Ads 468x60px

Rabu, 30 Mei 2018



HIK. HIDANGAN ISTIMEWA KRISTIANI.
HARAPAN IMAN KASIH.
Rabu, 30 Mei 2018
Hari Biasa Pekan VIII
1 Petrus (1:18-25)
(Mzm 147:12-13.14-15.19-20)
Markus (10:32-45)
"Veni vidi vici - Aku datang aku lihat aku menang."
Inilah salah satu semangat orang Romawi untuk selalu berjuang menjadi pemenang yang pada awalnya berasal dari perkataan Julius Caesar, jenderal dan konsul Romawi pada tahun 47 SM.
Julius Caesar sendiri menggunakan kalimat ini dalam pesannya kepada senat Romawi untuk menggambarkan kemenangannya atas Pharnaces II dari Pontus dalam pertempuran Zela.
Sebenarnya, setiap orang beriman juga diajak untuk menjadi pemenang dalam ujian kehidupan. Adapun 3 ciri jalan "sang pemenang" yang ditawarkanNya, al:
1."Pelayanan":
“Barangsiapa ingin menjadi besar- hendaklah ia menjadi pelayan diantaramu."
Inilah semangat "serviam- aku melayani" mulai dari lingkup terdekat, semata-mata demi kemuliaan Tuhan, soli Deo gloria.
2.”Kerendahan hati":
"Barangsiapa ingin menjadi terkemuka - hendaklah ia menjadi hamba."
Inilah semangat orang yang rendah hati, "servus servorum - hamba dari segala hamba", supaya nama Tuhan semakin dimuliakan,
Ad Maiorem Dei Gloriam.
3."Pengorbanan”:
"Aku datang memberikan nyawa sebagai tebusan bagi banyak orang."
Ia datang sebagai "Agnus Dei”, Anak Domba Allah", yang tidak hanya basa-basi memberi nasehat tapi sepenuh hati mengorbankan diri sampai akhir hayat: siap dipecah dan dibagi-bagi untuk keselamatan sesama.
HidupNya dikorbankan bagi kemuliaan Tuhan dan keselamatan sesama secara utuh-penuh menyeluruh.
"Bang Iyan di pinggir taman - Jadilah pelayan dan pelaku firman."
Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)
NB:
Kutipan Teks Misa:
Menjadi tugas khas sang Imam, berdasarkan pentahbisannya, untuk mengucapkan Doa Syukur Agung itu, yang ada pada kodratnya adalah puncak seluruh perayaan, Karena itu sungguh merupakan kesalahan besar jika Doa Syukur Agung dibawakan demikian rupa sehingga bagian-bagian tertentu dari Doa itu diucapkan oleh seorang diakon atau seorang pelayan awam atau seorang pribadi di antara umat atau oleh seluruh umat bersama-sama, Jadi Doa Syukur Agung itu harus dengan selengkapnya diucapkan hanya oleh Imam. (Redemptionis Sacramentum, Instruksi VI: Tentang Sejumlah Hal yang Perlu Dilaksanakan ataupun Dihindari berkaitan dengan Ekaristi Mahakudus No. 52)
Antifon Pembuka (lih. 1Ptr 1:19)
Kalian telah ditebus dari cahaya hidup yang sia-sia, warisan nenek-moyang kalian. Kalian telah ditebus dengan darah Kristus.
Doa Pembuka
Allah Bapa Mahakuasa dan kekal, kami mohon lahirkanlah kami kembali berkat sabda dan berkat Roh Yesus Kristus, Putra-Mu, agar dapat menyebut dan memuliakan nama-Mu di dalam segala tingkah laku kami. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dan Roh Kudus, Allah, kini dan sepanjang segala masa. Amin.
Bacaan dari Surat Pertama Rasul Petrus (1:18-25)
"Kamu telah ditebus dengan darah yang berharga, darah anak domba tak bernoda, yaitu darah Kristus."
Saudara-saudara, kalian tahu bahwa kalian telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu. Kalian telah ditebus bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus, yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat. Kristus telah dipilih sebelum dunia dijadikan. Tetapi baru menyatakan diri-Nya pada zaman akhir karena kalian. Oleh Dialah kalian percaya kepada Allah, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan yang telah memuliakan-Nya, sehingga iman dan pengharapanmu tertuju kepada Allah. Kalian telah menyucikan diri dengan mentaati kebenaran. Maka kalian sanggup mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas. Oleh sebab itu hendaklah kalian sungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hati. Sebab kalian telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang baka, yaitu oleh sabda Allah yang hidup dan kekal. Sebab ‘semua yang hidup adalah seperti rumput dan segala kemuliaannya laksana bunga rumput! Rumput menjadi kering dan bunga gugur. Tetapi sabda Tuhan tetap untuk selama-lamanya’. Inilah sabda yang disampaikan Injil kepada kalian.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan, do = a, 2/2, PS 863
Ref. Pujilah Tuhan, hai umat Allah, pujilah Tuhan, hai umat Allah!
Ayat. (Mzm 147:12-13.14-15.19-20)
1. Megahkanlah Tuhan, hai Yerusalem, pujilah Allahmu, hai Sion! Sebab Ia meneguhkan palang pintu gerbangmu, dan memberkati anak-anak yang ada padamu.
2. Ia memberikan kesejahteraan kepada daerahmu dan mengenyangkan engkau dengan gandum yang terbaik. Ia menyampaikan perintah-Nya ke bumi, dengan segera firman-Nya berlari.
3. Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan dan hukum-hukum-Nya kepada Israel . Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal.
Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. (Mat 20:28)
Putra Manusia datang untuk melayani dan menyerahkan nyawa-Nya sebagai tebusan bagi semua orang.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (10:32-45)
"Sekarang kita pergi ke Yerusalem, dan Anak Manusia akan diserahkan."
Sekali peristiwa Yesus dan murid-murid-Nya sedang dalam perjalanan ke Yerusalem. Yesus berjalan di depan. Para murid merasa cemas, dan orang-orang yang mengikuti Dia dari belakang pun merasa takut. Sekali lagi Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan Ia mulai mengatakan kepada mereka apa yang akan terjadi atas diri-Nya. Yesus berkata, “Sekarang kita pergi ke Yerusalem, dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat. Mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati. Mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Ia akan diolok-olok, diludahi, disesah dan dibunuh, dan sesudah tiga hari Ia akan bangkit.” Lalu Yakobus, dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, mendekati Yesus. Mereka berkata, “Guru, kami harap Engkau mengabulkan suatu permohonan kami.” Jawab Yesus, “Apakah yang kalian ingin Kuperbuat bagimu?” Mereka menjawab, “Perkenankanlah kami ini duduk dalam kemuliaan-Mu kelak, seorang di sebelah kanan, dan seorang di sebelah kiri-Mu.” Tetapi Yesus berkata kepada mereka, “Kalian tidak tahu apa yang kalian minta. Sanggupkah kalian meminum piala yang harus Kuminum? Dan dibaptis dengan pembaptisan yang harus Kuterima?” Mereka menjawab, “Kami sanggup.” Yesus lalu berkata kepada mereka, “Memang, kalian akan meminum piala yang harus Kuminum, dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima. Tetapi hal duduk di sebelah kanan atau kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang yang baginya telah disediakan.” Mendengar itu, kesepuluh murid yang lain menjadi marah kepada Yakobus dan Yohanes. Tetapi Yesus memanggil mereka lalu berkata, “Kalian tahu, bahwa orang-orang yang disebut pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi, dan pembesar-pembesarnya menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka. Tetapi janganlah demikian di antara kalian! Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kalian, hendaklah ia menjadi pelayanmu. Dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kalian, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya. Sebab Anak Manusia pun datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya sebagai tebusan bagi orang banyak.”
Demikianlah Injil Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.
Renungan
Panggilan memberikan pelayanan dan menjadi tebusan bagi banyak orang, dikumandangkan oleh Sang Guru pada hari ini. Ada tiga hal yang dapat kita buat untuk ambil bagian dalam perutusan pelayanan dan menjadi tebusan bagi banyak orang. Hal tersebut berupa doa, pengajaran, dan tindakan nyata.
Pertama doa, karena melalui doa dan aneka olah kesalehan yang Gereja wariskan kepada kita, kita memenuhi diri dengan standar dasar sebagai orang beriman. Pelbagai jenis doa meneguhkan persekutuan beriman kita dalam Yesus Kristus.
Kedua, pengajaran. Melalui keterbukaan hati dengan mendalami atau mengetahui ajaran pokok iman Gereja, kita tidak mudah disesatkan oleh ajaran palsu atau tawaran keselamatan yang dikemas dengan sukacita dan melupakan kemuliaan kebangkitan yang hanya terjadi melalui penderitaan dan wafat di salib. Pengajaran ini dicecap dari warisan iman Kitab Suci serta ajaran resmi Gereja yang menuntun umat dalam mengarungi situasi zaman.
Ketiga, tindakan nyata. Perbuatan nyata yang keluar dari kedalaman hati yang beriman kepada Tuhan yang penuh kasih - bukan Allah yang pendendam dan penghukum, akan menghasilkan buah-buah kebaikan yang dapat dirasakan. Membuat pola pelayanan berdasarkan sikap hidup untuk peduli kepada sesama, misalnya setiap kepanitiaan yang dibentuk, langsung menganggarkan minimal 10 persen dari total anggaran untuk kepentingan gerakan amal kasih, "Penanaman pohon dan perawatannya, membuat sumur-sumur resapan untuk menyimpan air hujan di lingkungan sendiri itu tidak ada agamanya; adanya adalah sikap ekologis dan peduli pada lingkungan sekitar, menjadi berkat untuk apa pun dan siapa pun." Rumus lain yang dapat dikembangkan, apa pun kegiatannya, selalu diberi kesempatan untuk perbuatan amal kasih dan kepedulian nyata seberapa pun jumlahnya. Mari kita bertindak dan mewujudnyatakan.
Antifon Komuni (Mrk 10:45)
Putra Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan menyerahkan nyawa sebagai tebusan bagi banyak orang.

Komuni memisahkan kita dari dosa.
Tubuh Kristus yang kita terima dalam komuni, telah "diserahkan untuk kita" dan darah yang kita minum, telah "dicurahkan untuk banyak orang demi pengampunan dosa". Karena itu Ekaristi tidak dapat menyatukan kita dengan Kristus, tanpa serentak membersihkan kita dari dosa yang, telah dilakukan dan melindungi kita terhadap dosa-dosa baru.
"'Setiap kali kita menerimanya, kita menyatakan kematian Tuhan' Bdk. 1 Kor 11:26.. Kalau kita menyatakan kematian Tuhan, kita menyatakan pengampunan dosa. Andai kata setiap kali bila darah-Nya dicurahkan, itu dicurahkan demi pengampunan dosa, aku harus selalu menerimanya, supaya ia selalu menyembuhkan dosa-dosaku. Aku yang selalu berbuat dosa, harus selalu mempunyai sarana penyembuhan" (Ambrosius, sacr. 4,28). (Katekismus Gereja Katolik, 1393)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar