Ads 468x60px

Selasa 17 Des 2013


Hari Biasa Pekan III Adven

Kej 49:2.8-10; Mzm 72:1-4ab.7-8.17; Mat 1:1-17

"Sensus historicus-Citarasa kesejarahan." Inilah yang ditampakkan hari ini ketika Matius memapar-tebarkan silsilah Yesus : Ada 14 keturunan dari Abraham s/d Daud, 14 keturunan dari Daud s/d pembuangan ke Babel, dan 14 keturunan dari pembuangan ke Babel s/d Kristus. 

Nah, dari silsilah dan citarasa kesejarahan ini, ada 4 point yang bisa kita petik, al:1. 

1."Kenali": Kita diajak terbuka untuk akrab dan dekat, mengenali keluarga dan kerabat secara nyata. 

2."Cintai": Adapun keluarga dan kerabat dekat dengan hidup dan latar belakang kita, maka wajar kalau kita selalu mencintainya dengan terus saling mendukung dan memperHATIkan, bukan? 

3."Maknai": Kita semua punya sejarah dan dengan pemaknaan atas sejarah hidup, kita diajak tidak hanya punya "STORY", tapi juga "HISTORY", karena pastinya ada banyak maksud/rencana besar lewat kerabat dan keluarga kita masing-masing

4."Imani": Kita diajak selalu mengimani bahwa Tuhan pasti berkarya lewat sejarah dan silsilah hidup kita masing-masing, lewat semua orang yang hadir dan mengalir dalam sejarah hidup kita, entah baik/buruk. Iman membuat kita berani untuk mensyukuri semua berkatNya lewat sejarah hidup dan keluarga kita dengan segala ruwet rentengnya. 

"Cari bantal di Sungai Gangga - Hari Natal adalah peristiwa keluarga."
Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar