Ads 468x60px

Selasa 09 Desember 2014

Pekan II Adven
Yes 40:1-11; Mzm 96; Mat 18:12-14

"Evangelizare pauperibus misit me- Aku diutus untuk memberitakan kabar baik kepada orang miskin" (Lukas 4:18).

Inilah semangat kegembalaan Yesus yang juga menjadi semangat iman St Vincentius a Paulo dan para imam tarekat CM (Buku "XXI-Interupsi, RJK, Kanisius).

Mengacu pada bacaan hari ini: 
"Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang”, Yesus diutus dan dihadirkan sebagai gembala baik, yang membawa pembebasan bagi banyak orang, terlebih orang yang "hilang": kecil lemah miskin tersingkir & difable.

Dalam bahasa saya, Yesus menjadi team penyelamat, "SAR"-Search And Rescue, mencari dan menyelamatkan yang hilang. Ia sungguh mengalami sukacita/kegembiraan luar biasa ketika "yang hilang ditemukan dan yang mati hidup kembali."

Jelasnya, Yesus memang datang ke dunia dengan misi mencari dan menyelamatkan yang hilang (Luk 19:10). Ia memanggil orang-orang yang dikucilkan dan tidak terhormat (Mat 9:13) karena semuanya adalah anak-anak Bapa yang harus dijaga dan dirawatNya.

Sikap kegembalaan Yesus inilah yang seharusnya juga selalu kita perbuat kepada sesama kita, terlebih yang hilang dan terpinggirkan, yang kecil dan termiskinkan.

Singkat cerita, kita diajak untuk belajar menjadi "gembala" yang saling memberkati dan tak mudah menyakiti, saling memahami dan tak mudah menghakimi, saling mengasihi dan tak mudah melukai karna sejatinya gereja kita bukan melulu museum para kudus tapi sekaligus rumah sakit untuk para pendosa, bukan?

"Cari jala di Pasar Sukowati -
Jadilah gembala yg murah hati." 

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar