Ads 468x60px

Minggu 22 Des 2013


Minggu Adven IV
Yes 7:10-14; Mzm 24:1-2.3-4b.5-6; Rom 1:1-7; Mat 1:18-24


"Sacra Familia-Keluarga Kudus." Ini adalah nama salah satu gereja besar karya Gaudi di tengah kota Barcelona ("Sagrada Familia") yang sampai sekarang belum selesai proses pembangunannya.
Adapun pada minggu advent ke-4 ini, bersama dengan "Hari Ibu", kita juga diajak belajar beriman dari Bapak Keluarga Kudus, yakni St Yusuf. Ia menjadi "suami" Maria, "SUAra yang mengayoMI", yang selalu hadir untuk "mengayomi" dan tidak "menghakimi" karena memiliki pola hidup "TTS", yakni:
 1."Tulus": Matius mencatat Yusuf sebagai seorang yang tulus hati, yang tidak mau mencemarkan/menjatuhkan nama orang lain. Ketulusannya-seperti kata pemazmur hari ini-membuat "tangannya bersih dan hatinya murni" sehingga ia layak naik ke gunung Tuhan. Dalam bahasa latin, sikap "murni" kerap berarti "intentio pura" (tulus) dan bukan "intentio pura-pura" (penuh akal bulus).

2."Terbuka": Hati Yusuf adalah hati yang insani sehingga wajarlah kalau pada awalnya ia bingung dan kalut ketika Maria yang dicintainya ternyata "hamil" bukan olehnya. Sesuatu yang pada awalnya tidak mudah dipahami karena benar-benar misteri ilahi, tapi hati Yusuf tetap terbuka akan sapaan ilahi. Hal ini tampak ketika malaikat Tuhan datang dalam mimpinya, ia pun 100% taat. Keterbukaanya membuatnya bisa bersabar saat tertekan, tersenyum di saat hati menangis, diam saat terhina dan mempesona karena memaafkan serta mengasihi tanpa pamrih. Keterbukaannya bertambah kuat dalam doa dan pengharapan iman.

3."Sederhana": Dalam bahasa Latin, sederhana bisa berarti "simplicitas" (simple). Dengan simple-nya, Yusuf tidak hanya selalu berdoa tapi juga berkarya. Ia bekerja sebagai tukang kayu, bukan sebagai raja seperti Herodes, bukan sebagai organ kaya seperti Zakeus atau sebagai orang pintar seperti Nikodemus. Jelasnya, figurnya adalah figur yang "talk less do more". Ia hadir tidak dengan banyak kata tapi dengan kasih nyata karena jelaslah Tuhan sendiri juga hadir di tengah kesederhanaan dan mencintai orang-orang sederhana yang nyata.

"Bang Amat suka jaga portal - Selamat menyambut Hari Natal."
Tuhan memberkati + Bunda mrestui. Fiat Lux! (
@RomoJostKokoh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar