Ads 468x60px

Senin 8 Juli 2013


“Gaudere cum gaudentibus et fiere cum fientibus”
Kej 28:10-22; Mat 9:18-26

“Gaudere cum gaudentibus et fiere cum fientibus - Bersukacitalah dg yg bersukacita+menangislah dengan yang menangis”. Inilah kata pembuka “Gaudium et Spes” bahwa Tuhan selalu hadir dalam suka/duka asal kita memiliki iman yang kokoh. Kemarin sore, saya mempersembahkan misa arwah untuk seorang ibu tua dari Madura, Maria Suwarni (“SUkacita WARtakan yang diimani”). Kitapun diajak untuk selalu memiliki “SUkacita WARtakan yang diimani” karena Tuhan kita adalah Tuhan yang hadir di tengah hiruk pikuk dan ruwet renteng hidup harian. Apa itu iman? Iman (Yun: "πίστις", "pistis", Lat: fides) yang tercatat sebanyak 155x adalah rasa percaya kepada Tuhan: dasar dari segala yang kita harapkan dan bukti dari segala yang tidak kita lihat (Ibr 11:1): Nil sine numina - Tak ada yang dapat terjadi tanpa kehendak Ilahi. Mengacu pada bacaan hari ini, iman mempunyai 3 tabiat seperti yang saya tulis dalam buku “BBM”, al:


1.Menguatkan: “Tuhan ada disini.” Inilah kata-kata Yakub yang “Yakin Akan Kuasa Umat Beriman.” Ia juga mengambil batu yang dipakainya sebagai alas kepala dan mendirikannya menjadi tugu. Yakub merasa dikuatkan oleh Tuhan. Imannya dinyatakan: Saya mendengar dan saya lupa. Saya melihat dan saya ingat. Saya lakukan dan saya paham: “Quien a Dios tiene, nada le falta, siapa yang memiliki Allah ia tidak kekurangan.

2.Menghidupkan: "Anakku baru saja meninggal tapi datang dan letakkanlah tanganMu maka ia akan hidup." Inilah kata-kata kepala rumah ibadat. De facto, banyak orang takut mengatakan apa yang mereka inginkan - Itulah kenapa mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. Bukankah keberimanan jug sama seperti air dalam tanah: Bila kita cukup menggali yang kita dapat adalah air bersih dan jernih. 

3.Menyembuhkan: "Asal kujamah jumbai jubahNya, aku sembuh.” Itulah kata-kata iman yang diucapkan dalam hati seorang wanita yang sudah 12 tahun sakit. Ia menaruh harapan: “In te, Domine speravi. Hatinya yang penuh iman membuatnya dibebaskan dan disembuhkan: Adauge nobis fidem Tambahkan iman kami!

“Cari bahan di Payakumbuh – Bersama Tuhan kita sembuh.”

Tuhan memberkati dan Bunda mrestui. Fiat Lux!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar