Ads 468x60px

Jumat 31 Januari 2014

Pw. St.Yohanes Bosco
2 Sam 11:1-2.4a.5-10a.13-17; Mzm 51:3-7.10-11; Mark 4:26-34.


" Haec est Domus Mea; Inde Gloria Mea-Inilah RumahKu; darinyalah KemuliaanKu akan terpancar!" Inilah salah satu kalimat harapan dari St Yohanes Bosco yang kita kenangkan hari ini. Ia adalah pecinta dan pemerhati orang muda sekaligus pendiri tarekat salesian (SDB) yang dekat dengan Bunda Maria. Nah, bersama dengan teladan Don Bosco dan perayaan IMLEK hari ini, kita juga bisa sekaligus mengenangkan 3 panggilan dasar, antara lain: 

1."Menjadi kaya": Gong xi fat chai! Inilah sebuah ungkapan khas Tionghoa yang arti harafiahnya bisa berarti "semoga anda menjadi kaya." Kita diajak untuk menjadi orang yang "kaya, yang "KAsihi Tuhan dan YAkini iman", dengan punyai "harta benda", yakni: "HARapan - cinTA - keBENaran dan keDAmaian" di tengah gulat geliat hidup bersama. 

2."Menjadi bercahaya": Im= bulan, Lek= penanggalan. Lihatlah bulan, ia selalu bercahaya bukan? Ia memberikan terang keteduhan dan ketenangan. Kita diajak mengingat bahwa imlek menjadi momentum yang bercahaya, teduh dan damai, ketika musim dingin mulai beralih ke musim semi, ketika semua orang mulai saling berbagi kasih dan kisah yang meneduhkan, ketika kata menjadi sapa dan ketika cerita menjadi cinta. Yang pasti, bukankah dengan selalu memberi, hidup kita menjadi lebih bercahaya? 

3."Jadilah berdaya": Kuda! Inilah nama shio tahun ini. Kuda yang "KUat + tak bernoDA" adalah hewan yang penuh daya. Ia kerap menjadi tunggangan para pendekar sampai wisatawan. Ia cepat berlari dan kuat menanggung beban. Ia tidak banyak bicara tapi menginspirasi dan mengilustrasi banyak orang karena hidupnya selalu bergerak dan berdaya. Dengan karakter dan parameter kuda, kita diajak menjadi orang beriman yang punya daya, yang berguna bagi yang lain, menjadi berkat bukan laknat, menjadi batu loncatan dan bukan batu sandungan. 

"Ada rayap makan bakpau - Mohon maaf kagak ada angpau." 

Tuhan memberkati + Bunda merestui. 
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar