Ads 468x60px

Minggu, 22 Januari 2017

Hari ke-5 Pekan Doa Sedunia untuk Kesatuan Umat Kristiani
Minggu Biasa III
Mateus 4:12-23


"Verbum Bonum - Sabda Kebaikan."
Inilah salah satu hal yang saya wartakan ketika diundang dalam natalan "PWS/Paguyuban Wartawan Surakarta" bertema "Damaiku Beritaku" bersama Walikota dan Komandan KOPASSUS Kandang Menjangan Solo di Rumah Blogger Indonesia tahun lalu.
Jelasnya, Yesus juga selalu hadir sebagai sabda yang mewartakan "bonum/kebaikan" dan bukan "malum/kejahatan".

Adapun kita diajak untuk menjadi "verbum bonum" dengan 3 karakter "wartawan", yakni "punya WARna, punya cinTA dan punya kaWAN", antara lain:

1."Punya WARna": 
Ia mengajak kita untuk berani punya "kualitas" dengan memberi warna dalam kehidupan harian kita. Seperti Yesus yang memberi warna dengan berani "meninggalkan" Nazareth, kitapun bersama dengan para murid pertamaNya, yakni Simon-Andreas Yakobus dan Yohanes juga diajak ikut memberi warna dengan berani hidup baru: meninggalkan dan menanggalkan "jala"/dunia lama kita dan mengikuti Tuhan setiap hari, dari nelayan menjadi pelayan, penjala ikan menjadi penjala manusia.

2."punya cinTA": 
Ketika Yesus berkata: "Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia”, mereka ber-4 segera meninggalkan jala dan mengikuti Yesus. Hal ini didasari karena mereka punya "karitas"/cinta kepadaNya, karena Yesus juga punya "karitas"/cinta kepada mereka: Yesus berkeliling, mengajar dan memberitakan Injil Kerajaan Allah. Ia juga melenyapkan segala penyakit kelemahan banyak orang. Hidupnya penuh "karitas" bagi semua orang lain karena selalu ber-nada dasar C, CINTA.

3."punya kaWAN": 
Yesus menekankan semangat "komunitas". Ia memanggil Simon bersama Andreas. Ia mengajak Yakobus bersama dengan Yohanes. Ia menghadirkan sebuah kesadaran awal perlunya bekerjasama dengan semua pihak yang berkehendak baik. Ia mengajar kita untuk tidak berpola "single fighter" tapi mau mengajak melibatkan, memberdayakan tapi tidak memperdayakan orang lain dalam setiap perbuatan baik.

"Cari sagu cari louhan - Hari Minggu harinya Tuhan."

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar