Ads 468x60px

Kamis 10 April 2014

Kej 17:3-9; Mzm 105:4-5.6-7.8-9; Yoh 8:51-59.

"Alpha et omega - Awal dan akhir." Inilah salah satu gelar untuk Kristus seperti yang dinyatakan pada malam paskah: "Kristus dahulu dan sekarang, awal dan akhir, alfa dan omega, milikNyalah segala masa dan segala abad. KepadaNyalah kemuliaan dan kekuasaan sepanjang segala masa". Melalui Yesus sebagai awal dan akhir, kita dijanjikan sebuah keselamatan dimana janjinya adalah kesetiaan yang sebenarnya memiliki 3 makna dasar, antara lain:


1."Setia = Faithful" (Bhs Inggris) yang dibentuk dari kata dasar “faith/iman”. Dengan kata : kesetiaan terkait-paut dan terjalin-erat dengan dimensi iman. Kesetiaan mengindikasikan kualitas hidup kita sebagai orang beriman yang berkomitmen.

2."Setia= “SElalu Taat dan Ingat Allah.” Kata “selalu” mengandaikan kontinuitas/konsistensi: sama di setiap tempat dan setiap saat: entah suka/duka, pahit/manis, untung/malang, sehat/sakit. Kata "taat" menandakan sebuah sikap merendah/patuh dimana pada waktu sukar, ia terus patuh dengan pelbagai perintah ilahi. Dan, kata "ingat" mengajak kita untuk tetap berharap, bila keadaan dan segala sesuatu tidak menguntungkan/tidak mendatangkan hasil, kita tetap ingat pada janji Tuhan: “Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, namun aku akan bersorak-sorak di dalam Tuhan, bersukaria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.” (Habakuk 3: 17).

3."Setia = Sifat ilahi". Dalam bahasa pemazmur: “Tuhan adalah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia.” (Maz 103:8). Disinilah kita diajarkan bahwa: "tujuan hidup adalah melakoni hidup dengan tujuan/the purpose of life is to live a life of purpose." Dalam bhs Bunda Teresa: “kita tidak dipanggil melulu untuk sukses tapi untuk setia.” Siapkah?

"Dari Patavia ke Tarsus - Orang setia disayang Tuhan Yesus."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar