Ads 468x60px

Rabu 5 Agustus 2015


Pekan Biasa XVIII
Bil 13:1-2a,25-14:1.26-29,34-35; Mzm 106:6-7a,13-14,21-22,23; Mat 15:21-28

"Fido et spero Beriman dan berharap."
Inilah salah satu keutamaan kristiani yang kita lihat ada dalam diri Perempuan Kanaan yang anaknya sakit. Injil hari ini jelaslah mewartakan iman seorang perempuan Kanaan, seorang asing yang tidak termasuk dalam umat Yahudi. Ia datang kepada Yesus dan memohon pertolongan-Nya. Pada awalnya Yesus tampak tak peduli padanya, dan itu membuat para murid juga sewot, sampai sampai Yesus berkata, "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing." 
Ya, orang Yahudi sering menganggap rendah orang Kanaan itu seperti anjing kurapan karena mereka tidak mengikuti hukum Allah. Mereka tidak termasuk dalam kelompok umat pilihan. Mengagumkan bahwa perempuan itu menjawab Yesus dengan iman dan berkata, "Benar Tuhan, tetapi anjing-anjing pun makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya." Maka Yesus bersabda kepadanya, "Hai ibu, besar imanmu! Terjadilah bagimu seperti yang kaukehendaki."

Secara singkat, adapun 3 keutamaan iman spy kita bs slalu beriman+berpengharapan, antara lain:

1. Bersukacita dlm pengharapan:
Perempuan Kanaan ini t
idak berputusasa. Ia berseru tanpa ragu dan yakin akan mendapatkan belaskasihanNya.

2. Bersabar dalam kesesakan: 
Kendati p
ada awalnya Yesus seolah cuek dan menolak permintaannya, tapi dia tetap bersabar dan berbesar hati memohon kesembuhan untuk anaknya. Ia tidak ngambek/marah/gusar (Jawa: mutung). Dengan kesabaran hatinya, ia yakin bahwa Tuhan pasti tergerak hatiNya dan akan membuat semua indah pada waktunya.

3. Bertekun dalam doa: 
Kita kadang kurang tekun d
alam berdoa terlebih ketika merasa tidak didengarkan/dikabulkanNya. Kita mrasa diabaikan sehingga hidup doa kita menjadi kendor, bisa jadi karena doa kita melulu berpola permohonan. Cobalah hidup doa yang juga berpola bersyukur dan berpasrah sehingga kita semakin ber-intimitas cum Deo (akrab dengan Tuhan). Adapun akibat tiga keutamaan iman inilah, Yesus bersabda kepadanya, “Hai Ibu, sungguh besar imanmu! Terjadilah bagimu seperti yang kaukehendaki.” Bagaimana dengan kita?

"Mudik naik delman dari Balik Papan - Kita terdidik karena iman dan harapan."

Salam HIKers,
Tuhan
memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh
Pin HIK: 7EDF44CE/54E255C0




Tidak ada komentar:

Posting Komentar