Ads 468x60px

Minggu 29 Des 2013

Pesta Keluarga Kudus.
Sirakh 3:2-6,12-14; Mzm 128:1-2.3.4-5; Kol 3:12-21; Mat 2:13-15,19-23.

"Familiaris et Consortio - Kekeluargaan dan kebersamaan." Inilah dua semangat dasar yang diharapkan Gereja untuk setiap keluarga kristiani sebagai "ecclesia domestica, Gereja lokal". Adapun hari ini bersama Pesta Keluarga Kudus yang kita kenangkan, setiap keluarga kristiani yang siap memiliki semangat "kekeluargaan dan kebersamaan" diajak mempunyai mesin iman "3 tak", yakni: otak (untuk berpikir), watak (untuk berbagi) dan akhlak (untuk beriman) dengan 4 jalan sederhananya, al:
1."KE"cilkan emosi: Bersabar: Yosef taat dan tidak mudah protes pada perintah Tuhan ketika diminta untuk pergi ke Mesir dan membawa Maria beserta Yesus kecil.

2."LU"askan isi hati: Berdamai. Hati Yosef dan Maria terbuka untuk dibentuk oleh rencana keselamatan Tuhan walaupun awalnya sangat sulit dan penuh perjuangan, jerih payah dan isak tangisan. Adapun nasehat dasar pada Bacaan I untuk bisa berdamai, yakni: saling menghargai-menghormati dan mengasihi.

3."AR"ahkan ke ilahi: Berdoa. Bukankah hidup doa yang mendalam membuat kita semakin dekat dan peka akan sapaan Tuhan?

4."GA"lang relasi: Berbagi. Bacaan II memaparkan berbagai keutamaan relasi yang hendaknya dibagikan dalam hidup berkeluarga, yakni "5K", kasih, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran karena bukankah Family bisa berarti "Father And Mother I Love You?"

"Cari mangga di Salatiga - Bersama keluarga mencapai surga."
Tuhan memberkati dan Bunda merestui. Fiat Lux!
(@RomoJostKokoh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar