Ads 468x60px

Minggu 13 Juli 2014

Yes. 55:10-11; Mzm. 65:10abcd,10e-11,12-13,14;  Rm. 8:18-23;  Mat. 13:1-23.

"Virtus - Keutamaan". Inilah yang diwartakan Yesus lewat perumpamaan tentang penabur: "Barangsiapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan!” Adapun 3 permenungan intinya, antara lain:


1."Penabur": Yesus adalah penabur yang setia mewartakan damai dan kebaikan (pax et bonum) kepada semua orang, di setiap tempat dan saat. Damai dan kebaikannya bersifat "universal", diperuntukkan bagi semua orang. Inilah sebuah semangat "keterbukaan": Syukurilah!

2."Tanah": Ada 4 macam tanah yang diangkatNya: ada yang di pinggir jalan - ada yang berbatu batu-ada yang di tengah semak duri dan ada juga yang menjadi tanah yang baik. Realnya: Kita kadang menjadi orang dengan kombinasi tanah: kadang di pinggir jalan (sibuk dan larut hanyut dengan hiruk pikuk dunia), di tanah berbatu (imannya dangkal/tidak mendalam), di tengah semak duri (terhimpit oleh banyak kekuatiran dan daya pikat dunia). Idealnya: Kita diajak terus berjuang menjadi "tanah yg baik", yang subur, yang tidak hanya siap berakar dalam iman dan bertumbuh dalam persaudaraan tapi juga selalu berbuah nyata dalam pelayanan. Inilah sebuah semangat "kesaksian" di tengah gereja dan masyarakat: Perjuangkanlah!

3."Benih": Dalam bahasa Latin, benih berarti "semen", dan tempat menabur benih adalah "seminarium". Institusi Gereja mempunyai banyak lembaga untuk "seminari menengah dan seminari tinggi" tapi tidak mempunyai "seminari dasar" karena yakin bahwa seminari dasar itu ada di "keluarga" kita masing-masing. Hari ini, Ia mengajak kita "back to basic", kembali ke seminari dasar, bernama keluarga. Bagaimana relasi kita dengan pasangan, anak dan orangtua kita sendiri? Bagaimana kita bisa membuat pelbagai benih damai dan kebaikan itu terus subur melimpah-ruah di tengah keluarga kita masing-masing? "Inilah sebuah semangat "kebersamaan", bahwa iman katolik itu berdimensi sosial, kita menjadi orang beriman bersama para anggota keluarga juga: Wartakanlah!

"Cari bubur di Gunung Sahari-Mari menabur kasih setiap hari."

Tuhan memberkati + Bunda merestui. 
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh)

PIN HIK: 752D878C.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar