Ads 468x60px

Minggu 30 Juni 2013

"Contemplatio ad amorem."
1 Raj 19:16b.19-21; Gal 5:1.13-18; Luk 9:51-62

"Contemplatio ad amorem - Kontemplasi untuk mendapatkan cinta". Itulah sesion yang biasa saya buat di hari terakhir retret supaya limpahan cinta Tuhan boleh tinggal dan hidup di hati/karya harian kita. Mengacu pada bacaan hari ini, Tuhan juga mengajak kita untuk memiliki cinta sejati kepadaNya, sebuah cinta yang berdimensi "veritas/kebenaran" (figur Elisa), "libertas/kebebasan" (figur Paulus) dan "totalitas/kepenuhan" (figur Yesus) dalam menghayati panggilan sebagai "nabi" (bac I), sebaga "anak Allah"dan sebagai "murid Yesus" (Injil). 


Adapun 3 kalimat dari Yesus yang bisa kita renungkan supaya kita miliki "veritas-libertas dan totalitas", al: 

1. "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang tapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepalaNya": Ia mengajak kita untuk "lepas bebas", tidak lekat/hanyut-larut pada kemapanan status dan privilege/fasilitas. 

2. "Biarlah orang mati menguburkan orang mati tapi engkau pergilah dan beritakan Kerajaan Allah dimana-mana": Ia mengajak kita untuk selalu mengutamakan Tuhan dan memiliki "skala prioritas", tidak suam suam kuku, tidak setengah-setengah dan tidak menunda-nunda setiap karya baik. 

3. "Setiap orang yang siap membajak tapi menoleh ke belakang tidak layak untuk Kerajaan Allah": Ia mengajak kita untuk mempunyai "kualitas", on track", selalu berfocus pada tujuan dasar, tidak plin plan dan tidak mudah diombang ambing oleh tawaran dunia, berhati tegas dan tulus walau kadang ditolak/difitnah/disingkirkan karena sentimen/kelicikan orang lain. 

"Cari bantal di Tarsus - Mari total ikut Yesus."
Tuhan memberkati dan Bunda merestui.
Fiat Lux!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar