Ads 468x60px

Sabtu 22 Februari 2014

Pesta Tahta St. Petrus
1 Petrus 5:1-4; Mzm23:1-3a.3b-4.5.6; Matius 16:13-19. 

"Pastor bonus - Gembala Baik!" Inilah salah satu keutamaan dasar yang dikenangkan ketika Gereja merayakan pesta tahta suci kepausan/Santo Petrus. Petrus yang adalah paus pertama kita, "pastor bonus"+ yang identik dengan pemegang  "kunci surga" ("Kuasa Untuk Nampakkan Cinta Ilahi") memberikan 3 semangat dasar supaya kita semua juga bisa mempunyai "kunci", "kuasa untuk menampakkan cinta ilahi", antara lain:

1."Servant": Hamba. Ia mengajak kita untuk rendah hati menggembalakan karena didorong oleh semangat pengabdian, bukan untuk mendapatkan keuntungan/ketenaran pribadi seperti motto kepausan "servus servorum/hamba segala hamba." Adapun 3 ciri pokok seorang "servant", yakni: melayani/service, mendukung/support dan memberdayakan/empowerment.

2."Shepherd": Gembala. Ia ajak kita menggembalakan dengan murah hati, yakni sukarela, bukan karena terpaksa/sukar-rela, mempunyai "intentio pura" (tulus) bukan "intentio pura-pura" (penuh akal bulus) sehingga benar-benar menjadi "pastor aeternus/gembala abadi. Adapun 3 ciri pokok "shepherd", yakni:  peduli/caring, berani/courage dan berbelarasa/compassion.

3."Steward": Minister, Ia mengajak kita menjadi gembala yang baik hati, yang  tidak suka banyak memberi perintah tetapi yang banyak menjadi model dan memberi teladan, yang tidak suka memberi instruksi tapi banyak berkomunikasi. Adapun 3 ciri pokok "steward" yakni: dapat dipercaya/trustworthy, dapat bertanggungjawab/responsibility, dapat digugat/accountability.

"Mas Wayan mencari pita - Jadilah pelayan dengan penuh sukacita."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar