Ads 468x60px

Jumat 3 Jan 2014

Hari Biasa Masa Natal : Jumat Pertama
1 Yoh 2:29-3:6; Mzm 98:1.3c-4.5.6; Yoh 1:29-34.

"Agnus Dei - Anak Domba Allah." Inilah salah satu gelar Yesus yamg ditampilkan ketika Yohanes membaptis di Sungai Yordan.

Domba sendiri miliki 3 karakteristik dasar, antara lain: kesucian (bulunya yang putih dan lembut), kebersamaan (selalu ada dalam gerombolan dengan yang lain), kedamaian (tidak termasuk "predator": hewan pembunuh/pemangsa). Secara sederhana, kita juga diajak menjadi "agnus dei", anak anak domba Allah yang punyai "3 k" (kesucian, kebersamaan dan kedamaian) dengan trilogi ajakan iman Yohanes, antara lain:


1."Terarah": Ketika Yohanes melihat Yesus datang, maka ia berkata: "Lihatlah Anak Domba Allah!"  Ia mengajak kita untuk "melihat", yakni terarah dan mengarahkan semua harapan dan ingatan, suka dan duka kita kepada Tuhan, "Pastor Aeternus", Gembala Abadi kita.

2."Terbuka": Awalnya, Yohanes tidak mengenal Kristus tapi ia mau terus terbuka pada sabda Allah yang mengutusnya: "Jika engkau melihat Roh turun ke atas seseorang dan tinggal di atasNya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus." Maka ketika ia melihat Yesus sesuai dengan sabda itu, ia 100% menjadi percaya. Hatinya tidak mudah curiga tapi selalu bersiaga, tidak mudah merasa tersaingi tapi malahan merasa terberkati, dan pastinya karena keterbukaannya inilah, hatinya menjadi peka dan bersukacita melihat rahmat Tuhan yang hadir lewat diri sesama.

3."Teruji": Seperti bulu domba yang bergelombang, Yesus dan Yohanes juga mengalami gelombang dan riak riuh kehidupan. Mereka "dibawa ke pembantaiandan digunting bulunya". Mereka menjadi "korban" yang dipecah dan dibagi, dikambinghitamkan dan dipergunjingkan: Yohanes dipenggal dan Yesus disalib. Tapi hidup mereka tetap terpuji karena sudah teruji. Mereka menjadi saksi hadirnya kasih Allah bagi dunia dengan tetap tegar di atas riak dan gelombang kehidupan: Anak domba Allah yang menghapus dosa dunia-kasihanilah kami. Anak domba Allah yang menghapus dosa dunia - berilah kami damai!

"Cari galah di Sukabumi - Anak domba Allah berkatilah kami!"
Tuhan berkati+Bunda mrestui. Fiat Lux!
(@RomoJostKokoh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar