Ads 468x60px

DOA-DOA BERSAMA BUNDA MARIA

1. PENYERAHAN KEPADA MARIA
Santa Maria, bunda Tuhan kami Yesus Kristus, Engkaulah ratu dunia temulia. Sudilah Engkau menjadi ratu bagi kami semua. Tunjukkanlah kepada kami jalan menuju kesucian, dan bimbinglah kami supaya jangan tersesat. Kuasailah budi kami, supaya kami hanya mencari yang benar. Kuasailah kehendak kami, supaya kami hanya menginginkan yang baik. Kuasailah hati kami, supaya kami saling mengasihi sebagai saudara. Kuasailah diri kami masing-masing dan segenap anggota keluarga, kuasailah segenap warga masyarakat, segala bangsa, dan pembesar-pembesar dunia. Sudilah Engkau menjadi tali pengikat mereka semua dalam persatuan yang teguh.

Kuasailah seluruh umat manusia. Bukalah jalan iman bagi mereka yang belum mengenal Putera-Mu Yesus. Bantulah agar segala bangsa bersatu padu, hidup rukun dan damai. Naungilah seluruh umat manusia, lebih-lebih yang dianiaya dan dikejar-kejar. Tabahkanlah mereka di dalam penindasan, dan terangilah mereka di dalam kegelapan, agar tetap setia kepada Yesus, PuteraMu.
Hantarlah semua permohonan kami ini kehadapan PuteraMu, Sang Maharaja kerajaan damai, tempat setiap doa permohonan dikabulkan, setiap beban hati diringankan dan segala kelemahan disembuhkan.
Semoga semua orang yang mengenal kekuasaanNya dan menaruh harapan padaNya, sekali waktu melihat kemegahan kerajaan PuteraMu itu, yang bersama Bapa dan Roh Kudus hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin.


2. NOVENA TIGA SALAM MARIA
Bunda Maria, Perawan yang kuasa, bagiMu tiada sesuatu yang mustahil, justru karena kekuasaan yang dianugerahkan Tuhan yang Mahakuasa kepadaMu. Maka dengan sangat aku mohon bantuanMu dalam kesulitanku. Janganlah kiranya Bunda meninggalkan aku, sebab Bunda pasti dapat menolong. Meski dalam perkara sulit yang tak ada harapannya sekalipun Bunda tetap menjadi perantara.
Baik keluhuran Tuhan, kehormatan namaMu maupun keselamatan jiwaku akan bertambah jika Bunda sudi mengabulkan permohonan ini. Oleh karena itu, kalau permohonan ini benar-benar selaras dengan kehendak Tuhan yang mahakasih dan maha suci, aku mohon dengan sangat, ya Bunda yang kuasa dalam permohonan, sudilah kiranya Bunda meneruskan permohonanku ini ke hadirat PuteraMu yang pasti takkan menolakmu.
Pengharapanku yang besar ini berdasarkan kekuasaan tak terbatas yang dianugerahkan Allah Bapa kepadaMu. Dan untuk menghormati kekuasaanMu, aku berdoa bersama Santa Mekhtildis, yang Ibu beritahu tentang kebaktian “Tiga Salam Maria” yang sangat besar manfaatnya.
Salam Maria ....(3x).
Bunda Maria yang baik hati, jauhkanlah aku dari dosa berat.
Perawan suci, Tahta Kebijaksanaan, berkat Sabda Allah, kebijaksanaan ilahi telah tinggal di dalam diriMu. Bunda telah dianugerahi pengetahuan ilahi tak terhingga oleh PuteraMu, karena sebagai makhluk paling sempurna Bunda dapat menerimanya. Engkau tahu betapa besar kesulitan yang kuhadapi, betapa besar pertolongan yang kami harapkan dariMu.
Dengan penuh kepercayaan akan tingginya kebijaksanaanMu, aku menyerahkan diri seutuhnya kepadaMu, supaya Bunda dapat mengatur selaras dengan segala kesanggupan dan kedermawanan budiMu demi keluhuran Tuhan dan keselamatan jiwaku. Sudilah kiranya Bunda menolong dengan segala cara yang paling tepat, agar tercapailah maksudku ini.
Bunda Maria, Bunda kebijaksanaan ilahi, berkenanlah mengabulkan permohonan yang penting ini. Aku mohon ini berdasarkan kebijaksanaanMu yang tiada bandingnya, yang dikurniakan kepadaMu oleh Sabda Ilahi PuteraMu. Bersama Santo Antonius dari Padua dan Santo Leonardus dari Porto Mauritio, pewarta kebaktian “Tiga Salam Maria” yang rajin, aku berdoa untuk menghormati kebijaksanaanMu yang tiada taranya.
Salam Maria ....(3x).
Bunda Maria yang baik hati, jauhkanlah aku dari dosa berat.
Bunda yang baik dan lembut hati, Bunda Kerahiman Sejati, yang akhir-akhir ini menyebut diriMu “Bunda Yang Penuh Belas Kasih”, aku datang kepadaMu dan mohon dengan sangat sudilah kiranya Bunda memperlihatkan belas kasihMu kepadaku.
Aku tahu, bahwa aku tak pantas mendapat kurnia ini, sebab kerap kali aku menyedihkan hatiMu dengan menghina PuteraMu. Betapapun besar kesalahanku namun aku sangat menyesal karena telah melukai Hati Kudus Yesus dan Hati KudusMu.
Bunda telah memperkenalkan diri sebagai “Bunda Para Pendosa Yang Bertobat” kepada Santa Brigita. Maka ampunilah segala tidak tahu terima kasihku yang sudah-sudah. Ingatlah saja akan keluhuran Tuhan serta kerahiman dan kebaikan hatiMu, yang akan terpancar dengan mengabulkan permohonanku ini dengan perantaraanMu. Bunda Perawan yang penuh kebaikan, lembut hati dan manis, belum pernah Bunda membiarkan orang yang datang mohon pertolonganMu. Atas kerahiman dan kebaikanMu, aku mengharap dengan sangat anugerah Roh Kudus dariMu. Dan demi keluhuran namaMu, bersama Santo Alfonsus Liguori, rasul kerahimanMu serta guru kebaktian “Tiga Salam Maria” ini, aku berdoa untuk menghormati kerahiman dan kebaikanMu.
Salam Maria ....(3x).
Bunda Maria yang baik hati, jauhkanlah aku dari dosa berat.


3. DOA KEPADA BUNDA MARIA YANG PENUH CINTA KASIH
RATU PARA MALAIKAT, RATU PERDAMAIAN
O, BUNDA MARIA, RATU SURGAWI YANG MULIA, dan PENGUASA PARA MALAIKAT, ENGKAU, yang telah menerima kuasa penuh dan yang telah diutus oleh ALLAH BAPA untuk meremukkan kepala setan, kami dengan rendah hati, berdoa, memohon kepada IBU, utuslah Tentara Surga, para MalaikatMu, supaya di bawah perintahMu para malaikatMu mengejar-ngejar roh-roh jahat dimanapun juga serta memaksa dan menghentikan keganasan mereka dan usirlah roh-roh jahat jauh-jauh dari kami semua.
O, BUNDA MARIA, yang baik hati dan lembut hati, ENGKAU selama-lamanya adalah cinta kasih dan harapan kami.
O, BUNDA ALLAH, utuslah malaikat-malaikatMu untuk membela kami dan usirlah musuh-musuh bengis kami sejauh-jauhnya.
Semua Para Malaikat yang suci, belalah dan hindarkanlah kami semua dari segala pekerjaan roh-roh dan orang-orang jahat. Amin.
(Doa tersebut untuk menghalau roh-roh dan orang-orang
jahat dengan pekerjaan-pekerjaannya)


4. BUNDA PENOLONG ABADI DOAKANLAH KAMI
Bunda Penolong Abadi, dengan penuh kepercayaan dan harapan, kami berlutut di hadapanMu.
Belum pernah ada orang yang sia-sia mencari perlindunganMu.
Semasa hidupMu sebagai ibu, Engkau seringkali memberi pertolongan kepada Yesus PuteraMu.
Dengan penuh kasih sayang Engkau melindungi dan membimbingNya selama masa mudaNya.
Selama hidupNya di muka umum Engkau menghiburNya dan memberi dorongan kepadaNya.
Pada saat Dia menderita, Engkau mendampingi dan menguatkanNya.
Demikian juga jadilah bagi kami seorang ibu yang selalu menolong kami.
Bunda Maria, kami ini juga anakMu.
Di kayu salib, Putera IlahiMu telah memberikan Dikau sebagai bunda kami dan Engkau telah menerima kami sebagai anakMu.
Kami tahu Engkau memberi anak-anakMu khususnya mereka yang menghormatiMu sebagai Bunda Penolong Abadi rahmat dan berkat yang tak terhitung banyaknya untuk jiwa raga mereka.
Dengan penuh syukur kami mengucapkan terima kasih untuk segala perlindungan bagi kami dan bagi mereka semua.
Bunda Penolong Abadi, jangan biarkan kami sekarang pergi tanpa penghiburanMu.
Kami selalu memerlukan bantuanMu, teristimewa dalam kesulitan yang sekarang ini kami alami .....
Bunda Maria pandanglah kami dengan penuh kebaikan dan kasih sayang.
Jadilah perantara kepada Putera IlahiMu untuk memperoleh anugerah-anugerah ....….. yang kami mohon dengan sangat dalam doa ini.
Kami berjanji akan berterima kasih kepadaMu selama hidup kami, sampai kami datang bersyukur kepadaMu di surga.
Bunda yang berkuasa, baik bagi kami,
Engkau dapat menolong kami,
Engkau pasti berkenan menolong kami,
Engkau bersedia menolong kami,
O Bunda Penolong Abadi yang setia,
terimalah doa kami. Amin.


5. DOA NOVENA MEDALI WASIAT
(Doa St. Katharina Laboure)
Ya Perawan Maria yang tak bercela, ibu Yesus Kristus Tuhan kami, dan Ibu kami. Dengan penuh kepercayaan akan perantaraanMu yangh kuasa tak terhingga, dan tak pernah sia-sia sebagaimana sudah seringkali dinyatakan oleh medali wasiat, kami anakMu terkasih dan penuh kepercayaan, memohon supaya engkau memperolehkan bagi kami kurnia dan anugerah yang kami minta dalam novena ini. Sejauh itu berguna bagi jiwa kami dan jiwa-jiwa yang kami doakan.
Permohonan ….
Ya Maria, sudah seringkali jiwaMu menjadi tempat suci bagi PuteraMu, yang benci akan dosa. Perolehlah bagi kami kesucian hati, yang memperat kami dengan Allah. Sehingga setiap pikiran kami, kata-kata dan perbuatan kami hanya untuk memperbesar kemuliaanNya.
Perolehlah bagi kami tabiat senang berdoa dan mati raga. Supaya dapat kami peroleh apa yang telah hilang karena dosa-dosa kami. Dan supaya pada akhirnya kami boleh sampai ke tempat yang terberkati itu, tempat Engkau menjadi Ratu para Malaikat dan manusia. Amin.
Ya Maria, semula jadi tak bercela, doakanlah kami yang berlindung kepadaMu. (3X)
Bapa Kami ….


6. MALAIKAT TUHAN
Maria diberi kabar oleh Malaikat Tuhan, maka Ia mengandung dari Roh Kudus.
Salam Maria …..
Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanMu.
Salam Maria …..
Sabda sudah menjadi daging, tinggallah di antara kita.
Salam Maria …..
Doakanlah kami, ya Santa Bunda Allah,
supaya kami dapat menikmati janji Kristus.
Marilah berdoa :
Ya Tuhan, karena kabar malaikat kami mengetahui bahwa Yesus Kristus, PuteraMu menjadi manusia; kami mohon curahkanlah rahmatMu ke dalam hati kami supaya kami karena sengsara dan salibNya dibawa kepada kebangkitan yang mulia. Oleh Kristus, Tuhan kami. Amin.


7. RATU SURGAWI
Ratu surgawi bersukacita, Alleluya !
Sebab Ia yang boleh Kau kandung, Alleluya !
Telah bangkit seperti disabdakanNya, Alleluya !
Bersukacitalah dan bergembiralah, Perawan Maria, Alleluya !
Sebab Tuhan sungguh telah bangkit, Alleluya !
Marilah berdoa :
Ya Allah, Engkau telah menggembirakan dunia dengan kebangkitan PuteraMu, Tuhan kami Yesus Kristus. Kami mohon, perkenankanlah supaya kami bersukacita dalam kehidupan kekal dengan perantaraan BundaMu, Perawan Maria, oleh Kristus Tuhan Kami. Amin.


8. MOHON PERLINDUNGAN BUNDA MARIA
Di bawah perlindunganMu kami bernaung ya Santa Bunda Allah. Jangan Kau tolak permohonan kami dalam segala kesusahan dan kesulitan kami. Namun hindarkanlah kami dari segala mara bahaya, Ya Perawan yang mulia dan terberkati.
Bunda kami, pengantara kami, pembicara kami. Perdamaikanlah kami dengan PuteraMu, tunjukkanlah dan serahkanlah kami kepada PuteraMu.
Ingatlah ya Maria Perawan yang amat baik. Bahwa belum pernah terdengar, seseorang yang datang berlindung kepadaMu, meminta bantuanMu dan memohon padaMu, Kau tinggalkan.
Ya Bunda Allah, jangan Kau tolak permintaan kami tetapi dengarkanlah segala doa dan permohonan kami ……. Amin.


9. JIWA MARIA
Jiwa Maria, sucikanlah aku.
Hati Maria, nyalakanlah aku.
Tangan Maria, sanggalah aku.
Kaki Maria, pimpinlah aku.
Mata Maria, pandanglah aku.
Bibir Maria, berkatalah padaku.
Dukacita Maria, kuatkanlah aku.
O Maria yang manis, dengarkanlah aku.
Janganlah mengijinkan daku terpisah dariMu.
Terhadap musuh-musuhku, belalah aku.
Tuntunlah daku kepada Yesus yang manis.
Semoga dengan Dikau, aku dapat mencintai
dan Memuji Dikau untuk selama-lamanya.
Amin.


10. STABAT MATER DOLOROSA
Dekat Salib,
berdiri Bunda yang berduka berurai airmata,
dekat dengan Yesus, akhirnya.
Walau sukacita jiwa telah sirna,
didera derita, dirundung duka,
masih pula sebilah pedang menembusinya.
Oh betapa pilu dan pedih.
Adakah itu Bunda yang terberkati,
dari seorang Putra yang tunggal!
Wahai ratapan bisu yang tak kunjung henti,
wahai mata pudar, yang tak pernah lagi bersinar
dari Putra menawan yang penuh sengsara!
Bunda Kristus yang terkasih memandang,
dalam sengsaranya yang sungguh dahsyat,
Siapakah yang lahir dari seorang perempuan yang tidak akan menangis?
Bunda Kristus yang terkasih merenungkan,
piala sengsara yang harus direguknya,
adakah yang tak hendak berbagi sengsara dengannya?
Oleh sebab dosa-dosa bangsa-Nya sendiri,
ia melihat-Nya tergantung dalam kehinaan
hingga Ia menyerahkan RohNya;
dihancur-binasakan, dinistakan, dikutuk, dihujat;
ia memandang Putranya yang lemah lembut,
sekujur tubuh-Nya terkoyak payah berlumuran darah akibat penderaan.
Wahai, engkau Bunda sumber belas kasih.
Sentuhlah rohku dari atas sana,
jadikan hatiku serupa hatimu.
Buatlah aku merasa seperti engkau merasa;
buatlah jiwaku bernyala-nyala dan lebur
dalam kasih Kristus, Tuhan-ku.
Bunda Tersuci, tembusilah hatiku.
Dalam hatiku, biarlah setiap luka memulihkan Juruselamat-ku yang tersalib.
Perkenankanlah aku berbagi bersamamu sengsara-Nya;
Ia, yang dihukum mati demi dosa-dosaku,
Ia, yang wafat disiksa demi aku.
Perkenankanlah airmataku berbaur dengan airmatamu,
meratapi Dia yang meratapi aku,
setiap hari sepanjang masa hidupku.
Dekat salib aku tinggal bersamamu,
di sana menangis dan berdoa bersamamu,
hanya itu yang kuminta daripadamu.
Perawan dari segala perawan yang terberkati,
sudi dengarkanlah permohonanku yang sangat;
perkenankanlah aku turut serta dalam dukacita ilahimu.
Perkenankanlah aku hingga akhir hayatku,
dalam tubuhku menanggung wafat
Putramu yang meregang nyawa.
Luka dengan segenap bilur-bilur-Nya,
benamkanlah jiwaku hingga larut sepenuhnya
dalam Darah-Nya.
Dekatlah aku, ya Santa Perawan,
kalau-kalau aku terbakar dan mati dalam kobaran api
pada murka hari penghakiman-Nya.
Kristus, sebab itu, apabila Engkau memanggilku kelak,
BundaMu adalah perlindunganku,
Salib-Mu adalah kemenanganku.
Walau tubuhku lebur dalam debu,
kiranya jiwaku boleh memuliakan kebajikan-Mu;
aman bersama-Mu di surga.Amin.


11.Doa St Bonaventura
Ya Santa Perawan yang Berduka, persatukanlah aku setidak-tidaknya dengan penghinaan dan luka-luka Putramu, sehingga baik Dia maupun engkau mendapati penghiburan dengan memiliki seseorang yang berbagi penderitaan denganmu. Oh, alangkah bahagianya aku andai aku dapat melakukannya! Sebab, mungkinkah ada sesuatu yang lebih agung, lebih manis, ataupun lebih berguna bagi seorang daripada itu? Mengapakah engkau tak hendak meluluskan apa yang aku minta? Apabila aku menghina engkau, bersikaplah adil dan tembusilah hatiku. Apabila aku setia kepadamu, sudi janganlah tinggalkan aku tanpa ganjaran: berilah aku dukacitamu. Amin.


12.Doa St. Alfonsus Maria de Liguori
Ya Santa Perawan yang berduka, ya jiwa yang mulia dalam keutamaan-keutamaan, seperti nyata dalam dukacitamu; keduanya, yang satu dan yang lainnya, memancar dari kobaran api yang bernyala-nyala dalam hatimu karena Tuhan, satu-satunya kekasih hatimu! Bunda, berbelas-kasihanlah kepadaku, yang belum mengasihi Tuhan, melainkan telah begitu sering menghina-Nya. Dukacitamu, sungguh, meyakinkanku akan pengampunan, namun itu saja tidak cukup. Aku rindu mengasihi Tuhan. Siapakah gerangan yang dapat memperolehkan rahmat itu bagiku jika bukan engkau, yang adalah Bunda dari Kasih yang Mahakudus! Ya Maria, engkau menghibur semua orang; anugerahilah aku juga dengan penghiburan-penghiburanmu. Amin.


13. Doa St.Aloysius Gonzaga
Santa Maria, Ratu junjunganku, aku menyerahkan diriku
kepada perlindunganMu yang suci dan pemeliharaan khususmu
serta pangkuan belas kasihmu, hari ini dan setiap hari serta pada saat aku mati.
Aku serahkan jiwa ragaku kepadamu. Aku percayakan kepadamu harapan dan hiburanku, kesedihan dan kesengsaraanku, seuruh hidup dan akhir hayatku.
Melalui perantaraanmu yang paing suci dan melalui jasa-jasamu, semoga segala tindakanku diarahkan sesuai dengan arah kehendakmu dan kehendak Puteramu.


14. Mohon Pertolongan St Perawan Maria dari Guadalupe
Bunda tercinta, kami mengasihimu.
Kami berterima kasih atas janjimu untuk menolong kami,
bila kami berada dalam kesesakan.
Kami mempercayakan diri ke dalam kasihmu
yang kuasa mengeringkan air mata dan menghibur hati kami.
Ajarilah kami menemukan damai di dalam diri Yesus Puteramu
dan berkatilah kami di sepanjang hari-hari hidup kami.
Tolonglah kami membangun sebuah bait di dalam hati kami.
Jadikanlah bait kami itu seindah bait yang telah dibangun
di atas Gunung Tepeyac bagimu.
Suatu bait penuh penyerahan, pengharapan dan cinta kasih kepada Yesus
yang terus berkembang setiap hari.
Bunda tercinta, Engkau memilih tinggal bersama kami
dengan menghadiahkan gambar dirimu sendiri yang amat ajaib dan suci
pada jubah Juan Diego.
Biarlah kami menikmati kehadiranmu yang penuh kasih itu
apabila kami memandangi wajahmu.
Berilah kami keberanian seperti Juan
untuk menyampaikan pesan pengharapanmu kepada semua orang.
Engkaulah Bunda kami dan sumber inspirasi kami.
Sudi dengarkanlah dan jawablah doa-doa kami.
Amin (3x Salam Maria).


15. Doa Bunda Maria Medali Wasiat
Ya Santa Perawan Maria yang dikandung tanpa dosa,
Bunda Tuhan kami Yesus dan Bunda kami,
dengan mengandalkan perantaraanmu yang berdaya kuasa
dan tak pernah sia-sia,
sebagaimana begitu sering terbukti melalui Medali Wasiat,
kami anak-anakmu yang terkasih dengan penuh kepercayaan memohon kepadamu untuk memperolehkan bagi kami rahmat dan pertolongan yang kami mohonkan dalam novena ini, asal bermanfaat bagi jiwa-jiwa kami yang fana,
dan jiwa-jiwa yang kami doakan.
(Sebutkan permohonan).
Engkau tahu, ya Maria, betapa sering jiwa kami menjadi sanctuarium Putramu yang benci akan dosa. Sebab itu, sudi perolehkanlah bagi kami kebencian mendalam akan dosa dan kerinduan akan kesucian hati yang akan mengikatkan kami kepada Tuhan semata sehingga setiap pikiran, perkataan dan perbuatan kami terarah demi kemuliaan-Nya yang terlebih lagi.
Perolehkanlah juga bagi kami semangat doa dan penyangkalan diri agar dengan penitensi kami dapat memulihkan kembali apa yang telah hilang akibat dosa dan pada akhirnya sampai ke tempat tinggal abadi di mana engkau adalah Ratu para malaikat dan manusia. Amin.
"O Maria, yang dikandung tanpa dosa, doakanlah kami yang berlindung padamu.” 3x


16. Doa Santa Perawan Maria dari La Salette
Ingatlah, ya Santa Perawan Maria dari La Salette, Bunda Dukacita sejati, akan airmata yang engkau curahkan bagi kami di Kalvari. Ingatlah pula akan kasih sayang pemeliharaanmu agar kami tetap setia kepada Kristus, Putramu. Setelah berbuat begitu banyak bagi anak-anakmu, engkau tidaklah akan meninggalkan kami sekarang. Terhibur oleh pemikiran yang menenangkan hati ini, kami datang memohon kepadamu, kendati ketidaksetiaan dan tidak tahu terima kasih kami. Perawan Pendamai, janganlah kiranya engkau menolak doa-doa kami, melainkan jadilah perantara kami, perolehkanlah bagi kami rahmat untuk mengasihi Yesus di atas segala-galanya. Kiranya kami boleh menghibur engkau dengan mengamalkan hidup kudus dan dengan demikian boleh ikut ambil bagian dalam hidup kekal yang Kristus perolehkan bagi kami melalui salibNya. Amin.


17. Doa Kidung Maria
Aku mengagungkan Tuhan
hatiku bersukaria karena Allah Penyelamatku.
Sebab Ia memperhatikan daku,
hamba-Nya yang hina ini.
Mulai sekarang aku disebut yang bahagia,
oleh sekalian bangsa.
Sebab perbuatan besar dikerjakan bagiku oleh Yang Mahakuasa,
kuduskanlah nama-Nya.
Perkasalah perbuatan tangan-Nya,
dicerai-beraikan-Nya orang yang angkuh hatinya.
Orang yang berkuasa diturunkan-Nya dari takhta,
yang hina dina diangkat-Nya.
Orang lapar dikenyangkan-Nya dengan kebaikan,
orang kaya diusir-Nya pergi dengan tangan kosong.
Menurut janji-Nya kepada leluhur kita,
Allah telah menolong Israel hamba-Nya.
Demi kasih sayang-Nya kepada Abraham serta keturunannya,
untuk selama-lamanya.
Kemuliaan ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar