Ads 468x60px

DOA-DOA KEPADA TUHAN YESUS


1.DOA SANTA BRIDGET
(Doa 15x Bapa Kami Dan 15x Salam Maria Untuk Menghormati 5480 Pukulan Pada Tubuh Yesus)
DOA PEMBUKAAN
Ya Tuhan Yesus, semoga ENGKAU menolong kami yang memulai doa-doaMu ini agar dapat kami lakukan sesuai dengan KehendakMu dan dapat menyelesaikan untuk waktu yang telah KAU tentukan tanpa gangguan baik kesehatan jasmani maupun rohani kami.
Teguhkan dan kuatkan iman kami. Amin.

DOA 1
Bapa Kami........... Salam Maria...........
1. Mereka membelenggu kakiKu dan menyeretKu di atas batu-batu anak tangga, turun menuju ke sebuah ruangan kotor dan menjijikkan di bawah tanah.
O Yesus Kristus, kebahagiaan abadi, suka demi suka, kesenangan bagi orang yang mencintaiMu, Penyelamat dan Pengharapan semua pendosa.
ENGKAU telah membuktikan bahwa bagiMu ketenangan terbesar adalah berada di tengah-tengah manusia, bahkan menjadi manusia sepenuhnya, karena cintaMu kepada kami.
Ingatlah akan kesengsaraan yang telah KAU derita, mulai dari kelahiranMu, terutama selama Masa SengsaraMu, seperti yang telah ditakdirkan dan diramalkan dalam rencana Ilahi sepanjang segala abad.

Ingatlah Tuhan, ketika pada santapan terakhir dengan rasul-rasulMu, ENGKAU telah membasuh kaki mereka, ENGKAU telah memberi Tubuh dan DarahMu yang tak ternilai harganya, dan pada saat yang sama ENGKAU telah meramalkan sengsaraMu serta menghibur mereka dengan penuh kasih.
Ingatlah semua duka dan kepahitan yang telah KAU derita di dalam jiwaMu dengan berkata: “JiwaKu berduka, hatiKu sedih sekali, bagaikan mau mati rasanya!”
Ingatlah semua ketakutan, kepiluan dan derita yang telah ENGKAU alami sebelum disiksa disalib, ketika telah berdoa sampai tiga kali dengan bermandikan peluh darah.
ENGKAU dikhianati Yudas muridMu, KAU ditawan oleh orang-orang yang bangsanya telah KAU pilih dan angkat; dituduh dengan saksi-saksi palsu dan diadili secara curang oleh tiga hakim dalam masa kemekaran remajaMu, dan selama masa Paskah yang khidmat.
Ingatlah juga bahwa ENGKAU telah dilucuti dari pakaianMu, diganti dengan pakaian penghinaan. Muka dan mataMu kabur. KAU ditempeleng, dimahkotai duri, tongkat ditaruh di tanganMu. ENGKAU dihancurkan oleh pukulan-pukulan dan ditenggelamkan dalam penghinaan dan kebiadaban.
Demi sengsara dan semua derita yang telah ENGKAU alami sebelum masa sengsaraMu disalib, berilah aku tobat sejati, penyesalan sungguh-sungguh, dan sempurna sebelum kematianku dan pengampunan dari dosa-dosaku. Amin.
DOA 2.
Bapa Kami........... Salam Maria...........
2. Mereka menanggalkan pakaianKu, lalu menyambuki badanKu dengan cambuk yang bersimpul-simpul besi.
O Yesus, kemerdekaan sejati para Malaikat, kebahagiaan surgawi. Ingatlah akan kengerian dan kedukaan yang ENGKAU derita, ketika musuh-musuhMu seperti singa lapar mengelilingiMu dengan seribu satu macam penghinaan, meludahi, memukuli, melukai, dan dengan kesadisan-kesadisan yang tak terbayangkan menyiksaMu dengan sengaja.
Demi kesadisan dan penghinaan ini, aku mohon kepadaMu Penyelamatku, lindungilah aku dari semua musuh-musuhku, baik yang kelihatan maupun yang tak kelihatan dan bawalah aku dibawah perlindunganMu ke keselamatan abadi. Amin.
DOA 3
Bapa Kami........... Salam Maria...........
3. Mereka melilitkan tali ke badanKu, lalu menarikKu sepanjang lapangan dari ujung ke ujung.
O Yesus pencipta surga dan bumi, yang tak dapat dibendung maupun dibatasi. ENGKAU yang memegang dan melindungi dengan kuasa cintaMu.
Ingatlah akan kesakitan hebat yang ENGKAU derita ketika orang-orang Yahudi memaku tangan dan kakiMu dengan pukulan yang bertubi-tubi dengan paku yang besar. Menganggap deritaMu kurang besar untuk memuaskan kemarahan mereka. Mereka memperbesar luka-lukaMu dengan menambah kesakitan demi kesakitan yang tak terperikan, merentangkan badanMu disalib, menarik ENGKAU dari semua pihak dan dengan demikian memutuskan otot-otot anggota badan Mu.
Aku mohon padaMu, O Yesus, mengingat cinta sengsara di kayu salib ini, berilah aku rahmat untuk mentaati dan mencintaiMu dengan segenap hati. Amin.
DOA 4.
Bapa Kami........... Salam Maria...........
4. Mereka menggantungKu pada sekeping kayu dengan simpul hidup dan mudah terbuka, sehingga Aku jatuh. Dengan siksaan yang demikian ini, Aku menangis dengan air mata darah.
O Yesus cermin kemegahan abadi, ingatlah duka yang ENGKAU alami. Ketika merenungkan dengan cahaya IlahiMu nasib orang-orang yang akan diselamatkan karena sengsaraMu yang suci. Pada saat yang sama ENGKAU lihat banyak orang-orang berdosa yang akan celaka karena dosa-dosa mereka dan dengan pahit ENGKAU mengeluh bagi mereka yang tiada harapan dan celaka itu.
Demi lembah kerahiman dan kasih ini dan terutama demi kebaikan yang ENGKAU perlihatkan pada si penjahat yang disalib bersamaMu itu dengan berkata, ”HARI INI JUGA KAU AKAN BERSAMAKU DI SURGA.”
Aku mohon kepadaMu O Yesus yang manis, agar ENGKAU akan mengampuniku di saat kematianku. Amin
DOA 5.
Bapa Kami........... Salam Maria...........
5. Mereka mengikatKU pada sebuah tonggak, lalu menusuk dengan kayu yang bercabang-cabang.
O Yesus tabib surgawi, diangkat tinggi disalib untuk menyembuhkan luka-luka kami dengan luka-lukaMu. Ingatlah akan luka-luka yang telah ENGKAU derita dan kelemahan tubuhMu yang diranggitkan sedemikian rupa, sehingga tak ada derita yang melebihi deritaMu.
Dari puncak kepala sampai kakiMu, tak ada bagian yang tersisa. Meskipun demikian, dengan melupakan segala derita, ENGKAU tak henti-hentinya berdoa kepada BapaMu di surga untuk musuh-musuhMu dengan berkata, ”BAPA AMPUNILAH MEREKA, SEBAB MEREKA TAK TAHU APA YANG MEREKA LAKUKAN.”
Demi pengampunan besar dan mengingat sengsaraMu yang terpahit ini, kami dapat disadarkan untuk memperoleh tobat sempurna dan pengampunan atas dosa-dosa kami. Amin.
DOA 6.
Bapa Kami........... Salam Maria...........
6. Mereka memukulKu dengan batu, dan memanggangKu dengan bara api dan obor.
O Yesus Raja tercinta yang paling dirindukan, ingatlah derita yang ENGKAU alami, ketika telanjang dan diperlakukan sebagai orang jahat, diikat dan dinaikkan di atas salib, ketika semua teman dan kenalanMu meninggalkan DIKAU kecuali ibuMu yang tercinta dan tinggal bersamaMu, selama sengsaraMu dan telah ENGKAU percayakan kepada muridMu yang setia, ketika ENGKAU berkata kepada Maria, ”IBU LIHATLAH ANAKMU”, dan kepada rasulMu Yohanes ENGKAU berkata, ”ANAK LIHATLAH IBUMU.”
Aku mohon padaMu, o penyelamatku, demi tombak duka yang menusuk hati BundaMu, Maria, kasihanilah aku dengan segala kenistaan dan kekuranganku, baik jasmani maupun rohani, dan tolonglah aku dalam segala percobaanku dan terutama disaat-saat kematianku. Amin.
DOA 7.
Bapa Kami........... Salam Maria...........
7. Mereka menusukKu dengan jarum besar, ujung yang menyerupai tombak runcing, merobek kulitKu, daging dan urat-uratKu mencuat keluar badanKu.
O Yesus Pancaran kerahiman yang tak pernah padam, yang dengan cinta yang dalam berkata dari atas kayu salib, ”AKU HAUS!”
Engkau telah menderita dahaga untuk menyelamatkan umat manusia.
Aku mohon padaMu, O Penyelamatku, agar menghidupkan di dalam hatiku, api kerinduan untuk berbuat sempurna dalam segala tindakanku, dan untuk memadamkan hawa nafsu akan kesenangan jasmani dan kerinduan akan harta duniawi. Amin.
DOA 8.
Bapa Kami........... Salam Maria...........
8. Mereka mengikatKu pada sebuah tonggak dan menyuruh berdiri tanpa alas kaki pada sekeping besi panas yang membara.
O Yesus Keramahan hati, kesenangan rohani demi kepahitan cuka dan empedu yang telah ENGKAU cicipi di salib, karena cinta pada kami;
Berilah kami rahmat untuk menerima tubuh dan darahMu yang berharga dengan layak selama hidup kami, dan disaat kematian kami. Semoga Tubuh dan DarahMu itu merupakan obat dan penghiburan bagi jiwa kami. Amin.
DOA 9.
Bapa Kami........... Salam Maria...........
9. Mereka memahkotaiKu dengan mahkota besi, menutup mukaKu dengan kain kotor dan dekil.
O Yesus Kebajikan Agung, suka cita rohani, ingatlah sengsara yang ENGKAU derita, ketika ditenggelamkan di dalam samudera kepahitan pada saat kematianMu, dihina diperkosa oleh orang-orang Yahudi.
ENGKAU berseru dengan suara lantang, bahwa ENGKAU ditinggalkan oleh BapaMu dengan berkata: ”TUHANKU, TUHANKU MENGAPA ENGKAU TINGGALKAN AKU?” Demi sengsara ini, aku mohon padaMu, O Penyelamatku, janganlah tinggalkan aku disaat-saat kengerian dan derita menjelang kematianku. Amin.
DOA 10.
Bapa Kami........... Salam Maria...........
10. Mereka mendudukkan Aku pada sebuah kursi yang dipasangi paku-paku tajam, yang menyebabkan luka-luka dalam pada badanKu.
O Yesus Awal dan akhir dari segalanya, dari hidup dan kebajikan. Ingatlah, bahwa karena kami, ENGKAU dilempar ke jurang kesengsaraan, dari telapak Kaki sampai ke puncak KepalaMu.
Mengingat luka-lukaMu yang KAU derita, ajarilah kami memelihara hukum-hukumMu. Karena dengan cinta sejati membukakan jalan yang lebar dan mudah bagi mereka yang mencintaiMu. Amin.
DOA 11.
Bapa Kami........... Salam Maria...........
11. Mereka menyiram luka-lukaKu dengan timah hitam dan damar cair, kemudian mereka menggencetKu pada kursi berpaku-paku, sehingga paku-paku ini menusuk membenam masuk, semakin dalam dan lebih dalam lagi ke badanKu.
O Yesus kerahiman yang dalam, aku mohon padaMu, mengingat luka-lukaMu yang menusuk sampai tulang sumsum dan ke dalam tubuhMu, agar menarik aku orang berdosa celaka yang diliputi dosa-dosa ini, dari segala dosa dan menyembunyikan aku dari kehadiranMu yang pantas murka itu. Sembunyikanlah aku ke dalam luka-lukaMu, sampai kemurkaanMu yang adil itu berlalu. Amin.
DOA 12.
Bapa Kami........... Salam Maria...........
12. Supaya Aku malu dan makin sengsara, mereka menusukkan jarum-jarum di lobang pori janggutKu yang sudah dicabuti, lalu lenganKu diikatkan ke punggungKu, dan menggiringKu keluar dari penjara, dibarengi tamparan-tamparan dan pukulan-pukulan.
O Yesus Cermin kebenaran. Lambang persatuan. Mata rantai kemurahan, ingatlah akan luka-lukaMu yang banyak itu, yang menutupi ENGKAU dari Kepala sampai ke Kaki, dirobek dan menjadi merah karena cucuran darahMu yang suci itu. O sengsara maha besar dan sejagad, yang ENGKAU derita dengan BadanMu yang murni itu demi kami.
Yesus terkasih, segalanya KAU lakukan untuk kami. Dengan mengingat sengsaraMu secara setia, dengan buah sengsaraMu diperbaharui dihati kami. Semoga setiap hari cintaMu bertambah dihati kami, sampai kami menemuiMu untuk selama-lamanya.
ENGKAU bendahara kebaikkan sejati dan segala kesenangan kumohon padaMu, untuk memberikannya padaku di surga. Amin.
DOA 13.
Bapa Kami........... Salam Maria...........
13. Mereka menghempasKu pada salib dan mengikatKu sedemikian kencangnya, sehingga Aku hampir-hampir tidak bisa bernafas sama sekali.
0 Yesus Singa yang kuat. Raja kekal yang tak terkalahkan, ingatlah akan duka yang telah ENGKAU derita, ketika kekutanMu baik rohani maupun jasmani telah habis sama sekali.
ENGKAU menundukkan kepalaMu sambil berkata:
“ TELAH DILAKSANAKAN “
Demi derita dan duka ini, aku mohon kepadaMu O Tuhanku Yesus, ampunilah aku disaat kematianku ketika hatiku kacau dan jiwaku dalam kesusahan. Amin.
DOA 14.
Bapa Kami........... Salam Maria...........
14. Mereka mendorong keras kepalaKu, sehingga Aku jatuh terlentang ke tanah, lalu mereka menginjakKu yang menyakiti dadaku, kemudian mereka mencopot duri mahkotaKu dan menyucukkannya ke lidahKu.
O Yesus Putera tunggal Bapa, kemegahan dan rupa IlahiNya, ingatlah akan kerendahan hati dan kesederhanaan jiwaMu, yang telah ENGKAU serahkan kepada BapaMu yang kekal dengan berkata, ”BAPA DITANGANMU AKU SERAHKAN JIWAKU.”
Dengan TUBUH terluka dan dengan hati yang patah dan perut kerahimanMu terbuka, untuk menyilih kami, ENGKAU wafat!
Dengan kematian yang tak ternilai ini, aku mohon kepadaMu, O Raja dan segala kudus, hiburlah aku dan tolonglah aku menyangkal setan, tubuh, dan dunia. sehingga dengan mati terhadap dunia, aku hanya hidup untukMu saja. Aku mohon kepadaMu pada saat kematianku, terimalah aku musafir dan orang buangan yang telah kembali kepadaMu. Amin.
DOA 15.
Bapa Kami........... Salam Maria...........
15. Mereka menuangkan ke dalam mulutKu kotoran-kotoran yang sangat menjijikan, sebab mereka kehabisan cara-cara penyiksaan sadis dan keji.
O Yesus ranting subur dan murni, ingatlah curahan darah yang telah ENGKAU tumpahkan dari tubuhMu yang suci itu, seperti sari anggur yang mengalir dari mesin pemerah.
Di sisi lambungMu yang ditusuk dengan tombak oleh seorang serdadu. Darah dan air mengucur sehingga tak setetespun yang tinggal ditubuhMu. Dan akhirnya sebagai segenggam dupa yang diangkat ke atas salib, tubuhMu layu, daging yang halus dihancurkan serta sumsum tulangMu mengering.
Demi sengsara yang pahit ini dan demi tumpahan darah yang tak ternilai ini aku mohon padaMu, O Yesus terkasih, terima jiwaku dalam sekarat maut. Amin.

DOA PENUTUP
Ya Yesus, ANAK ALLAH BAPA YANG MAHA KUASA PENEBUS UMAT MANUSIA, kami berniat dengan sungguh-sungguh demi kemuliaan namaMu:
dalam MISTERI KELIMA BELAS PENYIKSAAN ini, sebab darahMu yang MAHA SUCI, sudah Kau curahkan bagi kami, maka kami memuliakan, mengagungkan dan menyembahMu.
Ya Kasih abadi Yesus, demi HATIMU YANG MAHA SUCI, DARAHMU YANG MAHA MURNI, pengorbananMu yang Maha Mulia, bagi umat manusia. Juga kami memuliakan SAKRAMEN MAHA KUDUS di altarMu.
O Yesus terkasih, tusuklah hatiku, agar airmata tobat dan cinta akan Dikau menjadi santapanku sehari-hari.
Semoga tobatku hanya untukMu. Semoga hatiku merupakan tempat tinggalMu nan abadi. Dan akhirnya agar hidupku sedemikian sempurna sehingga aku layak berada di sampingMu di surga dan di sana bersama para kudus, memuji Engkau untuk selama-lamanya.
Bunda Maria yang suci murni, bersama dengan sembilan Paduan Suara Mulia para Malaikat dan Darah suci para Kudus. Sebagaimana banyaknya pasir di samudera dan gandum di ladang, banyaknya rumput di padang dan buah-buahan di kebun, banyaknya daun-daun di pohon dan bunga-bunga di taman, banyaknya bintang-bintang di angkasa dan para Malaikat di surga serta banyaknya mahluk di bumi, kami semua hamba-hambaMu memuliakan dan menyembahMu, kini selalu dan sepanjang segala masa. Amin.


2. DOA KEPADA SALIB SUCI KRISTUS
Terpujilah Tuhan Yesus Kristus, yang wafat di kayu salib, disalib untuk dosa kita.
Kristus suci yang disalib, mohon selalu berserta kami.
Kristus suci yang disalib, mohon perlindungan.
Kristus suci yang disalib, Kau adalah terang abadi untuk keluarga kami.
Kristus suci yang disalib, lindungilah kami dari senjata tajam.
Kristus suci yang disalib, lindungilah kami dari racun.
Kristus suci yang disalib, datanglah di akhir perjalanan hidup kami.
Kristus suci yang disalib, lindungilah kami dari godaan dalam menghadapi maut.
Kristus suci yang disalib, lindungilah kami dari malapetaka.
Salib suci Kristus kami luhurkan Engkau, O Yesus dari Nazaret yang disalib lindungilah kami dari seteru jahat yang terlihat dan yang tak terlihat, sekarang dan selama-lamanya. Amin.


3. DOA UNTUK MENGHORMATI YESUS KRISTUS YANG WAFAT DI SALIB
Untuk menghormati kebangkitan dan kemanusiaanNya yang Ilahi, sehingga dapat membawa kita ke hidup yang kekal.
Sesungguhnya, bahwa Yesus lahir pada malam Natal.
Sesungguhnya, bahwa Yesus dikhitankan pada hari Senin.
Sesungguhnya, bahwa tiga raja mempersembahkan pujaan-pujaan pada hari ke-13.
Sesungguhnya, bahwa Yesus disalibkan pada hari Jumat suci.
Sesungguhnya, bahwa Nicodemus dan Yusuf mengambil Yesus dari salib dan menguburkannya.
Sesungguhnya, bahwa Yesus naik ke surga.
Begitulah Tuhan akan melindungi kami sekarang sampai akhirat. O Bapa di surga, di dalam tanganMu kami menyerahkan jiwa kami.
Yesus Maria Anna, Yesus Maria Yusuf, Yesus Maria Yoachim.
O Tuhan Yesus Kristus, karena kesengsaraan-kesengsaraan yang Kaualami di kayu salib, terutama tatkala jiwa-Mu akan meninggalkan tubuhMu, kasihanilah jiwa kami jika ia mau meninggalkan dunia ini.
O Yesus berilah kami tekad untuk memanggul salibku bersama denganMu, dan ajarilah kami untuk menganggap kesengsaraan sebagai anugerah, agar kekuasaan Bapa menutupi kami, kebijaksanaan Putera memberkati kami, kesucian Roh Kudus melindungi kami, agar kemuliaan Tritunggal suci menerima kami dan membawa jiwa kami ke hidup yang kekal. Amin.


4. DOA KEPADA BUNDA SUCI DARI HATI SUCI YESUS
O Bunda dari Hati Kudus, yang mempunyai pengaruh tak terhingga atas PuteraMu, Yesus Kristus, ingatlah kami. Dengan penuh harapan kami mohon perlindunganMu.
O Ibu dari Yesus, sumber abadi suci, yang Kau alirkan kepada para umat yang berisi kekayaan cintakasih, kebijaksanaan, terang dan keluhuran, kami mohon …………
Kami percaya tidak akan ditolak karena Kau adalah Ibu kami.
O Ibu yang manis dari Hati Yesus suci kabulkanlah permohonan kami ini. Amin.
Ya Maria yang terkandung tanpa noda, doakanlah kami yang berlindung kepadaMu ...…(3x)
Bapa kami …..(1x)


5. DOA JALAN KESELAMATAN
Doa : Tuhan, dengarkanlah !
Ke dalam tanganMu, kuserahkan hidup penuh duka.
Itulah tanda-Mu Kau setia.
Tuhan, Junjunganku, Aku dalam naungan-Mu.
Tuhan aku tetap setia akan nafas kasih-Mu.
Dalam melangkah di dunia, segarkanlah jiwaku.
Iman hidup untuk sesamaku.
Jangan Kau-tinggal aku.
Aku mohon tuntunan-Mu.
Takkan kulupakan sampai akhir hidupku.
Tanggapan : Langkahkan kakimu ke dalam salib-Ku !
Tuhan tak pernah ingkar janji.
Walau disalib sampai mati,
Aku tetap menyertaimu.


6. TUHAN MENANTI
Tuhan, aku datang pada-Mu.
Aku tahu,
Engkau menunggu aku datang.
Engkau gembira,
Engkau pandang aku penuh kasih.
hasrat-Mu membebaskan aku
dari belenggu-belenggu.
Tiliklah aku, kenalilah pikiranku.
Lihatlah, langkah hidupku.
Tuntunlah aku dijalan yang kekal
Lihatlah, aku di sini.


7. JIWA KRISTUS
Jiwa Kristus, kuduskanlah kami.
Tubuh Kristus, selamatkanlah kami.
Darah Kristus, sucikanlah kami.
Air lambung Kristus, basuhlah kami.
Sengsara Kristus, kuatkanlah kami.
Yesus yang murah hati, luluskanlah doa kami.
Dalam luka-lukaMu, sembunyikanlah kami.
Jangan kami dipisahkan, daripadaMu Tuhan.
Terhadap seteru yang curang, lindungilah kami.
Di waktu ajal, terimalah kami.
Supaya bersama para kudus,
kami memuji Engkau untuk selama-lamanya. Amin.


8. DOA BAGI YESUS TERSALIB
Buat agar aku menghayati sengsaraMu ya Tuhan.
SengsaraMu memisahkan aku dari dunia
dan mengangkat aku ke surga.
SengsaraMu menjelaskan hidup,
mendorong aku untuk menjadi persembahan,
mengajar pengampunan
dan menjadikan manis setiap penderitaan.
Buatlah agar aku menghayati sengsaraMu Tuhan,
dan dapat mengenal keindahan yang benar
serta kasih abadi agar iman kepercayaanku
penuh tanpa keraguan.
Buatlah agar pada saat terakhir hidupku
di dunia ini semakin menghayati sengsaraMu, oh Tuhan,
dan dengan demikian memperoleh
kedamaian yang Kaujanjikan. Amin.


9. DOA DI DEPAN SALIB
(Paus Pius IX, Juli 31 1850)
Pandanglah aku
Ya Yesus yang lembut dan manis.
Aku berlutut di hadapanMu
berdoa dengan semangat berkobar
dan memohon kepadaMu.
Tumbuhkanlah di lubuk hatiku
pengalaman iman, harapan dan kasih,
serta penyesalan yang mendalam atas dosa-dosaku.
Kuatkanlah niatku untuk bertobat mengubah diri
seraya merenungkan cintaMu nan agung
serta merasakan kelima luka di tubuhMu.
Kuingat kata Raja Daud dalam mazmur:
mereka meremukkan tangan dan kakiku
mereka menghitung tulang-tulangku.
Bapa kami, Salam Maria, Kemuliaan (1x)


10. DOA SEORANG IBU
Kuserahkan nama anak-anakku, ke dalam tanganMu, ya Tuhan Yesus. Tulislah nama anak-anakku, dengan tinta yang tak terhapuskan agar tak ada siapapun juga yang dapat merebutnya, tidak juga iblis durhaka, mengayaknya seperti gandum celaka.
Peganglah tangan anak-anakku, bila mereka harus kulepaskan. Biarlah mereka dilindungi kekuatanMu, terlepas dari segala kelemahan. Tuhan, Kau tahu betapa hebatnya, dunia membenci mereka dengan sewenang-wenang. Jagalah jangan sampai mereka tenggelam dalam gelombang cobaan dunia yang kejam.
Aku minta agar anak-anakku, bebas lepas dari setiap penderitaan, hanya kuminta keberanian dan daya tahan bagi mereka dalam ketakutan dan kesepian. Biarlah di dalam namaMu mereka beroleh perlindungan dalam suatu ikatan tak terputuskan. Jangan biarkan mereka terasing dari padaMu Tuhan Yesus, melainkan akrab setia padaMu sepanjang kehidupan. Kuserahkan nama anak-anakku, ke dalam tanganMu, ya Tuhan Yesus. Amin.


11. PENYEMBUHAN BATIN DALAM TIDUR
(didoakan sebelum tidur)
Tuhan Yesus Kristus melalui kuasa Roh Kudus hadirlah pada masa laluku sementara aku tidur. Sembuhkanlah segala luka dalam batinku yang pernah kualami, luka karena kurang kasih sayang dari orang tua dan sesama, luka karena pengkhianatan, luka karena penolakan, luka karena pelecehan, luka karena penghinaan. Biarlah darahMu menjadikan aku utuh kembali. Semua hubungan persaudaraan yang sudah rusak dengan keluargaku dan saudaraku maupun dengan teman-teman, sembuhkanlah ya Tuhan Yesus. Dari segala ketakutan, kecemasan, kegelisahan, keputusasaan, sembuhkanlah aku. Hadirlah Engkau ya Tuhan Yesus supaya aku bisa mengampuni diriku sendiri, mengampuni sesamaku, mengampuni situasi yang menyakitkan. Bantulah aku ya Tuhan Yesus supaya aku dapat mengambil akar pahit yang ada dalam hidupku dan isilah hatiku dengan kasihMu dalam tidurku malam ini. Terimakasih Tuhan Yesus Kristus dan berkatilah aku. Amin.
Bapa kami ….
Salam Maria ….(3x)


12. DOA PENYEMBUHAN LUKA BATIN
(Doa ini merupakan sebuah rangkaian doa penyembuhan luka-luka batin. Mohonlah kepada Yesus untuk menyembuhkan semua kenangan masa lalu, dan jadikan doa ini sebagai doa pribadi) :

MASA DALAM KANDUNGAN
Tuhan Yesus Kristus, terimakasih atas kehadiranMu saat ini. Aku bersyukur Engkau yang adalah Tuhan tetap hadir dulu, saat ini, dan selamanya. Engkau yang mau membuatku sempurna baik roh, jiwa, dan tubuhku. Tuhan Yesus, aku mohon kepadaMu telusurilah setiap langkah hidupku. Lawatilah awal kehidupanku. Engkau mengetahui semua tentang diriku sebelum aku dilahirkan. Seandainya ada ketakutan ataupun kekuatan negatif yang disalurkan kepadaku sejak berada dalam kandungan ibuku, aku mohon bebaskanlah aku dari ikatan ini dengan kuasa Roh Kudus dan kasihMu. Terimakasih atas kasih dan kehadiranMu yang Engkau curahkan kepadaku selama pertumbuhanku di dalam rahim ibuku. Aku mengucap syukur atas orang tua yang telah Engkau berikan kepadaku, dan aku mohon tolonglah aku untuk mengampuni mereka pada saat-saat dimana mereka kurang mengasihi aku. Biarlah tahap kehidupanku ini mendapat pelukan kehangatan kasih dari padaMu sehingga aku bahagia menyongsong kelahiranku. Dan aku percaya Engkau akan melengkapi bagian yang perlu disembuhkan menurut caraMu dan waktuMu. Amin.
Bapa kami … Salam Maria … Kemuliaan …

MASA BAYI
Tuhan Yesus Kristus, berjalanlah bersamaku, menjelajahi setiap detik dari tahun-tahun permulaanku hidupku. Terimakasih Tuhan Yesus, karena ketika aku lahir, Engkau hadir dan mengasihiku. Engkau menghendaki aku lahir, namun orang tuaku tidak menginginkan aku atau menolak aku. Tuhan Yesus berilah mereka hasil kerahimanMu (ada yang lahir tanpa kasih, tidak diinginkan, dipisahkan karena sakit, kematian, dsb.).
Tuhan Yesus isilah bagian di dalam diriku yang kurang mendapat perhatian dari orang tuaku, perasaan-perasaan yang menakutkan saat itu, bebaskanlah aku dari rasa ketakutan dengan kasihMu. Aku percaya Engkau hadir, saat itu tidak meninggalkan aku sendirian. Tuhan Yesus sekiranya ada kekerasan secara fisik atau mental pada masa bayiku, sembuhkanlah luka-luka batin ini sehingga melalui bilur-bilurMu aku menjadi sembuh. Aku juga mengampuni mereka, yang memperlakukan diriku dengan tidak baik pada waktu itu. Tuhan, aku menyerahkan seluruh keberadaanku ke dalam tanganMu, karena aku yakin akan belas kasihMu yang membuat aku menjadi sempurna. Terimakasih Tuhan. Amin.
Bapa kami … Salam Maria … Kemuliaan …

MASA KANAK-KANAK
Tuhan Yesus Kristus, aku mohon Engkau sudi berjalan bersamaku kembali pada kehidupanku ketika aku masih seorang anak. Masuklah dalam perilaku yang tidak pantas aku alami, karena kurang merasakan cinta dan kasih sayang orangtua dan sesama. Sembuhkanlah setiap luka yang disebabkan perlakuan kasar oleh sesamaku (guru, teman, saudara kandung, dsb.). Biarlah aku mampu mengampuni, mengasihi dan memaafkan mereka, seperti Engkau mengasihi diriku. Sembuhkanlah aku dari luka-luka akibat ketakutan, keputus-asaan, kekecewaan, dan perasaan-perasaan negatifku. Isilah kekosongan hatiku dengan kasih dan cintaMu, ya Yesus. Biarlah semua yang berhubungan dengan masa kanak-kanakku bersatu dengan Engkau. Dengan demikian semua yang baik boleh tetap tinggal dan semua yang menimbulkan halangan-halangan dalam hidupku boleh Engkau ambil. Aku percaya bahwa Engkau memberkati ruang lingkup hidupku dengan segala rahmat dan berkat yang berguna untuk kesembuhanku. Terimakasih Tuhan atas jamahan kasihMu. Amin.
Bapa kami … Salam Maria … Kemuliaan …

MASA REMAJA
Tuhan Yesus Kristus, denga kuasa Roh KudusMu, aku mohon kepadaMu untuk memasuki masa remajaku. Sembuhkanlah aku dari kenang-kenangan yang menyakitkan pada waktu itu. Biarlah terang RohMu menyinari bayang-bayang kegelapan batin yang terluka yang pernah aku alami, luka karena kurang kasih dari orang tua, dan sesama, luka karena dikecewakan, ditolak, dilecehkan, dan penghinaan. Biarlah dengan darahMu, Engkau menjadikan aku utuh kembali. Aku juga mohon kepadaMu untuk melepaskan diriku dari perasaan takut, kecewa, tersisih, dikucilkan dari pergaulan, diejek, ditertawakan, dan dibeda-bedakan. Hadirlah Engkau, ya Tuhan Yesus, supaya aku dapat mengampuni situasi yang menyakitkan. Ambilah akar-akar pahit yang terjadi pada masa remajaku dan isilah hatiku denga kasih dan cintaMu. Terimakasih Tuhan Yesus atas penyembuhanMu. Aku percaya Engkau akan menyertai dan memberkatiku. Amin.
Bapa kami … Salam Maria … Kemuliaan …

MASA DEWASA
Tuhan Yesus, melalui kuasa Roh Kudus, aku mohon kepadaMu untuk memberi berkat pada bagian-bagian kehidupan masa dewasaku, yang perlu diubah, disembuhkan, dan disempurnakan pada bagian-bagian yang terluka. Engkau mengetahui setiap segi kehidupanku yang menyakitkan (hubungan perkawinan, pekerjaan, atasan, dan sesama).
Angkatlah setiap luka yang aku alami dengan kasihMu. Sembuhkanlah luka-luka batinku yang aku alami, terhadap pasanganku, anak-anakku, rekan-rekanku, dan sesamaku. Aku juga mau mengampuni mereka atas segala tindakan mereka kepadaku. Aku percaya saat itu Engkau, ya Yesus, hadir memberikan damai dan kasihmu yang sempurna. Bantulah aku selalu, supaya aku menyerahkan segala dosa dan kekuranganku kepadaMu. Dan aku mohon rahmat kasihMu untuk mengisi kekosongan hati dan batinku ini. Terima kasih Tuhan Yesus atas kasih dan cintaMu yang Engkau curahkan saat ini kepada diriku. Aku bersyukur atas kesembuhan dari padaMu. Tuhan aku mohon berkatMu untuk hidupku selanjutnya. Amin.
Bapa kami … Salam Maria … Kemuliaan …


IESU: ALPHA ET OMEGA.
DOA KEPADA KANAK-KANAK YESUS

1. DOA NOVENA KEPADA KANAK-KANAK YESUS
Yesus yang terkasih, dengan lemah lembut Engkau mengasihi kami. SukacitaMu terbesar ialah tinggal diantara kami. Walaupun aku tak pantas menerima kasihMu, namun karena aku merasa tertarik padaMu, ya Kanak-kanak Yesus terkasih, karena Engkau, dengan senang hati mengampuni aku dan merajai aku dengan kuasaMu yang agung.
Begitu banyak orang yang berpaling kepadaMu dengan keyakinan telah menerima berkat dan permohonan mereka terkabul. Pandanglah aku. Rohku berlutut di depan altarMu, hatiku seluruhnya terbuka bagiMu, sambil berdoa, memohon dan berharap. Teristimewa ke dalam HatiMu yang Mahapengasih, kubawakan masalah ini …..
Kuasailah aku dan semuanya yang ada padaku, sesuai dengan kehendakMu yang kudus, karena aku tahu dalam kebijaksanaanMu dan kasihMu yang Ilahi, Engkau akan mengatur segalanya demi kebaikanku.
Kanak-kanak Yesus yang maharahim, jangan melepaskan pegangan tanganMu dari kami. Lindungilah serta berkatilah kami senantiasa.
Aku berdoa, ya Anak Termanis, demi nama bundaMu Maria yang tersuci, yang memelihara Engkau dengan amat mesra, dan demi hormat besar Santo Yusuf yang menatang Engkau dulu. Hiburkanlah aku dan buatlah aku bahagia, sehingga aku dapat meluhurkan Engkau, serta bersyukur kepadaMu dengan segenap hatiku untuk selama-lamanya. Amin.


2. DOA ORANG SAKIT KEPADA KANAK-KANAK YESUS.
Kanak-kanak Yesus yang penuh dengan belaskasihan!
Aku mengetahui perbuatan-perbuatanMu yang ajaib terhadap orang-orang sakit. Banyak sekali penyakit telah Engkau sembuhkan selama hidupMu di bumi. Banyak sekali orang yang menghormati patungMu yang ajaib yakin bahwa Engkau telah menyembuhkan dan melepaskan mereka dari penyakit-penyakit yang sangat parah dan tanpa harapan.
Aku sungguh sadar, bahwa orang berdosa seperti aku ini selayaknya menanggung derita serta tidak berhak memohon karunia. Akan tetapi dengan mengingat rahmat-rahmat yang tak terbilang banyaknya serta penyembuhan-penyembuhan ajaib yang Kau limpahkan kepada orang-orang yang berdosa besar sekalipun melalui devosi kepadaMu, Kanak-kanak yang kudus, terutama melalui patung ajaib dari Praha atau gambar-gambar serupa, maka akupun berseru dengan keyakinan mantap: ya kanak-kanak Yesus yang penuh kasih dan belas kasihan, Engkau dapat menyembuhkan aku juga kalau Engkau mau!
Janganlah ragu-ragu, ya Tabib Surgawi, bila Engkau menghendaki agar aku pulih dari penyakitku yang sekarang. Rentangkanlah tanganMu yang maha kudus, dan dengan kuasaMu, angkatlah segala derita dan penyakit ini, sehingga aku pulih bukan karena obat-obat alami, melainkan semata-mata karena kehendakMu saja. Akan tetapi, bila Engkau dalam kebijaksanaanMu yang tak terselami memutuskan yang sebaliknya, setidak-tidaknya sembuhkanlah jiwaku seutuhnya, penuhilah aku dengan hiburan surgawi serta berkat, agar aku boleh menjadi seperti Engkau sendiri, ya Yesus, dalam penderitaanku, serta boleh memulikan penyelenggaraanMu sehingga pada saat tubuhku mati, Engkau mengaruniakan hidup kekal. Amin.


3. NOVENA KEPADA SANTA THERESIA DARI KANAK-KANAK YESUS.
Santa Theresia, kekasih Kanak-kanak Yesus, aku ikut besyukur kepada Tuhan, karena engkau telah memperoleh rahmat tak terbilang. Aku ikut pula bergembira, karena Engkau telah diperkenankan memiliki kemuliaan kekal di surga.
Ketika masih hidup di dunia ini, engkau selalu mentaati segala kehendak Tuhan Yesus Kristus. Maka kini di surga tentulah Tuhan Yesus Kristus mengabulkan segala permohonanmu. Berapa ribu saja orang yang terkabul permohonannya berkat pengantaranmu. Akan sampaikah hatimu tidak mendengarkan permohonanku ini.
Santa Theresia, aku mohon bantuanmu. Sudilah membawa permohonanmu ini (yaitu: ………) kepada Tuhan Yesus Kristus. Tunjukkan kini kuasamu. Engkau kini seakan-akan diberi hak menjadi bendahara surga, sebab anugerahmu, bagaikan hujan bunga mawar karena banyaknya.
Puteri kekasih Kanak-kanak Yesus, aku percaya. Mustahil aku tidak engkau bantu. Amin.
Bapa kami … Salam Maria … Kemuliaan … (3x)
Marilah berdoa :
Allah Bapa kami, hambaMu Santa Theresia sudah Engkau muliakan, berkat perantaraannya kamipun dapat melalui jalan yang rendah hati dan iman yang mantap. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar