Ads 468x60px

Selasa, 13 Juni 2016


HIK - HIDANGAN ISTIMEWA KRISTIANI
HARAPAN IMAN KASIH.
Selasa, 13 Juni 2016
Peringatan Wajib St. Antonius dari Padua
2 Korintus (1:18-22)
 (Mzm 119:129.130.131.132.133.135)
Matius (5:13-16)
“Lumen Gentium - Terang Para Bangsa!”
Inilah salah satu dokumen terpenting Konsili Vatikan II yang menegaskan identitas Yesus sekaligus panggilan kita: "Kamu adalah garam dan terang dunia."
Tuhan mengajak kita untuk tidak tawar dan pudar, untuk tidak membiarkan diri luntur dan kabur sehingga “nyaris tak terdengar” tapi untuk berani bersaksi di tengah ruwet renteng dan carut marut dunia: memberi rasa tanpa sok kuasa, mencerahkan tanpa menyilaukan. Pastinya, garam ada untuk mengurangi rasa hambar: "Hendaklah kata-katamu penuh kasih, jangan hambar" (Kol 4:5-6). Dan, terang hadir untuk menyingkirkan gelap, membuat yg buta jd melek, yg tuli jd mendengar, dan yang bisu jadi berkata kata.
Dengan kata lain: Kita diajak memberi rasa dan nuansa, tidak hambar dan tawar, tidak ngawur dan kabur tapi berani memberi daya guna – daya makna dan daya tahan bagi sesama dan semesta.
Ya, hidup kita mestinya punya efek/impact, punya rasa dan pengaruh lewat karya, ucapan dan doa kita karena sebenarnya org yg "mediocre", suam suam kuku, yg tawar dan hambar, yg pudar dan samar, malahan akan "dimuntahkan" oleh Allah (Wahy 3:15-16).
Realnya: kita akan "dibuang+diinjak org", yakni dihancurkan oleh cara hidup dan nilai-nilai yg tidak punya HIK-Harapan Iman Kasih (Ul 28:13,43,48; Hak 2:20-22).
Ya, hari inilah diwartakan “calling”, semacam panggilan dasar kita utk menggarami yg tawar dan menerangi yang pudar.
"Dari Tangerang ke Kalisari -Jadilah terang setiap hari."
Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)
NB:
1."Fiat Lux - Jadilah Terang!"
Inilah salah satu seruan iman yang banyak kami wartakan dalam program "HIK-Hidangan Istimewa Kristiani" yang kami gagas bersama beberapa sahabat “OP” – “Omah Poenakawan” di Sragen dan Surakarta.
Selain berdasar pada nats alkitab di Kejadian 1:3, semangat ini berasal dari pesan ilahi hari ini bahwa kita adalah "garam dan terang dunia". Kita diajak dan dipanggil menjadi garam yang tidak tawar dan terang yang tidak pudar: "Hendaknya cahayamu bersinar di depan orang, agar mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu di surga."
Adapun 3 daya iman yang seharusnya kita perjuangkan sebagai "Garam dan Terang Dunia", antara lain:
A. "Daya guna":
Garam berguna untuk memberi rasa. Ia juga bisa mengawetkan-mengasinkan dan menyehatkan. Terang berguna untuk memberi pencerahan. Ia bisa menerangi-menyinari dan mengilhami.
Jelasnya, kita diajak untuk menjadi orang yang berguna bagi yang lain, dengan segala talenta dan karya nyata, selalu berjuang untuk menjadi problem solver dan bukan problem maker.
Ya, seperti garam yang berguna untuk memberi rasa seperti terang yang berguna untuk memberi nuansa, kita juga diajak untuk berguna dalam hidup menggereja dan bermasyarakat dengan segala "harta" dan talenta yang kita miliki.
B. "Daya makna":
Tunjukin rasa loe! Itulah sebuah slogan khas org muda untuk berani menampilkan identitasnya dengan bermakna.
Lihatlah garam dan terang: Walaupun sedikit, garam selalu memberi rasa dan walaupun redup, terang selalu memberi cahaya.
Implikasinya? Walaupun kita sedikit, tapi kita diajak untuk terus menggigit, karena tepatlah bahwa kita memang bukan bagian yang paling besar (pars maior) tapi kita harus terus berjuang menjadi bagian yang paling baik (pars sanior).
Jelasnya, bukan banyaknya tapi mutunya, bukan melulu kuantitasnya tapi kualitasnya karena dengan terus hidup secara bermutu-lah, kita smakin bisa bermakna bagi banyak orang.
Garam dan terang sendiri adalah dua kata yang kerap menjadi "simbol pemaknaan" dari banyak lembaga/komunitas. Garam dan terang menjadi penuh makna karena kehadiran mereka selalu memberi warna dan rasa, bisa dimaknai secara mendalam sebagai lambang dari pelbagai pesan kasih dan kemanusiaan yang mempunyai banyak pesan iman.
Dengan kata lain: Kita juga diajak menjadi "tanda" yang berdaya makna bagi sesama dan semesta dengan sikap yang reflektif dan instrospektif.
C."Daya tahan":
Garam itu sudi larut dan terang itu berkenan turut. Mereka selalu hadir untuk memberi, yang tawar diasinkan dan yang pudar dicerahkan. Mereka terus berbagi, meski kadang garamnya hilang karena dilarutkan dan terangnya habis karena dibagikan.
Dkl: Kita diajak untuk selalu menjadi garam dan terang dunia dengan segala perbuatan baik kita sehingga nama Allah semakin dimuliakan. Ya, buah yang diharapkan dari semangat dasar menjadi garam dan terang dunia adalah semakin banyak orang melihat segala perbuatan baik kita dan memuliakan nama Allah. Kita menjadi agen/media supaya Allah benar-benar menjadi raja atas diri kita dan semua yang ada di sekitar hidup kita. Kita diajak untuk menjadi orang yang berbuah, yang membawa rasa dan terang bagi semua, yang juga membawa semua karya dan talenta kita bagi sesama sekaligus sebagai persembahan kepada Tuhan.
Pastinya, cinta mereka adalah cinta yang tidak pilih kasih tapi yang penuh belaskasih, tulus dan lurus, sederhana tapi kaya makna, "kadal-kalem tapi dalem", tidak ber-pamrih.
"Naik taksi di Taman Sari - Mari bersaksi setiap hari."
2.
Kutipan Teks Misa:
"Marilah kita mohon rasa tobat mendalam dan mohon lidah api menyala, untuk menyatakan iman yang benar." (St. Antonius dari Padua)

Antifon Pembuka (Luk 4:18)
Roh Tuhan menyertai aku. Aku diurapi-Nya dan diutus mewartakan kabar gembira kepada kaum kafir miskin dan menghibur yang remuk redam.
Doa Pembuka
Allah Bapa yang mahakuasa dan kekal, Santo Antonius, pengkhotbah yang ulung itu, Kaujadikan penolong dalam keperluan umat-Mu. Semoga berkat doa dan bantuannya dihadapan-Mu, kami Kautopang dalam segala perjuangan guna menjalankan ajaran hidup Kristiani. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Paulus mewartakan bahwa Kristus adalah pemenuhan janji Allah. Allah meneguhkan jemaat dalam Kristus. Ia juga memberikan Roh Kudus dalam hati jemaat.
Bacaan dari Surat Kedua Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus (1:18-22)
 "Pada Yesus bukanlah terdapat "ya" dan "tidak, melainkan hanya ada "ya".
Saudara-saudara, demi Allah yang setia, janji kami kepada kalian bukanlah serentak “ya” dan “tidak”. Sebab Yesus Kristus, Anak Allah, yang telah kami beritakan di tengah-tengah kalian, yaitu oleh Silvanus, Timotius dan aku, bukanlah serentak “ya” dan “tidak”, di dalam Dia hanya ada “ya”. Sebab Kristus adalah “ya” bagi semua janji Allah. Itulah sebabnya oleh Dia kita mengucapkan “Amin” untuk memuliakan Allah. Sebab Allahlah yang meneguhkan kami bersama kalian dalam Kristus. Dia pulalah yang telah mengurapi kita serta memeteraikan tanda milik-Nya atas kita. Dialah yang memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan atas semua yang telah disediakan-Nya untuk kita.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

Mazmur Tanggapan
 Ref. Sinarilah hamba-Mu dengan wajah-Mu, ya Tuhan.
Ayat. (Mzm 119:129.130.131.132.133.135)
1. Peringatan-peringatan-Mu ajaib, itulah sebabnya jiwaku memegangnya.
2. Bila tersingkap, firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh.
3. Mulutku kungangakan dan megap-megap, sebab aku mendambakan perintah-perintah-Mu.
4. Berpalinglah kepadaku dan kasihanilah aku, sebagaimana patutnya orang-orang yang mencintai nama-Mu.
5. Teguhkanlah langkahku oleh janji-Mu, dan janganlah segala kejahatan berkuasa atasku.
6. Sinarilah hamba-Mu dengan wajah-Mu, dan ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. (Mat 5:16)
Hendaknya cahayamu bersinar di depan orang, agar mereka melihat perbuatanmu yang baik, dan memuji Bapamu di surga. Alleluya.

Yesus mengingatkan para murid bahwa mereka adalah garam dan cahaya dunia. Cahaya dunia harus bersinar di depan orang. Dengan perbuatan baik, orang memuliakan Bapa di surga.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (5:13-16)
"Kalian ini cahaya dunia."
Dalam khotbah di bukit Yesus bersabda, “Kalian ini garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah dapat diasinkan? Tiada gunanya lagi selain dibuang dan diinjak-injak orang. Kalian ini cahaya dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian, sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya cahayamu bersinar di depan orang, agar mereka melihat perbuatanmu yang baik, dan memuliakan Bapamu di surga.”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus

atau Bacaan dari Peringatan St. Antonius dari Padua

Bacaan dari Kitab Yesaya (61:1-3a)
"Allah telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara."
Kata nabi, Roh Tuhan ada padaku, oleh karena Tuhan telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung, untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan, do = d, 2/4, PS 868
Ref. Kerelaan Tuhan hendak kunyanyikan selama-lamanya.
Ayat. (Mzm 89:2-3.4-5.21-22.25.27; Ul: 2a)
1. Aku hendak menyanyikan kasih setia Tuhan selama-lamanya, hendak menuturkan kesetiaan-Mu turun-menurun. Sebab kasih setia-Mu dibangun untuk selama-lamanya kesetiaan-Mu tegak seperti langit.
2. Engkau berkata, "Telah Kuikat perjanjian dengan orang pilihan-Ku Aku telah
bersumpah kepada Daud, hamba-Ku: Aku hendak menegakkan anak cucumu untuk selama-lamanya, dan membangun takhtamu turun-menurun."
3. Aku telah mendapat Daud, hamba-Ku; Aku telah mengurapinya dengan minyak-Ku yang kudus, maka tangan-Ku tetap menyertai dia, bahkan lengan-Ku meneguhkan dia.
4. Kesetiaan dan kasih-Ku menyertai dia, dan oleh karena nama-Ku tanduknya akan meninggi. Dia pun akan berseru kepada-Ku, "Bapakulah Engkau, Allahku dan gunung batu keselamatanku.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya, alleluya
Ayat. (Yoh 15:16)
Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Aku telah menetapkan kamu supaya pergi dan menghasilkan buah, dan buahmu itu tetap.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (10:1-9)
"Tuaian memang banyak, tetapi sedikitlah pekerjanya."
Pada suatu hari Tuhan menunjuk tujuh puluh murid, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya. Kata-Nya kepada mereka, "Tuaian memang banyak, tetapi sedikitlah pekerjanya. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian itu, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu. Pergilah! Camkanlah, Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala. Janganlah membawa pundi-pundi atau bekal atau kasut, dan janganlah memberi salam kepada siapa pun selama dalam perjalanan. Kalu kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu, 'Damai sejahtera bagi rumah ini.' Dan jika di situ ada orang yang layak menerima damai sejahtera, maka salammu itu akan tinggal padanya. Tetapi jika tidak, salammu itu akan kembali kepadamu. Tinggallah dalam rumah itu, makan dan minumlah apa yang diberikan orang kepadamu, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Janganlah berpindah-pindah rumah. Jika kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu diterima di situ, makanlah apa yang dihidangkan kepadamu, dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ, dan katakanlah kepada mereka, 'Kerajaan Allah sudah dekat padamu'."
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus

Antifon Komuni (Mat 28:20)
Aku akan menyertai kalian setiap hari sampai akhir zaman.
Doa Malam
Terima kasih, ya Bapa, atas panggilan-Mu untuk menjadi terang bagi sesama. Semoga perbuatanku menjadi bagaikan terang yang terbit untuk menerangi langkah mereka yang kujumpai sepanjang hari ini.
3.
PW. St Antonius Padua dan Penjelasan Novena Antonius.
Teladan iman “ABCD” ala St Antonius Padua
A dorasi
B aca kitab suci
C intai ekaristi
D oa doa devosi
Antonius dilahirkan pada tahun 1195 di Lisbon, Portugis dengan nama Fernando. Ia adalah putera tunggal pasangan Martin dan Maria Bulhom, keluarga terpandang di kotanya. Fernando seorang anak yang cerdas, hatinya lurus tetapi keras. Orangtuanya sangat ingin agar kelak anaknya menjadi orang terkenal. Pada usia 11 tahun kedua orangtuanya meninggal dunia sehingga Fernando menjadi yatim piatu. Ia diasuh oleh pamannya yang sangat memanjakannya.
Pada usia 15 tahun, Fernando merasa terpanggil untuk menjadi seorang imam. Meskipun pamannya menentang dengan keras keinginannya, toh pada akhirnya Fernando diijinkan juga masuk biara St. Agustinus di Lisbon. Dua tahun kemudian Fernando ditugaskan belajar di Coimbra. Sembilan tahun di Universitas Coimbra, Fernando belajar dengan tekun. Ia menjalin persahabatan dengan para pengikut St. Fransiskus dari Asisi.
Jenazah lima martir dari Ordo Fransiskus dikirim dari Maroko untuk disemayamkan di biaranya. Kelima imam Ordo Fransiskus itu: St. Berard, Otto, Petrus, Akursio dan Ainto, yang dengan gigih mewartakan Injil sehingga mereka didera dan dipenggal di Maroko. Jiwa muda Fernando bergolak. Tiba-tiba ia bangkit. Buku yang tengah dipelajarinya itu ditutupnya seraya berkata, "Teman-temanku telah mati demi Tuhan. Apakah aku akan duduk-duduk terus mempelajari buku?"
Kemudian Fernando memutuskan untuk bergabung dengan Ordo Fransiskus Asisi (OFM = Ordo Saudara-saudara Dina) dengan tujuan agar dapat segera ditugaskan ke Maroko, supaya ia pun juga dapat menjadi saksi sekaligus martir Kristus. Fernando diterima di Ordo Fransiskus dengan nama Antonius. Sayang sekali, begitu tiba di Maroko, Antonius jatuh sakit sehingga terpaksa pulang kembali.
Sembilan tahun lamanya Antonius berkhotbah, mempertobatkan banyak orang dan melakukan banyak mukjizat di Perancis, Sisilia serta Italia. Ia seorang pengkhotbah yang ulung. Kemana pun ia pergi orang banyak datang berduyun-duyun untuk mendengarkan khotbahnya. Menurut legenda, bahkan ikan-ikan di danau pun bersembulan keluar untuk mendengarkan khotbahnya.
Antonius begitu bersemangat dalam mewartakan Injil, sehingga ia sering lupa makan dan kurang istirahat. Karena itu ia jatuh sakit dan meninggal dunia di Arcella, dekat Padua, pada tanggal 13 Juni 1231, dalam usia 36 tahun. Jenazahnya disemayamkan di gereja Santa Perawan Maria di Padua. Setahun kemudian, ia dimaklumkan sebagai santo oleh Paus Gregorius IX. Pesta St. Antonius dirayakan tanggal 13 Juni.
A.
Mengapa St. Antonius digambarkan memeluk Kanak-kanak Yesus?
Pada suatu hari St. Antonius bermalam di rumah seorang temannya, Lord of Chatenauneuf. St. Antonius berdoa dengan khusuk hingga larut malam. Tiba-tiba ruangan kamarnya dipenuhi oleh sinar yang sangat terang, lebih terang dari sinar matahari. Kemudian Yesus menampakkan diri kepada St. Antonius dalam rupa seorang anak kecil. Chatenauneuf melihat sinar cemerlang keluar dari celah bawah pintu kamar Antonius. Merasa heran, temannya itu mengintip melalui lubang kunci. Ia melihat seorang anak kecil yang elok parasnya sedang berdiri di atas buku sambil memeluk leher St. Antonius dengan kedua belah tangannya. Ketika St. Antonius membuka pintu kamar dan mendapati Chatenauneuf, ia berpesan agar temannya itu tidak menceritakan apa yang dilihatnya kepada siapa pun juga selama ia masih hidup.
B.
Mengapa St. Antonius digambarkan memeluk Kitab Suci?
St Antonius mengenal, mencintai dan mewartakan Sabda Allah dengan begitu baik. Sesungguhnya, St Antonius begitu terdidik dan ahli dalam Kitab Suci hingga Paus Pius XII memaklumkannya sebagai “Doktor Evangelis,” atau “Doktor Kitab Suci”.
C.
Mengapa St. Antonius dimohon pertolongannya menemukan barang-barang yang hilang?
Pernahkah kamu kehilangan barang-barang yang mempunyai nilai sentimentil, seperti misalnya cincin, mainan kesayangan, gelang, atau bahkan binatang peliharaanmu? Sudahkah kamu mencarinya kemana-mana dan tidak dapat menemukannya kembali? Ya, kalau begitu kamu mohon pertolongan St Antonius dari Padua, santo pelindung barang-barang yang hilang atau dicuri.
Santo Antonius diangkat menjadi santo pelindung barang-barang yang hilang atau pun dicuri karena pengalaman hidupnya:
St. Antonius mempunyai sebuah buku Mazmur yang sangat berarti baginya. Dalam buku Mazmurnya itulah ia mencoretkan catatan-catatan atau komentar-komentar yang dipergunakannya untuk mengajar murid-muridnya di Ordo Fransiskus.
Suatu ketika, seorang novis mulai bosan dengan kehidupan religius biara, karenanya ia memutuskan untuk melarikan diri. Ia pergi dengan membawa serta buku Mazmur St. Antonius! Ketika St. Antonius menyadari bahwa bukunya telah hilang, ia menjadi sangat sedih. St. Antonius berdoa dengan sangat agar buku Mazmurnya segera diketemukan atau dikembalikan kepadanya. Tuhan menjawab doa St. Antonius. Novis yang telah mencuri bukunya itu merasa tidak tenang jiwanya, sehingga akhirnya ia mengembalikan buku Mazmur itu kepada St. Antonius. St. Antonius memaafkan segala perbuatannya. Novis itu bahkan diterima kembali di biara.
Pastinya, Santo Antonius dari Padua, yang sangat terkenal dengan pelbagai perbuatan ajaibnya ini mengajak kita untuk semakin hidup dengan rumusan pola "ABCD". Dengan pola hidup itulah, dia dicintai dan terkenal sebagai "Pembuat Mujizat dari Allah". Ia dikenal karena karyanya di antara para orang miskin; dan walaupun dia terpelajar, dia sering berbicara dengan kata-kata sangat sederhana namun penuh kuasa dan kasih yang kaya makna. Ia digambarkan sebagai seorang kudus yang memegang kitab suci dan memeluk kanak kanak Yesus.
Nah, bersama dengan Peringatan St Antonius Padua yang kita kenangkan hari ini, saya tampilkan doa novena St Antonius, yang bisa didoakan selama 9 hari atau 9 minggu berturut-turut beserta doa litani dan doa doa khas St Antonius. Semoga berguna!
Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)
NB:
I.
Doa Novena St Antonius.
Doa Pembuka
Santo Antonius yang terkasih, kami menghormati dikau sebagai hamba Allah yang setia dan ulet. Semoga kami dibantu oleh jasa-jasa dikau dan perantaraan dikau; sehingga permohonan kami dikabulkan oleh Allah. Amin.
Hari Pertama
"Dengarkanlah suara permohonanku, apabila aku berteriak kepada-Mu minta tolong, dan mengangkat tanganku ke arah tempat-Mu yang maha kudus" Mzm28:2
Permohonan ...
Santo Antonius, pembuat mukjizat yang dikaruniai oleh Allah secara berlimpah. Banyak mujizat telah dilakukan oleh-Nya melalui perantaraan dikau. Dalam kebaikan dikau, datanglah sekarang untuk membantu kami dan dengarlah doa permohonan kami ini. Amin
Hari Kedua
"Janganlah menyembunyikan wajah-Mu kepadaku, janganlah menolak hamba-Mu ini dengan murka; Engkaulah pertolonganku, janganlah membuang aku dan janganlah meninggalkan aku, ya Allah penyelamatku" Mzm27:9
Permohonan ...
Santo Antonius yang terkasih, kami datang kepada dikau dengan penuh keyakinan akan karunia Allah yang ada pada dikau; yang selalu bersedia untuk menolong mereka yang membutuhkannya. Dikau yang berada di kemuliaan surga, jadilah perantara kami. Amin
Hari Ketiga
"Sebab Engkau, ya Tuhan, baik dan suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepada-Mu" Mzm86:5
Permohonan ...
Santo Antonius yang mulia, kami mengakui kelemahankami dan dosa-dosa kami terhadap Yang Mahakuasa. Meskipun kami tidak layak, tolonglah kami dalam kebutuhan kami yang mendesak ini.
Karena kasih dikau kepada kami, jadilah pembela kami. Amin
Hari Keempat
"Perdengarkanlah kasih setia-Mu kepadaku pada waktu pagi, sebab kepada-Mulah aku percaya! Beritahukanlah aku jalan yang harus kutempuh, sebab kepada-Mulah kuangkat jiwaku" Mzm143:8
Permohonan ...
Santo Antonius yang rajin menolong, tolonglah kami agar dapat mengerti dan menghargai maksud-maksud Allah dalam kehidupan kami. Jadilah pelindung kami yang berkuasa dalam kebutuhan kami ini. Kami yakin dikau akan memohonkan belas kasih Allah demi kami yang membutuhkannya. Amin
Hari Kelima
"Orang yang mengenal nama-Mu percaya kepada-Mu, sebab tidak Kau tinggalkan orang yang mencari Engkau, ya TUHAN" Mzm9:10
Permohonan ...
Santo Antonius yang murni, demi kasih dikau kepada Kristus dan Gereja-Nya, kami memohon bantuan dikau bagi kami yang berada di dalam kecemasan ini. Kami memohon jawaban. Perlihatkanlah kuasa Allah dalam para orang kudus-Nya dengan membantu umat-Nya. Amin
Hari Keenam
"TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya" Mzm28:7
Permohonan ...
Santo Antonius yang rendah hati, penyerahan dikau kepada kemiskinan memperkaya Gereja dengan banyak berkat. Kami memohon pertolongan dikau, semoga karena contoh dikau itu, kami diberi rahmat kerendahan hati untuk menerima kehendak Allah. Amin
Hari Ketujuh
"Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku" Mzm23:4
Permohonan ...
Santo Antonius yang baik, dikau menghibur mereka, yang seperti kami berada dalam duka. Beradaklah bersama kami, yang mencontoh dikau, mau menghibur mereka yang ada dalam kesulitan. Mohon pertolongan Allah bagi kami. Amin
Hari Kedelapan
"Keinginan orang-orang yang tertindas telah Kaudengarkan, ya TUHAN; Engkau menguatkan hati mereka, Engkau memasang telinga-Mu" Mzm10:17
Permohonan ...
Santo Antonius yang terberkati. Kehidupan dikau merupakan contoh kesempurnaan yang mengerjakan perbuatan-perbuatan ajaib bagi mereka yang sangat membutuhkannya. Dari kediaman dikau di surga, datanglah. Bantulah kami, mohonkanlah jawaban Allah atas kebutuhan kami ini. Amin
Hari Kesembilan
"Sebab Engkau, ya Tuhan, baik dan suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepada-Mu" Mzm86:5
Permohonan ...
Santo Antonius yang setia, hati kami melimpah dengan perasaan terima kasih. Kami mengetahui bahwa kuasa dikau karena Allah adalah besar, dan kami tahu pula bahwa dikau akan memperoleh daripada-Nya apa yang kami harapkan. Tolonglah kami sekarang; kamipun memohon agar kami dapat melayani Allah seperti dikau pernah melakukannya. Amin
Santo Antonius yang dicintai dan dihargai oleh Kanak-kanak Yesus; dengarkanlah doa-doa kami ini.
Doa Penutup
Ya Allah, kami memohon agar penghormatan kami kepada Santo Antonius menjadi sumber sukacita Gereja-Mu. Semoga pertolongannya membuat kami lebih kuat dalam iman kami. semoga pula bantuannya membuat kami memperoleh imbalan yang abadi. Kami memohon ini dengan perantaraan Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.
II.
Doa Litani St Antonius.
Tuhan, kasihanilah kami. Tuhan, kasihanilah kami
Kristus, kasihanilah kami. Kristus, kasihanilah kami
Tuhan, kasihanilah kami. Tuhan, kasihanilah kami
Allah, Bapa di surga, kasihanilah kami
Allah, Putra penebus dunia, kasihanilah kami
Allah Roh Kudus, kasihanilah kami
Santo Antonius Padua, kemuliaan para Rahib Fransiskan Dina,
doakanlah kami
Santo Antonius Padua, tabut perjanjian...
Santo Antonius Padua, tempat kebijaksanaan surgawi
Santo Antonius Padua, penghancur kesia-siaan duniawi
Santo Antonius Padua, penakluk ketidak murnian
Santo Antonius Padua, teladan kerendahan hati
Santo Antonius Padua, pencinta salib Tuhan
Santo Antonius Padua, martir keinginan
Santo Antonius Padua, pelaku kasih
Santo Antonius Padua, pembuat segan orang-orang yang belum percaya
Santo Antonius Padua, teladan kesempurnaan
Santo Antonius Padua, penghibur orang-orang yang susah
Santo Antonius Padua, penemu barang dan uang yang hilang
Santo Antonius Padua, pembela orang-orang yang tidak bersalah
Santo Antonius Padua, pembebas orang-orang tawanan
Santo Antonius Padua, pembimbing para peziarah
Santo Antonius Padua, pemulih kesehatan
Santo Antonius Padua, pembuat mukjizat
Santo Antonius Padua, yang membuat orang-orang bisu mampu berbicara
Santo Antonius Padua, yang mampu memulihkan daya dengar kaum tunarungu
Santo Antonius Padua, yang mampu mengembalikan daya jiwa dan barang-barang yang hilang
Santo Antonius Padua, pengusir roh-roh jahat dan setan-setan
Santo Antonius Padua, yang mampu menghidupkan kembali orang yang sudah meninggal
Santo Antonius Padua, penjinak kaum tiran...
Dari jebakan setan, Santo Antonius Padua,
bebaskanlah kami,
Dari geledek, petir, dan angin ribut, Santo Antonius Padua...
Dari segala kejahatan lahir dan batin, Santo Antonius Padua..
Melalui pengantaraanmu, Santo Antonius Padua, lindungilah kami.
Sepanjang hidup kami, Santo Antonius Padua, dampingilah kami
Anak Domba Allah, yang menghapus dosa-dosa dunia, sayangilah kami
Anak Domba Allah, yang menghapus dosa-dosa dunia, kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.
Anak Domba Allah, yang menghapus dosa-dosa dunia, kasihanilah kami.
Marilah berdoa,
Santo Antonius, menghibur orang-orang yang sedang tertimpa kesusahan merupakan tugas kami sebagai pengikut Yesus, dan perbuatan baik bagi mereka yang sedang ada dalam kesusahan. Dengan kata, sikap, dan tindakan, akan berusaha mendatangkan suka cita kepada orang-orang yang sedang susah dan meringankan orang-orang yang sedang menyangga beban hidup yang berat.
Santo Antonius, penghibur orang-orang yang sedang menderita kesusahan, aku mohon agar aku selalu ingat bahwa ketika aku menolong dan meringankan beban orang-orang yang sedang mengalami kesusahan, aku menolong Kristus sendiri.
Santo Antonius, perhatikanlah doaku, dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus.
III.
Doa Mohon Mukjizat.
St Antonius terkasih, semasa hidupmu, doa-doamu mendatangkan mukjizat-mukjizat. Engkau masih dan semakin mudah bergerak dalam hal mukjizat-mukjizat kecil maupun besar. St. Antonius, Pelaku Mukjizat, sudi perolehkan bagiku rahmat dan berkat yang Allah sediakan bagi mereka yang melayani-Nya. Doakanlah aku agar aku layak akan janji-janji Tuhan Yesus atas doa yang dipanjatkan dengan penuh iman. (sebutkan permohonan)
IV.
Doa Mohon Menemukan Kembali Barang yang Hilang.
St Antonius, peneladan sempurna Yesus, yang menerima dari Allah kuasa istimewa untuk menemukan kembali barang-barang yang hilang, sudi doakanlah agar aku dapat menemukan kembali (sebutkan barangmu....) yang hilang. Setidaknya pulihkanlah dalam diriku pikiran damai dan tenang, kehilangan yang lebih menyiksaku dari kehilangan barang materiilku.
Bersama permohonan ini, aku mengajukan satu permohonan lain darimu: agar aku selalu memiliki kebaikan sejati yang adalah Allah. Lebih bak aku kehilangan segala barang materiil daripada kehilangan Allah, Kebaikan Tertinggi. Jangan biarkan aku pernah menderita kehilangan harta pusakaku yang terbesar, yakni hidup abadi bersama Allah. Amin.
V.
KISAH MUKJIZAT PENGIRIMAN SURAT DENGAN PERANTARAAN ST ANTONIUS DARI PADUA.
Seorang saudagar Spanyol bernama Antonio Dante meninggalkan Spanyol menuju Amerika Selatan pada tahun 1729 guna membangun suatu usaha dagang di Lima, Peru. Istrinya, yang tinggal di Spanyol, menulis beberapa pucuk surat kepadanya tanpa pernah menerima balasan. Setelah bulan-bulan penuh kekhawatiran dan kecemasan, maka dengan segenap imannya dia membawa sepucuk surat bersamanya ke Gereja St Fransiskus di Oviedo.
Di gereja tersebut ada sebuah patung besar St Antonius. Dia menempatkan surat kepada suaminya ke dalam tangan St Antonius yang terentang dan memanjatkan doa memohon perantaraan surgawinya: "St Antonius, aku berdoa mohon perantaraanmu; kiranya surat ini sampai kepadanya dan memperolehkan bagiku jawaban yang segera."
Keesokan harinya dia datang kembali ke gereja dan melihat bahwa suratnya masih di sana. Tangis putus asanya menarik perhatian Broeder sakristi yang dengan penuh perhatian mendengarkan kisahnya. Sesudahnya, Broeder menceritakan kepadanya bahwa dia sudah berusaha mengambil surat itu namun tak dapat, dan Broeder meminta sang nyonya untuk mencoba mengambilnya. Dia mencobanya, dan berhasil melakukannya dengan sangat mudah.
Surat yang diambilnya dari tangan patung St Antonius bukanlah surat yang dia tempatkan di sana sehari sebelumnya, melainkan surat dari suaminya. Saat dia memungut surat itu dari tangan patung, tigaratus keping uang emas jatuh dari lengan baju patung.
Surat itu tertanggal 23 Juli 1729 dan berbunyi:
"Istriku tercinta. Beberapa waktu lamanya aku menantikan surat darimu, dan aku merasa khawatir dan cemas sebab tidak mendengar berita darimu. Tapi akhirnya suratmu tiba, dan memberiku sukacita. Adalah seorang Pater dari Ordo St Fransiskus yang menyampaikannya kepadaku. Kau mengeluh bahwa aku tidak menjawab surat-suratmu. Aku yakinkan kau bahwa ketika aku tidak menerima berita sama sekali darimu, aku percaya bahwa kau pastilah sudah meninggal dunia, dan jadi dapat kau bayangkan betapa bahagiaku atas datangnya suratmu. Aku membalas suratmu sekarang lewat Pater religious yang sama, dan mengirimkan kepadamu tigaratus keping uang emas, yang tentunya cukup untuk menopang hidupmu hingga kedatanganku.
Dengan harapan segera dapat bersamamu kembali, aku memanjatkan doa kepada Tuhan untukmu, dan aku mempercayakan diriku dalam perlindungan St Antonius terkasih, dan dengan disertai kerinduan agar kiranya engkau terus mengirimkan berita mengenai dirimu.
Yang paling mencintaimu, Antonio Dante."
(Surat asli, dalam bahasa Spanyol, hingga kini disimpan di Biara Fransiskan di Oviedo. Sebagai kenangan akan peristiwa ini, praktek menuliskan S.A.G. / St. Anthony Guide di atas surat menjadi populer, yakni memohon perlindungan St Antonius atas surat agar dapat sampai ke tangan penerima dengan selamat.
Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux - Be the Light -
Jadilah Terang!
(Gen 1:3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar