Ads 468x60px

Minggu 12 Januari 2014

Pesta Pembaptisan Tuhan
Yes 43:1-4.6-7; Mzm 29:1a.2.3ac-4.3b+9b-10; Kis 10:34-38; Mat 3:13-17 

"Vidi aquam - Aku melihat air." Inilah salah satu judul lagu yang biasa dipakai pada upacara pembaptisan/pemercikan air suci. Adapun hari ini kita mengenangkan pesta pembaptisan Tuhan oleh Yohanes Pembaptis di Sungai Yordan sekaligus menutup masa Natal. Beberapa core values, semacam nilai/keutamaan yang bisa kita petik dari Yesus sang "civita-air hidup", al:


1."Inisiatif": Yesus ber-inisiatif untuk datang dari Galilea ke Yordan dan minta dibaptis oleh Yohanes. Dengan kata lain: Ia mengajak kita untuk berani memulai berbuat dan berani menjadi "perintis" dalam segala hal yang baik

2."Integratif": Ia mau merendahkan hati secara utuh dan penuh demi menggenapkan seluruh kehendak Allah. Ia sungguh 100%" ikut masuk da tenggelam" ke dalam Sungai Yordan sehingga menjadi sama dan ada bersama dengan setiap pergulatan hidup kita. Ia menjadi teman seperjalanan yang sehati dan sejiwa dengan kita karena Ia juga ikut mau mengalami apa yang juga kita alami.

3."Komunikatif": Ia tak canggung berkomunikasi dengan Yohanes Pembaptis dan BapaNya. Hal ini dikarenakan Ia memiliki hubungan pribadi yang mendalam dengan BapaNya. Hidup dan praksis komunikasinya setiap hari dipenuhi dengan Roh Allah yang turun kepadaNya seperti "merpati", yang penuh kedamaian, ketulusan dan kekudusan. Bagaimana dengan kita?

"Cari sagu cari louhan-Hari Minggu harinya Tuhan."

Tuhan berkati dan Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar