Ads 468x60px

Rabu 15 Januari 2014

1 Sam 3:1-10.19-20; Mzm 40:2.5.7-8a.8b-9.10; Mark 1:29-39.

"Virtus stat in medio-Keutamaan itu ada di tengah." Inilah sebuah keyakinan khas Aristotelian bahwa keutamaan itu berarti kebijaksanaan jalan tengah, misalnya: "keberanian" itu ada di tengah-tengah antara kenekatan dan kepengecutan atau "kehati-hatian" itu ada di tengah-tengah antara keragu-raguan dan kecerobohan. Ia ada di tengah-tengah tapi bukan berarti setengah-setengah. Inilah juga yang diajarkan Yesus pada hari ini. Ia menekankan hidup yang penuh dengan keutamaan dan keseimbangan antara "dokar"- doa + karya.

Bersama dengan keutamaan ilahi ini, adapun tiga semangat dasar para "founding father" yang bisa kita ingat, antara :

1."Ora et labora": Berdoa + bekerja. Inilah kalimat khas St Benediktus ktika melihat hdp Yesus yang integral, utuh penuh dan menyeluruh. Ia sibuk dalam hidup karya: Ia menyembuhkan banyak orang sakit dan mengusir banyak setan tapi Ia juga tetap memberikan waktu untuk hidup doa: Waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke tempat sunyi untuk berdoa. Ia meyakini bahwa dua pilar ini, doa an karya harus saling melengkapi. Ia mengajak kita tidak hanya sibuk berkarya/sibuk untuk Tuhan tapi juga sibuk berdoa/sibuk dengan Tuhan.

2."Ad maiorem Dei gloriam": Demi semakin besarnya kemuliaan nama Tuhan. Inilah spiritualitas dari Santo Ignatius Loyola yang mengajak kita untuk membawa semua doa + karya kita sebagai persembahan yang hidup kepada Allah: Apa yang kita persembahkan dalam "altar doa" kita bawa dalam "pasar karya" dan sebaliknya apa yang kita geluti di "pasar karya" kita bawa di "altar doa".

3."Deus meus et omnia": Allahku dan Allah semua. Inilah salah satu semangat dasar Santo Fransiskus Asisi yang menjadikan Allah sebagai sentral/pusat segala doa dan karya kita bersama sesama dan semesta. Allah menjadi "Yang Pertama" bagi kita dan bagi semuanya, bagi doa dan karya kita. "

Ada srikaya dan macam-macam buah-buahan - Mari berkarya bagi kemuliaan Tuhan."
Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar