Ads 468x60px

Senin 30 Maret 2015


Pekan Suci
Yes 42:1-7; Yoh 12: 1-11

"Amor vincit omnia - Cinta mengalahkan segala."
Maria di Betania bersujud pada kaki Yesus, meminyaki kakiNya dengan minyak narwastu yang mahal harganya dan menyekanya dengan rambutnya. Hal ini dilakukan Maria sebagai ungkapan syukur atas kasih Yesus yang telah banyak dialaminya.

Selain mahal, minyak itu sebenarnya hanya digunakan untuk mengurapi kepala raja tapi Maria menggunakannya untuk membasuh kaki Yesus. Perbuatan Maria ini tentunya menimbulkan pertanyaan orang, terutama Yudas Iskariot.

Yudas lebih mempertimbangkan keuntungan yang akan didapat bila minyak narwastu itu dijual demi orang miskin. Tapi murni-kah keinginan Yudas?

Ya. Yudas tergolong 12 rasul, tapi ia tidak menunjukkan perilaku sebagai muridNya,
yang melayani Dia (seperti Marta), yang membuat banyak orang lain percaya (seperti Lazarus), dan yang bahkan ikut berperan untuk mempersiapkan kematianNya (seperti Maria).

Yudas lebih hadir sebagai murid yang “slintat slintut”, "palsu"-berpura-pura membela 'kebaikan' padahal hatinya penuh 'keburukan'. Hal ini kembali menunjukkan bahwa murid Yesus menampakkan kesejatiannya melalui tindakan nyata bukan sekadar kata-kata.

Bersama Marta-Lazarus+Maria, kita pun ditantang untuk menunjukkan kesehatian kita dengan rencana Allah. Pergumulan, rasa syukur, relasi, dan penundukan diri Maria membuahkan tindakan yang pas dengan rencana Tuhan.

Jauh berbeda dari tindakan Yudas yang katanya demi prinsip 'yang baik' (kristus sentris) padahal nyatanya didasari kepentingan 'yang buruk' (egosentris).

"Adoramus Te,
sanctissime Domine Iesu Christe,
hic et ad omnes Ecclesias tuas,
quae sunt in toto mundo,
et benedicimus tibi;
quia per sanctam Crucem Tuam redemisti mundum-

Kami menyembah Engkau,
Yesus Kristus yang maha kudus,
di sini dan di semua gereja-Mu yang ada di seluruh dunia,
dan kami memuji Engkau;
sebab dengan Salib SuciMu, Engkau menebus Dunia."

"Dari Lebak Bulus ke Pangkalan Jati - Jadilah orang yang tulus dan murah hati."

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda mrestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar