Ads 468x60px

Inspirasi Advent 1: "Adventus - Kedatangan!"

Hari ini adalah awal masa advent, yang dibuka dengan Injil tentang berjaga-jaga. Ada 2 PERINTAH Yesus di ayat 33, "Berhati-hatilah dan berjaga-jagalah." Sayangnya terjemahan bahasa Indonesia tidak banyak membantu untuk memahami maksud Yesus. Terjemahan Yunani untuk kata HATI-HATI: βλέπετε (blepete), kata dasarnya adalah BLEPO, MELIHAT. 
Maka bentuk perintahnya menjadi "BUKA MATAMU."

Sedangkan kata BERJAGA-JAGA: γρυπνε (agrupne), kata dasarnya adalah AGRUPNO, BEKERJA.  Maka bentuk perintahnya menjadi "BEKERJALAH TERUS." Nah, kalau dikaitkan dengan ayat setelahnya, kita baru mengerti apa maksudnya.


Dalam perumpamaan, Yesus menceritakan seorang yang pergi keluar negeri memerintahkan DUA kelompok orang.

1. Kepada yang PERTAMA, 
tuan rumah menyerahkan tanggung jawab (yun: otoritas) kepada hamba2nya, masing-masing dengan PEKERJAANNYA. Cocok dengan perintah kedua.

2. Setelah itu, ia memerintahkan seorang penunggu pintu untuk berjaga supaya jangan tertidur (MATANYA MELIHAT TERUS, jangan sampai tertutup). Cocok dengan perintah pertama. Jadi, sambil menunggu waktu (καιρός), KAIROS (waktu penuh rahmat), kita diminta senantiasa untuk "MELIHAT" & "BEKERJA".

Kata melihat dalam KS (Kitab Suci) bukan melulu dengan mata fisik tapi di-indentik-kan dengan mata hati dan mata iman juga. Kita diajak untuk melihat, merasakan dan mensyukuri semua campur tangan Tuhan dalam hidup kita. Semakin dalam dan luas kita bisa melihat rahmat, berkat, kasih, pengampunan dan kehadiranNya, semakin kita mampu BERSYUKUR atas hidup kita.Kebahagiaan seseorang ditentukan oleh seberapa dalam ia mampu mensyukuri dan menghargai hidupnya.

Sementara dengan kata BEKERJALAH kita diajak untuk menunggu dengan AKTIF, bukan pasif. BEKERJA dalam KS identik dengan menghasilkan buah-buah yang mendukung kehidupan bersama. Artinya, setelah kita mensyukuri berkat Tuhan yang telah kita LIHAT dalam hidup, kita harus berbagi dengan yg lain. Rahmat (gift) berbuah pada saat kita memberi (to give):

"Donato ergo sum- Aku berbagi maka aku ada."

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui.
Fiat Lux!@RmJostKokoh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar