Ads 468x60px

Senin 24 Juni 2013

"Imago et similitudo Dei

Hari Raya Kelahiran Yohanes Pembabtis

Yes 49:1-6, Kis 13:22-26; Luk 1:57-66,80

"Imago et similitudo Dei-Citra+cerminan Allah." Inilah kesadaran awal yang harus selalu  kita ingat dan buat dalam lika liku keseharian hidup. Bersama dengan kelahiran nabi besar Kitab Suci Perjanjian Baru, Yohanes Pembaptis (Ibr: Allah yg menganugerahi) yang kita rayakan hari ini, adapun tiga peran dasarnya supaya kita juga selalu bisa menjadi citra dan cerminan Allah seperti yang saya tulis dalam buku "TANDA" (Kanisius), al:

1."Model": Yohanes Pembabtis adalah model/teladan iman yang penuh kerendahan hati (HUMILITAS): "Aku bukanlah Dia yang kamu sangka tapi Ia yang akan datang kemudian daripadaku. Membuka kasut dari kaki-Nyapun aku tidak layak". Hati dan hidupnya sederhana tapi kaya makna karena ia benar-benar mau miskin di hadapan Allah dan sesamanya: "IA harus makin besar dan aku harus makin kecil."


2."Messenger": Ia datang sebagai nabi (naba: kabar), agen dan juru bicaranya Allah. Ia berseru di padang gurun sambil membawa pesan kebenaran (VERITAS): "Bertobatlah dan luruskan jalan bagi Tuhan. Kerajaan Allah sudah dekat." Ia adalah orang yang berani, jujur dan berkomitmen total untuk mewartakan pesan kenabian/profetik walau kadang mendapat stigmatisasi/dicap buruk, marginalisasi/disingkirkan dan victimisasi/dikambinghitamkan oleh pelbagai intrik dari orang yang iri dan dengki pada kehadirannya sebagai pembawa kebenaran.

3."Mediator": Ia menjadi "perantara" para muridnya untuk bisa berjumpa dengan Yesus. Ia tidak mencibir/marah/kecewa/iri hati dan dengki ketika para muridnya berpindah/beralih+mengikuti Yesus karena hatinya tulus, lurus dan penuh kasih sejati (CARITAS): "Lihatlah Anak Domba Allah". Ia sadar bahwa tugasnya adalah semacam "vord raider", pembuka jalan kasih bagi "yang Ilahi" berjumpa dengan "yang insani". Ia hanyalah "instrumen cum Deo", pensil di tangan Tuhan. Sudahkah kita juga menjadi "model-messenger dan mediator"?

"Makan bihun dan lotis - Selamat ulangtahun buat Yohanes Pembaptis."


Tuhan memberkati dan Bunda merestui. Fiat Lux! (@RomoJostKokoh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar