Ads 468x60px

Selasa, 01 Januari 2013



HR Santa Maria Bunda Allah
Bil 6:22-27; Gal 4:4-7; Luk 2:16-21

"Tuhan memberkati dan melindungimu. Ia menyinarimu dengan wajahNya dan memberimu kasih karunia. Ia menghadapkan wajahNya dan memberimu damai sejahtera" (Bil 6:24-26)

"Felix sit annus novus- Selamat Tahun Baru".
 Itulah ucapan klise yg kerap dikirimkan lewat sms/bbm/fb/twiter dll, pada hari pertama di tahun yg baru. Adapun di awal tahun ini kita mrayakan 3 hal, antara lain: 
                        


1."Hari Perdamaian Dunia": Pax et bonum –Damai dan kebaikan. Itulah yg selalu diharapkan. Lihat saja: setiap awal misa: "Peace be with u", lalu pad akhir misa: "Go in peace" bahkan pada setiap nisan di makam: "Rest in peace". Jelas bahwa Tuhan mengajak kita untuk pergi beristirahat dan selalu hidup dalam damai. Kita diajak menjadi "peacemaker" dan bukan "troublemaker". Lewat kata warta, kita diajak BERSAHABAT dengan semua orang yang berkehendak baik bukan?

2."Tahun Baru": Tahun 2013 disebut "Ular Air". Salah satu ciri positif ular, al: CAKAP. Ular adalah hewan yang exist dari zaman dulu. Ia tak punah seperti dinosaurus, tapi ia bisa survive di banyak tempat: dari gunung sampai laut, di sawah dan ladang, di hutan dan bawah tanah, di padang gurun dan di negeri bermusim dingin. Dkl: Ia adalah hewan yang punyai ke-CAKAP-an "3C": Cerdas-Cermat dan Cekatan. Sedangkan salah 1 ciri "air" adalah selalu mengalir ke bawah. Air mengajak kita untuk selalu rendah hati. Semoga pada tahun Ular Air, kita juga bisa selalu "CAKAP"-punyai daya tahan terhadap "HTAG- Hambatan, Tantangan, Ancaman dan Gangguan" dengan tetap menjadi orang yg rendah hati dalam kata dan tindakan kata.

3."Hari Raya Santa Maria Bunda Allah": Hari ini Tuhan yang sudi menjadi bayi diberi nama "Yesus" oleh Maria, ibuNya Dkl: Maria adalah Bunda Tuhan/(Yun;Theothokos, Lat:Mater Dei). Esensi "ibu/bunda/nyak/mama/nyokap/simbok/emak" yang kita rayakan hari ini ada pada "rahim"nya yang hangat. Bersama Maria, Gereja mengajak kita juga belajar mempunyai "rahim" yang hangat bagi orang lain, terlebih orang yang kecil, miskin dan tersingkir/disingkirkan. Jadi di awal hari di tahun baru 2013, kita diajak punyai "BCH"- "Bersahabat-Cakap+Hangat." Sudahkah? "

Si Ndaru dapet HP baru,
mari kita selalu lahir baru di tahun yg baru"

Tuhan memberkati dan Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar