemudian menemukan penghiburan yang ditawarkan Allah. Dialah Bapa kita dan Ia menginginkan kita menjalani kehidupan dengan baik.
Berderma membebaskan kita dari keserakahan dan membantu kita untuk menganggap sesama kita sebagai saudara atau saudari. Apa
yang saya miliki tidak pernah saya miliki sendiri. Betapa saya menginginkan berderma menjadi sebuah gaya hidup sejati bagi kita masing-masing! Betapa saya menginginkan kita, sebagai umat kristiani, mengikuti teladan para Rasul dan dengan berbagi milik kita melihat kesaksian kasat mata dari persekutuan yang kita miliki dalam Gereja!
Karena alasan ini, saya menggemakan seruan Santo Paulus kepada jemaat di Korintus untuk mengumpulkan kolekte bagi jemaat di Yerusalem sebagai sesuatu yang dengannya mereka memperoleh manfaat (bdk. 2 Kor
8:10). Ini semua semakin wajar selama Masa Prapaskah, ketika banyak kelompok
mengumpulkan kolekte untuk membantu Gereja-gereja dan masyarakat-masyarakat
yang membutuhkan.
Tetapi saya juga berharap agar, bahkan dalam perjumpaan-perjumpaan kita sehari-hari dengan orang-orang yang meminta bantuan kita, kita bisa melihat permintaan-permintaan tersebut datang dari Allah sendiri. Ketika kita berderma, kita berbagi dalam kepedulian ilahi Allah untuk setiap anak-anak-Nya. Jika melalui diri saya Allah membantu seseorang hari ini, bukankah Ia besok akan memenuhi kebutuhan-kebutuhan saya sendiri? Karena tak seorang pun yang lebih bermurah hati daripada Allah.[6]
Berpuasa melemahkan kecenderungan kita untuk melakukan kekerasan; berpuasa melucuti diri kita dan menjadi sebuah kesempatan
penting bagi pertumbuhan. Di satu sisi, berpuasa memungkinkan kita untuk mengalami apa yang harus dialami orang miskin dan kelaparan. Di sisi lain, berpuasa mengungkapkan kelaparan dan kehausan rohani kita terhadap kehidupan dalam Allah. Berpuasa membangunkan kita. Berpuasa membuat kita semakin memperhatikan Allah dan sesama kita. Berpuasa membangkitkan kembali keinginan kita untuk taat kepada Allah, satu-satunya yang mampu memuaskan rasa lapar kita.
Saya juga menginginkan pandangan saya melampaui batas-batas Gereja Katolik, dan menjangkau kalian semua, pria dan wanita yang
berkehendak baik, yang terbuka untuk mendengarkan suara Allah.
Mungkin, seperti diri kami, kalian terganggu oleh penyebaran kedurhakaan di dunia ini, kalian khawatir dengan kedinginan yang melumpuhkan hati dan tindakan, serta kalian
melihat melemahnya perasaan kita sebagai anggota keluarga umat manusia yang
satu. Bergabunglah bersama kami, kemudian, dengan memanjatkan permohonan kita
kepada Allah, dengan berpuasa, dan dengan menawarkan apapun yang kalian bisa
kepada saudara dan saudari kita yang membutuhkan!
D.
Api Paskah
Terutama, saya mendesak anggota-anggota Gereja untuk melakukan perjalanan Prapaskah dengan antusias, didukung oleh "pda", puasa doa dan amal. Jika, terkadang, nyala api cinta kasih tampak padam dalam hati kita, ketahuilah bahwa hal ini tidak pernah terjadi dalam hati Allah! Ia terus-menerus memberi kita sebuah kesempatan untuk mulai kembali mengasihi.
Suatu saat rahmat seperti itu adalah, lagi-lagi tahun ini, prakarsa "24 Jam untuk Tuhan", yang mengundang seluruh komunitas Gereja untuk merayakan Sakramen Tobat dalam konteks adorasi Ekaristi.
Pada tahun 2018, diilhami oleh
kata-kata dalam Mazmur 130:4, "Pada-Mu ada pengampunan", ini akan berlangsung dari hari Jumat, 9 Maret sampai Sabtu, 10 Maret 2018. Di setiap keuskupan, setidaknya satu gereja akan tetap terbuka selama 24 jam berturut-turut, menawarkan kesempatan baik untuk adorasi Ekaristi maupun untuk Sakramen Tobat.
Selama Malam Paskah, kita akan merayakan sekali lagi ritus bergerak dari lilin Paskah. Diambil dari "api baru", cahaya ini perlahan-lahan akan mengalahkan kegelapan dan menerangi pertemuan liturgis. "Semoga cahaya
Kristus yang bangkit dalam kemuliaan menghalau kegelapan hati dan pikiran
kita", [7] dan memungkinkan kita semua untuk menghidupkan kembali pengalaman para murid
dalam perjalanan ke Emaus. Dengan mendengarkan sabda Allah dan mendapatkan
santapan dari meja Ekaristi, semoga hati kita sungguh semakin bersemangat dalam harapan iman dan kasih.
Dengan kasih sayang dan janji doa-doa saya untuk kalian semua, saya menyampaikan berkat saya. Tolong jangan lupa untuk mendoakan saya.
Vatikan, 1 November 2017
Hari Raya Semua Orang Kudus
FRANSISKUS
[1]Misa Romawi, Doa Pembuka untuk Hari Minggu I Prapaskah (bahasa Italia).
[2]Inferno XXXIV, 28-29.
[3]"Sukar dipahami, tetapi berkali-kali kita
takut akan penghiburan, takut akan terhibur. Atau malahan, kita merasa lebih terjamin dalam dukacita dan kehancuran. Apakah kalian tahu kenapa? Karena dalam dukacita kita merasa hampir-hampir sebagai pelaku utama. Tetapi, dalam penghiburan Roh Kuduslah pelaku utamanya!" (Doa Malaikat Tuhan, 7 Desember 2014).
[4]Evangelii Gaudium, 76-109.
[5]bdk. Benediktus XVI, Ensiklik Spe
Salvi, 33.
[6]bdk. Pius XII, Ensiklik Fidei Donum, III.
[7]Misa Romawi (Edisi Ketiga), Malam Paskah, Lucernarium.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar