Ads 468x60px

Selasa 05 Agustus 2014

Pekan XVIII
Yer 30:1-2.12-15.18-22Mat 15:1-2, 10-14

"Bona diagnosis bona curatio - Diagnosa yang baik adalah juga obat yang baik." Inilah salah satu kutipan medis dalam bahasa latin yang secara tidak langsung mengajak kita untuk memilih dan memilah secara bijaksana. Hal ini juga berlaku dalam pemahaman terhadap hukum ilahi, karena sebenarnya hukum itu mempunyai arti yang baik, yakni: "Hadir Untuk Keselamatan Umat Manusia."


De facto, di tengah banyak orang yang menyalahgunakan hukum demi kepentingannya sendiri, Tuhan mengajak kita melihat esensi bukan dekorasinya, melihat inti dan bukan aturannya belaka, karena tepatlah kataNya: "Bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang melainkan yang keluar dari mulut!" Dengan kata lain: Ia mengajak kita untuk menjadi orang yang tulus hati dan tidak suka menyakiti, yang selalu mau memahami dan tidak suka menghakimi. Ia menegur orang yang mudah menganggap orang lain "najis". 

Adapun yg kerap dicap najis, antara lain: pemungut cukai-pendosa-orang kusta, wanita dan penyakitan, mayat dll) padahal sebenarnya  "menyentuh" sesuatu yg najis itu tidak membuat orang menjadi "najis" karena Gereja bukan hanya "museum orang kudus tapi juga rumah sakit buat para pendosa". Itulah sebabnya, Yesus "berani kotor": Ia menyentuh dan mentahirkan org kusta (Luk 5:12-16), membiarkan diri disentuh wanita yang sakit pendarahan (Luk 8:44-48). Ia juga menyentuh mayat dan  membangkitkan orang mati (Luk 7:14; 8:54). BagiNya, juga tidak ada makanan yang haram dan menajiskan, sebab hal yang menajiskan bukanlah makanan yg masuk ke mulutnya tapi hal-hal jahat yang keluar dari mulutnya: gosipan-umpatan-celaan-hinaan-sumpah serapah dan aneka ria ungkapan kebencian/kemarahan yang lainnya.

Disinilah kita diajak menjadi orang yang benar-benar beriman, tidak terkungkung oleh aturan-aturan yang kadang malahan "meng-kerdil-kan" kualitas hidup beriman dan akal sehat kita.

"Bang Maman cari celana-Jadilah orang beriman yang bijaksana."

Tuhan memberkati+Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar