Ads 468x60px

Minggu 22 Februari 2015


MINGGU PRAPASKAH I 
Kej. 9:8-15; Mzm. 25:4b-5ab,6-7bc,8-9; 1Ptr. 3:18-22; Mrk. 1:12-15.

“Adveniat regnum Tuum - Datanglah kerajaanMu!”
Pewartaan pertama yang disampaikan Yesus adalah dekatnya Kerajaan Allah (Yun: hê basileia tou theou):"Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!"

Secara umum, Kerajaan Allah berarti: Allah yang meraja, yang aktif terlibat dalam hidup manusia, yang secara konkret menunjukkan kuasaNya: “Kerajaan Allah bukanlah soal makanan/minuman, tp soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita.”
(Rom 14:17) dengan 3 ajakan iman, antara lain: 

1.Adam baru.
Yesus menang dari cobaan dan godaan setan di padang gurun (yg notabene adalah wilayah kekuasaan setan).
Dengan kata lain: Yesus menjadi “Adam baru”, yang memulihkan kembali Firdaus yg hilang (the restoration of the lost Eden).

2.Lahir baru:
Yesus berpuasa 40 hari untuk lahir baru. Adapun “40 hari” mengingatkan kita akan waktu yg dialami Musa (Kel 34:28) dan Elia (1 Raj 19:8) untuk berjumpa d
engan Allah. Dalam literatur para rabbi dan tulisan apokaliptik, durasi "40" menunjukkan waktu yang penuh, utuh, lengkap/komplit.
Unsur yg penting dari “lahir baru” ini adalah adanya harmoni dengan sesama
dan semesta:
“Serigala akan tinggal bersama domba dan macan tutul akan berbaring di samping kambing. Anak lembu dan anak singa akan makan rumput bersama dan seorang anak kecil akan menggiringnya..” (Yes 11:6-8).

3.Hidup baru:
Unsur lain yg menggambarkan pemulihan Firdaus ad
alah: “malaikat-malaikat melayani Dia”.
Dalam sastra apokaliptik (Apocalyptic of Moses 27; Vita Adamae 4,1b) dikisahkan bahwa sebelum jatuh dlm dosa, Adam dan Hawa sebagai citraNya selalu dilayani oleh malaikat di Firdaus.

Nah sebagai Adam baru yang mengalahkan setan, Yesus memberikan hidup baru lg sebagai citra ilahi (imago et similitudo Dei).

"Dari Kalibaru ke Kalisari - Mari lahir baru setiap hari."

Salam HIKers,
Tuhan
memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar