Ads 468x60px

DOA DOA UNTUK JIWA


KISAH SEORANG PANGERAN POLANDIA
Seorang pangeran Polandia, yang karena alasan politik, telah dikucilkankan dari negara asalnya dan kemudian membeli sebuah kastil yang indah di Perancis.
Sayangnya, ia telah kehilangan iman dari masa kecilnya dan pada saat itu ia sedang menulis buku yang menentang Allah dan keraguan akan keberadaan masa depan (sesudah kematian).
Suatu malam ketika berjalan di kebunnya, dia bertemu seorang wanita miskin yang tengah menangis sedih. dia bertanya, apakah yang menyebabkan kesedihannya itu.
"Ah, Pangeran," jawabnya, "Saya adalah istri dari John Marie, bekas pelayanmu, yang meninggal dua hari lalu.
Dia seorang suami yang baik untuk saya dan hamba yang setia padamu. Sakitnya sudah lama dan saya menghabiskan seluruh tabungan kami untuk berobat, dan sekarang tidak ada yang tersisa untuk saya bisa mengadakan Misa untuk jiwanya."
Sang Pangeran, tersentuh oleh kesedihan wanita itu, mengucapkan beberapa kata-kata baik, dan; meskipun ia
tidak lagi percaya akan adanya kehidupan setelah kematian, memberinya beberapa koin emas agar ia bisa mengadakan
Misa Arwah bagi jiwa suaminya.
Beberapa waktu setelah itu, suatu malam, Pangeran itu tengah belajar di ruangannya, ketika mendengar ketukan keras pada pintu, dan; tanpa melihat, ia menyerunya untuk masuk.
Pintu perlahan terbuka dan seorang pria masuk dan berdiri
menghadap meja tulis sang pangeran.
Ketika mendongak, Pangeran takjub melihat John Marie, pelayannya yang sudah meninggal itu, menatapnya sambil tersenyum.
"Pangeran," katanya, "Aku datang untuk mengucapkan terima kasih untuk Misa yang diadakan istriku berkat pertolonganmu.
Syukur kepada Darah Keselamatan Kristus yang diberikan kepadaku, aku sekarang bisa pergi ke Surga, tetapi Allah telah mengijinkan aku untuk datang dan berterima kasih atas kemurahan sedekahmu."
Dia kemudian menambahkan dengan tegas: "Pangeran, Tuhan itu ada, kehidupan setelah kematian itu ada,
Surga dan Neraka itu ada. "
Setelah mengatakan kata-kata ini dia menghilang.
Sang Pangeran jatuh berlutut dan mengucapkan dengan mendalam Credo,..Aku percaya..
---------
Purgatorium/ Api Penyucian.
Gambaran Purgatorium atau Api Penyucian dapat dikatakan sebagai berikut:
Suatu ketika, sebuah pintu terbuka dan nampaklah sesosok PRIBADI yang sangat luar biasa indah, keindahan yang belum pernah ditemukan di dunia ini. Anda terpesona oleh cahaya dan kesempurnaan PRIBADI tersebut. Terlebih-lebih saat DIA menunjukkan bahwa IA sangat mengasihi Anda (sesuatu yang tidak pernah terbayangkan oleh Anda); Anda juga merasakan bahwa DIA mempunyai mempunyai keinginan besar untuk menarik Anda ke dalam pelukan-Nya. Api cinta kasih telah membakar hati dan mendorong Anda untuk menyerahkan diri ke dalam tangan-Nya.
Tetapi, pada saat yang penting ini, Anda sadar bahwa selama ini Anda belum membersihkan diri; bahwa Anda sangat bau; bahwa Anda sangat jelek; bahwa hidung Anda lengket; rambut Anda kotor dan lengket; dan baju Anda dipenuhi oleh berbagai macam noda… dan seterusnya. Pada saat ini, Anda berkata pada diri sendiri, Tidak, aku tidak mungkin bisa memberikan diriku dengan keadaan seperti ini! Pertama-tama aku harus pergi dan membersihkan diriku, mandi dan kemudian aku akan segera kembali kepada-Nya…!
Tetapi, cinta kasih yang telah lahir dalam hati Anda begitu kuat terasa membakar, sehingga penundaan demi penundaan untuk membersihkan diri ini menjadi sangat tidak tertahankan. Rasa sakit karena ketidakhadiran-Nya, meski hanya untuk beberapa saat, terasa sangat membakar hati. Rasa membakar yang mengerikan di hati Anda benar-benar sesuai dengan pernyataan cinta kasih; itu adalah Api Cinta Kasih…
Ya, inilah api Penyucian. Sebuah penundaan yang diakibatkan oleh ketidakmurnian kita sendiri; penundaan sebelum sampai ke dalam pelukan Allah, suatu api Cinta Kasih yang terasa membakar sehingga membuat kita sangat menderia, suatu penantian, suatu kerinduan untuk Cinta Kasih. Persis seperti api, kerinduan yang membara ini akan memurnikan kita dari segala kekotoran dalam diri kita. Atau dapat dikatakan, Api Penyucian adalah suatu tempat kerinduan yang dahsyat akan Allah, karena kita telah bertemu dan melihat Allah, tetapi dengan-Nya kita belum dapat atau boleh dipersatukan.
Mereka terus menanti sampai jiwa mereka dibersihkan dari noda dosa selama mereka hidup di dunia. Ada yang cepat, ada yang lama… bahkan sampai 20 tahun atau ratusan tahun! Tetapi, jiwa-jiwa di Api Penyucian tidak bisa lagi melakukan sesuatu bagi dirinya sendiri. Mereka sama sekali tergantung pada kita. Dan bahwa, orang yang masih hidup di dunia mempunyai kesempatan besar untuk mengurangi penderitaan mereka yang telah meninggal dunia.
Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menolong jiwa-jiwa di api penyucian :
- Mempersembahkan Misa untuk orang yang kita kasihi, sanak keluarga kita yang telah meninggal, terutama pada ulang tahun kematian mereka, dan Gereja Katolik mendoakan jiwa-jiwa khusus pada tanggal 2 November.
- Mendoakan Doa Novena Bagi Jiwa bagi mereka.
- Mendoakan Jalan Salib untuk mereka.
- Mendoakan Doa Koronka dengan intensi untuk pertolongan bagi mereka.
- Meminta perantaraan Orang Kudus yang menjadi pelindung bagi jiwa yang kita doakan.
- Melakukan tindakan pengorbanan sederhana dan menawarkannya sebagai penitensi bagi mereka.
- Memberi suatu pemberian kepada orang kecil dan susah selalu dihitung sebagai pemberian bagi jiwa yang menderita.
- Di tengah hari dan kegiatan harian, menyempatkan diri mengucapkan sepotong doa pendek untuk jiwa-jiwa.
- Mengunjungi dan berdoa di pekuburan, baik untuk sanak keluarga ataupun pada nisan yang tidak kita kenal, karena banyaklah mereka yang dilupakan dan tidak ada seorangpun yang mendoakan mereka.
Melakukan hal ini dapat membantu mereka memperoleh indulgensi.
- Ketika melewati daerah pekuburan, atau dalam kunjungan, doakan doa pendek ini :
Istirahat kekal anugerahkanlah kepada mereka, ya Tuhan.
Dan cahaya abadi menyinari mereka.
Semoga jiwa-jiwa beriman yang telah berpulang, , karena kerahiman Allah, beristirahat dalam damai. Amin.
-----------------------
DOA- DOA UNTUK ARWAH
“Banyak jiwa-jiwa pergi ke neraka karena tak ada seorang pun yang berdoa bagi mereka.”
~ SP Maria dari Fatima, 1917
1.
Tuhan Yesus, oleh karena dukacita yang Kau-alami dalam sengsara-Mu di Taman Getsemani, di dalam penganiayaan-Mu dan pemahkotaan-Mu dengan duri, di jalan ke Kalvari, di penyaliban-Mu dan kematian-Mu, berbelaskasihanlah kepada jiwa- jiwa di Api Penyucian, dan terutama kepada mereka yang paling terabaikan; mohon bebaskanlah mereka dari penderitaan yang mereka tanggung; panggillah mereka dan terimalah mereka kepada rangkulan-Mu yang termanis di surga.
Bapa Kami ….
Salam Maria ….
Istirahat kekal anugerahkanlah kepada mereka, ya Tuhan.
Dan cahaya abadi menyinari mereka.
Semoga jiwa-jiwa beriman yang telah berpulang, , karena kerahiman Allah, beristirahat dalam damai. Amin.
2.
Allah Bapa yang Maharahim, kami mempersembahkan kepadaMu Darah Tersuci dari PuteraMu terkasih, Tuhan kami Yesus Kristus, Juruselamat dunia, dalam kesatuan dengan semua Misa Kudus yang dipersembahkan di seluruh dunia pada hari ini bagi jiwa-jiwa kaum beriman yang telah meninggal dan masih berada di Api Penyucian.
Kami mohon belas kasihanMu dan ringankanlah penderitaan mereka. Ampunilah segala kesalahan dan dosa mereka, terlebih atas mereka yang meninggal secara mendadak, tanpa persiapan dan tidak sempat bertobat.
Pada saat ini kami juga berdoa bagi mereka yang arwahnya tidak pernah mendapat perhatian dan doa-doa dari pihak keluarganya.
Kami juga berdoa bagi jiwa-jiwa anggota keluarga kami yang telah meninggal, khususnya atas … (sebutkan nama-nama mereka).
Pada waktunya mereka yang merindukan “tanah air sorgawi” (Ibr 11:16) akhirnya Engkau perkenankan masuk dan menikmati kebahagiaan kekal serta sukacita abadi bersama para malaikat dan semua orang kudus.
Semua ini kami mohon kepadaMu, dalam nama Yesus Kristus, PuteraMu, Tuhan dan pengantara kami, yang hidup dan bersatu dengan Dikau dan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Bapa Kami …
Salam Maria … (3x)
Kemuliaan …
Terpujilah …
Bunda Maria, perlindungan orang berdosa,
doakanlah jiwa-jiwa kaum beriman yang telah meninggal,
khususnya mereka yang masih ada di Api Penyucian. Amin.
3.
Doa St. Mathilda: DOA BAPA KAMI Untuk Pembebasan Jiwa-jiwa di Api Penyucian
Bapa kami yang ada di surga.
Kami mohon dengan rendah hati kepada-Mu, Bapa yang kekal, mahabaik dan maharahim, ampunilah jiwa-jiwa malang yang merupakan ciptaan-Mu juga, biarpun mereka tidak mengasihi-Mu, telah menolak-Mu dan tidak menghormati-Mu. Demi pertobatan dan penebusan, kami persembahkan kepada-Mu pengorbanan semua kebajikan Putera-Mu terkasih, Tuhan kami, Yesus Kristus.
Dimuliakanlah nama-Mu.
Kami mohon dengan rendah hati kepada-Mu, Bapa yang kekal, mahabaik dan maharahim, ampunilah jiwa-jiwa malang yang tidak memuliakan nama kudus-Mu dan sering menyalahgunakannya. Demi pertobatan dan penebusan, kami persembahkan kepada-Mu pengorbanan semua perkataan yang telah diucapkan oleh Putera-Mu, Tuhan kami, Yesus Kristus semasa hidupnya di dunia untuk memuliakan nama-Mu.
Datanglah kerajaan-Mu.
Kami mohon dengan rendah hati kepada-Mu, Bapa yang kekal, mahabaik dan maharahim, ampunilah jiwa-jiwa malang yang tidak mempunyai hasrat dan kasih membara akan kerinduan pada kerajaan-Mu yang kudus. Demi pertobatan dan penebusan, kami persembahkan kepada-Mu pengorbanan semua kasih Putera-Mu, Tuhan kami, Yesus Kristus, yang menginginkan setiap insan diterima dalam kerajaan-Mu yang kudus.
Jadilah kehendak-Mu, di atas bumi seperti di dalam surga.
Kami mohon dengan rendah hati kepada-Mu, Bapa yang kekal, mahabaik dan maharahim, ampunilah jiwa-jiwa malang yang tidak tunduk dengan tulus ikhlas pada kehendak-Mu yang kudus, tetapi yang sering mengikuti kehendaknya sendiri. Demi hati Ilahi Yesus dan kepatuhan-Nya yang besar.
Berilah kami rejeki pada hari ini, dan ampunilah kesalahan kami seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami.
Kami mohon dengan rendah hati kepada-Mu, Bapa yang kekal, mahabaik dan maharahim, ampunilah jiwa-jiwa malang yang dibebani oleh dosa-dosa karena mereka tidak mengasihi musuh-musuhnya dan tidak ingin mengampuninya. Demi pertobatan dan penebusan, kami persembahkan kepada-Mu pengorbanan kata-kata kudus dari Putera-Mu terkasih, Tuhan kami, Yesus Kristus, seperti dikatakan-Nya pada kayu salib: Bapa, ampunilah mereka, karena mereka tidak tahu apa yang dilakukannya.
Dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan.
Kami mohon dengan rendah hati kepada-Mu, Bapa yang kekal, mahabaik dan maharahim, ampunilah jiwa-jiwa malang yang tidak berjuang melawan cobaan besar, tetapi mengalah pada godaan setan yang mempercepat kehancuran. Demi pertobatan dan penebusan, kami persembahkan kepada-Mu semua ketaatan, kerja keras dan semua penderitaan pahit serta kematian yang dialami Tuhan kami, Yesus Kristus.
Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.
Kami mohon dengan rendah hati kepada-Mu, Bapa yang kekal, mahabaik dan maharahim, ampunilah jiwa-jiwa malang dan hantarkanlah mereka bersama dengan Yesus Kristus pada kerajaan-Mu yang mulia karena Engkaulah kemuliaan itu.
Amin.
4.
Rosario Kecil: Bagi Jiwa-jiwa Kudus di Api Penyucian
Dalam nama Bapa, dan Putera dan Roh Kudus. Amin.
1) Yesusku, demi kebajikan dari semua keringat darah-Mu di Taman Getsemani, kasihanilah jiwa saudara-saudaraku terkasih yang menderita di Api Penyucian.
Bapa Kami.. Salam Maria.. Istirahat Kekal..
2) Yesusku, demi kebajikan dan penghinaan dan ejekan yang Engkau derita di pengadilan, pada waktu Engkau diperlakukan sebagai orang gila dan ditukarkan dengan seorang penjahat, kasihanilah jiwa-jiwa di Api Penyucian yang menanti dimuliakan dalam Kerajaan Kudus-Mu.
Bapa Kami.. Salam Maria.. Istirahat Kekal..
3) Yesusku, demi kebajikan dari mahkota duri yang menusuk Kepala Suci-Mu, kasihanilah jiwa-jiwa yang paling terbuang dan terlupakan dan yang paling jauh dari pembebasan penderitaan di Api Penyucian.
Bapa Kami.. Salam Maria.. Istirahat Kekal..
4) Yesusku, demi kebajikan dari langkah-Mu yang sangat menyakitkan yang Kau alami sambil memanggul kayu salib di bahu-Mu, kasihanilah jiwa-jiwa yang mendekati pembebasan Api Penyucian. Demi kebajikan dari semua penderitaan yang Kau rasakan bersama Bunda Kudus-Mu saat Engkau bertemu dengannya di jalan menuju Kalvari, bebaskanlah jiwa-jiwa yang berdevosi pada Bunda Terkasih-Mu terhadap siksaan Api Penyucian.
Bapa Kami.. Salam Maria.. Istirahat Kekal..
5) Yesusku, demi kebajikan dari tubuh kudus-Mu yang tergantung di kayu salib, dari kaki dan tangan suci-Mu yang ditusuk paku, dari kematian-Mu yang kejam dan dari tusukan di lambung-Mu, kasihanlah dan berilah kerahiman-Mu pada jiwa-jiwa malang dan ijinkanlah mereka untuk bersatu dengan-Mu di surga.
Bapa Kami.. Salam Maria.. Istirahat Kekal..
5.
Luka-luka Suci Bagi jiwa-jiwa di Api Penyucian
Ini adalah janji-janji Yesus yang disampaikan kepada Suster Maria Martha Chambon, seorang suster biasa dan rendah hati yang telah meninggal dunia dalam keharuman dan kesucian, dari biara Visitation di Satander, Perancis.
Maria Martha Chambon dilahirkan di La Croix-Rouge pada tanggal 6 Maret 1841 dan wafat di Satander pada tanggal 21 Maret 1921. Ia adalah puteri dari petani miskin dan memasuki biara Visitation di Satander pada tahun 1864, dimana dia menjadi suster biasa sampai akhir hayatnya, bekerja di ruang makan dan di asrama. Dalam hubungannya dengan penampakan salib Berdarah, dia mempersembahkan dirinya pada devosi Luka-luka Suci, dimana ia mengalami penampakan harian yang menarik perhatian. Pada tahun 1875, dia mengalami stigmata.
a) Aku akan memberikan semua yang kau minta pada-Ku dengan perantaraan Luka-luka Suci-Ku. Sangatlah perlu untuk menyebarluaskan devosi ini.
b) Sesungguhnya, doa ini bukan dari dunia, tetapi dari surga,… dan dengan ini kau akan mendapatkan segalanya.
c) Luka-luka Suci-Ku akan mendukung dunia… Mintalah pada-Ku agar Engkau selalu mencintai-Nya, sebab Luka-luka tersebut adalah sebagai sumber segala rahmat. Sangatlah penting untuk memohon pada-Nya (Luka-luka) sesering mungkin dan ajaklah sesamamu untuk berbuat hal yang sama dengan tujuan menanamkan devosi ini ke dalam jiwa mereka.
d) Bila engkau menderita, letakkan penderitaanmu ke dalam Luka-luka-Ku dan penderitaanmu akan berkurang.
e) Bila engkau berada di dekat orang sakit, ulangi permohonan ini berkali-kali: Yesus, aku mohon pengampunan dan kerahiman demi kebajikan Luka-luka Suci-Mu. Doa ini akan memberi pemulihan bagi jiwa dan raga.
f) Para pendosa akan memperoleh pertobatan jika berkata: Kupersembahkan kepada-Mu, Luka-luka Tuhan kami, Yesus Kristus sebagai pemulihan dosa-dosa jiwa kami.
g) Luka-luka-Ku akan memulihkanmu.
h) Tak ada kematian bagi jiwa yang meninggal dalam Luka-luka-Ku, karena Luka-luka-Ku akan memberikan kehidupan sejati.
i) Pada setiap kata yang kau daraskan pada Rosario Kerahiman, aku akan meneteskan setitik darah-Ku pada jiwa seorang pendosa.
j) Jiwa-jiwa yang memuliakan Luka-luka Suci-Ku dan mempersembahkannya kepada Bapa yang kekal bagi jiwa-jiwa di Api Penyucian, pada saat kematiannya akan ditemani oleh Perawan Terberkati dan para malaikat. Dan Aku akan menyambut dalam kemuliaan yang gemilang bagaikan mahkota.
k) Luka-luka Suci adalah harta yang paling berharga bagi jiwa-jiwa di Api Penyucian.
l) Devosi pada Luka-luka adalah obat untuk memperbaiki segala kesalahan yang terjadi pada saat ini.
m) Buah-buah kesucian datang dari Luka-luka-Ku. Dengan merenungkan Luka-luka-Ku, maka engkau akan selalu menemukan sumber kekuatan untuk mengasihi.
Rosario Luka-luka Suci Tuhan Kita, Yesus Kristus
Rosario Kerahiman ini menggunakan rosario biasa dan dimulai dengan doa sebagai berikut:
1) Ya Yesus, Penebus Ilahi, kasihanilah kami dan seluruh dunia. Amin.
2) Allah yang kudus, Allah yang kuasa, Allah yang kekal, kasihanilah kami dan seluruh dunia. Amin.
3) Ya Allahku, mohon pengampunan dan kerahiman-Mu dalam bahaya saat ini, naungilah kami dengan Darah-Mu yang amat berharga. Amin.
4) Ya Bapa yang kekal, kami mohon kepada-Mu, kasihanilah kami demi Darah Yesus Kristus, Putera Tunggal-mu. Amin.
Pada butir manik-manik Salam Maria, doakanlah:
Bapa yang kekal, kupersembahkan kepada-Mu
Luka-luka Tuhan kami, Yesus Kristus,
untuk pemulihan luka-luka jiwa kami.
Pada butir manik-manik Bapa Kami, doakanlah:
Yesusku, melalui kebajikan Luka-luka-Mu
yang Maha Suci,
kasihanilah dan ampunilah kami.
Pada akhir Rosario, ulangi 3X:
Bapa yang kekal, kupersembahkan kepada-Mu
Luka-luka Tuhan kami, Yesus Kristus,
untuk pemulihan luka-luka jiwa kami.
6.
Rosario 100 Requiem
Anna Maria Taigi sangat berdevosi pada jiwa-jiwa di Api Penyucian. Dalam kehidupannya yang saleh, dia selalu menjadi perantara bagi jiwa-jiwa terberkati dengan mendaraskan 100 requiem. Dia memberi kesaksian dengan menerima banyak rahmat surgawi dari Allah dalam keadaan yang paling sulit sekalipun. Baik dalam hal jasmani maupun rohani.
Dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus. Amin.
1. Yesusku terkasih, kupersembahkan kepada-Mu kebajikan dari segala penderitaan dan kesedihan, yang telah Kau alami demi penebusan kami, untuk menolong jiwa-jiwa di Api Penyucian; aku mulai dengan merenungkan Peluh-Mu yang berdarah pada saat Engkau menderita dan kesepian di Taman Getsemani.
Istirahat Kekal 10x..
Jiwa-jiwa Kudus 1x..
2. Yesusku terkasih, kupersembahkan kepada-Mu bagi jiwa-jiwa di Api Penyucian, penderitaan hebat yang melukai Hati-Mu pada saat salah seorang murid terkasih-Mu, Yudas Iskariot, mengkhianati-Mu dengan ciuman palsu untuk menyerahkan-Mu ke dalam tangan musuh yang jahat.
Istirahat Kekal 10x..
Jiwa-jiwa Kudus 1x..
3. Yesusku terkasih, kupersembahkan kepada-Mu bagi jiwa-jiwa di Api Penyucian, kesabaran yang mengagumkan yang Kau tanggung dengan banyaknya hinaan dari para serdadu pengecut yang menyeret-Mu dari Anas ke Kayafas, dari Pilatus ke Herodes, yang dengan rasa jijik mengenakan pada-Mu jubah orang gila dan mengirim-Mu kembali pada gubernur Romawi melalui hinaan dan ejekan massa.
Istirahat Kekal 10x..Jiwa-jiwa Kudus 1x..
4. Yesusku terkasih, kupersembahkan kepada-Mu bagi jiwa-jiwa di Api Penyucian, kepahitan yang mengganggu semangat-Mu pada saat Barabas, seorang penjahat dan pembunuh dibebaskan oleh orang Yahudi daripada membebaskan-Mu, seorang tak bersalah; Engkau diikat pada sebuah tiang dan didera berulang kali tanpa rasa belas kasihan.
Istirahat Kekal 10x..Jiwa-jiwa Kudus 1x..
5. Yesusku terkasih, kupersembahkan kepada-Mu bagi jiwa-jiwa di Api Penyucian, penghinaan yang Kau tanggung pada saat mereka mengenakan jubah ungu pada-Mu, memberikan sebatang buluh di tangan kanan-Mu dan meletakkan mahkota duri yang menyakitkan di kepala-Mu untuk mengejek-Mu sebagai raja palsu; dan Pilatus menyerahkan-Mu pada massa sambil berkata: Lihatlah orang ini!
Istirahat Kekal 10x..Jiwa-jiwa Kudus 1x..
6. Yesusku terkasih, kupersembahkan kepada-Mu bagi jiwa-jiwa di Api Penyucian, penderitaan yang tak terperikan yang Kau alami pada saat mereka berteriak: Salibkanlah Dia, salibkanlah Dia! dan salib besar, kasar dan menyakitkan pada pundak-Mu, Kau panggul dengan kepasrahan yang tulus pada jalan menuju Kalvari.
Istirahat Kekal 10x..Jiwa-jiwa Kudus 1x..
7. Yesusku terkasih, kupersembahkan kepada-Mu bagi jiwa-jiwa di Api Penyucian, keharuan yang menyesakkan dan penderitaan yang Kau alami pada saat Engkau dipisahkan denagn kasar dari Bunda-Mu terkasih yang datang untuk menemui dan memeluk-Mu.
Istirahat Kekal 10x..Jiwa-jiwa Kudus 1x..
8. Yesusku terkasih, kupersembahkan kepada-Mu bagi jiwa-jiwa di Api Penyucian, penderitaan hebat yang Kau alami pada saat tubuh-Mu yang berdarah direntangkan pada kayu salib dan tangan serta kaki-Mu ditusuk secara kejam dengan paku, Engkau dinaikkan pada kayu salib hina.
Istirahat Kekal 10x..Jiwa-jiwa Kudus 1x..
9. Yesusku terkasih, kupersembahkan kepada-Mu bagi jiwa-jiwa di Api Penyucian, kesedihan mendalam dan penderitaan yang Kau pikul secara terus-menerus selama 3 jam sambil tergantung di kayu salib hina, kekejangan tungkai dan lengan-Mu yang amat sangat karena kehadiran Bunda-Mu yang berduka menyaksikan penderitaan yang demikian menyayat hati.
Istirahat Kekal 10x..Jiwa-jiwa Kudus 1x..
10. Yesusku terkasih, kupersembahkan kepada-Mu bagi jiwa-jiwa di Api Penyucian, kesedihan yang meliputi Perawan Maria Terberkati dalam menghadiri kematian-Mu dan Luka-luka yang menusuk hati lembutnya pada saat dia menerima dengan lengannya tubuh-Mu yang tak bernyawa yang diturunkan dari salib.
Istirahat Kekal 10x..Jiwa-jiwa Kudus 1x..
Doa Istirahat Kekal
Berikanlah istirahat kekal kepada mereka ya Tuhan, semoga terang abadi menyinari mereka sehingga mereka beristirahat dalam damai. Semoga jiwa para beriman beristirahat dalam ketentraman karena kerahiman Tuhan. Amin.
Doa Jiwa-jiwa Kudus
Jiwa-jiwa kudus, jiwa-jiwa di Api Penyucian, doakanlah aku kelak di hadapan Allah, dan aku akan mendoakanmu sehingga engkau akan memperoleh Kemuliaan Surgawi. Amin
7.
Rosario Requiem Untuk Jiwa-jiwa di Api Penyucian
Menggunakan rosario biasa
Pada butir manik-manik Salam Maria, doakanlah:
Bapa yang kekal,
kupersembahkan kepada-Mu,
Darah Termulia dari Putera Ilahi-Mu, Yesus,
dalam kesatuan dengan segenap kurban misa
yang dipersembahkan di seluruh dunia
pada hari ini,
bagi semua jiwa-jiwa yang kudus
di Api Penyucian,
untuk orang-orang berdosa dimana saja,
di Gereja sedunia, di rumahku dan keluargaku.
Amin.
Pada butir manik-manik Bapa Kami, doakanlah:
Berikanlah istirahat kekal kepada mereka
ya Tuhan,
semoga terang abadi menyinari mereka
sehingga mereka beristirahat dalam damai.
Semoga jiwa para beriman beristirahat
dalam ketentraman karena kerahiman Tuhan.
Amin.
8.
Doa Selama 1 Minggu Untuk Jiwa-Jiwa Di Purgatorium
Hari Pertama
Tuhan, Allah yang mahakuasa, demi Darah Suci yang ditumpahkan oleh Putra-Mu Yesus Kristus, di Taman Getsemani, aku memohon kepada-Mu: Sudilah membebaskan jiwa-jiwa dari Purgatorium, terutama mereka yang tidak pernah didoakan oleh siapapun. Terimalah mereka dalam kemuliaan-Mu, tempat mereka akan memuji dan memuliakan Engkau selama-lamanya. Amin
Bapa Kami ...
Salam Maria ...
Tuhan, berilah mereka istirahat kekal.
Semoga cahaya yang abadi menerangi mereka.
Hari Kedua
Tuhan, Allah yang Mahakuasa, demi Darah Suci yang ditumpahkan oleh Putra-Mu Yesus Kristus pada saat Ia dicambuk dengan kejam, aku memohon kepada-Mu: Sudilah membebaskan jiwa-jiwa dari Purgatorium, terutama yang pada saat ini paling pantas masuk ke dalam kemuliaan-Mu, supaya mereka segera dapat memuji-muji dan memuliakan Engkau selama-lamanya. Amin
Bapa Kami ...
Salam Maria ...
Tuhan, berilah mereka istirahat kekal.
Semoga cahaya yang abadi menerangi mereka.
Hari Ketiga
Tuhan, Allah yang Mahakuasa, demi Darah Suci yang ditumpahkan oleh Putra-Mu Yesus Kristus pada saat Ia dimahkotai duri, aku memohon kepada-Mu: Sudilah membebaskan jiwa-jiwa dari Purgatorium, terutama yang pada saat ini paling membutuhkan doa kami, supaya mereka secepatnya dapat memuji dan memuliakan Engkau selama-lamanya. Amin
Bapa Kami ...
Salam Maria ...
Tuhan, berilah mereka istirahat kekal.
Semoga cahaya yang abadi menerangi mereka.
Hari Keempat
Tuhan, Allah yang Mahakuasa, demi Darah Suci yang ditumpahkan oleh Putra-Mu Yesus Kristus pada saat Ia melewati jalan-jalan Yerusalem sambil memikul salib, aku memohon kepada-Mu: Sudilah membebaskan jiwa-jiwa dari Purgatorium, terutama yang menurut-Mu paling banyak kebaikannya, supaya mereka secepatnya dapat memuji dan memuliakan Engkau selama-lamanya. Amin
Bapa Kami ...
Salam Maria ...
Tuhan, berilah mereka istirahat kekal.
Semoga cahaya yang abadi menerangi mereka.
Hari Kelima
Tuhan, Allah yang Mahakuasa, demi Darah Suci yang ditumpahkan oleh Putra-Mu Yesus Kristus, yang pada malam menjelang wafat-Nya diberikan-Nya kepada para rasul dan Gereja Kudus sebagai kurban dan makanan yang menghidupkan kaum beriman, aku memohon kepada-Mu: Sudilah membebaskan jiwa-jiwa dari Purgatorium, terutama mereka yang berdevosi khusus pada sakramen Mahakudus, supaya mereka secepatnya dapat memuji dan memuliakan Engkau, bersama Putra-Mu dan Roh Kudus selama-lamanya. Amin
Bapa Kami ...
Salam Maria ...
Tuhan, berilah mereka istirahat kekal.
Semoga cahaya yang abadi menerangi mereka.
Hari Keenam
Tuhan, Allah yang Mahakuasa, demi Darah Suci yang ditumpahkan oleh Putra-Mu Yesus Kristus saat Ia tergantung di salib, aku memohon kepada-Mu: Sudilah membebaskan jiwa-jiwa dari Purgatorium, yang seharusnya paling sering kudoakan, supaya kelalaianku jangan menjadi penghalang bagi mereka untuk masuk ke dalam kemuliaan-Mu, tempat mereka bersama para malaikat dan para Kudus dapat memuji dan memuliakan Engkau, bersama Putra-Mu dan Roh Kudus selama-lamanya. Amin
Bapa Kami ...
Salam Maria ...
Tuhan, berilah mereka istirahat kekal.
Semoga cahaya yang abadi menerangi mereka.
Hari Ketujuh
Tuhan, Allah yang Mahakuasa, demi Darah Suci yang ditumpahkan dari lambung Putra-Mu Yesus Kristus, dan yang disaksikan oleh Bunda-Nya yang tersuci, aku memohon kepada-Mu: Sudilah membebaskan jiwa-jiwa dari Purgatorium, terutama yang paling rajin menghormati Bunda Maria, supaya mereka segera dapat memuji dan memuliakan Engkau, bersama Putra-Mu dan Roh Kudus selama-lamanya. Amin
Bapa Kami ...
Salam Maria ...
Tuhan, berilah mereka istirahat kekal.
Semoga cahaya yang abadi menerangi mereka.
9.
Novena Untuk Yang Telah Meninggal Dunia
Doa setiap hari
Allah yang Mahakuasa dan kekal, aku percaya akan sabda-Mu dalam Kitab Suci maupun Tradisi. Selama novena ini aku ingin menghidupkan dan menguatkan imanku akan persekutuan para kudus serta mempersatukan diri dengan mereka yang telah meninggal dunia, namun masih menderita di Purgatorium. Sesudah hidup di bumi ini, mereka semua sudah berjumpa dengan-Mu sebagai Hakim yang Mahaadil dan juga sebagai Bapa yang Maharahim. Tetapi, selama waktu yang hanya Engkau tahu lamanya, mereka harus mengalami keterpisahan dari-Mu, yang sangat menyiksa mereka. Melalui doa yang tulus dan hidup Kristen yang lurus, aku hendak memperingan penderitaan dan kepedihan mereka serta memperpendek waktu mereka di Purgatorium. Pada saat ini, dengan perantaraan Yesus Kristus, serta melalui doa Bunda Maria dan Santo Yosef, secara khusus kupersembahkan kepadamu almarhum(ah) ........ yang kematiannya membuat aku sangat sedih. Aku berharap bahwa mereka yang telah meninggal dunia, melalui penderitaanya dan doa-doanya di Purgatorium, dapat memabantu aku yang masih di bumi ini, khususnya aku memohon untuk ........, yang dengan rendah hati sangat kuharapkan, dan juga rahmat untuk selalu hidup sesuai dengan kehendak-Mu. Amin.
Hari Pertama
Tuhan Yesus, kepada-Mu kupercayakan semua Paus, Uskup, Imam, biarawan dan biarawati yang telah meninggal dunia, khususnya mereka yang pelayananya sempat aku alami secara pribadi atau oleh keluargaku. Para pejabat Gereja yang memang tidak terlepas dari berbagai kelemahan. Aku mohon: ampunilah mereka. Secara khusus kupersembahkan kepada-Mu para Imam yang telah memberikan Sakramen-sakramen Suci dan telah menanamkan sabda-Mu padaku. Yesus yang Maharahim, pandanglah niat baik mereka serta kehendak mereka yang tulus. Berilah mereka segera sukacita hidup yang kekal. Amin.
Bapa Kami ...
Salam Maria ...
Kemuliaan ...
Tuhan, berilah mereka istirahat kekal.
Semoga cahaya yang abadi menerangi mereka.
Hari Kedua
Tuhan Yesus, dengan hati penuh syukur aku berdoa untuk arwah yang paling dekat dengan hatiku, yaitu para orang tua, saudara-saudaraku, para leluhur serta semua sanak-saudaraku. Karena mereka aku mendapatkan banyak anugrah, padahal selama mereka hidup, mungkin aku kurang menghargai jasa mereka atau malah menyakiti hati mereka dengan kelakuanku. Yesus yang Maharahim, ampunilah dosa mereka. Hargailah segala perbuatan baik mereka dan segala derita yang mereka tanggung demi kebaikan. Semoga mereka secepatnya dapat mengalami sukacita hidup yang kekal di surga. Amin.
Bapa Kami ...
Salam Maria ...
Kemuliaan ...
Tuhan, berilah mereka istirahat kekal.
Semoga cahaya yang abadi menerangi mereka.
Hari Ketiga
Tuhan Yesus, aku percaya bahwa hubungan kasih yang sejati antar manusia lebih kuat dari pada kematian. Karena itu aku mempercayakan kepada-Mu semua sahabatku, tetanggaku, kenalanku, dan semua orang lain yang pernah aku jumpai, yang telah meninggal dunia. Maafkan dan lupakanlah segala kekurangan dan dosa-dosa mereka. Terimalah mereka semua di sisi-Mu. Amin.
Bapa Kami ...
Salam Maria ...
Kemuliaan ...
Tuhan, berilah mereka istirahat kekal.
Semoga cahaya yang abadi menerangi mereka.
Hari Keempat
Tuhan Yesus, aku adalah orang yang lemah dan berdosa. Bila saja di Purgatorium ada jiwa yang karena kesalahanku, karena aku tidak memberi teladan yang baik. Aku sungguh menyesali semua dosa-dosaku dan melalui novena ini aku ingin memperbaiki kesalahnku. Semoga jiwa mereka secepatnya Engkau bebaskan dari penderitaan dan segera dapat bersekutu dengan para Kudus di surga. Amin.
Bapa Kami ...
Salam Maria ...
Kemuliaan ...
Tuhan, berilah mereka istirahat kekal.
Semoga cahaya yang abadi menerangi mereka.
Hari Kelima
Tuhan Yesus, pada hari ini kupercayakan kepada-Mu semua jiwa yang tidak mempunyai seorang pun untuk berdoa bagi mereka. Yang mungkin selama hidupnya, mereka tidak pernah mangalami kasih dari siapa pun. Dan yang tidak seorang pun peduli pada mereka. Untuk jiwa-jiwa itulah aku panjatkan doa ini. Semoga mereka segera dapat mangalami terang dan suka cita abadi di surga. Amin.
Bapa Kami ...
Salam Maria ...
Kemuliaan ...
Tuhan, berilah mereka istirahat kekal.
Semoga cahaya yang abadi menerangi mereka.
Hari Keenam
Tuhan Yesus, penderitaan selalu menyertai dalam kehidupan di bumi ini. Engkau sendiri pun telah mengalaminya. Tetapi aku sering kali tidak menyadari makna dari penderitaan,dan sering kali aku berontak dan kehilangan arah tujuan. Pada saat ini aku mempercayakan kepada-Mu semua orang yang selama kehidupannya sangat menderita, semua orang yang putus asa, semua orang yang telah mengakhiri hidupnya sendiri. O Tuhan, tunjukanlah kepada mereka bahwa Engkau adalah Sang Juru Selamat. Berilah mereka suka cita yang kekal bersama-Mu di surga. Amin.
Bapa Kami ...
Salam Maria ...
Kemuliaan ...
Tuhan, berilah mereka istirahat kekal.
Semoga cahaya yang abadi menerangi mereka.
Hari Ketujuh
Tuhan Yesus, betapa banyaknya orang yang meninggal secara mendadak, yang meninggal karena kecelakaan, bencana alam, peperangan, ........ Sama seperti aku, pasti mereka pasti mempunyai rencana- rencana dalam kehidupannya. Namun, rencana-rencana itu tidak pernah bisa terlaksanakan. Terimalah pengorbanan mereka dan ampunilah semua dosa-dosa mereka dan bawalah mereka kedalam kemuliaan dan sukacita-Mu yang abadi. Amin
Bapa Kami ...
Salam Maria ...
Kemuliaan ...
Tuhan, berilah mereka istirahat kekal.
Semoga cahaya yang abadi menerangi mereka.
Hari Kedelapan
Tuhan Yesus, melalui wafat-Mu di kayu salib, Engkau telah mengalahkan kematian. Dan melalui kebangkitan-Mu, Engkau telah memberikan hidup kekal bagi kami. Aku memohon, kabulkanlah doa-doa yang kupanjatkan untuk para arwah seluruh umat Kristen. Semoga mereka semua segera mengalami kemuliaan dan sukacita abadi di surga. Amin
Bapa Kami ...
Salam Maria ...
Kemuliaan ...
Tuhan, berilah mereka istirahat kekal.
Semoga cahaya yang abadi menerangi mereka.
Hari Kesembilan
Allah Bapa yang Mahakuasa, Engkau telah menciptakan manusia menurut gambaran-Mu dan rupa-Mu sendiri. Engkau tentu menginginkan kami semua masuk kedalam kerajaan-Mu. Kepada-Mu kupercayakan semua orang yang telah meninggal dunia. Semoga doa-doaku memperingan dan mempercepat penderitaan mereka di Purgatorium, dan semoga mereka segera mengalami sukacita abadi di surga bersama-Mu. Amin.
Bapa Kami ...
Salam Maria ...
Kemuliaan ...
Tuhan, berilah mereka istirahat kekal.
Semoga cahaya yang abadi menerangi mereka.
10. Litani Tubuh Kristus Untuk Arwah
Tuhan kasihanilah kami
Tuhan kasihanilah kami
Kristus kasihanilah kami
Kristus kasihanilah kami
Tuhan kasihanilah kami
Tuhan kasihanilah kami
Kristus dengarkanlah doa kami
Kristus kabulkanlah doa kami
Tubuh Kristus, Putra Tunggal Allah Bapa,
ampunilah arwah saudara kami .........
Tubuh Kristus, Yang duduk di sebelah kanan Allah Bapa,
Tubuh Kristus, Takhta Roh Kudus,
Tubuh Kristus, Yang dikandung Perawan Maria karena Roh Kudus,
Tubuh Kristus, Yang dilahirkan sebagai manusia biasa,
Tubuh Kristus, Raja Malaikat,
Tubuh Kristus, Yang sulung di antara kita,
Tubuh Kristus, Sahabat Utama hamba yang hina,
Tubuh Kristus, Pembuka pintu surga,
Tubuh Kristus, Yang pernah mati bagi kita,
Tubuh Kristus, Yang bangkit dari alam maut,
Tubuh Kristus, Yang menghancurkan kuasa dosa dan maut,
Tubuh Kristus, Bait Allah perlindungan para arwah,
Tubuh Kristus, Putra Daud bagi yang lapar akan pengampunan,
Tubuh Kristus, Perantara menuju Bapa,
Tubuh Kristus, Jalan menuju kehidupan abadi surgawi,
Tubuh Kristus, Bahtera Ilahi tempat arwah-arwah berserah diri,
Tubuh Kristus, Pokok Anggur tempat jiwa-jiwa bergantung,
Tubuh Kristus, Mazmur Ilahi penghibur hati kaum beriman,
Tubuh Kristus, Lilin Surgawi di tengah kegelapan,
Tubuh Kristus, Mercu Suar Abadi di tengah samudra pengampunan,
Tubuh Kristus, Sumber pertolongan bagi arwah-arwah di api penyucian,
Tubuh Kristus, Jembatan Ilahi menuju rumah Bapa,
Tubuh Kristus, Yang selalu mendengar rintihan arwah-arwah kaum beriman,
Tubuh Kristus, Hakim Agung yang Mahaadil,
Tubuh Kristus, Sumber pengampunan bagi yang mau bertobat,
Tubuh Kristus, Yang dikelilingi para kudus
Tubuh Kristus, Izinkanlah arwah saudara kami....... menikmati damai surgawi. (10x)
Doa
Allah Bapa yang maha pengasih, dari pada-Mu kami berasal, dan di haribaan-Mu hidup kami berakhir. Tubuh kami Engkau ciptakan dari debu dan akan kembali menjadi debu. Namun jiwa kami yang berasal dari hembusan nafas-Mu akan kembali kepada-Mu pula.
Kini pandanglah kami yang berkumpul di sini, insan-insan yang lemah, mudah jatuh ke dalam godaan dan dosa. Tetapi kami menjadi kuat karena Roh Kudus yang Engkau utus dengan setia mendampingi kami. Meski begitu, dalam perjalanan peziarahan menuju rumah-Mu, kami sering jatuh; namun bangkit kembali karena tangan Putra-Mu, Tuhan kami Yesus Kristus, terulur dan menuntun kami.
Begitu pula ya Bapa, perjalanan hidup saudara-saudara kami yang telah meninggal dunia, mereka tidak luput dari salah dan dosa. Karena kesalahan dan dosa itu, mungkin arwah saudara-saudara kami kini masih berada di api penyucian. Mereka tidak berdaya, selain memohon pengampunan-Mu. Kami yang berkumpul di sini pun ikut memohon kepada-Mu, sudilah mengampuni arwah saudara-saudara kami. Tak henti-hentinya pengampunan itu kami mohonkan kepada-Mu, agar kelak arwah saudara-saudara kami layak dan pantas Engkau panggil masuk ke dalam hidup abadi bersama para kudus.
Dengan perantaraan Tubuh Putra-Mu terkasih Tuhan kami Yesus Kristus dalam rupa roti, dan dengan perantaraan Darah Putra-Mu terkasih Tuhan kami Yesus Kristus dalam rupa anggur, kami serahkan arwah saudara-saudara kami ke dalam tangan-u. Basuhlah salah dan dosa yang masih melekat padanya dengan kasih pengampunan-Mu. Sebab Engkaulah yang hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang masa. Amin
Bapa Kami ...
Salam Maria ... (3x)
Kemuliaan ...
11.
DOA YANG MENYELAMATKAN 1000 ARWAH DI API PENYUCIAN
Seperti yang diungkapkan Tuhan kita ke pada St. Gertrudis Agung
Ya Bapa yang kekal, aku mempersembahkan kepada Mu Darah tersuci dari Putra ilahi Mu Tuhan kami Yesus Kristus dalam kesatuan dengan semua misa yang dipersembahkan di seluruh dunia hari ini untuk semua jiwa di api penyucian, untuk pendosa dimana saja, untuk pendosa di gereja universal, pendosa dalam rumahku dan dalam keluargaku.
--- (sebut nama arwah yang didoakan). ---
Amin.
12.
DOA ROSARIO SALAM MARIA
“Jika kita hendak menolong jiwa-jiwa di api penyucian dan mendatangkan kelegaan besar bagi mereka, baiklah kita berdoa rosario.”
~ St Alfonsus Maria de Liguori
Bunda Maria memainkan peran penting dalam pembebasan jiwa-jiwa dari api penyucian. St Bernardus menyebutnya sebagai “Plenipotentiary”, artinya ia yang “sangat berkuasa” atas api penyucian, sebab Bunda Maria mendapatkan rahmat dan kuasa dari Tuhan untuk membebaskan jiwa-jiwa yang ada di sana. Kita semua adalah anak-anak Bunda Maria, dan layaknya seorang ibunda yang penuh belas kasih, ia memelihara kita, teristimewa mereka yang menderita. Perantaraannya mendatangkan pertolongan bagi jiwa-jiwa menderita, seperti diungkapkan Bunda Maria kepada Beato Alain de la Roche: “Akulah Bunda dari jiwa-jiwa di api penyucian dan setiap doa yang ditujukan kepadaku meringankan penderitaan anak-anakku.”
St Pompilio Pirroti memiliki devosi mendalam bagi jiwa-jiwa menderita. Apabila ia berdoa rosario, jiwa-jiwa menderita berdoa bersamanya, berseru menanggapi setiap Salam Maria yang didaraskannya. Jiwa-jiwa di api penyucian menjadi tenang dan penuh sukacita saat rosario didaraskan.
St Louis de Montfort dalam bukunya, “Rahasia Rosario”, menulis tentang seorang wanita yang dibebaskan dari api penyucian. Seorang wanita muda dari kalangan bangsawan bernama Alexandra dipertobatkan oleh St Dominikus dan bergabung dalam Persekutuan Doa Rosario. Ketika Alexandra meninggal dunia, ia menampakkan diri kepada St Dominikus dan mengatakan kepadanya bahwa ia harus tinggal 700 tahun lamanya di api penyucian guna memurnikan jiwanya oleh karena dosa-dosanya yang begitu banyak semasa hidupnya dan juga karena ia menyebabkan banyak orang berbuat dosa dengan teladan hidupnya yang buruk. Ia mohon pada St Dominikus dan pada para anggota Persekutuan Doa Rosario agar berdoa baginya. Tentu saja St Dominikus memenuhi permintaannya dan berdoa bersama para pendoa rosario lainnya. Dua minggu kemudian, Alexandra menampakkan diri kembali pada St Dominikus. Kali ini ia penuh kemuliaan surgawi. Ia memberitahukan bahwa dengan perantaraan rosario ia telah dibebaskan dari api penyucian. Ia juga mengatakan kepadanya bahwa jiwa-jiwa menderita mohon padanya untuk terus menyampaikan khotbah tentang rosario dan minta pada sanak-saudara mereka untuk mendoakan mereka melalui rosario. Jiwa-jiwa malang itu akan membalas jasa mereka yang telah menolongnya apabila jiwa-jiwa itu telah berada di surga.
Ada banyak mukjizat dan kisah-kisah lain tentang kuasa rosario dalam menolong jiwa-jiwa menderita. Patutlah kita berdoa rosario untuk membebaskan jiwa-jiwa dari api penyucian. Setiap orang yang berdoa rosario, sebaiknya juga bergabung dalam Persekutuan Doa Rosario guna meningkatkan kuasa doa mereka. Kita semua mumpunyai banyak sanak-saudara dan teman yang masih berada di api penyucian dan membutuhkan pertolongan kita. Luangkanlah limabelas menit setiap hari untuk berdoa rosario bagi mereka. Devosi bagi-jiwa-jiwa akan mendatangkan ganjaran yang luar biasa bagimu.
--------------
DOA- DOA MEMPERSIAPKAN DIRI MENGHADAPI KEMATIAN
1. Doa Kepada Hati Yesus
Ya Hati Ilahi Yesus, anugerahkanlah Ramat padaku untuk selalu hidup menurut kehendak-Mu, di saat suka maupun duka.
Semoga aku selalu siap menghadapi saat terakhir dan berikanlah aku keberanian untuk menyerahkan segala-galanya, baik jiwa maupun ragaku kepada-Mu.
O Yesus, demi sengsara-Mu yang suci, semoga pada saat kematianku, Engkau datang dan menemukan aku terjaga seperti hamba yang baik dengan penyerahan yang tulus dan telah menerima Sakramen Tobat serta Sakramen Perminyakan.
O Tuhan, jangan meninggalkan aku dalam perjuangan yang terakhir di dunia ini, ketika aku harus bertempur melawan setan, mungkin dalam api yang menyala-nyala. Semoga Bunda-Mu yang Suci, Bunda Kerahiman, Santa Mikael dan para malaikat menolong dan melindungi aku dari segala cobaan pada saat aku meninggalkan dunia ini. Semoga mereka menguatkan aku dan menghiburku dalam penderitaan ini.
Berikanlah kepadaku iman yang hidup, kepercayaan yang teguh, kasih yang membara dan kesabaran yang besar.
Tolonglah aku untuk mempercayakan diriku sepenuhnya ke dalam tangan-Mu dan meninggalkan diriku sendiri seperti seorang anak kecil berlari ke dalam kediaman-Mu yang Kudus.
Dalam kebaikan-Mu yang tak terhingga dan kerahiman-Mu yang besar, ya Yesus, ingatlah padaku. Amin.
Mazmur 130: Seruan dari dalam Kesesakan
1.Dari jurang yang dalam aku
berseru kepada-Mu, ya TUHAN!
2.Tuhan, dengarkanlah suaraku!
Biarlah telinga-Mu menaruh perhatian
kepada suara permohonanku.
3.Jika Engkau, ya TUHAN,
mengingat-ingat kesalahan-kesalahan,
Tuhan, siapakah yang dapat tahan?
4.Tetapi pada-Mu ada pengampunan,
supaya Engkau ditakuti orang.
5.Aku menanti-nantikan TUHAN,
jiwaku menanti-nanti,
dan aku mengaharapkan firman-Nya.
6.Jiwaku mengharapkan Tuhan
lebih dari pada pengawal mengharapkan pagi,
lebih dari pada pengawal mengharapkan pagi.
7.Berharaplah kepada TUHAN, hai Israel!
Sebab pada TUHAN ada kasih setia,
dan Ia banyak kali mengadakan pembebasan.
8.Dialah yang akan membebaskan Israel
dari segala kesalahannya.
2. Ya Tuhan dan Juruselamatku, topanglah aku di saat ajalku dalam tangan-tangan kuat Sakramen-Mu dan dengan harum semerbak penghiburan-Mu. Biarlah kata-kata absolusi diucapkan atasku dan minyak kudus diurapkan untuk memeteraikan aku; biarlah Tubuh-Mu Sendiri menjadi santapanku, dan Darah-Mu menyegarkan aku. Biarlah Bundaku yang lemah lembut, Bunda Maria, menghembusi aku dan malaikatku membisikkan damai padaku, para kudusku yang jaya beserta santa / santo pelindungku terkasih tersenyum padaku, agar dalam semuanya itu dan melalui semuanya itu, aku boleh menerima karunia ketekunan dan meninggal sebagaimana aku merindukan hidup, dalam iman kepada-Mu, dalam pelukan Gereja-Mu, dalam pengabdian kepada-Mu, dan dalam kasih-Mu. Amin.
-Kardinal Yohanes Henry Newman
3. Doa Mohon Kematian yang Bahagia dengan Perantaraan St. Yosef
“St Yosef yang kudus, lihatlah, aku memilih engkau pada hari ini sebagai pelindung istimewa dalam hidupku dan pada saat ajalku. Peliharalah dan tambahkanlah dalam diriku semangat doa dan semangat pengabdian kepada Tuhan. Jauhkanlah daripadaku segala bentuk dosa; perolehkanlah bagiku rahmat agar kematian tidak datang tanpa aku mempersiapkan diri, melainkan aku beroleh waktu untuk mengakukan dosa-dosaku dalam Sakramen Tobat dan menangisinya dengan pemahaman yang paling sempurna dan tobat yang paling tulus, agar aku boleh menghembuskan jiwaku ke dalam tangan Yesus dan Bunda Maria. Amin.”
4. Doa memohon kematian yang membahagiakan
Tuhan Yesus, Penyelamatku,
engkau memilih untuk mati di kayu salib untuk menghapus dosa umat manusia. Aku menerima dengan tenang dari tangan Tuhan, apapun cara kematian yang diizinkan Allah agar terjadi padaku, termasuk segala kesakitannya, kesedihan dan penderitaan yang menghantarku ke sana. Semoga aku, melalui rahmat-Mu, dapat kembali kepada-Mu dengan pertobatan yang sempurna, sekarang ini, dan di saat ajalku.
Bunda Maria yang terberkati,
Aku memohon agar engkau mendoakan aku sekarang dan pada saat aku mati. Semoga oleh doamu, Tuhan berkenan memberikan rahmat-Nya kepadaku agar aku dapat mempersiapkan kematianku setiap hari.
St. Yusuf, Santo pelindung dalam hal kematian yang membahagiakan, Engkau diberkati dengan kematian yang membahagiakan di dalam pelukan Yesus dan Bunda Maria. Doakanlah aku agar akupun dapat memperoleh rahmat Tuhan, supaya akupun dapat mati dalam pelukan Yesus dan Bunda Maria.
Ya Tuhan, kumohon agar Engkau mendukungku dan semua orang beriman, sepanjang hari sampai pada akhirnya, ketika senja datang, dan kesibukan dunia terhenti dan kehidupan yang hiruk pikuk ini berlalu, dan pekerjaan kami telah selesai. Dan dalam belas kasihan-Mu, kumohon Engkau memberikan tempat kediaman yang aman dan istirahat yang kekal dan kudus dan kedamaian abadi pada akhirnya.
5. Doa memohon kepasrahan akan kematian
O Tuhanku, yang berkuasa atas hidup dan maut, oleh kehendak-Mu dan keadilan-Mu, Engkau menentukan bahwa semua manusia yang berdosa harus wafat dan beralih dari dunia ini. Lihatlah kepadaku yang berlutut di hadapan-Mu, berserah diri atas kehendak dan hukum keadilan-Mu. Dengan segenap hatiku, Aku menolak segala dosa- dosaku di masa yang lalu. Untuk alasan ini, aku menerima kematian sebagai silih atas segala dosaku, dan di dalam ketaatanku akan apa yang menjadi kehendak-Mu.
Sementara menunggu saat ajalku, bantulah aku untuk menggunakan kesempatan yang telah Engkau berikan kepadaku dengan sebaik- baiknya, untuk melepaskan diriku dari keterikatan terhadap dunia ini, untuk memutuskan belenggu apapun yang mengikatku dengan dunia ini, dan untuk mempersiapkan diriku untuk berdiri dengan pengharapan dan keyakinan yang teguh di hadapan tahta pengadilan-Mu. Karena itu, aku menyerahkan diriku tanpa syarat ke dalam tangan-Mu. Terjadilah kehendak-Mu, sekarang dan selama- lamanya.
Amin.
6. DOA YANG DIWAHYUKAN PADA ST. BRIGITTA
Doa yang didaraskan selama 12 tahun:
Doa ini diberikan Tuhan melalui Bunda Maria pada St. Brigitta dari Swedia untuk didoakan selama 12 tahun. Dijanjikan lima rahmat, bagi yang mendoakannya. Bila orang yang berdoa meninggal dunia sebelum waktu 12 tahun berakhir, Tuhan akan menerimanya sebagai doa yang telah lengkap. Bila satu atau dua hari terlewatkan karena alasan yang jelas, dapat diperbaiki kemudian.
Devosi ini telah diakui dan disetujui oleh ‘Sacro Collegio de propaganda fide’ serta oleh Paus Clement XII. Dan Paus Innocent X menegaskan bahwa wahyu ini berasal dari Tuhan.
Ke-lima rahmat tersebut adalah:
1. Jiwa yang mendaraskan doa ini tidak akan menderita api penyucian.
2. Jiwa yang mendaraskan doa ini akan diterima di antara para martir, dan dianggap telah menumpahkan darahnya bagi imannya.
3. Jiwa yang mendaraskan doa ini boleh memilih tiga jiwa lain yang sesuai dengan kehendak Yesus agar berada dalam keadaan rahmat sehingga menjadi kudus.
4. Empat keturunan berikutnya dari jiwa yang medaraskan doa ini, tidak akan ada yang binasa.
5. Jiwa yang mendaraskan doa ini akan menyadari saat kematiannya satu bulan sebelumnya.
========
DOA
Ya Yesus, sekarang aku ingin berdoa 7 kali Bapa Kami dan memersatukannya dengan Kasih-Mu yang menyucikan doa ini di Hati-Mu. Ambillah doa ini dari bibirku dan masukkanlah ke dalam Hati Ilahi-Mu. Perbaikilah dan sempurnakanlah sedemikian rupa agar dapat membawa kemuliaan dan sukacita bagi Tritunggal, seperti yang dahulu Kau berikan kepada-Nya di dunia. Semoga doa-doa ini tercurah ke atas Kemanusiaan-Mu yang kudus sebagai penghormatan pada luka-luka-Mu yang pedih dan darah termulia yang telah Kau tumpahkan.
1. YESUS DISUNAT
Bapa Kami…, Salam Maria…
Bapa Yang Kekal, melalui tangan Maria yang tak bernoda dan Hati Ilahi Yesus, kupersembahkan kepada-Mu, luka, kesakitan dan tetesan Darah-Nya yang pertama sebagai penebusan bagiku dan semua dosa manusia, terutama kaum muda, sebagai perlindungan terhadap dosa berat, khususnya di antara keluargaku.
2. YESUS MENDERITA DI BUKIT ZAITUN
Bapa Kami…, Salam Maria…
Bapa Yang Kekal, melalui tangan Maria yang tak bernoda dan Hati Ilahi Yesus, kupersembahkan kepada-Mu penderitaan Hati Yesus yang mengerikan di Bukit Zaitun dan setiap tetes keringat Darah-Nya sebagai penebusan bagiku dan semua dosa manusia yang melanggar cinta kasih, sebagai perlindungan terhadap segala dosa dan untuk menyebarluaskan Kasih Ilahi pada sesama.
3. YESUS DIDERA
Bapa Kami…, Salam Maria…
Bapa Yang Kekal, melalui tangan Maria yang tak bernoda dan Hati Ilahi Yesus, kupersembahkan kepada-Mu beribu-ribu luka, kesakitan yang mengerikan dan Darah Termulia dari bilur-bilur-Nya sebagai penebusan bagi-ku dan semua dosa manusia yang mengutamakan kesenangan jasmani, sebagai perlindungan terhadap segala dosa dan untuk memelihara kemurnian, khususnya di antara keluargaku.
4. YESUS DIMAHKOTAI DURI
Bapa Kami…, Salam Maria…
Bapa Yang Kekal, melalui tangan Maria yang tak bernoda dan Hati Ilahi Yesus, kupersembahkan kepada-Mu luka, kesakitan dan Darah Termulia dari kepala Yesus yang dimahkotai duri sebagai penebusan bagiku dan semua dosa manusia terhadap Roh Kudus, sebagai perlindungan dari segala dosa dan untuk menyebarluaskan kerajaan Kristus di dunia.
5. YESUS MEMANGGUL SALIB
Bapa Kami…, Salam Maria…
Bapa Yang Kekal, melalui tangan Maria yang tak bernoda dan Hati Ilahi Yesus, kupersembahkan kepada-Mu Penderitaan-Nya di jalan salib, terutama luka suci di bahu-Nya dan Darah Termulia sebagai penebusan bagiku dan semua dosa manusia yang menentang Salib, setiap keluhan yang melawan rencana kudus-Mu dan semua dosa yang disebabkan oleh perkataan, sebagai perlindungan terhadap segala dosa dan untuk mencintai Salib dengan sepenuh hati.
6. YESUS DISALIB
Bapa Kami…, Salam Maria…
Bapa Yang Kekal, melalui tangan Maria yang tak bernoda dan Hati Ilahi Yesus, kupersembahkan kepada-Mu Putera-Mu yang tersalib, penderitaan-Nya saat dipaku dan ditinggikan. Luka-luka di tangan dan kaki-Nya serta tiga aliran Darah Termulia-Nya yang dicurahkan bagi kami, sengsara-Nya yang paling mengerikan pada jiwa dan raga-Nya, wafat-Nya yang tak ternilai dan kurban tak berdarah yang diperbaharui dalam setiap misa Kudus di dunia sebagai penebusan semua luka yang disebabkan oleh pelanggaran janji pernikahan yang sah, sebagai pemulihan bagiku dan semua dosa dunia, bagi mereka yang sakit dan menjelang ajal, bagi semua imam kudus dan awam, bagi ujud Sri Paus untuk memulihkan keluarga Kristiani, untuk menguatkan iman, untuk negara kami dan persatuan di antara segala bangsa dalam Kristus dan Gereja-Nya, juga Gereja Diaspora (Gerejea-gereja kecil yang terpisah).
7. LAMBUNG YESUS DITIKAM
Bapa Kami…, Salam Maria…
Bapa Yang Kekal, terimalah Darah Termulia dan Air yang memancar dari luka Hati Ilahi Yesus agar Gereja Kudus layak memeroleh segala kebutuhannya dan sebagai penebusan semua dosa manusia. Dengarkanlah dan kasihanilah kami. Darah Kristus, yang memancar dari Hati Kudus, bersihkanlah segala kesalahan dan dosa kami! Air yang memancar dari lambung Kristus, hapuskanlah hukuman dosa dan padamkanlah nyala api penyucian bagiku dan semua jiwa-jiwa malang. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar