Ads 468x60px

ANTOLOGI DOA KEPADA ORANG KUDUS


DOA KEPADA PARA SANTO
1. DOA SANTO MIKHAEL
( Doa Paus Leo XIII )
Malaikat Agung Santo Mikhael, lindungilah kami dalam pertempuran, tolonglah kami melawan kekejian dan tipu daya iblis. Kami mohon kepadamu, biarlah Tuhan mengambil semua kekuasaan iblis yang merugikan kami.
O Panglima bala tentara surgawi, karena kusa Ilahi usirlah ke dalam neraka iblis beserta seluruh bala tentara roh jahatnya yang berkeliaran di dunia untuk membinasakan jiwa-jiwa.
2. DOA SANTO RAFAEL
Santo Rafael Malaikat Agung, pelindung perjalanan, dampingilah kami dalam peziarahan di dunia ini. Tuntunlah dan bimbinglah kami agar selalu berada di jalan keselamatan. Dengan kuasa Allah, lindungilah dan bebaskanlah kami dari cobaan dan jerat iblis. Karena Engkau adalah Penyembuhan Allah, dengan rendah hati kami mohon, sembuhkanlah kami dari segala penyakit tubuh dan jiwa yang kami derita. Semoga karena Engkau dan para malaikat kudus, kami dapat memuji dan memuliakan Allah untuk selama-lamanya. Amin.
3. MADAH SANTO RAFAEL
Ya Kristus, kemuliaan paduan suara surgawi.
Pencipta dan penebus manusia yang terberkati.
Anugerahi kami, agar kelak sampai ke rumah terang.
Dan dalam kemuliaanMu beristirahat tenang.
Dan Rafael, penyembuh jiwa, Biarlah ia turun dari istana suci.
Untuk menyembuhkan segala penyakit jasmani
dan jiwa serta menuntun kami.
Menunjukkan jalan dalam tiap kebimbangan.
Juga padaMu, Perawan Murni, Putri Surga,
Bunda Cahaya dan Ratu Perdamaian, turunlah;
Bawalah sertaMu balatentara surga nan gemilang
untuk menolong kami dan membela.
Curahkanlah rahmat ini bagi kami, ya Bapa mulia,
Dan Engkau, ya Putera yang lahir dari kekal,
Bersama Engkau, Roh Kudus dari keduanya
Yang kemuliaanNya memenuhi dunia. Amin
4. DOA PATER CYRILLUS A MATER DEI
Yesusku, kepadaMu aku berlari.
Melalui BundaMu Tersuci, aku berdoa agar Engkau
membantu aku dalam kebutuhanku.
Aku sungguh percaya kepadaMu.
Engkaulah Allah yang dengan kuat kuasa melindungi aku;
Dengan penuh percaya, aku berharap kepadaMu.
RahmatMu akan Kau berikan kepadaku.
Seluruh hatiku kuberikan kepadaMu.
Kusesali dosa-dosaku.
Kumohon kepadaMu, jauhkanlah aku dari dosa.
Yesus, bebaskanlah aku dari belenggu-belenggu dosa.
Teguhkanlah niatku untuk memperbaiki diriku.
Aku tak pernah akan menghina Engkau lagi.
Aku memberikan seluruh diriku kepadaMu.
Dengan sabar akan kutanggung derita demi Engkau.
Kulayani Engkau selamanya.
Aku akan mengasihi sesamaku seperti mengasihi diriku sendiri, karena aku mengasihi Engkau.
Yesus yang kecil, kumohon kepadaMu:
bantulah aku dalam kebutuhanku
supaya bersama Santo Yusuf dan Bunda Maria,
serta para malaikat, aku bersukacita memandangMu kelak.
Amin.
5. DOA ORASI ST. FRANSISKUS
Kudus, kudus, kuduslah Tuhan, Allah Mahakuasa, Engkaulah yang ada, di masa lalu, sekarang, dan yang akan datang.
Kami memuji Dikau, kami meluhurkan Dikau untuk selama-lamanya.
Layaklah segala pujian, kemuliaan, kehormatan dan keluhuran bagi Allah Tuhan kita.
Kami memuji Dikau, kami meluhurkan Dikau unutk selama-lamanya.
Layaklah segala kemegahan, keagungan, kebijkasanaan, kekuatan dan keluhuran bagi Sang Domba, yang telah wafat bagi kita.
Kami memuji Dikau, kami meluhurkan Dikau untuk selama-lamanya.
Pujilah Allah Bapa, Putera, dan Roh Kudus.
Kami memuji Dikau, kami meluhurkan Dikau untuk selama-lamanya.
Pujilah Allah, hai para hamba yang takut akan Allah, yang kaya dan yang miskin.
Kami memuji Dikau, kami meluhurkan Dikau untuk selama-lamanya.
Lambungkanlah pujian hai langit dan bumi, segala makhluk yang ada di langit dan di bumi, di dalam tanah dan di atas tanah, di dalam laut dan di manapun.
Kami memuji Dikau, kami meluhurkan Dikau untuk selama-lamanya.
Kemuliaan kepada Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus.
Kami memuji Dikau, kami meluhurkan Dikau untuk selama-lamanya
Seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan sepanjang segala abad
Kami memuji Dikau, kami meluhurkan Dikau untuk selama-lamanya.
Marilah berdoa :
Allah Yang Maha Kuasa, Maha Kudus, Maha Tinggi, dan Maha Agung, Sumber segala kebajikan; Engkau sendirilah kebajikan dan kasih; kepadaMu segala pujian, kemuliaan, kehormatan, keluhuran dan segala ungkapan cinta kasih kami sampaikan sekarang dan sepanjang segala masa. Amin
6. DOA NOVENA KEPADA SANTO YUDAS TADEUS
Novena ini didoakan untuk masalah yang hampir tidak ada jalan keluarnya. Ambil I lembar doa ini. Tinggalkan 9 lembar kopiannya di gereja.Buatlah kopiannya itu selama 9 hari berturut-turut dan ditinggalkan di gereja juga. Cara mendoakan: Novena ini hendaknya didoakan sehari 6 x selama 9 hari, berturut-turut dan nyalakan lilin.
Rasul yang amat suci, Santo Yudas Tadeus, pelayan dan sahabat Yesus yang setia, Gereja semesta menghormati dan memohon kepadamu, sebagai penolong dari masalah-masalah yang tampaknya tidak ada harapannya, hal-hal yang tidak ada jalan keluarnya.
Doakanlah aku, karena aku merasa sendirian dan tidak mempunyai penolong. Aku mohon padamu, gunakanlah kekuatan khusus yang diberikan kepadamu untuk memberikan padaku bantuan nyata dan sesegera mungkin disaat aku merasa itu hampir tidak ada. Dampingilah aku dalam kebutuhanku yang mendesak ini sehingga aku boleh menerima penghiburan dan bantuan surgawi atas semua kebutuhanku, masalah dan penderitaanku, khususnya ………. (sebutkan permintaan anda) dan sehingga aku akan memuji Tuhan bersamamu dan semua orang terpilih selamanya. Amin.
Semoga hati Yesus yang Maha Kudus dihormati dan dimuliakan sekarang dan selama- lamanya. Amin.
Santo Yudas Tadeus berdoa untuk kita dan mendengar untuk kita. Amin.
Terberkatilah Hati Kudus Yesus. Terberkatilah Hati Maria yang tak Bernoda. Terberkatilah Santo Yudas Tadeus diseluruh bumi dan selalu sepanjang masa Amin.
DOA NOVENA SINGKAT HATI KUDUS YESUS
Doa ini tidak pernah gagal untuk suatu permohonan dan terkabul setelah 9 hari.
Oh, Hati Kudus Yesus yang dipuji dan dimuliakan selama-lamanya, Bunda Maria yang diberkati, Ibu Yesus, dan Bapa Yusuf, doakanlah kami. Arahkanlah doa kami dan kabulkanlah doa kami. …… (Sebutkan permohonan Anda )
Semoga Hati kudus Yesus disembah, dimuliakan dan dipuji seluruh bumi, kini dan selama-lamanya.
Ya, Yesus Kristus, kami percayakan diri kami sepenuhnya ke dalam TanganMu.
7. DOA KEPADA SANTO BENEDIKTUS
O, Bapa Suci yang terberkati, berilah pertolongan kepada mereka yang memohon kepadamu, lindungilah dan bantulah aku dari semua percobaan dalam hidupku, jadikanlah dalam hatiku rasa sesal dan pertobatan sejati, menyesali semua dosa yang telah kubuat, untuk memuji dan memuliakan Tuhan selama hidupku. Engkau yang berada di samping Hati Allah, ingatlah aku dihadapan Yang Mahakuasa, agar Ia mengampuni dosa-dosaku, membuat aku tegar dalam hal yang baik, tidak membiarkan aku jauh dariNya. Agar Ia menyambut aku masuk dalam persatuan jiwa terpilih bersamamu, dan para kudus yang menyertaimu dalam berkat abadi.
O, Tuhan Yang MahaKuasa dan Kekal, dalam perantaraan dan teladan Santo Benediktus dan saudarinya Perawan Scholastika serta semua pertapa suci, kembalikanlah aku kehadapan Roh KudusMu, berilah aku kekuatan dalam peperangan melawan cobaan setan, sabar dalam menghadapi cobaan hidup, bijaksana dalam ancaman bahaya. Jadikanlah aku pecinta kesucian, berkanjang dalam kemiskinan, bersemangat dalam ketaatan dan iman yang sederhana untuk memenuhi hidup Kristiani.
Dengan kekuatan darimu dan dibantu oleh kasih saudara-saudaramu, semoga aku melayani engkau dengan sukacita dan keluar sebagai pemenang bersama para Kudus di surga.
Demi Kristus Tuhan kami. Amin.
8. DOA KEPADA SANTO PEREGRINE
(Santo Peregrine adalah pelindung para penderita kanker da penyakit yang sulit di sembuhkan serta gangguan kaki)
Santo Peregrine yang mulia, engkau disebut sebagai “Yang mempunyai kuasa”, “Pembuat mukjizat”. Banyak mukjizat yang telah engkau peroleh dari Allah bagi mereka yang meminta pertolongan dengan perantaraanmu. Engkau yang selama bertahun-tahun menyandang penyakit kanker dalam dirimu sendiri, penyakit yang menggerogoti badan. Kepada Allah, Sumber Segala Kuasa dan kepadamu kami memohon perlindungan ketika segala kuasa manusia sudah tidak lagi bermanfaat. Engkau yang diberi penglihatan tentang Yesus yang turun dari salib untuk menyembuhkan penyakit dikau, mintalah dari Allah dan Bunda Maria kesembuhan bagi mereka yang kusebut dan kupercayakan kepada dirimu: (hening sejenak dan sebutlah nama-nama mereka yang didoakan). Melalui peranaran dan pertolanganmu, kami akan melambungkan nyanyian pujian bagi Allah, sekarang dan untuk selam-lamanya, nyanyian terima kasih karena maha kasihNya da nmaha baikNya. Amin.
9. DOA KEPADA MALAIKAT PELINDUNG
Malaikatku yang baik, engkau datang dari surga; Tuhan telah mengutusmu untuk menjagaku.
Oh, lindungilah aku di bawah kepak sayapmu. Terangilah jalanku dan bimbinglah langkahku.
Jangan tinggalkan aku, melainkan tinggallah di dekatku; belalah aku dari roh-roh jahat.
Tetapi di atas semua itu, datanglah menolongku di saat akhir hidupku.
Bebaskanlah jiwaku, sehingga bersamamu jiwaku boleh memuji, mencinta dan menyaksikan kemurahan Tuhan untuk selama-lamanya. Amin.
10. Doa St Dominikus
Semoga Allah Bapa memberkati kita
Semoga Allah Putra menyembuhkan kita
Semoga Allah Roh Kudus menerangi kita
dan memberi kepada kita
mata untuk melihat
telinga untuk mendengar
tangan untuk melaksanakan karya Allah
kaki untuk berjalan dan mulut untuk
mewartakan Sabda Keselamatan.
semoga Bunda Maria mendoakan kita
dan Malaikat Perdamaian menjaga kita,
dan akhirnya berkat Rahmat Tuhan
membawa kita ke Kerajaan-Nya
Amin.
11.Doa Gita Sang Surya St Fransiskus Asisi
Yang Mahaluhur, Mahakuasa, Tuhan yang baik,
milikMulah pujaan, kemuliaan dan hormat
dan segala pujian.
KepadaMu saja,Yang Mahaluhur,
semuanya itu patut disampaikan,
namun tiada insan satu pun,
layak menyebut namaMu,
Terpujilah Engkau, Tuhanku,
bersama semua makhlukMu,
terutama Tuan Saudara Matahari;
dia terang siang hari,
melalui dia kami Kauberi terang.
Dia indah dan bercahaya
dengan sinar cahaya yang cemerlang;
tentang Engkau, Yang Mahaluhur,
dia menjadi tanda lambang.
Terpujilah Engkau, Tuhanku,
karena Saudari Bulan dan Bintang-bintang,
di cakrawala Kau pasang mereka,
gemerlapan, megah dan indah.
Terpujilah Engkau, Tuhanku,
karena Saudari Angin,
dan karena udara dan kabut,
karena langit yang cerah dan segala cuaca,
dengannya Engkau menopang hidup Makhluk ciptaanMu.
Terpujilah Engkau, Tuhanku,
karena Saudari Air;
dia besar faedahnya,
selalu merendah, berharga dan murni.
Terpujilah Engkau, Tuhanku,
karena Saudara Api,
dengannya Engkau menerangi malam;
dia indah dan cerah ceria,
kuat dan perkasa.
Terpujilah Engkau, Tuhanku,
karena Saudari kami Ibu Pertiwi;
dia menyuap dan mengasuh kami,
dia menumbuhkan aneka ragam buah-buahan,
beserta bunga warna-warni dan rumput-rumputan.
Terpujilah engkau, Tuhanku,
karena mereka yang mengampuni demi kasihMu,
dan yang menanggung sakit dan duka-derita.
Bebahagialah mereka,
yang menanggungnya dengan tenteram,
karena olehMu, yang Mahaluhur,
mereka akan dimahkotai.
Terpujilah engkau, Tuhanku,
karena Saudari kami Maut badani,
daripadanya tidak akan terluput
insan hidup satu pun.
Celakalah mereka
yang mati dengan dosa berat;
berbahagialah mereka
yang didapatinya setia kepada kehendakMu yang tersuci,
karena mereka takkan ditimpa maut kedua.
Pujalah dan pujilah Tuhanku,
bersyukurlah dan mengabdilah kepadaNya
dengan merendahkan diri serendah-rendahnya. Amin.
12. Doa Jadikanlah Aku Pembawa Damai, St Fransiskus Asisi
Tuhan, jadikanlah aku pembawa damai.
Bila terjadi kebencian,
Jadikanlah aku pembawa cinta kasih.
Bila terjadi penghinaan,
Jadikanlah aku pembawa pengampunan
Bila terjadi perselisihan,
Jadikanlah aku pembawa kerukunan.
Bila terjadi kebimbangan,
Jadikanlah aku pembawa kepastian.
Bila terjadi kesesatan
Jadikanlah aku pembawa kebenaran.
Bila terjadi kecemasan,
Jadikanlah pembawa harapan
Bila terjadi kesedihan,
Jadikanlah aku sumber kegembiraan.
Bila terjadi kegelapan,
Jadikanlah aku pembawa terang.
Tuhan, semoga aku lebih mengibur daripada dihibur
Memahami daripada dipahami,
Mencintai daripada dicintai.
Sebab dengan memberi aku menerima,
Dengan mengampuni aku diampuni,
Dengan mati suci aku bangkit lagi,
Untuk hidup selama-lamanya. Amin
13.Doa di depan Salib.
Ini adalah doa pertama yang disusun oleh St.Fransiskus Asisi. Tanggal penyusunannya diperkirakan sekitar tahun 1205 dan 1206, pada waktu Fransiskus masih mencari-cari tahu mengenai panggilannya dan berjuang melawan berbagai godaan dan keragu-raguan. Doa ini dinamakan juga “doa pertobatan Fransiskus”, namun hal itu tidak berarti bahwa doa tersebut disusun pada saat pertobatannya. Orang kudus ini telah menghaturkan doa-doa dengan cara yang sama sebelum dia menyusunnya seperti kita kenal sekarang:
Italia: Altissimo glorioso Dio ,illumina le tenebre de lo core mio et dammi fede retta, speranza certa e carita perfectasenno e congnoscemento,Signore, che faccialo tuo santo e verace comandamento. Amen.
Inggris: Most High, glorious God, enlighten the darkness of my heart and give me true faith, certain hope, and perfect charity, sense and knowledge, Lord, that I may carry out Your holy and true command. Amen.
Indonesia: Allah yang mahatinggi dan penuh kemuliaan, terangilah kegelapan hatiku dan berilah aku iman yang benar, pengharapan yang teguh, dan kasih yang sempurna.Berikanlah aku, ya Tuhan, perasaan yang peka dan budi yang cerah, agar aku mampu melaksanakan perintah-Mu yang kudus dan takkan menyesatkan. Amin.
14. Doa kepada St. Mikael
Pemimpin Balatentara Surgawi yang mulia, Malaikat Agung St Mikhael yang kudus, belalah kami dalam pertempuran melawan pemimpin dan kuasa-kuasa dan penguasa-penguasa kegelapan di dunia ini, melawan roh-roh jahat yang dulunya adalah para malaikat. Sudi datanglah menolong manusia yang diciptakan Tuhan menurut gambar-Nya Sendiri dan yang ditebus-Nya dari tirani setan dengan harga yang sangat mahal.
Gereja menghormati engkau sebagai penjaga dan pelindungnya. Tuhan mempercayakan ke dalam pemeliharaanmu segenap jiwa-jiwa yang telah ditebus, agar engkau menghantar mereka ke dalam kebahagiaan di surga. Mohonkanlah kepada Raja Damai agar Ia meremukkan setan di bawah kaki kami; sehingga setan tak lagi dapat menawan manusia dan dengan demikian melukai Gereja. Persembahkanlah doa-doa kami kepada Allah yang Mahatinggi, agar belas kasihan-Nya segera dicurahkan atas kami. Tawanlah Binatang itu, si Ular Tua, yang adalah musuh dan Roh Jahat, dan rendahkanlah ia hingga ke ketiadaan abadi, agar ia tak lagi membujuk bangsa-bangsa.”
“Malaikat Agung St. Mikhael, belalah kami dalam peperangan. Jadilah pelindung kami dalam melawan segala kejahatan dan jebakan setan. Kami mohon dengan rendah hati agar Allah menaklukkannya, dan engkau, O panglima balatentara surgawi, dengan kuasa Ilahi, usirlah ke neraka setan dan semua roh jahat yang berkeliaran di seluruh dunia yang hendak menghancurkan jiwa-jiwa. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar