HIK. HIDANGAN ISTIMEWA KRISTIANI.
HARAPAN IMAN KASIH.
HARAPAN IMAN KASIH.
Rabu, 23 Januari 2019
Hari Biasa Pekan II
Ibrani (7:1-3.15-17)
(Mzm 110:1.2.3.4)
Markus (3:1-6)
Hari Biasa Pekan II
Ibrani (7:1-3.15-17)
(Mzm 110:1.2.3.4)
Markus (3:1-6)
"Salus animarum - Keselamatan jiwa-jiwa".
Itulah hukum terutama yang ditekankan Yesus yang juga saya tulis dalam buku "HERSTORY" (RJK, Kanisius).
Ia sebagai yang "benar-benar Tuhan dan humanis" mencela orang-orang Farisi yang "sok menjadi tuhan dan legalis", yang demi hukum Sabat tidak membolehkan kita berbuat baik.
Tampak, ketika hukum dijadikan alat kekuasaan dan kepentingan gol. Maka manusia tidak lagi menjadi tuan atas kemanusiaanya, sehingga iman dan kehidupan yang seharusnya beradab menjadi biadab, apa yang seharusnya mendalam menjadi mendangkal/banal. Dkl: kita alami apa yang saya sebut: "dehumanisasi" dan "banalisasi".
Adapun 3 macam dimensi yang saya angkat, al:
1.Pengetahuan iman:
Orang Farisi yang dikenal ahli agama dan tahu banyak kitab suci ternyata munafik dan punya banyak intrik. Mereka suka "otak-atik", menggunakan hukum sebagai "mainan": kadang sebagai senjata menyerang "musuh" tapi juga kerap sebagai "alat" pembenaran diri. Istilah saya: "mentalitas blangkon: bisa kotbah, 'ngga bisa nglakoni".
Orang Farisi yang dikenal ahli agama dan tahu banyak kitab suci ternyata munafik dan punya banyak intrik. Mereka suka "otak-atik", menggunakan hukum sebagai "mainan": kadang sebagai senjata menyerang "musuh" tapi juga kerap sebagai "alat" pembenaran diri. Istilah saya: "mentalitas blangkon: bisa kotbah, 'ngga bisa nglakoni".
2.Perayaan iman:
Orang Farisi yang dikenal sebagai penjaga hukum Taurat dan selalu merayakan aneka ibadah suci ternyata suka berkonflik dan banyak taktik. Karena merasa "dikritisi" oleh Yesus, mereka malah berencana untuk membunuhNya.
Orang Farisi yang dikenal sebagai penjaga hukum Taurat dan selalu merayakan aneka ibadah suci ternyata suka berkonflik dan banyak taktik. Karena merasa "dikritisi" oleh Yesus, mereka malah berencana untuk membunuhNya.
Inilah contoh iman yang terpisah dari kenyataan harian, ketika iman jauh dari kehidupan, hanya menjadi "sabda" di mulut tapi tidak menjadi "daging" di tingkah laku. Ketika iman cuma sibuk di "altar-mimbar perjamuan" tapi tidak mau terlibat di "pasar kehidupan". Istilah saya: "karakter abal-abal" alias iman yang pura-pura, mulutnya mendekat ke Tuhan tapi hatinya penuh dengan iri, dengki dan nafsu kejahatan."
3.Perwujudan iman:
Yesus mengajak kita beriman secara otentik: "3M”, yakni: “mengetahui” tentang imannya, “merayakan” bersama komunitasnya serta “mewujudkan” dalam kenyataan hidup". Ia tidak pernah memisahkan ibadah keagamaan dengan kaidah kehidupan.
Yesus mengajak kita beriman secara otentik: "3M”, yakni: “mengetahui” tentang imannya, “merayakan” bersama komunitasnya serta “mewujudkan” dalam kenyataan hidup". Ia tidak pernah memisahkan ibadah keagamaan dengan kaidah kehidupan.
BagiNya, iman yang baik membuat hidup juga semakin baik, "root create the fruit". Iman yg bukan basa-basi tapi yang ber-refleksi dan bertranformasi (Bdk: SC, KV II art. 10, Liturgi berdoa supaya mereka amalkan dalam hidup sehari-hari apa yang mereka peroleh dalam iman).
"Ada minuman dari ketan - Iman harus selalu diwujudnyatakan."
Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)
NB:
A.
"Ad veritatem per caritatem - Mencari kebenaran melalui cinta kasih."
Inilah salah satu pesan iman yang ditekankan Yesus dalam pertanyaanNya: "Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membunuh orang?"
Kitapun diajak selalu mewartakan kasih secara nyata setiap harinya, seperti kata Yesus juga pada hari ini, "ulurkanlah tanganmu."
Pastinya, berbuat kasih itu tidak mengenal batasan tempat dan saat, dalam bahasa St.Bernadette, "love is no limit." Dimana pun, kapanpun dan dalam situasi apa pun, kita diajak untuk hidup dengan nada dasar "c", cinta yang mengasihi-bukan melukai, yang memberkati-bukan menyakiti, yang memahami-bukan menghakimi.
Ya semoga kata dan warta, ucapan dan tindakan, hati dan budi kita bisa menjadi tanda kasih Tuhan yang hidup bagi sesama dan semesta, setiap harinya, terlebih bagi sesama yang kecil, miskin dan terpinggirkan oleh dunia.
"Dari Bekasi ke Surakarta - Mari bersaksi dengan penuh cinta."
B.
“Pastor Bonus – Gembala Baik!”
“Pastor Bonus – Gembala Baik!”
Inilah salah satu identitas Yesus, yang hatiNya rahim, mudah tergerak oleh belas kasihan.
Adapun tiga sikap gembala baik, antara lain:
1. Keseimbangan
Yesus bekerja tp tidak mabuk kerja.
Ia sibuk tp tidak larut dan hanyut dalam kesibukan karena menyadari perlunya keseimbangan.
Yesus bekerja tp tidak mabuk kerja.
Ia sibuk tp tidak larut dan hanyut dalam kesibukan karena menyadari perlunya keseimbangan.
2. Kerahiman:
Ketika Yesus melihat orang banyak, hati-Nya tergerak oleh belas kasihan. Inilah suatu perasaan kasih yang menggerakkan hati, yang membuat seseorang merasa ber-empati, sedih melihat derita sesamanya dan disertai dorongan yang kuat untuk menolong, tergerak dan bergerak.
Ketika Yesus melihat orang banyak, hati-Nya tergerak oleh belas kasihan. Inilah suatu perasaan kasih yang menggerakkan hati, yang membuat seseorang merasa ber-empati, sedih melihat derita sesamanya dan disertai dorongan yang kuat untuk menolong, tergerak dan bergerak.
Inilah ciri khas Allah (Ul 30:3; 2Raj 13:23; Maz 78:38; Maz 111:4) dan Yesus (Mr 1:41; Mat 9:36; 14:14; 15:32; Luk 7:13;Mr 8:2).
Dengan kata lain:
Kasih-Nya adalah kasih yg penuh kerahiman, walaupun yg lain “libur”, Ia tetap “lembur” untuk terus mewartakan kerahiman ilahiNya.
Ia selalu memberi, tidak pernah merasa cukup/selesai. Love always feel inadequate.
Kasih-Nya adalah kasih yg penuh kerahiman, walaupun yg lain “libur”, Ia tetap “lembur” untuk terus mewartakan kerahiman ilahiNya.
Ia selalu memberi, tidak pernah merasa cukup/selesai. Love always feel inadequate.
3. Kesaksian:
Keprihatinan Yesus melihat orang byk terlantar mengingatkan kita akan keprihatinan Musa di akhir pengembaraan bangsa Israel: "Biarlah TUHAN, Allah dari roh segala makhluk, mengangkat atas umat ini seorang yang mengepalai mereka waktu keluar dan masuk, dan membawa mereka keluar dan masuk, supaya umat TUHAN jangan hendaknya seperti domba-domba yang tidak mempunyai gembala.” (Bil 27:16-17).
Keprihatinan Yesus melihat orang byk terlantar mengingatkan kita akan keprihatinan Musa di akhir pengembaraan bangsa Israel: "Biarlah TUHAN, Allah dari roh segala makhluk, mengangkat atas umat ini seorang yang mengepalai mereka waktu keluar dan masuk, dan membawa mereka keluar dan masuk, supaya umat TUHAN jangan hendaknya seperti domba-domba yang tidak mempunyai gembala.” (Bil 27:16-17).
Disinilah, kita diajak untuk mewujudkan panggilan sebagai gembala di tengah banyak ancaman “serigala dunia”.
"Cari jala di Kalimati - Jadilah gembala yg murah hati."
C.
“In nomine Dei feliciter – Dalam nama Tuhan semoga berbuah”.
“In nomine Dei feliciter – Dalam nama Tuhan semoga berbuah”.
Itulah salah satu harapan yang ditampakkan Yesus yang juga saya tulis dalam buku “Mimbar Altar” (RJK, Kanisius).
Harapan yang penuh semangat inilah yang menjadi dasar dari karya dan warta Yesus bersama para muridNya sehingga mereka selalu membawa semua warta dan karyanya dalam nama Tuhan.
Adapun tiga jalan supaya kita semakin berbuah dalam nama Tuhan, antara lain:
1. Reflektif:
Setelah berkarya, Yesus tak lupa untuk mengadakan refleksi. Kita juga diajak untuk selalu masuk ke ruang hati: meluangkan waktu untuk berdoa, setelah sibuk dengan karya, agar tidak dihanyut-larutkan oleh afeksi, emosi, friksi dan ambisi serta terpaan/gosipan.
Setelah berkarya, Yesus tak lupa untuk mengadakan refleksi. Kita juga diajak untuk selalu masuk ke ruang hati: meluangkan waktu untuk berdoa, setelah sibuk dengan karya, agar tidak dihanyut-larutkan oleh afeksi, emosi, friksi dan ambisi serta terpaan/gosipan.
Dalam keheningan, bukankah kita lebih mudah menggapai kedalaman? Bukankah seorang empu pembuat keris, tidak cuma membuat pisau tajam berkelak-kelok belaka, tapi harus ada pamor nya? Bukankah seorang penari tidak cuma menari dengan baik, tapi harus memiliki greget nya? Bukankah "pamor dan greget" itu bisa dicapai dalam "sabat"-perjumpaan pribadi dalam hadirat hening dengan Tuhan?
2. Transformatif:
Walaupun Yesus dan para murid sedang “off track/libur” karena hari sabat, tapi hatiNya selalu “on track/lembur”: tergerak oleh belas kasihan.
Walaupun Yesus dan para murid sedang “off track/libur” karena hari sabat, tapi hatiNya selalu “on track/lembur”: tergerak oleh belas kasihan.
Ya, Yesus mengajak kita untuk selalu berani bertransfomasi/berubah haluan dari “egosentris ke kristussentris, menjadi pribadi yang beriman sekaligus berbelarasa. Bukankah seperti harapan Paulus, “kita adalah surat cinta Tuhan, yang ditulis bukan dengan tinta di atas loh batu, tapi dengan roh pada hati?
3. Integratif:
Doa tak terpisah dari karya. Inilah sebuah hidup dan iman yang ber-integritas, utuh-penuh dan menyeluruh. Dalam bahasa Bunda Teresa yang juga saya tulis dalam buku “HERSTORY” (RJK, Kanisius): “The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace”.
Doa tak terpisah dari karya. Inilah sebuah hidup dan iman yang ber-integritas, utuh-penuh dan menyeluruh. Dalam bahasa Bunda Teresa yang juga saya tulis dalam buku “HERSTORY” (RJK, Kanisius): “The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace”.
Disinilah, doa menjadi kekuatan karya sekaligus karya menjadi buah-buah dari doa kita. Sudahkah kita juga beriman dengan utuh dan penuh?
“Kayu jati di Jati Asih – Milikilah hati yang selalu berbelaskasih”.
D.
Kutipan Teks Misa.
Kutipan Teks Misa.
“Hari Sabat adalah akhir dari penciptaan yang pertama, sedangkan hari Tuhan adalah awal dari penciptaan yang kedua, di mana Ia memperbaharui dan memperbaiki yang lama, dengan cara yang sama seperti Ia menentukan bahwa mereka harus menerapkan Sabat sebagai peringatan akan akhir dari penciptaan pertama, maka kita menghormati hari Tuhan sebagai peringatan akan penciptaan yang baru.” (St. Athanasius, On Sabbath and Circumcision 3)
Antifon Pembuka (Mzm 110:4)
Tuhan telah bersumpah dan tidak akan menyesal, "Engkau adalah imam untuk selama-lamanya menurut Melkisedek."
Tuhan telah bersumpah dan tidak akan menyesal, "Engkau adalah imam untuk selama-lamanya menurut Melkisedek."
Doa Pembuka
Allah Bapa, Pencipta alam semesta, Engkau telah mengutus Sang Raja damai datang ke dunia untuk menyelamatkan kami. Semoga kami dapat meneladan cinta kasih-Nya kepada manusia yang menjiwai seluruh hidup-Nya. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Allah Bapa, Pencipta alam semesta, Engkau telah mengutus Sang Raja damai datang ke dunia untuk menyelamatkan kami. Semoga kami dapat meneladan cinta kasih-Nya kepada manusia yang menjiwai seluruh hidup-Nya. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Bacaan dari Surat kepada Orang Ibrani (7:1-3.15-17)
"Engkaulah imam untuk selama-lamanya menurut tata imamat Melkisedek."
"Engkaulah imam untuk selama-lamanya menurut tata imamat Melkisedek."
Melkisedek adalah raja Salem dan imam Allah Yang Mahatinggi. Ketika Abraham kembali dari mengalahkan raja-raja, Melkisedek menyongsongnya dan memberkati dia. Dan kepadanya Abraham memberikan sepersepuluh dari semua jarahannya. Menurut arti namanya, Melkisedek pertama-tama adalah raja kebenaran, atau juga raja Salaem, yaitu raja damai sejahtera. Ia tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah; harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan! Dan karena dijadikan sama dengan Anak Allah, ia menjadi imam sampai selama-lamanya. Sungguh, Yesus telah ditetapkan sebagai imam menurut tata imamat Melkisedek; artinya: Menjadi imam bukan berdasarkan peraturan-peraturan manusia, tetapi berdasarkan hidup yang tidak dapat binasa. Sebab tentang Yesus diberikan kesaksian, "Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya, menurut tata imamat Melkisedek".
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan
Ref. Engkaulah imam untuk selama-lamanya menurut Melkisedek.
Ayat (Mzm 110:1.2.3.4)
1. Beginilah firman Tuhan kepada tuanku, "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuhmu Kubuat menjadi tumpuan kakimu!"
2. Tongkat kuasamu akan diulurkan Tuhan dari Sion; berkuasalah Engkau di antara musuhmu!
3. Engkau meraja di atas gunung yang suci sejak hari kelahiranmu sejak dalam kandungan, sejak fajar masa mudamu.
4. Tuhan telah bersumpah dan tidak akan menyesal: "Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek".
Ref. Engkaulah imam untuk selama-lamanya menurut Melkisedek.
Ayat (Mzm 110:1.2.3.4)
1. Beginilah firman Tuhan kepada tuanku, "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuhmu Kubuat menjadi tumpuan kakimu!"
2. Tongkat kuasamu akan diulurkan Tuhan dari Sion; berkuasalah Engkau di antara musuhmu!
3. Engkau meraja di atas gunung yang suci sejak hari kelahiranmu sejak dalam kandungan, sejak fajar masa mudamu.
4. Tuhan telah bersumpah dan tidak akan menyesal: "Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek".
Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya, alleluya
Ayat. (Mat 4:23)
Yesus memberitakan Injil Kerajaan Allah, dan menyembuhkan semua orang sakit.
Ref. Alleluya, alleluya
Ayat. (Mat 4:23)
Yesus memberitakan Injil Kerajaan Allah, dan menyembuhkan semua orang sakit.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (3:1-6)
"Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat menyelamatkan nyawa orang atau membunuhnya?"
"Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat menyelamatkan nyawa orang atau membunuhnya?"
Pada suatu hari Sabat Yesus masuk ke rumah ibadat. Di situ ada seorang yang mati sebelah tangannya. Orang-orang Farisi mengamat-amati Yesus, kalau-kalau Ia menyembuhkan orang itu pada hari Sabat, supaya mereka dapat mempersalahkan Dia. Kata Yesus kepada orang yang mati sebelah tangannya itu, "Mari, berdirilah di tengah!" Kemudian Yesus berkata kepada mereka, "Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat? Menyelamatkan nyawa orang atau membunuh orang?" Tetapi mereka itu diam saja. Yesus jengkel karena kedegilan mereka! Dengan marah Ia memandang sekeliling, lalu berkata kepada orang tadi, "Ulurkanlah tanganmu!" Ia pun mengulurkan tangannya dan sembuhlah seketika. Lalu keluarlah orang-orang Farisi dan segera bersekongkol dengan orang-orang Herodian untuk membunuh Dia.
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.
U. Terpujilah Kristus.
Renungan
Tata tertib atau aturan dibuat dan diberlakukan sebagai tuntunan untuk berbuat atau bertindak baik, sehingga hidup bersama berjalan dengan baik dan siapapun yang berada dalam kebersamaan tersebut merasa damai, tenteram dan aman serta selamat. Akhir-akhir ini dikeluhkan kemacetan lalu lintas di kota metropolitan Jakarta, ibu kota Negara kita. Berbagai pikiran dan alasan terlontar, entah mencari sebab kemacetan maupun usul pemecahan, misalnya pemindahan ibu kota Negara, pertambahan jumlah kendaraan yang tak seimbang dengan kemampuan jalan, dst… Tetapi ada juga pengamatan yang menarik, yaitu: jika para pengendara mentaati tata tertib atau aturan lalu lintas, meskipun berjalan lambat, kiranya tidak terjadi kemacetan yang menjengkelkan dan membuat stress banyak orang. Hemat saya pengamatan ini benar dan baik, mengingat dan memperhatikan di berbagai Negara atau kota besar seperti Jakarta di negara-negara lain, dimana warganya taat dan setia pada tata tertib atau aturan yang berlaku, kemacetan dapat diatasi. Dengan kata lain rasanya mayoritas warganegara kita tidak taat dan setia pada tata tertib atau aturan yang berlaku. Meskipun ada tata tertib atau aturan yang cukup jelas, mereka tetap berbuat jahat alias melanggar tata tertib atau aturan. Ketika orang setia dan mentaati tata tertib atau aturan yang berlaku dengan baik, maka pada suatu saat, yang memang mendesak dan penting, ia dengan tenang melanggar tata tertib atau aturan. Mengapa? Karena yang ia lakukan demi keselamatan jiwa manusia lain (misalnya ambulan pengantar pasien sakit berat, mobil pemadam kebakaran dst..). Dengan kata lain asal demi keselamatan jiwa atau apa yang lebih baik daripada yang diatur, kita tidak perlu takut melanggar tata tertib atau aturan yang berlaku. Keselamatan jiwa itulah pedoman kita untuk berbuat baik.
Tata tertib atau aturan dibuat dan diberlakukan sebagai tuntunan untuk berbuat atau bertindak baik, sehingga hidup bersama berjalan dengan baik dan siapapun yang berada dalam kebersamaan tersebut merasa damai, tenteram dan aman serta selamat. Akhir-akhir ini dikeluhkan kemacetan lalu lintas di kota metropolitan Jakarta, ibu kota Negara kita. Berbagai pikiran dan alasan terlontar, entah mencari sebab kemacetan maupun usul pemecahan, misalnya pemindahan ibu kota Negara, pertambahan jumlah kendaraan yang tak seimbang dengan kemampuan jalan, dst… Tetapi ada juga pengamatan yang menarik, yaitu: jika para pengendara mentaati tata tertib atau aturan lalu lintas, meskipun berjalan lambat, kiranya tidak terjadi kemacetan yang menjengkelkan dan membuat stress banyak orang. Hemat saya pengamatan ini benar dan baik, mengingat dan memperhatikan di berbagai Negara atau kota besar seperti Jakarta di negara-negara lain, dimana warganya taat dan setia pada tata tertib atau aturan yang berlaku, kemacetan dapat diatasi. Dengan kata lain rasanya mayoritas warganegara kita tidak taat dan setia pada tata tertib atau aturan yang berlaku. Meskipun ada tata tertib atau aturan yang cukup jelas, mereka tetap berbuat jahat alias melanggar tata tertib atau aturan. Ketika orang setia dan mentaati tata tertib atau aturan yang berlaku dengan baik, maka pada suatu saat, yang memang mendesak dan penting, ia dengan tenang melanggar tata tertib atau aturan. Mengapa? Karena yang ia lakukan demi keselamatan jiwa manusia lain (misalnya ambulan pengantar pasien sakit berat, mobil pemadam kebakaran dst..). Dengan kata lain asal demi keselamatan jiwa atau apa yang lebih baik daripada yang diatur, kita tidak perlu takut melanggar tata tertib atau aturan yang berlaku. Keselamatan jiwa itulah pedoman kita untuk berbuat baik.
Antifon Komuni (Mzm 110:2)
Tongkat kuasamu akan diulurkan Tuhan dari Sion; berkuasalah engkau di antara musuhmu!
Tongkat kuasamu akan diulurkan Tuhan dari Sion; berkuasalah engkau di antara musuhmu!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar