Ads 468x60px

Minggu Adven

HARI MINGGU ADVEN I (30 November - 6 Desember)
Tokoh Kita Minggu ini : St. Nikolaus
Kita merayakan pesta St. Nikolaus pada tanggal 6 Desember. Sebagian orang di belahan bumi yang lain saling memberikan hadiah pada hari ini dan tidak pada hari Natal. 

St. Nikolaus hidup sekitar 1700 tahun yang silam, jadi kita tidak tahu banyak mengenai kisah hidupnya. Namun demikian, kita punya banyak kisah dan legenda yang diwariskan selama bertahun-tahun. Nikolaus seorang Uskup Myra (terletak di negara yang sekarang disebut Turki). Ia terkenal karena suka memberikan uang dan hadiah-hadiah kepada orang-orang miskin.

Sementara kalian menyalakan lilin ungu yang pertama, doakanlah mazmur di bawah ini bersama:
Kepada-Mu, ya Tuhan, kuangkat jiwaku.
Tunjukkan padaku jalan-Mu
dan tuntun aku untuk mengikuti-Mu;
bimbing aku seturut kebenaran-Mu
dan ajarlah aku. (Mazmur 25)

Aktivitas: Coba cari cara di mana kamu dapat secara diam-diam berbuat baik kepada para anggota keluargamu selama Masa Adven. Mungkin kamu dapat merapikan tempat tidur atau melipat baju, atau membuang sampah tanpa disuruh. Atau mungkin juga kamu dapat menggantungkan jaket yang ditinggalkan begitu saja.

HARI MINGGU ADVEN II (7 Desember - 13 Desember)
Tokoh Kita Minggu ini : St. Maria, Bunda Yesus

Kita merayakan dua pesta Bunda Maria dalam minggu ini. 8 Desember adalah Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Dosa. Pesta ini merupakan perayaan wajib, artinya kita merayakannya dengan pergi ke Misa seperti pada hari Minggu. Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Dosa artinya bahwa sejak saat paling awal hidupnya, Maria dihindarkan dari segala dosa.

Pada hari Jumat 12 Desember, kita juga merayakan Pesta Santa Perawan Maria dari Guadalupe. 

Bunda Maria adalah orang pertama yang menyambut Yesus, jadi pastilah ia dapat membantu kita mempersiapkan diri menyambut kedatangan-Nya kembali.

Sementara kalian menyalakan dua lilin ungu, doakanlah ini bersama:
Siapkan jalan bagi Tuhan,
luruskan jalan-Nya.
Kiranya semua orang akan melihat
keselamatan yang dari Allah. (Yesaya 40: 3,5)

Aktivitas: Coba cari cerita tentang Bunda Maria dari Guadalupe (kalian dapat minta tolong pendamping bina iman kalian atau mencarinya di perpustakaan). Kemudian buatlah gambar atau lukisan tentangnya. Jika kalian punya kain kanvas, kalian bisa menggambar di atasnya, seolah menggambar di atas tilma St. Juan Diego.

HARI MINGGU ADVEN III (14 Desember - 20 Desember)
Tokoh Kita Minggu ini : St. Yohanes Pembaptis
Dalam Injil hari Minggu, kita membaca kisah tentang St. Yohanes Pembaptis. Tugasnya adalah membantu orang banyak mempersiapkan kedatangan Yesus. Yohanes mewartakan kepada setiap orang agar menyesali dosa-dosa mereka. Mereka yang ingin hidup dengan lebih baik bertanya kepada Yohanes, “Apakah yang harus kami lakukan?” Kemudian Yohanes memberikan nasehat yang berguna bagi mereka. Ia menasehatkan agar mereka saling berbagi dengan yang lain. Ia mengatakan agar mereka jangan menipu atau menindas orang lain.

Sementara kalian menyalakan dua lilin ungu dan lilin merah muda, doakanlah ini bersama:
Terpujilah Tuhan, Allah Israel!
Ia telah datang untuk menyelamatkan umat-Nya.
Allah kita telah mengaruniakan seorang Juruselamat yang menakjubkan
dari keturunan Daud, hamba-Nya (Lukas 1:68-69)

Aktivitas: Bacalah kisah tentang St. Yohanes Pembaptis dalam Injil Lukas, bab 3, ayat 10 sampai dengan 16. Buatlah cerita bergambar tentang Yohanes Pembaptis yang sedang berkhotbah kepada orang banyak. Gambarkan pula tanggapan mereka. (Minggu ini merupakan saat yang tepat bagi kalian untuk menerima Sakramen Pengakuan Dosa sebelum Natal tiba!)

HARI MINGGU ADVEN IV (21 Desember - 24 Desember)
Tokoh Kita Minggu ini : St. Elisabet

Tokoh kita minggu ini adalah St. Elisabet, ibunda dari tokoh kita minggu lalu. Kalian dapat membaca kisah tentang Elisabet dan suaminya, Zakharia, dalam Injil Lukas, bab satu. St. Elisabet adalah sepupu Maria, Bunda Yesus. Ia dan suaminya telah lanjut usia, tetapi belum dikaruniai anak. Seorang malaikat menampakkan diri kepada Zakharia dan mengatakan kepadanya bahwa isterinya akan melahirkan seorang putera. Sulit bagi Zakharia untuk mempercayai hal ini. Tetapi, memang benar demikian. Elisabet sangat bahagia. Begitu Maria mengetahui bahwa Elisabet sedang mengandung, Maria segera datang untuk menolongnya. Ketika Elisabet melihat Maria, ia penuh dengan Roh Kudus dan memuji Tuhan oleh karena kebaikan dan kasih-Nya.

Sementara kalian menyalakan semua lilin, doakanlah ini bersama:

Dengan segenap jiwaku, aku memuliakan Tuhan,
dan aku bergembira karena Allah Juruselamatku.
Tuhan menolong Israel, hamba-Nya
dan senantiasa mencurahkan rahmat bagi umat-Nya. 
(Lukas 1:46-47,54) 

Aktivitas: Renungkan perjumpaan istimewa antara Maria dan Elisabet. Maria ingin menolong Elisabet. Elisabet mengetahui betapa istimewanya Maria. Maria dan Elisabet mempunyai hubungan yang sangat istimewa. Mintalah pada Bunda Maria dan Elisabet agar membantumu menjadi seorang sahabat bagi keluargamu dan juga bagi teman-temanmu. Coba pikirkan akan seorang teman yang mungkin membutuhkan pertolonganmu hari ini. Pikirkan cara bagaimana kalian dapat membawa Yesus kepada sesama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar