Ads 468x60px

Hari Batik Nasional



(B)HINEK(A) (T)UNGGAL (I)(K)A
BATIKKU, BATIKMU, BATIK KITA.
KITA INDONESIA
KITA BERSAUDARA
(B)HINEK(A) (T)UNGGAL (I)(K)A
B eragam coraknya
A sli budayanya
T itik sederhana awalnya
I ndonesia asal leluhurnya
K ita bangga mestinya
Don't forget to wear "BATIK".
B umi
A ir
T anah
I ndonesia
K ita
2 October is commemorated as the "National Batik Day", following the inclusion of "BATIK" into the list of UNESCO Intangible Cultural Heritage of Humanity in 2009.
B udaya
A sli
T ekstur
I ndonesia
K ita
Please spread the words!
Let's color Indonesia with BATIK!
B udaya
A sli
T ekstur
I ndonesia
K ita
Ini batikku
Mana batikmu?
BERAGAM DALAM TJAHAJA
BERTJAHAJA DALAM KEBERAGAMAN
BURUNG KENARI BURUNG GELATIK
MARI KITA PAKAI BATIK....
NB:
A.
Asal Usul Batik
Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.
Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.
Kata batik berasal dari bahasa Jawa, yaitu ”tik” yang berarti titik / matik (kata kerja, membuat titik) yang kemudian berkembang menjadi istilah ”batik”. Ada juga yang bilang konon berasal dari bahasa "amba" yang berarti menulis dan "nitik".
Pastinya, kata batik sendiri meruju pada teknik pembuatan corak Motif Batik - menggunakan canting atau cap - dan pencelupan kain dengan menggunakan bahan perintang warna Motif Batik pada Baju Batik "malam" (wax) yang diaplikasikan di atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna. Dalam bahasa Inggris teknik ini dikenal dengan istilah wax-resist dyeing.
Jadi kain Baju Batik adalah kain yang memiliki ragam hias atau corak yang dibuat dengan canting dan cap dengan menggunakan malam sebagai bahan perintang warna.
Teknik ini hanya bisa diterapkan di atas bahan yang terbuat dari serat alami seperti katun, sutra, wol dan tidak bisa diterapkan di atas kain dengan serat buatan (polyester).
Kain yang pembuatan corak Batik Solo dan pewarnaannya tidak menggunakan teknik ini dikenal dengan kain bercorak batik - biasanya dibuat dalam skala industri dengan teknik cetak (print) - bukan kain batik. Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama.
Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik Busana Batik dan Blus batik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik Batik Solo adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya "Batik Cap" yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini.
Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak "Mega Mendung", dimana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.
Ragam corak dan warna Desain Busana Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak Busana Batik dan Blus batik hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu.
Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh orang Tionghoa, yang juga mempopulerkan corak phoenix.
Bangsa penjajah Eropa juga mengambil minat kepada batik, dan hasilnya adalah corak bebungaan yang sebelumnya tidak dikenal (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru.
Batik tradisonal tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat, karena biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing. Teknik Desain Busana Batik dan membatik telah dikenal sejak ribuan tahun yang silam. Tidak ada keterangan sejarah yang cukup jelas tentang asal usul Batik. Ada yang menduga teknik ini berasal dari bangsa Sumeria, kemudian dikembangkan di Jawa setelah dibawa oleh para pedagang India.
Saat ini batik bisa ditemukan di banyak negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Sri Lanka, dan Iran. Selain di Asia, batik juga sangat populer di beberapa negara di benua Afrika. Walaupun demikian, batik yang sangat terkenal di dunia adalah batik yang berasal dari Indonesia, terutama dari Jawa.
Batik secara historis berasal dari zaman nenek moyang yang dikenal sejak abad XVII yang ditulis dan dilukis pada daun lontar. Saat itu motif atau pola batik masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman. Namun dalam sejarah perkembangannya batik mengalami perkembangan, yaitu dari corak-corak lukisan binatang dan tanaman lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya. Selanjutnya melalui penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian, muncul seni batik tulis seperti yang kita kenal sekarang ini.
Jenis dan corak batik tradisional tergolong amat banyak, namun corak dan variasinya sesuai dengan filosofi dan budaya masing-masing daerah yang amat beragam. Khasanah budaya Bangsa Indonesia yang demikian kaya telah mendorong lahirnya berbagai corak dan jenis batik tradisioanal dengan ciri kekhususannya sendiri.
B.
Filosofi
Tidak sekadar seni lukis di permukaan kain, motif batik memiliki makna yang amat mendalam, mencerminkan filosofi hidup masyarakat tempat ia tercipta.
Tanggal 2 Oktober 2009, Indonesia patut berbangga, karena pada tanggal inilah UNESCO menetapkan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Pemerintah Indonesia pun meneguhkan tanggal ini sebagai Hari Batik Nasional.
Di balik hari batik, tahukah Anda bahwa terdapat makna yang amat mendalam pada karya batik yang tersebar di Nusantara? Berikut ragam batik yang merupakan bagian dari kekayaan Indonesia.
Batik Yogyakarta
Batik Yogyakarta memiliki beberapa motif khas, termasuk batik yang digunakan di lingkungan Keraton Yogyakarga. Batik keraton memiliki tampilan warna dasar yang putih bersih. Pada motif batik ini, terdapat banyak doa dan harapan bagi penggunanya. Salah satunya adalah motif ceplok, grompol. Dengan ragam desain geometris berdasar pada pola bunga mawar atau bintang misalnya, batik ini melambangkan harapan baik bagi pengantin yang menggunakannya.
Pada batik Yogyakarta, terdapat pula motif yang melambangkan kewibawaan, kekuasaan, serta kebesaran pemakainya. Motif ini dikenal dengan motif parang, keris, atau pedang. Beberapa motif parang hanya digunakan oleh para raja dan keturunannya, dan digolongkan dalam jenis batik larangan.
Batik Solo
Solo menjadi salah satu daerah yang wajib disambangi jika ingin mendalami filosofi batik, terutama kawasan kampung batik Laweyan serta Kauman. Di sinilah kegiatan membatik menjadi bagian dari napas warganya. Di Keraton Surakarta, beberapa motif batik yang dianggap sakral dan hanya dipakai oleh raja dan keluarganya, yaitu motif jenis barong, parang, kawung, dan sawat.
Ada banyak motif batik solo yang digunakan saat pernikahan, yang juga melambangkan banyak harapan. Beberapa di antaranya adalah batik Sidomukti yang dikenakan oleh mempelai. Motif ini melambangkan harapan akan kehidupan penuh rejeki serta kebahagiaan. Sedangkan motif batik bondhet dengan kerumitan polanya, dikenakan oleh pengantin perempuan pada saat malam pertama.
Batik Pesisiran
Di pesisir utara Jawa, beberapa daerah terkenal dengan batiknya. Sebagai daerah memiliki perbatasan dengan laut, para pedagang dari jauh datang dan membawa pengaruh bagi terciptanya batik pesisiran. Berikut adalah senarai kawasan yang wajib Anda kunjungi di pesisir Jawa, dengan sejuta keragaman batiknya.
Batik Cirebon
Konon, Ki Gede Trusmi adalah orang yang membawa batik ke daerah Cirebon. Hingga kini, Desa Trusmi menjadi sentra batik Cirebon. Inilah tempat orang jaman dahulu mengabdi pada kesultanan. Daerah ini amat identik dengan motif batik megamendung, dengan gambar serupa awan yang menjadi ciri khasnya.
Berbeda dengan batik Yogyakarta dan Solo, batik Cirebon kerap menjadikan satwa sebagai unsur motif batik. Kereta kencana paksinaga liman, contohnya. Batik ini adalah simbol kekuatan kesultanan yang terdiri dari unsur garuda, ular, serta gajah. Ada pula batik singa barong serta singa payung yang dekat dengan gambaran kehidupan kesultanan. Uniknya, Cirebon juga memiliki batik kompeni dengan meriam, truk, serta bambu runcing sebagai bagian dari motifnya.
Batik Pekalongan
Masuk dalam kelompok batik pesisir, motif batik Pekalongan berbeda dengan batik daerah lainnya karena memiliki warna-warna yang mencolok. Salah satu motif yang dipercaya sebagai motif asli Pekalongan adalah motif jlamprang.
Bertolak belakang dengan motif batik Cirebon, batik pekalongan yang satu ini tak memasukkan unsur manusia serta binatang di dalamnya. Ada pula yang berpendapat bahwa motif jlamprang diambil dari bunga teratai yang berkembang sejak agama Buddha dan Hindu berkembang di Jawa. Salah satu motif yang terkenal dalam batik Pekalongan adalah motif isen atau titik-titik yang membentuk suatu pola tertentu.
Batik Indramayu
Sebagai daerah pesisir, batik Indramayu juga dipengaruhi oleh beragam budaya, yaitu budaya Cina, Islam, serta Hindu-Jawa. Akulturasi budaya Cina dan Islam terlihat dalam motif batik si juring, pintu raja, dan kembang kapas. Motif burung serta bunga seringkali mendominasi motif batik.
Warna batik di daerah Indramayu juga dikaitkan dengan usia. Umumnya, batik berwarna cerah seperti merah muda dan biru dikenakan oleh kawula muda, biru dan merah untuk wanita paruh baya, dan orang tua menggunakan batik dengan paduan warna biru, cokelat, serta hijau. Kini, salah satu motif batik yang mendunia adalah batik complongan dengan motif lubang jarum yang unik.
Batik Madura
Warna biru, kuning, merah serta hijau adalah warna yang menjadi ciri khas batik Madura yang juga tergolong dalam batik pesisir. Contoh motifnya adalah sekarjagat, matahari, serta keong mas. Di daerah Sumenep, terdapat batik dengan satu warna seperti merah, dan terkenal dengan motif ayam.
Terkait dengan seni batik, Madura adalah daerah yang unik. Selain memiliki motif batik pesisiran dengan warna-warni yang berani, di daerah pedalaman, batik Madura justru tampil dengan warna-warna nan kelam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar