Ads 468x60px

Kamis 7 Januari 2016



Sesudah Epifani
1Yoh 4:19-5:4; Mzm 72:1-2,14,15bc,17; Luk 4:14-22a

"Caritas in veritate - Cinta kasih di dalam kebenaran." 
Inilah salah satu ensiklik kepausan yang juga merupakan pesan pokok bacaan hari ini bahwa mengasihi Tuhan dan sesama adalah perintah Allah yang utama dan merupakan intisari ajaran Yesus yang terurapi: "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik."


Adapun kita diajak memiliki "kasih dalam kebenaran" dengan melaksanakan trilogi dasar, antara lain:

1."Love for God":
Kasihi Allah 100% karena Allah lebih dahulu mengasihi kita. Inilah keyakinan dasar yang juga dimiliki oleh seorang aktivis Katolik dan pendiri LOJF, Bo Sanchez bahwa hidupnya penuh dengan pengalaman dikasihi Allah lewat suka-duka, jatuh-bangun, tawa-tangis kita sehari-harinya.

2."Love for others":
Jika seorang mengaku mengasihi Allah tapi membenci saudaranya, ia adalah seorang pendusta karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang ia lihat, tidak mungkin ia mengasihi Allah yg tidak ia lihat. Itulah sebabnya, Yohanes dalam bacaan 1 mengatakan: "Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudara/i-nya. 

Secara khusus, Ia hadir untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang kepada "orang yang berkenan kepadaNya", yakni orang miskin-buta-tertawan dan tertindas. Pilihannya jelas: mencintai orang kecil dengan keterlibatan dan keberpihakan yang nyata.
Dengan kata lain: Kita diajak hidup dengan nada dasar C, cinta kasih kepada sesama, terkebih yang “miskin – tertawan – buta – tertindas, bahkan juga sesama yang kadang tidak sama dengan kita karena pernah menyakiti/melukai hati kita. Yang pasti, tetaplah hidup dengan vitamin C "Cinta" karena bukan dengan menerima tapi dengan memberi-lah, maka kita bisa menjadi kaya, bukan?

3."Love for family":
Yesus berkenan kembali "pulang" ke kampung halamannya di Nazaret.Ia ingat dan mencintai keluarga besar dan warga sekampungnya. Ia mewartakan kebenaran ilahi kepada "keluarga besar dan warga sekampungnya", walaupun ber-resiko ditolak dan disalahpahami oleh yang lainnya.

"Cari louhan di pasar Koja - Wartakan Tuhan dengan hati bersahaja."

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh
Pin HIK: 7EDF44CE/54E255C0


Tidak ada komentar:

Posting Komentar