Ads 468x60px

Rabu 19 Juni 2013


"Zelo zelatus sum pro Domino Deo exercituum - Aku bekerja segiat-giatnya demi kemuliaan Tuhan semesta alam".

Pekan Biasa XI
2 Kor 9:6-11; Mat 6:1-6.16-18

"Zelo zelatus sum pro Domino Deo exercituum-Aku bekerja segiat-giatnya demi kemuliaan Tuhan semesta alam". Inilah motto yang saya dapatkan di pintu masuk sebuah sekolah Katolik tertua di Malang, yakni SMA St Albertus Dempo ketika saya memberi retret tahunan untuk para guru dan beberapa bruder/suster Karmelit disana.

Nah, mengacu pada bacaan hari ini, setidaknya ada 3 hal dasar yang bisa kita lakukan untuk kemuliaan Tuhan yakni "PDA - Puasa Doa + Amal". Dengan puasa, kita diajak untuk lebih bersabar; dengan doa, kita diajak untuk lebih beriman; dengan amal, kita diajak untuk lebih berbagi. Ke 3 hal ini, bersabar-beriman dan berbagi tentunya dimaksudkan semata mata demi kemuliaan Tuhan atau dalam bahasa para suster Ursulin, "Soli Deo Gloria," karena kita lakukan dengan hati yang tulus/"munajat". Di lain matra, Yesus hari ini juga mengatakan tentang sikap yang dibenciNya karena jelas tidak memuliakan nama Tuhan semesta alam adalah sikap yang penuh akal bulus/"munafik".


Dalam buku saya, "TANDA" (Kanisius), ada 3 indikasi dasar orang munafik, al: "MUlutnya pedas-NAlurinya iri + FIKirannya negatif." Bersama teladan iman yang saya dapat dari motto sekolah Dempo Malang hari ini, marilah kita juga semakin giat ber"PDA", berpuasa berdoa + beramal secara tulus, dan semakin giat juga menanggalkan sikap-sikap munafik yang penuh akal bulus, sehingga dengan perbuatan baik + ketulusan hati, namaNya semakin dimuliakan dan hidup kita semakin diselamatkan.

"Belajar Kalkulus bersama Romo Sixtus –
 Jadilah orang yang berhati tulus seperti Kristus."

Tuhan memberkati + Bunda merestui. Fiat Lux!
(@RomoJostKokoh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar