Ads 468x60px

Refleksi Tentang Arloji


“Masyarakat modern ini tidak dapat hidup tanpa arloji. Bagi manusia modern, arloji itu mempunyai pelbagai fungsi. Tanpa arloji, orang tidak dapat memfantasikan apa-apa. Sebagai pengukur waktu, arloji digunakan untuk mengukur prestasi dan produksi serta peningkatannya. Arloji ini memudahkan orang untuk mengatur hidupnya dalam waktu, justru karena sistem waktu yang digunakannya adalah sistem waktu yang berdasarkan pada pandangan waktunya yang homogen dan kosong.


Dan jam ke jam, orang tidak dibawa kepada suatu kebaruan tetapi kepada pengulangan yang tanpa isi. Jadi, di samping sebagai alat yang mengatur teknik, arloji itu juga alat yang melestarikan pandangan waktu yang homogen dan kosong itu Arloji itu hanyalah buatan manusia. Dia bukan produk alami yang tak dapat diubah. Dengan kata lain:


secara teoritis, sebenarnya orang dapat saja “menghancurkan” arloji itu. Tetapi secara praktis, orang hampir tidak mungkin melakukan itu. Jadi di balik arloji dan sistem yang diciptakannya, ada sebuah kekuasaan yang tidak dapat diganggu-gugat, bukan?”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar