Pekan Prapaskah III
Ul 4:1.5-9; Mzm 147:12-13.15-16.19-20; Mat 5:17-19
Ul 4:1.5-9; Mzm 147:12-13.15-16.19-20; Mat 5:17-19
"Salus animarum suprema lex - Keselamatan jiwa jiwa adalah
hukum yang terutama".
Itulah salah satu ide dasar dalam "KHK/Kitab Hukum
Kanonik/Codex Iuris Canonici" bahwasannya hidup harian kita juga penuh
dengan ruwet renteng hukum bukan? Ada hukum karma-hukum
pidana-perdata-adat-agama-pajak-internasional dll.
Dalam mata iman, Allah juga telah memberikan hukumNya berupa
Taurat Musa yang mengandung pelbagai hukum untuk mengatur kehidupan.
Secara real, hukum kita kerap alami pendangkalan makna,
"banality of evil" ketika perangkat hukum disalahgunakan dan
dijadikan instrumen kekuasaan/alat penindasan, padahal secara ideal seperti
yang saya tulis dalam buku "HERSTORY" (RJK, Kanisius), hukum bisa
berarti "Hadir Untuk Kesejahteraan Umat Manusia".
Adapun 3 jalan iman supaya kita bisa hadir untuk kesejahteraan
umat manusia, al:
1."Donate - Berbagilah":
Hukum cintakasih. Ia ajak kita berbagi kasih, "lex caritas" karena bukankah Allah adalah kasih dan hukum terutamanya adalah kasih? Kasih Yesus yang tulus hadir untuk menggenapi hukum Taurat yang kerap legalistis sehingga terlalu detail dan mudah disalahgunakan orang orang yang penuh akal bulus.
Hukum cintakasih. Ia ajak kita berbagi kasih, "lex caritas" karena bukankah Allah adalah kasih dan hukum terutamanya adalah kasih? Kasih Yesus yang tulus hadir untuk menggenapi hukum Taurat yang kerap legalistis sehingga terlalu detail dan mudah disalahgunakan orang orang yang penuh akal bulus.
2."Servite - Layanilah":
Hukum pelayanan. Bukankah Ia datang untuk melayani dan bukan dilayani? Dkl: Hukum jelasnya bukan tujuan u/kekuasaan (will to power) tapi alat u/pelayanan (will to truth), yakni mencapai hidup yang berkualitas dengan melayani Tuhan yang tampak hadir lewat sesama, sehingga hidup bersama yang "chaos"/kacau bs bertransformasi menjadi "kosmos"/teratur.
Hukum pelayanan. Bukankah Ia datang untuk melayani dan bukan dilayani? Dkl: Hukum jelasnya bukan tujuan u/kekuasaan (will to power) tapi alat u/pelayanan (will to truth), yakni mencapai hidup yang berkualitas dengan melayani Tuhan yang tampak hadir lewat sesama, sehingga hidup bersama yang "chaos"/kacau bs bertransformasi menjadi "kosmos"/teratur.
3."Dimitte - Ampunilah":
Hukum pengampunan. Bukankah kita pernah lalai-ceroboh-gegabah serta berbuat salah pada Tuhan dan sesama? Bukankah rasa damai tercipta ketika kita mau saling berbenah-berbesar hati dan berinstrospeksi dengan asas keadilan? Inilah salah satu tujuan dasar hukum, yakni menciptakan keadaan yang harmonis yakni "bonum commune - kesejahteraan bersama, baik dg diri sendiri, dg sesama, alam dan dg Tuhan sendiri, sehingga tercipta "pacem in terris et pacem in cordis - damai di bumi dan damai di hati".
Hukum pengampunan. Bukankah kita pernah lalai-ceroboh-gegabah serta berbuat salah pada Tuhan dan sesama? Bukankah rasa damai tercipta ketika kita mau saling berbenah-berbesar hati dan berinstrospeksi dengan asas keadilan? Inilah salah satu tujuan dasar hukum, yakni menciptakan keadaan yang harmonis yakni "bonum commune - kesejahteraan bersama, baik dg diri sendiri, dg sesama, alam dan dg Tuhan sendiri, sehingga tercipta "pacem in terris et pacem in cordis - damai di bumi dan damai di hati".
"Sekolah Yakum ada di kota Yogya - Cintailah hukum maka
hidup kita jadi bercahaya."
Salam HIKers,
Tuhan berkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh
Pin HIK: 7EDF44CE/54E255C0
Tuhan berkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh
Pin HIK: 7EDF44CE/54E255C0
NB:
1.Ubi concordia, ibi victoria - Di mana ada keselarasan, di sana ada kemenangan.”
Yesus hari ini menampilkan dirinya sebagai penyelaras pelbagai
hukum: “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum
Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan
untuk menggenapinya.”
Demikian pula, Yesus tidak pernah menyingkirkan atau meniadakan
kita tetapi justru menyempurnakan hidup kita bukan?
Adapun tiga sikap dasar yang bisa kita petik dari Yesus, al:
A.Caritas:
Cinta kasih adalah dasar dari semua kata dan warta Yesus. Ya, cinta vertikal kepada Allah juga horizontal kepada sesama seharusnya menjadi dasar dari segala aturan dan hukum yg sebenarnya berarti baik, yakni “Hadir Untuk Kesejahteraan Umat Manusia.”
Cinta kasih adalah dasar dari semua kata dan warta Yesus. Ya, cinta vertikal kepada Allah juga horizontal kepada sesama seharusnya menjadi dasar dari segala aturan dan hukum yg sebenarnya berarti baik, yakni “Hadir Untuk Kesejahteraan Umat Manusia.”
Bukankah jika tanpa didasari cinta yang tulus akan Tuhan dan
sesama, hukum sangat bisa disalahgunakan dan dijadikan ajang kemunafikan serta
instrument pembenaran diri? Bukankah kalau tidak didasari cinta kasih, wajar
jika ada saudara/i yang dianggap melakukan kesalahan, kita lebih mudah
menyingkiri dan menyingkirkannya? Bahkan ketika jelas bahwa sebenarnya orang
tersebut tidak salah, kita masih terus mencari-cari kesalahannya sehingga ia
semakin tersingkir bukan?
B.Unitas:
Semangat persatuan adalah pendorong dari semua pelaksanaan hukum, tentunya dengan tetap menghargai keanekaragaman karakter dan parameter setiap pribadi (“unitas in diversitas-bhineka tunggal ika-bersatu dalam perbedaan”).
Semangat persatuan adalah pendorong dari semua pelaksanaan hukum, tentunya dengan tetap menghargai keanekaragaman karakter dan parameter setiap pribadi (“unitas in diversitas-bhineka tunggal ika-bersatu dalam perbedaan”).
Hal ini berangkat dari sebuah kesadaran iman bahwa Yesus sendiri
bersatu dengan BapaNya dan pergulatan hidup semua orang di sekitarnya. Ia
mengerti “bahasa”: suka duka masyarakatnya dan selalu menginginkan persatuan
dan bukan perpecahan maka Ia tidak begitu saja menghapuskan hukum Taurat dan
peran para nabi tapi menggenapi dan menyelaraskannya dengan kehadiranNya yang
benar-benar mempersatukan. Ia sekaligus mengajak kita mengingat bahwa kita
semua adalah saudara (se-udara), satu dalam bumi yang sama dan satu dalam Tuhan
yang sama.
Bukankah dengan semangat persatuan, maka salah satu tujuan hukum
yang adalah menciptakan kosmos/keteraturan dan bukan chaos/kekacauan semakin
lebih mudah tercapai?
C.Libertas:
Kebebasan sebagai anak-anak Allah adalah buah dan tujuan dari pelbagai pelaksanaan hukum taurat, karena hukum jelasnya ada untuk manusia, bukan manusia untuk hukum.
Kebebasan sebagai anak-anak Allah adalah buah dan tujuan dari pelbagai pelaksanaan hukum taurat, karena hukum jelasnya ada untuk manusia, bukan manusia untuk hukum.
Disinilah, Yesus sungguh menjadi Tuhan yang humanis (terbukakan
pada aspek pastoralis/penggembalaan yang manusiawi) bukan sekedar legalis
(terbutakan melulu pada aspek yuridis/hukum belaka).
Bukankah benar pepatah latin yang berkata, “salus animarum
suprema lex – hukum yang tertinggi adalah keselamatan jiwa, jadi yang penting
adalah manusianya bukan sekedar hukumnya. Manusia menjadi subyek hukum yang
jelas-jelas memerdekakan.
Oleh karena itu, marilah kita meneruskan penggenapan ajaran
Yesus melalui semua perbuatan baik yang benar-benar memerdekakan dengan
“HIK-Hidangan Istimewa Kristiani” setiap harinya yakni: Harapan, Iman dan
Kasih.
“Kalkuta kota sukacita - Kalikanlah kuatnya rasa cinta.”
2."Lex aeterna - Hukum abadi."
Dalam khotbah di bukit Yesus berkata: "Janganlah kamu
menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat/kitab para nabi. Aku
datang bukan untuk meniadakannya melainkan untuk menggenapinya."
Secara sosiologis, orang Yahudi mempunyai banyak hukum yang
secara padat terungkap dalam 10 Perintah Allah yang pada awalnya tertulis di
dua loh batu yang dibawa Musa ketika turun dari Gunung Sinai (Jabal Musa جبل
موسَÙ‰).
Pada kenyataannya banyak orang yang menjadi terbutakan oleh
hukum padahal pada dasarnya, 10 Perintah Allah itu membukakan dua bagian besar:
4 perintah (Kel 20:3-11) ttg hubungan manusia dengan Allah dan 6 perintah (Kel
20:12-17) tentang hubungan manusia dengan sesamanya.
Dengan kata lain: Tuhan tidak ingin kita menjadi orang yang
bijak, yang mempunyai hukum abadi, yang tidak legalis tapi benar-benar loyalis,
yang sepakat dengan St. Paulus bahwa: "Barangsiapa mengasihi sesamanya, ia
sudah memenuhi hukum Taurat."
Jelasnya, pelbagai hukum dan larangan, seperti: “jangan
berzinah, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengingini milik sesama”
mengajak kita untuk selalu hidup dengan nada dasar c, cinta kasih, karena
sebenarnya kasih adalah kegenapan hukum Taurat" (Rm 13:8-10) dan itulah yg
dibuat Yesus.
Jadi, kegenapan pelbagai hukum Taurat adalah hukum kasih, yang
oleh Yesus disebut sebagai hukum pertama dan utama (Mat 22:37-40), yakni
"kasih berpola salib, kasihi Tuhan (dimensi vertikal) sekaligus juga
sesama (dimensi horisontal).
"Bayar pajak di Taman Sari - Jadilah orang yang bijak
setiap hari."
3.“Ecce Sacerdos Magnus - Pandanglah Imam Agung.”
Secara sederhana, ada empat pokok wejangan Yesus sebagai Imam
Agung dalam Kotbah di Bukit, antara lain:
A. Semangat yang harus menjiwai anggota Kerajaan Allah. (Mat
5:3-48).
B. Semangat untuk "menggenapi" hukum/adat-istiadat leluhur. (Mat 6:1-18).
C. Sikap terhadap harta benda (Mat 6:19-34).
D. Perihal hubungan dengan sesama (Mat 7:1-12).
B. Semangat untuk "menggenapi" hukum/adat-istiadat leluhur. (Mat 6:1-18).
C. Sikap terhadap harta benda (Mat 6:19-34).
D. Perihal hubungan dengan sesama (Mat 7:1-12).
Yang pasti, Yesus sang Imam Agung ini datang ke dunia bukan
untuk membatalkan Hukum Taurat tapi untuk menggenapinya menurut hakekat yang
terdalam, yaitu untuk mengasihi Allah dan sesama.
Ia menegaskan bahwa Perjanjian Lama adalah firman Allah yang
kekal. Maka, siapapun yang melalaikan/melanggar satu perintah saja dari firman
Tuhan itu, ia telah melanggar seluruh firman Tuhan.
Lebih lanjut, Yesus sang Imam Agung menegur para imam, ahli
Taurat dan orang Farisi sebagai orang yang tidak sejati hidupnya.
Nah, bagaimana mungkin orang yang kesehariannya bergaul dengan
firman dan hukum Tuhan ternyata di mata Yesus tidaklah sejati dan bukanlah
pewaris Kerajaan Surga?
Bisa jadi, ketaatan orang Farisi hanya bersifat lahiriah karena
tidak didasarkan atas kasih kepada Allah dan sesama tapi demi cinta diri dan
kesombongan rohani.
Dengan kata lain: Yesus ingin agar kita memberlakukan firman dan
hukum Tuhan dengan sungguh mulai dari dalam hati bukan hanya sekadar
ucapan/tingkah laku lahiriah karena sejatinya, hukum Taurat dan firmanNya
diberikan Tuhan supaya kita hidup lebih bermutu.
Indahnya: hidup, ajaran dan karya penebusan Kristus adalah penggenapan
hukum Taurat.
Hanya Kristus-lah yang dapat membebaskan kita untuk hidup benar di hadapan hukum Allah dan dalam hubungan yang benar dengan sesama karena Ia menghayati hukum Tuhan sepenuhnya dari hati yang tulus dan kudus.
Hanya Kristus-lah yang dapat membebaskan kita untuk hidup benar di hadapan hukum Allah dan dalam hubungan yang benar dengan sesama karena Ia menghayati hukum Tuhan sepenuhnya dari hati yang tulus dan kudus.
"Cari kardus di Lebak Bulus - Jadilah kudus dan
tulus."
4.“Lex aterna - Hukum sejati!””
Inilah yang mendasari pesan Yesus: "Aku datang bukan untuk
meniadakan hukum taurat, melainkan untuk menggenapinya."
Maksudnya ialah agar tuntutan hukum Allah yang "Hadir Untuk
Kselamatan Umat Manusia" itu dapat dilaksanakan dalam kehidupan (Rom 3:31;
8:4).
Adapun hubungan kita dg hukum Allah meliputi beberapa hal, al:
A) Hukum itu terdiri atas prinsip etis+moral di PL (Mat 7:12;
22:36-40; Rom 3:31; Gal 5:14) dan ajaran Yesus serta para rasul (Mat 28:20;
1Kor 7:19; 9:21; Gal 6:2).
B) Hukum Taurat hendaknya dilihat sbg panduan moral bagi kita
yang sudah selamat dan yang dengan menaatinya menunjukkan kehidupan Kristus ada
di dlm diri kita (Rom 6:15-22).
C) Iman kpd Kristus merupakan titik tolak untuk menggenapi hukum
Taurat. Melalui iman kepada Kristus, Allah menjadi Bapa kita (bd. Yoh 1:12).
Oleh karena itu, ketaatan kita bukan sekedar ketaatan kepada Allah sebagai
Pemberi hukum tp lebih selaku anak kpd Bapanya (Gal 4:6).
D) Melalui iman kepada Kristus, maka kita oleh kasih karunia
Allah (Rom 5:21) dan Roh Kudus yang mendiami diri kt (Rom 8:13; Gal 3:5,14),
diberikan dorongan dan kuasa untuk menaati hukum Allah (Rom 16:25-26; Ibr
10:16) dan hidup menurut pimpinan Roh Kudus (Rom 8:4-14), yg mematikan perbuatan
daging dan menggenapi kehendak Allah (Rom 8:13; Mat 7:21). Demikianlah,
ketaatan lahiriah kepada hukum Allah harus disertai perubahan yg nyata (Mat
5:21-28).
E) Kita mengikuti prinsip "iman" dg hidup "di
bawah hukum Kristus" (1Kor 9:21). Dengan demikian, kita menggenapi hukum
Kristus (Gal 6:2) dan dengan sendirinya setia kpd tuntutan hukum Taurat (Rom
7:4, 8:4; Gal 3:19, Gal 5:16-25).
F) Melakukan kehendak Bapa adl syarat untuk memasuki Kerajaan
Sorga (Mat 7:21).
"Dari Cikarang ke Pasar Koja - Jadilah orang yang
bersahaja."
5.Wednesday, 2 March
"Whoever relaxes one of the commandments"
"Whoever relaxes one of the commandments"
Gospel Reading: Matthew 5:17-19
"Think not that I have come to abolish the law and the
prophets; I have come not to abolish them but to fulfill them. For truly, I say
to you, till heaven and earth pass away, not an iota, not a dot, will pass from
the law until all is accomplished. Whoever then relaxes one of the least of
these commandments and teaches men so, shall be called least in the kingdom of
heaven; but he who does them and teaches them shall be called great in the
kingdom of heaven.
Old Testament Reading: Deuteronomy 4:1,5-9
"And now, O Israel, give heed to the statutes and the
ordinances which I teach you, and do them; that you may live, and go in and
take possession of the land which the LORD, the God of your fathers, gives you.
Behold, I have taught you statutes and ordinances, as the LORD my God commanded
me, that you should do them in the land which you are entering to take
possession of it. Keep them and do them; for that will be your wisdom and your
understanding in the sight of the peoples, who, when they hear all these
statutes, will say, `Surely this great nation is a wise and understanding
people.' For what great nation is there that has a god so near to it as the
LORD our God is to us, whenever we call upon him? And what great nation is
there, that has statutes and ordinances so righteous as all this law which I
set before you this day? "Only take heed, and keep your soul diligently,
lest you forget the things which your eyes have seen, and lest they depart from
your heart all the days of your life; make them known to your children and your
children's children."
Meditation
Do you view God's law negatively or positively? Jesus' attitude
towards the law of God can be summed up in the great prayer of Psalm 119:
"Oh, how I love your law! It is my meditation all the day." For the
people of Israel the "law" could refer to the ten commandments or to
the five Books of Moses, called the Pentateuch, which explain the commandments
and ordinances of God for his people. The "law" also referred to the
whole teaching or way of life which God gave to his people. The Jews in Jesus'
time also used it as a description of the oral or scribal law. Needless to say,
the scribes added many more things to the law than God intended. That is why
Jesus often condemned the scribal law. It placed burdens on people which God
had not intended. Jesus, however, made it very clear that the essence of God's
law - his commandments and way of life, must be fulfilled.
Jesus taught reverence for God's law - reverence for God
himself, for the Lord's Day, reverence or respect for parents, respect for
life, for property, for another person's good name, respect for oneself and for
one's neighbor lest wrong or hurtful desires master us. Reverence and respect
for God's commandments teach us the way of love - love of God and love of
neighbor.
The transforming work of the Holy Spirit
What is impossible to men and women is possible to God and those who put their faith and trust in God. Through the gift of the Holy Spirit the Lord transforms us and makes us like himself. We are a new creation in Christ (2 Corinthians 5:17) because "God's love has been poured into our hearts through the Holy Spirit which has been given to us" (Romans 5:5). God gives us the grace to love as he loves, to forgive as he forgives, to think as he thinks, and to act as he acts.
What is impossible to men and women is possible to God and those who put their faith and trust in God. Through the gift of the Holy Spirit the Lord transforms us and makes us like himself. We are a new creation in Christ (2 Corinthians 5:17) because "God's love has been poured into our hearts through the Holy Spirit which has been given to us" (Romans 5:5). God gives us the grace to love as he loves, to forgive as he forgives, to think as he thinks, and to act as he acts.
The Lord loves justice and goodness and he hates every form of
wickedness and sin. He wants to set us free from our unruly desires and sinful
habits, so that we can choose to live each day in the peace, joy, and
righteousness of his Holy Spirit (Romans 14: 17). To renounce sin is to turn
away from what is harmful and destructive for our minds and hearts, and our
very lives. As his followers we must love and respect his commandments and hate
every form of sin. Do you love and revere the commands of the Lord?
"Lord Jesus, grant this day, to direct and sanctify, to
rule and govern our hearts and bodies, so that all our thoughts, words and
deeds may be according to your Father's law and thus may we be saved and
protected through your mighty help."
Psalm 147:12-13,15-16,19-20
Praise the LORD, O Jerusalem! Praise your God,
O Zion!
For he strengthens the bars of your gates; he
blesses your sons within you.
He sends forth his command to the earth; his
word runs swiftly.
He gives snow like wool; he scatters hoarfrost
like ashes.
He declares his word to Jacob, his statutes and
ordinances to Israel.
He has not dealt thus with any other nation;
they do not know his ordinances. Praise the
LORD!
O Zion!
For he strengthens the bars of your gates; he
blesses your sons within you.
He sends forth his command to the earth; his
word runs swiftly.
He gives snow like wool; he scatters hoarfrost
like ashes.
He declares his word to Jacob, his statutes and
ordinances to Israel.
He has not dealt thus with any other nation;
they do not know his ordinances. Praise the
LORD!
Daily Quote from the Early Church Fathers
"As Christians, our task is to make daily progress toward
God. Our pilgrimage on earth is a school in which God is the only teacher, and
it demands good students, not ones who play truant. In this school we learn
something every day. We learn something from the commandments, something from
examples, and something from Sacraments. These things are remedies for our
wounds and materials for our studies." (Augustine of Hippo, 345-430 A.D.,
excerpt from Sermon 16A,1)
6.SKI – Sekolah Kerahiman Ilahi
A.Holy Feast/Misa Kudus: “Cinta Doa Ekaristi”
@ Grj Petrus Paulus Mangga Besar Jkt
Rabu, 2 Maret 19.00
@ Grj Petrus Paulus Mangga Besar Jkt
Rabu, 2 Maret 19.00
B.Sarasehan “Mercy’s Way”: Mother Model Messenger
@ Grj Andreas Kedoya Jkt Barat
Sabtu, 5 Maret 09.00-11.00
@ Grj Andreas Kedoya Jkt Barat
Sabtu, 5 Maret 09.00-11.00
C.Sarasehan ”MOM – Mary Our Mother”
(Maria Bunda Kerahiman Ilahi)
@ Grj Theresia Menteng Jkt Pusat
Sabtu, 5 Maret 13.00-15.00
@ Grj Theresia Menteng Jkt Pusat
Sabtu, 5 Maret 13.00-15.00
D. Holy Feast/Misa Kudus: “Cinta Doa Ekaristi”
@ FX - Senayan Jkt Selatan
Imago Dei
Sabtu, 5 Maret 16.00-17.00
@ FX - Senayan Jkt Selatan
Imago Dei
Sabtu, 5 Maret 16.00-17.00
Tidak ada komentar:
Posting Komentar