Ads 468x60px

Sabtu 08 Februari 2014

Pekan Biasa IV
1 Raj 3:4-13; Mzm 119:9-14; Mark 6:30-34.

"Opus Dei - Karya Tuhan." Inilah nama sebuah kelompok super ordo yang didirikan oleh seorang imam diosesan dari Spanyol, Jose Maria Escriva. Mereka mencoba untuk mencari mencapai kesucian lewat karya dan hidup sehari-hari di tengah dunia. Mengacu pada bacaan injil hari ini, kitapun diajak ber-opus dei dan mencapai kesucian di tengah dunia harian, "seeking holiness in the world" dengan beberapa indikasi dasar, antara lain:

1."Semangat misi": Yesus mengutus murid-muridNya untuk mewartakan Injil (Yun: kabar baik). Kita pun diutus untuk selalu siap pergi dan mewartakan kebaikanNya dengan menjadi injil yang hidup lewat kata dan tindakan nyata kita.

2."Semangat inkorporasi: Setelah menunaikan misi, mereka kembali berkumpul dan bersatu, ber-"inkorporasi" dengan Yesus dan memberitahukan kepadaNya semua yang mereka kerjakan dan ajarkan. Semangat ini sendiri melahirkan suatu ruang relasi dan komunikasi yang saling meneguhkan sebagai satu kawanan dengan satu perjuangan.

3."Semangat internalisasi": Ia mengajak para murid untuk pergi ke tempat yang sunyi. Inilah sebuah proses pengendapan/pembatinan atas segala aksi kita. Ia mengajak kita untuk ber-refleksi sekaligus berkontemplasi, mengambil waktu hening/waktu berkualitas supaya kita tidak mudah "turun mesin" dan "kehabisan bahan bakar." Ia mengajak kita untuk selalu mengambil jarak dan beristirhat supaya tidak "burn out" (kelelahan) di tengah rutinitas kerja dan karya harian kita.

"Cari srikaya di Kramat Jati - Mari berkarya dengan sepenuh hati."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar