Ads 468x60px

Senin 13 Januari 2014

1 Sam 1:1-8; Mzm 116:12-13.14.17.18-19; Mark 1:14-20.

"Homo studentes-Manusia Pembelajar." Inilah salah satu ciri khas filsafat manusia yg menekankan dimensi manusia untuk terus menerus belajar. Kitapun juga diajak untuk terus belajar pada Yesus bersama dengan teladan 4 murid pertamaNya, Petrus-Andreas-Yakobus dan Yohanes.
Beberapa beberapa sifat dasar seorang manusia pembelajar yg ditampilkan,
al:

1."Bekerja".
Ketika Yesus sedang berjalan menyusur Danau Galilea, Simon dan Andreas sedang bekerja menebarkan jala sedangkan Yakobus & Yohanes sedang membereskan jala. Mereka ditemukan Tuhan dalam keadaan aktif, bekerja dan tidak bermalas-malasan.

2."Bersaudara":
Petrus dan Andreas adalah kakak beradik (anak dari Yonas) sedangkan Yakobus dan Yohanes adalah kakak beradik (anak dari Zebedeus). Mereka tidak bekerja sendirian tapi ada bersama dengan semangat persaudaraan (unio/kolegialitas).

3."Berubah":
Yesus yg memanggil mereka berkata: "Mari, ikutlah Aku. Tampak bahwa mereka siap berubah/"change" utk menangkap "chance" kesempatan dan membuat "choice"/pilihan: dari penjala ikan menjadi penjala manusia, dari nelayan menjadi pelayan, dari hamba menjadi sahabat, dari manusia lama ke manusia baru. Kesiapan mereka utk berubah terindikasikan dari kesigapan mereka utk segera "meninggalkan jalanya" (pola hidup lama) dan "mengikuti Yesus" (pola hidup baru). Sudahkah kita juga terus belajar untuk bekerja-bersaudara dan berubah?

"Cari rubah di Taman Safari - Mari berubah dan beriman setiap hari."
Tuhan memberkati  + Bunda Merestui
Fiat Lux (Romo Jost Kokoh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar