Ads 468x60px

Minggu, 18 Januari 2015

Hari Minggu Biasa II
1Sam. 3:3b-10,19; Mzm. 40:2,4ab,7-8a,8b-9,10; 1Kor. 6:13c-15a,17-20; Yoh. 1:35-42

“Totus tuus sum - Aku sepenuhnya milikmu!”
Inilah keyakinan iman kita yang telah menjawab panggilanNya dengan 3 dimensi iman, antara lain:

1.Dimensi aktif:
"Marilah dan kamu akan melihatnya."
Ya, menjadi muridNya bukan melulu untuk menyerap ilmu/pengajaran-Nya tapi untuk tinggal bersama dengan Dia (Yoh 15:4-10). Ada dinamika pemuridan untuk melihat-mengikuti-mencari tahu- tinggal bersama Dia- mengenal jati DiriNya+beriman kepada-Nya.Dengan kata lain: Menjadi muridNya bukan hanya melihat dan mengikuti Dia tapi tinggal bersama (dalam Dia) yang mengandaikan adanya relasi personal, yang dalam bahasa Bo Sanchez, “discipleship is a relationship”, karena pemuridan sejatinya adalah peristiwa tinggal di dalam Dia, bukan hanya bersama-sama dengan Dia.
 

2.Komunikatif:
Panggilan tidak selalu langsung ditanggapi manusia. Kita membutuhkan orang lain sperti Eli dab Yohanes yang meng-“komunikasikan”: menunjukkan, menegaskan dan meneguhkan panggilan Tuhan bagi smua orang. Pastinya, to know Christ and to make known Christ adalah tugas kita bersama, bukan?

3.Integratif:
Tiga gelar Yesus sebagai Anak Domba Allah, Rabi dan Mesias adalah gelar2 yang diadopsi oleh Perjanjian Baru dari tradisi Perjanjian Lama.Bagaimanakah gelar-gelar itu sungguh kita hidupi secara real dan aktual?

a. Anak Domba Allah:
Sungguhkah kita syukuri pengorbanan Yesus sebagai kasih Allah yang tuntas untuk kita?

b. Rabi:
Sudahkah Yesus kita yakini sebagai Guru Sejati?

c. Mesias:
Sudahkah kita imani dan alami bahwa Yesus adalah Penyelamat? Yang pasti, seperti para muridNya, kita diajak untuk selalu melihat, terpikat, mendekat dan terlibat bersamaNya.

"Dari Pasar Minggu ke Pasar Koja- 
Hari Minggu jangan lupa ke gereja"


Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui.
Fiat Lux!@RmJostKokoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar