Ads 468x60px

Sabtu 26 Juli 2014

Pekan XVI.
Pw St Yoakim + St Anna, Orangtua St Perawan Maria
Sir 44:1, 10-15; Mat 13: 16-17

"Pater et mater- Ayah & ibu". Bersama teladan Anna & Yoakim yang adalah bapak dan ibu Bunda Maria, kita diajak mengenal dua sikap dasar, antara lain:

1.Yoakim (“Persiapan bagi Tuhan”): Dalam bahasa Inggris ditulis Joachim (Ibr: יְהוֹיָקִים Yəhôyāqîm; Yun Ἰωακείμ Iōākeím), "dia yang telah mendirikan YHWH" atau “persiapan bagi Tuhan". Ia digambarkan sebagai seorang pria saleh, yang secara teratur berderma kepada orang miskin di Sepforis. Sebagai suami, “suara yang mengayomi”,  ia juga selalu mengajak Anna berziarah ke Bait Allah Yerusalem.

2.Anna ("Rahmat/Karunia"): Dalam bahasa Inggris Saint Anne (Ibr: Hannah חַנָּה, ), yang berarti "kasih karunia/rahmat". Adapun Anna mandul sebelum diberitahukan oleh malaikat bahwa satu-satunya anak perempuan akan dilahirkan olehnya di usianya yang sudah tua. Inilah rahmat itu! Pastinya, gaya hidup mereka bersahaja. Rumahnya juga sederhana dengan atap datar dan batu karang dari bebukitan menjadi tembok belakang rumah mereka.

Mereka menjadi orangtua yang setia menjalankan kewajiban-kewajiban agamanya serta dengan ikhlas mengasihi Allah dan sesamanya. Oleh karena itu, mereka layak di hadapan Allah untuk turut serta dalam karya keselamatan Allah. Bagaimana dengan kita?

"Ikan louhan di Senayan - berkat Tuhan untuk kita sekalian."
Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).
PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar