Ads 468x60px

Sabtu 28 Des 2013

Pesta Kanak-Kanak Suci, Martir.
Yoh 1:5-2:2; Mzm 124:2-3.4-5.7b-8; Mat 2:13-18.

"Marturia-Kesaksian." Inilah yang dilakukan oleh Kanak-Kanak di Betlehem. Walaupun masih balita (children), mereka menjadi pahlawan ("hero") di bawah kebengisan raja yg kekanak-kanakan (childish) bernama Hero-des.
Adapun 3 sikap iman yang bisa kita petik dari bacaan injil hari ini, al:
1."Ketaatan": Lihatlah figur Yusuf! Setelah Natal, nampaklah malaikat Tuhan lagi kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata, “Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibuNya! Larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu karena Herodes akan mencari Anak itu untuk dibunuh.” Yusuf-pun taat pada-Nya. Sudahkah hati kita juga peka pada aneka sapaanNya dalam keseharian hidup dengan segala ruwet rentengnya?

2."Kepekaan": Lihatlah ke-3 orang Majus (Kaspar dan Baltasar dan Melkor). Herodes yang merasa "sentimen" (karena iri hati)berbanding terbalik dengan orang Majus yang "sensible" (karena peka hati). Herodes merasa tidak aman dan tersaingi karena mendengar bahwa Yesus yang lahir adalah pewaris tahta Daud sehingga dia bermaksud membunuhNya. Dia mengandalkan info dari orang Majus yang datang untuk menyembah Yesus dan sebelumnya singgah di istana. Namun, orang Majus itu tidak jadi singgah karena mereka pulang melalui jalan lain sehingga Herodes gagal mengetahui keberadaan Yesus. Sudahkah kita juga memiliki hati yang peka, yang "sensible" dan tidak mudah "sentimen" kepada org lain?

3. "Kemartiran": Inilah semangat pengorbanan kanak-kanak Betlehem. Karena gagal menemukan Yesus, Herodes murka dan membunuh semua kanak-kanak di Betlehem dengan harapan Yesus merupakan salah satu dari yang terbunuh. Dengan kata lain: Mereka menjadi korban "silent victim", "voice the voiceless" yang hanya bisa diam karena tidak mampu membalas. Apakah kita kerap juga mengorbankan orang lain dengan sikap kekanak-kanakan, mulut yang penuh gosipan dan pergunjingan, hati yang penuh iri dan dengki, dengan intrik dan sikap munafik?

"Makan bakut di dekat pos polisi - Jangan takut menjadi saksi."
Tuhan memberkati dan  Bunda merestui. Fiat Lux!
(@RomoJostKokoh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar