Ads 468x60px

Minggu 09 Maret 2014

Minggu Prapaskah I
Kej 2:7-9.3:1-7; Mzm 51:3-4.5-6a.12-13.14-17; Rom 5:12-19; Mat 4:1-11 

"Consuetudinis vis magna est-Pengaruh sebuah kebiasaan itu luar biasa!" Yesus mengajak kita untuk biasa bertahan dan biasa teruji mengatasi setiap godaan yang biasa datang dan pergi di hidup kita. Biasanya, godaan itu selalu "mengundang" tapi tidak "memaksa", karena biasanya godaan kerap ada dalam dua tegangan: "bisa tapi tidak boleh" atau "tidak boleh padahal bisa". Selain itu, godaan yang datang berkali-kali itu juga biasanya datang dari kelemahan tapi bisa juga datang dari kelebihan dan kemampuan kita. Nah, adapun 3 kebiasaan yang bisa kita buat supaya biasa dan teruji mengatasi aneka godaan, terlebih godaan "kenikmatan-kesombongan dan kekayaan" seperti yang dialami Yesus, antara lain: 

1."NING": "WENING", Seperti Yesus yang mencintai keheNINGan, kita juga diajak berani "mengambil jarak", "weNING/hening",  menggambarkan batin yang jernih karena selalu reflektif/introspektif, "eling lan waspada, sadar dan mawas diri, tidak hanyut dan larut pada kebisingan harian tapi mau terus ber-"mati raga", "mematikan" diri sehingga tidak diperbudak oleh kelekatan yang rendah dan tidak teratur. 

2."NENG": "MENENG". Tidak seperti Yesus yang "diam", banyak orang sekarang mudah ribut dan menjadi "pepesan kosong", "besar mulut" daripada "lebar telinga", suka berbicara dan kurang berbelarasa, mudah panik dan sulit tenang, asyik berbagi gosipan dan sulit berbagi pujian. Disinilah kita diajak untuk berani "tapa banyuara", mampu mengontrol mulut dan berhati hati dengan perkataan kita, tidak mudah terpancing/"ora kagetan" dan tidak mudah terheran/"ora gumunan". 

3."NUNG": Yesus "duNUNG". Ia tahu arah dan orientasi hidup yang benar, sadar akan "sangkan paraning dumadi/asal dan tujuannya" sehingga dapat memilih dan memilah secara bijaksana. Yesus juga memberikan dua cara, yakni: berpegang pada Sabda Tuhan (untuk menangkis iblis, Ia mengatakan, "ada tertulis di kitab suci") serta bersikap tegas untuk menolak kejahatan dan tipu daya iblis (untuk mengusir iblis, Ia berkata: "Enyahlah Iblis!).

 "Ada keju buat pak Dirman-Mari maju sbg org yg beriman." 
Tuhan memberkati + Bunda merestui. 
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh). 

PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar